Tips Bermain Legends of Runeterra (LOR) untuk Newbie

0
256
Tips LOR newbie
Ad

Setelah sebelumnya kita sudah membahas apa itu Legends of Runeterra (LOR) beserta dengan segala alasan mengapa gim kartu ini cukup unik dibanding gim kartu lain, kali ini kita akan menjelaskan bagaimana tips atau cara newbie untuk bermain LOR.

Saat pertama membuka gim Legends of Runeterra kamu akan diminta untuk menyelesaikan 4 misi tutorial dasar sebelum bisa bermain di mode lain. Setelah menyelesaikan 4 misi tutorial pertama, kamu sebaiknya langsung menuju Play > Challenges.

Di sini kamu akan banyak belajar mechanic/keyword dengan metode puzzle solving yang akan membantu player untuk mengingat arti setiap keyword di LOR.

Saat memulai match pemain akan diminta untuk mengganti kartu di tangan yang tidak diinginkan (hal ini biasanya disebut dengan istilah mulligan). Nah, dari hal ini kita bisa mengganti kartu di tangan berdasarkan game plan dari deck kita dan juga berdasarkan deck yang dimainkan oleh lawan dengan menekan tombol replace di bawah tiap kartu.

Perlu diketahui bahwa mulligan dilakukan secara bersamaan untuk setiap kartu yang dipilih dan bukan satu per satu.

LOR screenshot

Kalau kamu ingin mengecek region dan champion apa yang dimainkan lawan, kamu bisa melakukannya kapan saja dengan mengklik tumpukan kartu di sisi lawan

LOR screenshot

Kembali lagi, setelah selesai memilih kartu yang akan diganti, pemain bisa langsung menekan tombol OK di sebelah kanan untuk mengonfirmasi pilihan mulligan.

Untuk lebih mengenal bagian-bagian dari board Legends of Runeterra kamu bisa melihat lebih lanjut di gambar berikut.

Board LOR explained

Keterangan (perbesar gambar):

  1. Nama pemain lawan
  2. Region deck lawan
  3. Tombol mute lawan
  4. Hand lawan
  5. Tempat unit lawan saat posisi standby
  6. Deck lawan
  7. Guardian lawan
  8. HP Nexus lawan
  9. Oracle’s Eye
  10. Tempat unit lawan saat blocking atau attacking
  11. Mana lawan
  12. Spell mana lawan
  13. Tombol ok/pass
  14. Mana pemain
  15. Spell mana pemain
  16. Attack token (akan berpindah tangan tiap ronde)
  17. History log
  18. HP Nexus pemain
  19. Guardian pemain
  20. Deck pemain
  21. Tempat unit pemain saat blocking atau attacking
  22. Tempat unit pemain saat posisi standby
  23. Nama pemain
  24. Region deck pemain
  25. Tombol emote
  26. Tangan pemain
  27. Friends list
  28. Setting

Cara cepat mendapatkan kartu di LOR

Setelah selesai membahas langkah yang penting untuk mempelajari gameplay dan anatomi board, sekarang kamu perlu tips untuk bisa mendapatkan kartu baru secepat mungkin agar kamu bisa membuat deck yang kamu inginkan.

Berikut beberapa cara mendapatkan kartu di Legends of Runeterra:

lor rewards page

  1. Melalui halaman rewards yang ada di menu utama
  2. Menukarkan shard menjadi kartu
  3. Menukarkan wildcard menjadi kartu
  4. Membuka vault setiap minggu

Untuk metode pertama yaitu halaman rewards, cepat lambatnya mendapatkan kartu di sini tergantung dari XP yang didapatkan oleh pemain. Oleh sebab itu, langkah terbaik untuk memperoleh kartu baru di gim besutan Riot Games ini adalah dengan leveling alias mendapatkan XP secepat atau seefisien mungkin.

Berikut beberapa tips cepat mendapatkan XP.

Tips cepat dapat XP LOR

LOR screenshot

  1. Setiap hari kamu akan mendapatkan bonus XP untuk 3 win pertama sebesar 400XP, 200XP dan 100XP. Untuk hal ini, sebaiknya kamu bermain mencapai minimal 3 win untuk efisiensi bonus XP.
  2. Bermain expedition mode menggunakan token yang didapat dari vault Saat bermain expedition pemain tetap akan mendapatkan XP secara normal dari win dan loss, akan tetapi juga ada bonus saat menyelesaikan/retire dari sebuah expedition dari 50 hingga 1500XP tergantung dari jumlah win yang didapatkan di expedition. Usahakan untuk tidak menggunakan shard saat bermain expedition terutama jika kamu membutuhkan shard untuk bermain mode constructed/non expedition, karena jumlah shard yang dibutuhkan cukup besar yaitu 2000 shard, dan kamu hanya akan mendapatkan 2000 shard kembali jika berhasil mendapatkan 7 win di expedition.
  3. Usahakan leveling tiap region di halaman rewards secara bergantian. Karena XP yang dibutuhkan untuk setiap level akan semakin banyak seiring naiknya level pemain. Sangat disarankan agar pemain melakukan leveling secara bergantian (misalnya, daripada leveling 1 region ke level 25 langsung, lebih baik melakukan leveling 1 region hingga level 4, kemudian ganti region dan leveling lagi ke level 4 dan seterusnya).

Untuk penukaran shard dan wildcard, disarankan agar pemain menggunakan wildcard terlebih dahulu, mengingat shard bisa digunakan untuk kartu dengan rarity apapun, sedangkan wildcard terbatas hanya untuk rarity dari wildcard tersebut.

Untuk vault, sebaiknya pemain usahakan mendapatkan level 13 setiap minggunya, atau jika tidak memungkinkan, minimal level 10, karena pada level 10 ke atas random champion yang didapatkan akan di upgrade menjadi wildcard champion, sehingga pemain bisa memilih champion apa yang didapatkan.

LOR Vault

(Disunting oleh Satya Kevino)