Veronica ‘Velajave’ Fortuna: Caster Tanah Air yang Bersinar dari Dota 2

1
224
Veronica ‘Velajave’ Fortuna: Caster Tanah Air yang Bersinar dari Dota 2

Setelah sebelumnya kita membahas profil caster cantik asal Purwokerto, Clara ‘Mongstar’, masih ada figur Kartini lain yang turut menghiasi skema kompetitif esport tanah air. Figur tersebut tidak lain adalah pegiat esports veteran, Veronica ‘Velajave’ Fortuna!

Ia pantas mendapat predikat veteran, sebab Velajave sudah go international memandu turnamen esports yang ada di luar negeri. Sangat membanggakan, bukan?

Veronica ‘Velajave’ Fortuna adalah salah satu caster asal Indonesia yang terkenal akan pengetahuannya yang luas seputar game yang ia pandu. Hal ini tentu membuatnya menjadi difavoritkan untuk membangkitkan semangat para penonton.

Piala Presiden Esports 2020 dan MPL ID Season 5 merupakan beberapa turnamen esports besar di Indonesia yang pernah ia pandu. Velajave pun baru-baru ini hadir di tayangan KompasTV Good Gamer untuk membagikan pengalamannya di industri esports sejauh ini.

Latar belakang Velajave

Velajave Caster MPL ID S4
MPL ID S4

Ketertarikan Velajave pada dunia game sudah terlihat sejak kecil saat ia memainkan banyak gim di berbagai platform.

Mengutip dari Kincir.com, Velajave menyampaikan “Sejak kecil sampe sekarang, sudah banyak platform video game yang telah aku coba. Mulai dari Tamagotchi hingga PC. Aku juga sering menghabiskan waktu untuk bermain game yang menurutku mempunyai jalan cerita yang bagus.”

Bergerak dari hobinya bermain game,  Velajave terlihat sangat menikmati berkarir di esports sebagai shoutcaster. Alih-alih terbebani atau minder, karirnya sebagai seorang caster justru membuatnya terlihat bersinar dengan dasar pengetahuan game yang ia miliki. Ia pun tergolong sebagai salah satu caster perempuan sukses di Indonesia.

Sebelum memulai karirnya sebagai seorang caster, Vela pernah mencicipi panggung turnamen sebagai seorang pemain profesional Dota 2. Saat itu vela bergabung dengan tim Decoros Fatale.

Perjalanan Velajave hingga menjadi caster yang go international

Velajave nixia

Veronica Fortuna mengawali karir casternya dengan memandu pada turnamen-turnamen kecil pertandingan Dota 2 saat itu hingga tiba suatu waktu dimana ia diberi kepercayaan oleh temannya untuk memandu sebuah pertandingan esports pada tahun 2015.

Di sinilah titik mula Veronica memasuki dunia caster. Di balik popularitas yang dicapainya sekarang, perjalanan karir sang caster pun tidak selalu berjalan dengan mulus.

Industri esports yang didominasi oleh laki-laki ini jelas membentuk suatu ekspektasi tersendiri pada kaum laki-laki, khususnya pada isu ketidakadilan gender di esports.

Ya, Velajave juga pernah mendapatkan ujaran kebencian yang mengarah ke body shaming. Meski sempat terdemotivasi dan ingin berhenti, Vero berhasil bangkit dan kembali ke industri esports yang membesarkan namanya.

Popularitasnya sebagai seorang caster  dimulai saat ia memandu sebuah acara yang saat itu mendatangkan Ohaiyo dan Net dari Fnatic beberapa tahun silam.

Seiring berjalannya waktu, Vela terus aktif berpartisipasi di berbagai turnamen sebagai caster, sebut saja turnamen kelas internasional GESC: Indonesia Dota 2 Minor yang turut mengambil andil dalam mempersiapkan gelaran ajang The International.

Di gelaran GESC tahun 2019, Velajave tampil bersama 7 caster tanah air memberikan pengalaman gaming kompetitif seru. Bersama dengan Taufik “Gore” Muhammad, Dimas “Dejet” Surya, Leonardus “R1” Eka, Benedictus “Veenomon” Alvino, Vincent “Oddie” Indra, Kimberly ”Hime”, dan Zabiella “Euka”; Velajave turut bersinar meramaikan pertandingan tim-tim Dota 2 papan atas, seperti NA’VI, Evil Geniuses, dan Fnatic.

Selain di kancah internasional, Velajave pun mendapat kesempatan menjadi salah satu caster di ajang Piala Presiden Esports 2020. Di sinipun Vela tidak terbatas hanya memandu pertandingan Dota 2, tetapi juga beberapa game lain yang dipertandingkan.

Bagi Vela, ada keseruan tertentu yang luar biasa saat menjadi caster. Karena di sini ia bisa bertemu dengan orang yang mempunyai pengalaman lebih banyak di ranah esports, termasuk juga berkesempatan untuk berjumpa dengan komunitas dan juga atlet esports favorit.

Memperkenalkan profesi caster kepada orang tua

Velajave Good Gamer

Walaupun Vero memiliki rekam jejak yang cukup cemerlang di ekosistem esports tanah air, tidak seluruh lapis masyarakat paham akan apa yang sebenarnya dilakukan oleh caster, termasuk keluarga.

Nah, caster yang satu ini memiliki cara unik untuk memberikan edukasi esports kepada orang tua. Cara yang kerap ia gunakan adalah dengan mengajak sang ibunda untuk menemaninya kala ia memandu sebuah pertandingan.

Hal ini ia lakukan untuk meyakinkan sang orang tua bahwa esports layak untuk dijadikan sebagai pilihan karir.


Nah, itu dia sedikit kita perkenalan dengan caster handal Velajave, salah satu caster perempuan yang malang-melintang di ekosistem esports tanah air. Sekiranya profil Velajave bisa menjadi motivasi untuk kaum gamer perempuan yang ingin terjun ke dunia esports.

(Disunting oleh Satya Kevino)

1 COMMENT

Comments are closed.