Cara Mengaktifkan Drone View Mobile Legends dengan Mudah

0
406
cara mengaktifkan drone view mobile legends
Drone view Mobile Legends
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Mengetahui cara mengaktifkan drone view Mobile Legends merupakan satu topik yang sering dicari oleh para player. Sebagai game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang mengandalkan strategi dalam bermain, menguasai positioning sangatlah penting dalam menentukan kemenangan.

Untuk bisa mengambil posisi dan merancang strategi yang tepat, sangat penting untuk memahami medan dan mengetahui posisi musuh. Untuk keperluan positioning, Mobile Legends sendiri sudah memberikan dua opsi sudut pandang yaitu dekat dan jauh yang bisa kamu pilih dan sesuaikan saat bermain.

Namun, opsi jauh bawaan Mobile Legends sering kali dirasa kurang luas. Oleh karena itu, banyak pemain kemudian mengaktifkan drone view yang memberikan tampilan yang jauh lebih luas lagi.

Bagi pemain Mobile Legends, istilah drone view tentu sudah tidak asing lagi. Tapi bagi kamu yang mungkin belum tahu, drone view adalah sudut pandang yang seperti diambil menggunakan drone dari atas sehingga menampilkan map yang lebih luas.

Meski tergolong cheat dan bisa menyebabkan akun di-ban, banyak pemain menggunakan drone view ini karena memang memberikan banyak sekali keuntungan seperti bisa melihat posisi musuh dengan lebih baik, bisa merencanakan strategi dengan lebih baik, bisa menghindari ganking dengan lebih mudah, sangat membantu saat menggunakan cable kalau kamu bermain dengan hero Fanny, dan juga tidak perlu mapping yang ribet.

Cara Mengaktifkan Drone View Mobile Legends

Buat kamu yang ingin tahu cara mengaktifkan drone view Mobile Legends di handphone kamu, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Back up Map Original Terlebih Dahulu

    cara mengaktifkan drone view mobile legends
    Back up map original

Sebelum kamu mengaktifkan drone view Mobile Legends di ponsel kamu, sebaiknya kamu back up map original terlebih dahulu. Back up map original bisa dilakukan dengan cara masuk ke Internal Storage > Android Data > com.mobile.legends > Files > dragon assets > Scenes Android.

Salin file-file dalam folder tersebut dan simpan di folder ponsel kalian. Tujuan dari back up map original ini adalah supaya kamu nanti bisa menggunakannya kembali nanti tanpa harus instalasi ulang Mobile Legends.

  1. Siapkan Aplikasi Pengekstrak File ZIP/RAR

    cara mengaktifkan drone view mobile legends
    Download aplikasi pengekstrak file zip/rar

Untuk mengaktifkan drone view Mobile Legends, kamu perlu mengunduh aplikasi pengekstrak file ZIP/RAR. Kalian bisa mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store.

  1. Download Script Drone View Mobile Legends

    cara mengaktifkan drone view mobile legends
    Download script drone view

Selanjutnya, kalian bisa mengunduh script Drone View Mobile Legends terbaru. Biasanya, script akan terus diperbarui mengikuti update dari Mobile Legends sendiri. Jadi, script yang bisa dipakai di versi sebelumnya, belum tentu bisa dipakai di versi terbaru.

Kamu bisa mengunduhnya di tautan ini.

  1. Ekstrak Script

    cara mengaktifkan drone view mobile legends
    Ekstrak files

Setelah kalian mengunduh script yang dibutuhkan, buka aplikasi pengekstrak ZIP/RAR kemudian ekstrak file script drone view Mobile Legends. Tunggu sampai proses ekstrak selesai.

  1. Salin Script Drone View Mobile Legends

    cara mengaktifkan drone view mobile legends
    Copy dan paste file

Setelah proses ekstrak selesai, kalian bisa copy semua file yang telah diekstrak. Setelah itu, masuk ke direktori game Mobile Legends dan paste semua file yang sudah di-copy sebelumnya. Kalau muncul notifikasi Replace File, maka klik Replace File.

  1. Coba Buka Mobile Legends dan Bermain

    Cara mengaktifkan drone view mobile legends
    Buka Mobile Legends dan mulai bermain

Sampai sini proses sudah selesai. Selanjutnya, kalian tinggal buka Mobile Legends dan bermain seperti biasa untuk melihat apakah script-nya berjalan.

Kalau kalian tidak berhasil mendapatkan drone view, kemungkinan besar script yang kamu download sudah tidak berlaku dan tidak kompatibel dengan versi Mobile Legends di ponsel kamu sekarang. Kamu bisa mencari script terbaru yang kompatibel dan mengulang proses tersebut di atas.


Nah, itu dia cara mengaktifkan drone view Mobile Legends agar tampilan map lebih luas. Perlu diperhatikan bahwa ketika kamu meng-update Mobile Legends di HP kamu ke versi terbaru, ada kemungkinan bahwa script drone view yang kamu pakai sekarang tidak akan berlaku lagi sehingga kamu perlu juga mengupdate ke script terbaru.

Kalian juga harus ingat bahwa mengaktifkan drone view di Mobile Legends tergolong cheating alias curang. Cara ini aman digunakan selama tidak terdeteksi oleh sistem Moonton atau pihak musuh kalian.

Oleh karena itu, kalaupun kamu berencana mengaktifkan drone view, sebaiknya tidak digunakan secara terus-menerus karena sistem bisa mendeteksi adanya perubahan.

Meski berlaku untuk semua mode, sebaiknya hindari menggunakan drone view saat bermain mode Classic atau Ranked untuk mencegah deteksi sistem. Kalau sistem mendeteksi script ini, ada kemungkinan kamu akan mendapatkan hukuman berupa ban permanen. Sayang kan?

Yang Terjadi Jika Mengaktifkan Drone View Mobile Legends

Ketika ada kelebihan, tentu wajar kalau kemudian ada kekurangan yang kamu rasakan ketika mengaktifkan drone view Mobile Legends. Beberapa kekurangan drone view Mobile Legends adalah sebagai berikut:

  1. Hero jadi Terlihat Lebih Kecil

Kekurangan yang pertama adalah hero jadi terlihat lebih kecil. Hal ini dikarenakan, saat melihat menggunakan drone view, kita melihat dari sudut pandang yang lebih jauh. Oleh karena itu, hero akan terlihat lebih kecil dibanding biasanya.

2. Pergerakan Hero Jadi Terasa Lebih Lambat

Kekurangan yang kedua, kamu akan melihat pergerakan hero jadi seperti lebih lambat. Alasannya kurang lebih sama yaitu karena ketika mengaktifkan drone view, kamu bisa melihat posisi hero dari jarak yang lebih jauh sehingga pergerakannya tampak lebih lambat dibanding saat kamu melihat dari map original.

  1. Risiko Ban

Walaupun cheat drone view selama ini masih dianggap cukup aman, tapi bukan berarti tanpa risiko sama sekali lho. Sistem Moonton bisa saja mendeteksi perubahan pada script game dan kamu pun bisa terkena hukuman berupa ban permanen.

Adanya berbagai kekurangan dan risiko tersebut menjadi alasan mengapa penting untuk memback up map original terlebih dahulu. Jadi ketika kamu merasa kurang nyaman dengan drone view, kamu bisa langsung mengembalikan tampilan ke map original tanpa harus menginstall ulang.

Cara Mengembalikan Drone View Mobile Legends ke Map Original

Nah, kalau kamu ingin mengembalikan tampilan drone view menjadi map original, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke folder back up map original di HP kalian.
  2. Copy semua file yang ada kemudian masuk ke direktori game dan paste seperti saat kalian mau mengaktifkan drone view. Klik Replace File.
  3. Tutup aplikasi Mobile Legends dan buka kembali untuk melihat apakah tampilan sudah kembali seperti semula.

Kalau kalian lupa mem-back up map original, kalian bisa mencari dan mengunduh script map original Mobile Legends terlebih dahulu. Hanya saja script yang beredar tidak selalu cocok untuk semua Android. Kalau misal kalian mengalami kegagalan dan tampilan error, kalian masih bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Hapus folder Scenes, Colimbs, dan Data. Kalian bisa menemukan file ini dengan membuka Internal Storage > Android Data > com.mobile.legends > Files > Dragon > Assets.
  2. Masuk ke Mobile Legends. Saat kamu menghapus tiga folder tersebut kemudian membuka Mobile Legends, otomatis Mobile Legends akan meng-update data. Setelah update selesai, game akan diperbarui ke versi terbaru.
  3. Tunggu sampai proses download resource selesai. Harap bersabar sambil menunggu dan jangan masuk ke pertandingan terlebih dulu.
  4. Setelah selesai, baru kalian bisa masuk Land of Dawn dengan mode yang kalian pilih. Tampilan view pun sudah akan kembali normal dan lebih dekat.

Mengaktifkan drone view Mobile Legends memang memiliki banyak kelebihan dan mungkin bisa membantumu memenangkan pertandingan. Namun kamu harus ingat kalau pada dasarnya, cara ini tetap tergolong curang.

Alangkah lebih baik kalau kamu meningkatkan skill tanpa melakukan kecurangan-kecurangan sehingga kamu pun bisa menjadi pemain pro di masa mendatang.

Media Partnership