Review Game Parahcuy, Game Action Platformer Perkelahian Ala Anak SMA

1211
Review Game Parahcuy

Parahcuy adalah sebuah game action platformer buatan developer Indonesia. Awalnya proyek Parahcuy dikerjakan oleh tim developer dengan nama Sansdev. Mereka mulai mengerjakan proyek Parahcuy ini sudah sejak setahun lalu.

Mereka memperkenalkan game Parahcuy pertama kali pada tanggal 14 Maret 2022 melalui video berjudul ParahCuy Projects yang diunggah ke YouTube Channel Zero Rising Studios. Video tersebut juga disematkan di laman crowdfunding trakteer mereka.

Metode urun dana memang menjadi salah satu langkah untuk terus menghidupkan dan menjalankan proyek membuat game yang ditempuh oleh para pengembang indie.

Namun sejak akhir tahun lalu, sepertinya ada sebuah perubahan. Nama Sansdev sudah tidak ada lagi di berbagai publikasi serta media sosial game Parahcuy berganti menjadi EternalCube.

Tidak ada press release atau pengumuman apapun tentang perubahan tersebut dan penulis belum menemukan informasi lebih lanjut tentang perubahan ini, hanya melihat dari Instagram Parahcuy saja bahwa ada perubahan pola.

Bagi pemain tentu hal tersebut tidak terlalu berpengaruh, tapi sebaiknya diberitahu saja bahwa ada sedikit perubahan. Perubahan yang menurut penulis justru memang ke arah yang lebih baik. Ini terlihat dari postingan media sosial yang lebih rapi serta tertata.

Itu faktor luar dari game Parahcuy. Dalam karya seni dan sastra, faktor luar itu dikenal juga dengan sebutan unsur ekstrinsik. Game menurut beberapa orang juga adalah perpaduan antara karya seni dan sastra.

Lalu bagaimana dengan game Parahcuy ini sendiri? Worth untuk dibelikah? Atau lebih jauh lagi apakah game Parahcuy layak untuk diberikan bantuan donasi dan dukungan lebih di campaign crowdfunding mereka?

Baca terus tulisan review mengenai game Parahcuy ini hanya di esportsnesia.com

First Impression Game Parahcuy

Game Parahcuy menambah deretan game Indonesia dengan latar cerita anak SMA. Adalah Andi seorang anak kelas 1 SMA yang telah kehilangan kedua orang tuanya di kampung hingga akhirnya harus pindah sekolah ke kota. Di kota, Andi akan dibiayai sekolah oleh kenalan lama keluarganya yang bernama, Tante Riska.

Selama seminggu Andi bersekolah di kota, Andi belum mendapatkan teman bahkan mendapatkan tatapan sinis dari orang-orang di sekolah barunya.

Andi kemudian malahan harus berurusan dengan geng anak-anak nakal yang menjahilinya. Maka, dimulailah petualangan Andi untuk mengambil kembali tas yang disembunyikan oleh anak-anak nakal tersebut.

Ceritanya klise sebenarnya kalau ini adalah novel atau film, tapi karena ini game maka menjadi spesial. Apalagi demam A Space for the Unbound yang mengambil kisah anak SMA belum hilang juga sehingga game Parahcuy bisa dibilang mendapatkan momen dan bisa riding the wave.

Mumpung para pemain masih terkagum-kagum dengan A Space for the Unbound, tidak ada salahnya game Parahcuy untuk ikutan juga dalam gelombang tersebut.

Grafik Parahcuy juga mirip-mirip dengan A Space for the Unbound. Soal grafik nanti akan dibahas lebih lanjut di aspek graphics. Untuk aspek pertama ini yang diulas dari game Parahcuy adalah aspek interface.

Review Game Parahcuy

Aspek Interface Game Parahcuy

Tampilan antarmuka game Parahcuy tidak terlalu rumit. Ini memang formula untuk pengembang-pengembang indie bahwa simplicity is the key.

Walau sebenarnya bisa saja dibikin lebih rumit karena target pasarnya adalah orang dewasa disebabkan adanya kekerasan di game ini, namun dengan kesederhanaan serta user friendly-nya game Parahcuy justru berhasil memikat lebih banyak orang.

Game Parahcuy memang melabeli diri sebagai game action platformer. Namun demikian, ada unsur RPG dalam game ini. Pada menu utama di halaman depan game terdapat menu SHOP yang fungsinya untuk menambah kekuatan karakter utama.

Kita bisa menambahkan nyawa, meningkatkan armor, menggandakan koin serta pengalaman yang didapatkan dengan membeli power-up.

Jangan khawatir untuk menambah uang asli karena semua pembelian menggunakan coin yang bisa diperoleh dengan mengalahkan musuh di dalam game. Sehingga game Parahcuy bukanlah sebuah game pay to win.

Satu hal yang kurang dari aspek ini adalah tidak adanya opsi untuk mengatur suara atau audio. Sehingga, pemain yang mungkin hanya ingin mendengar suara efek tanpa musik harus puas dengan musik yang terus menyala. Maka, selanjutnya kita bahas dulu aspek sound dalam game ini.

Aspek Sound Game Parahcuy

Seperti yang penulis katakan sebelumnya bahwa tidak ada opsi untuk mengatur level suara atau bahkan me-mute musik di game Parahcuy. Awalnya hal ini tidak terlalu mengganggu karena musiknya pas dengan tema yang diusung yakni, perkelahian anak SMA. Cabikan distorsi gitar begitu terdengar di musiknya.

Musik yang membangkitkan apa yang disebut Bang Haji Rhoma Irama sebagai darah muda. Begitulah musik yang ada di game ini. Nuansa pemberontakan serta nuansa gejolak kawula muda begitu terasa dalam musik sepanjang permainan Parahcuy.

Sayangnya ternyata setelah beberapa lama, musiknya jadi terdengar membosankan. Karena hanya ada satu musik dari awal hingga akhir. Tidak ada perubahan dan jadi membosankan.

Belum lagi mungkin ada pemain yang tidak cocok dengan musiknya dan ingin mematikan musik rock yang mereka anggap bising tersebut.

Sedikit saran penulis, mungkin ada semacam transisi musik ketika di bagian awal atau cerita musik lembut, begitu masuk ke permainan jadi musik rock yang menghentak nan membangkitkan semangat atau ya ada opsi untuk mematikan musik. Mana saja yang lebih mudah.

Efek suara tidak ada masalah. Pemain bisa dengan jelas mendengar perbedaan suara pukulan serta tendangan juga ketika mendapatkan item-item dalam permainan. Maka, kita memasuki ulasan aspek gameplay.

Aspek Gameplay Game Parahcuy

Sebagai sebuah game action platformer, game Parahcuy berhasil membuat senang banyak orang. Ini terbukti dari rating di Playstore yang mendapatkan nilai rata-rata 4,7 dari 539 orang yang sudah memberikan bintang, semuanya puas dari segi gameplay. Begitu juga penulis yang menikmati game ini.

Awalnya permainan memang agak susah khususnya ketika harus melewati jurang-jurang. Namun, ketika sudah beberapa kali percobaan maka, akan terbiasa dan akan terlewati begitu saja. Musuh-musuh yang ada, bahkan bos dalam final stage pun tidak sulit.

Aslinya game ini mempunyai tiga episode. Tapi, episode ketiga masih dalam tahap pengembangan. Kita berdoa semoga saja segera selesai sehingga kita bisa mengetahui ending dari petualangan Andi.

Masing-masing episode berisi sepuluh stage. Pada final stage pemain akan berhadapan dengan boss. Ketika pemain kehabisan darah maka, pemain harus mengulang dari awal stage.

Ini banyak dikeluhkan di-review di Google Playstore yakni, tidak ada checkpoint. Penulis pribadi tidak mengeluhkan serta tidak mempermasalahkan hal ini karena ini sebenarnya soal kebiasaan saja. Jika kita sudah terbiasa maka, akan bisa menyelesaikan permainan ini tanpa perlu adanya checkpoint.

Sepanjang permainan ada ruang-ruang rahasia yang bisa ditembus pemain. Sehingga harus pintar-pintar mencari ruang.

Bahkan ada satu ruang rahasia yang bisa menimbulkan tawa karena ada satu orang YouTuber atau streamer terkenal di Indonesia yag dimasukkan di game ini.

Siapa dia? Mainkan saja game ini biar tidak penasaran. Satu saran penulis untuk para pemain cobalah untuk memakai gamepad karena control menjadi lebih mudah. Maka, selanjutnya kita masuk ke aspek control game Parahcuy.

Aspek Control Game Parahcuy

Kendali permainan Parahcuy sebenarnya bisa dimainkan tanpa menggunakan gamepad. Selayaknya game-game di smartphone, semua aksi bisa dilakukan melalui sentuhan. Ada beberapa aksi yang bisa dilakukan karakter utama.

Standar movement hanyalah kanan dan kiri. Namun, bisa dipercepat dengan menekan satu tombol akselerasi berpindah dengan cepat. Ini mempercepat jalannya permainan sekali.

Walau penulis melihat ada yang mengalami ghost movement di-review mereka, tapi penulis sendiri tidak mengalami hal tersebut. Selebihnya kendali permainan sudah baik. Kendali ketapel dan memukul serta melompat penempatannya juga cukup baik, tidak terlalu berdekatan.

Satu kekurangan ada di kendali parasut. Pemain harus menekan tombol loncat sebanyak dua kali untuk membuka parasut.

Seharusnya lompat sekali sudah bisa membuka parasut karena ketika pemain jatuh pun parasut bisa dibuka, jadi agak aneh kalau pemain harus melompat dulu dua kali baru bisa membuka parasut.

Terakhir, kita akan membahas aspek graphics game Parahcuy.

Aspek Graphics Game Parahcuy

Grafik Parahcuy bisa dibilang lumayan. Tidak terlalu bagus juga tidak terlalu jelek. Bisa diterima dan oke.

Kalau dalam skala penilaian dapat nilai 7 dari 10. Karena di beberapa kesempatan animasinya terasa masih kaku dan sedikit kasar. Namun, masih bisa diterima.

Banyak latar gambar yang mengambil tema Indonesia kekinian. Seperti adanya pedagang cilok, anak-anak bermain latto-latto dan yang paling kocak adalah adanya toko es krim yang dibilang menjajah yakni, Mixue. Memang namanya diplesetkan menjadi Mixeu untuk menghindari gugatan hak cipta, tapi tetap saja mengundang tawa.

Akhir Kata untuk Game Parahcuy

Pergantian juga perubahan serta update yang terjadi pada game Parahcuy sangat menggembirakan.

Walau ada beberapa hal yang dihilangkan seperti mengendarai motor yang seharusnya ada di stage 4 episode 1. Namun kompensasinya adalah grafik dan animasi yang lebih bagus.

Mungkin bisa jadi, pada episode 3 ada stage yang mengendarai motor. Karena sayang sekali kalau geng motor hanya menjadi latar belakang cerita saja.

Seharusnya bisa seperti game legendaris NES yakni Nekketsu Kōha Kunio-kun yang memasukkan satu stage pemain mengendarai motor.

But overall, Parahcuy sangat menyenangkan dan sangat layak untuk dibeli kemudian dimainkan. Harga Rp.6.000 tentu saja sangat murah. Lebih bagus lagi jika kita mendukung pengembangnya dengan memberikan donasi di halaman crowdfunding-nya.

Dengan demikian, kita bisa melihat akhir cerita dari Andi dan teman-temannya. Demikian artikel ulasan tentang game Parahcuy. Semoga bermanfaat minimal tidak merugikan.


Game Parahcuy ini telah tersedia di Google Play Store dan juga bisa ditemukan di Candela Imagine, salah satu platform yang mewadahi kebutuhan game lokal agar eksistensi game Indonesia tetap terjaga.

banner gamekarta

Tentang Gamekarta

Gamekarta adalah sebuah inisiatif kolaboratif yang digagaskan oleh Esportsnesia dan Candela Imagine untuk memberikan dukungan eksposur kepada para pengembang gim tanah air. Dukungan yang diberikan tidak hanya terbatas pada ulasan media, tetapi juga menunjang keberadaan digital dari suatu karya video game dalam ekosistem Esportsnesia.

Tentang Candela Imagine

Candela Imagine adalah sebuah start up fasilitator game developer Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengembang gim untuk menelurkan karyanya.