Review Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler: Indonesia Scrolled Battle, Game Lokal dari Gingersun Games

317
Unrivaled Heroes 2.5D Brawler

Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler adalah game yang bertema action dengan ciri khas budaya Indonesia yang ditujukan untuk para gamers yang menginginkan simplisitas namun tetap memiliki sensasi gim action yang baik.

Dalam game ini. para pemain akan menjumpai objek-objek dengan unsur budaya seperti senjata kuno keris. Nilai-nilai kebudayaan yang dibawakan oleh gim ini tentunya membuat pemain bisa bermain sambil belajar mengenali budaya Indonesia, serta mengenang kembali cerita rakyat yang pernah didengar semasa waktu kita kecil.

Nah, kali ini penulis berkesempatan untuk bisa mencicipi langsung bocoran project game dari Gingersun Games.

Penasaran seperti apa dan bagaimana alur cerita dari game ini? Mari kita intip bersama review Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler berikut ini.

Spesifikasi Perangkat

Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler bisa dimainkan pada perangkat gadget dengan minimum Android OS 6.0 ke atas. Game ini bisa kalian download melalui Google Play Store. Sayangnya untuk gamers PC harus bersabar karena game ini masih belum bisa dimainkan di Steam.

Penulis sendiri sudah mendapat izin dari developer untuk mencicipi lebih awal game Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler. Untuk perangkat PC, nantinya game ini bisa dimainkan spesifikasi:

  • Windows 10 Pro
  • Intel Core I3 3.60 GHZ
  • 8GB RAM

Untuk minimun spesifikasi yang diperlukan di Steam:

  • Windows 7
  • Intel Core I3 2.1 GHz
  • 3GB RAM
  • Intel HD 3000

First Impression Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler

Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler

Ketika penulis masuk ke menu awal, pemain bisa merasakan musik yang sangat kental dengan permainan alat musik tradisional khas Indonesia. Angklung dan seruling terdengar sangat merdu untuk didengar namun tetap disuguhkan dengan baik.

Pemain bisa menggunakan keyboard dan joystick controller untuk memainkan game ini. Meski penggunaan joystick controller baru diketahui ketika kita ke menu saat sedang bermain.

Ketika penulis memainkan game ini selama 2 jam, penulis bisa merasakan bahwa game ini memerlukan ketangkasan dan muscle memory yang baik. Keterampilan ini dibutuhkan ketika melawan mini boss yang akan dilawan ketika mencapat stage 3.

Kurangnya ketangkasan dan muscle memory membuat penulis harus mengulang kembali stage yang disediakan.

Serangan musuh dan jebakan membuat player kewalahan untuk mengatur tempo permainan, baik dari sisi serangan, pertahanan maupun menghindar.

Foto Contoh Jebakan Unrivaled Heroes

Musuh yang dihadirkan mengambil wujud setan dan siluman khas Indonesia. Musuh-musuh pun juga paham bagaimana tempo permainan untuk menyerang dan bertahan dari pemain sehingga suasana game ini terasa lebih masuk akal.

Review Unrivaled Heroes : 2.5D Brawler

Aspek Interface Unrivaled Heroes : 2.5D Brawler

Dari sisi menu utama, penulis hanya bisa menemukan 3 opsi, Story Mode, Setting, dan Exit. Penulis tidak menemukan menemukan setting untuk melakukan perubahan kontrol apapun.

Menu tutorial diberikan ketika pemain baru pertama kali memainkan stage pertama dari story mode. Namun sayang Tutorial yang diberikan cukup singkat dan tidak sepenuhnya dijelaskan sehingga penulis masih harus melakukan eksplorasi tersendiri.

Sejauh ini penulis hanya menemukan control untuk berlari, menyerang, bertahan, penggunaan skill karakter dan item, dan melakukan “Dash”. 

Penulis sedikit terkejut dengan game ini karena bisa membuat genre game slide scroll menjadi lebih hidup karena character bisa naik dan turun. Perubahan ini membawa suasana baru bagi penulis terhadap genre slide scroll.

Dari segi HUD (Heads Up Display) sudah tertera informasi dasar yang diperlukan pemain di atas dan dibawah layar penulis seperti informasi HP, waktu, energi, dan jumlah wave yang akan dilawan penulis.

Saat berhadapan dengan musuh, penulis bisa melihat HP lawan dan gerakan lawan sebelum melakukan serangan. Hal ini sedikit mempermudah pemain untuk mengatur tempo serangan dan bertahan penulis.

Aspek Gameplay Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler

Dalam segi aspek gameplay, Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler ini dipenuhi dengan adegan action perkelahian dengan musuh, baik secara langsung maupun tidak langsung. Disetiap level musuh yang dihadapi akan semakin kuat.

Gameplay yang dihadirkan terkesan repetitif karena musuh yang dilawan untuk tantangan berikutnya dapat ditebak oleh penulis. Perubahan akan terjadi ketika penulis berhasil masuk ke stage berikutnya.

Pada akhirnya game ini akan membuat pemain untuk sampai stage terakhir dan melawan boss fight dari tiap stage yang ada.

Diawal game, penulis sudah diberikan penggalan kisah dari game ini. Tetapi sampai stage 3 penulis masih belum mendapat cerita asal-usul dari character yang dipakai penulis beserta teman character yang selalu menemani.

Game ini mengandung sedikit RPG untuk grinding item seperti potion HP. Yang membantu penulis untuk bermain sampai selesai adalah dengan melatih memory muscle dan ketangkasan penulis.

Penulis juga bisa berinteraksi terhadap tong kayu di sekitar area permainan untuk mendapat Potion.

Melihat dari pengalaman yang diberikan game ini, game ini tidak mudah diselesaikan dalam waktu singkat. Pemain harus melatih dan beradaptasi dengan tempo game ini yang penuh dengan aksi.

Ketika penulis menjumpai game over, penulis hanya perlu mengulang dari awal stage terakhir dengan keadaan item character sebelum penulis kalah tetapi kondisi character kembali penuh.

Aspek Graphic dan Sound Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler

Background Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler
Foto Graphic Unrivaled Heroes 2.5D Brawler

BGM (Background Music) yang dihadirkan sangat menggambarkan nuansa dari Indonesia, namun menjadi berkurang ketika pemain memasuki kondisi dimana background game sedang dalam kondisi menjelang malam atau ketika pemain sudah sekarat.

Selain itu antara BGM di menu awal dengan BGM ketika permainan sedang berlangsung mengalami perbedaan volume suara yang sangat jauh. Hal ini membuat penulis harus mengatur kembali setting volume musik.

Sound effect (SFX) yang diberikan sangat mendukung gameplay dari permainan. Sound Effect game ini juga mengalami sedikit kekurangan yaitu ketika berinteraksi dengan tong yang menghasilkan suara yang pecahan tong yang kecil.

Untuk visual Graphic yang ditawarkan adalah gabungan antara karakter 2D dengan background game 3D. visual seperti ini membuat penulis termanjakan dengan gabungan efek 3D dan 2D yang diberikan.

Meski begitu, ada beberapa penggambaran di Stage 2 yang terlihat kurang pas, misalnya pewarnaan pohon yang nampak cerah namun langit sudah gelap. Kekurangan tersebut bisa tertutup berkat adanya gambar perumahan yang dekat posisi character.

Akhir Kata

Game Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler ini sangat cocok untuk para gamers yang ingin beristirahat sejenak dari game-game yang memerlukan mekanik yang tinggi tetapi tetap santai dimainkan.

Meskipun Unrivaled Heroes: 2.5D Brawler masih dalam tahap pengembangan, namun game ini akan jauh lebih baik lagi dan menjadi game yang memiliki kesan-kesannya tersendiri bagi para pemain.

banner iklan esportsnesia