This War of Mine, Game yang Menguji Sisi Kemanusiaan Pemainnya

0
26
This War of Mine Game Cover
This War of Mine Cover

Bermain game dengan tema survival mungkin terdengar biasa, namun di gim yang berjudul This War of Mine ini akan memberikan nuansa permainan yang berbeda. Di sini kita tidak bermain sebagai prajurit maupun tentara khusus. Malah sebaliknya, kita bermain sebagai korban perang yang terjebak di tengah medan peperangan!

Apa yang Membuat This War of Mine Berbeda?

Zlata Ganeplay This War of Mine
This War of Mine Gameplay

11 Bit Studios, perusahaan pembuat game asal Polandia benar-benar menyajikan inovasi game bertemakan survival yang berbeda dari biasanya. Tak heran, di awal perilisannya pada November 2014 silam, This War of Mine mendapat banyak penghargaan bahkan dengan rating hampir sempurna dari tiap penyedia platform dan kritikus game.

  • This War of Mine terinspirasi dari kisah nyata yang mana terjadi peperangan di Sarajevo, Bosnia pada tahun 1992-1996 yang menimbulkan korban tidak sedikit.
  • Pemain dapat memainkan beberapa playable characters yang mana dikisahkan sebagai para penduduk dengan latar belakang berbeda yang terjebak di tengah medan peperangan dan harus bertahan hidup hingga waktu tertentu.
  • Bertahan hidup tak harus membunuh, merupakan kumpulan kata yang tepat untuk This War of Mine. Pasalnya, para pemain benar-benar diuji sisi kemanusiaannya lewat game ini.
  • Tak sedikit para pemain yang mengatakan alur ceritanya yang menyayat hati dan sangat dalam. Banyak juga yang berkomentar bahwa sifat asli seseorang akan terlihat ketika bermain game ini.
  • Salah satu game indie yang tidak memiliki fitur “save game” yang mana bila karakter mati, maka pemain harus tetap melanjutkan permainan. Cocok untuk pemain yang mencari tantangan.

Mekanisme Permainan di This War of Mine

This War of Mine Shelter
This War of Mine Gameplay

Game yang bergenre survival simulation ini berkisah tentang para penduduk kota fiksi Pogoren, Graznavia yang terjebak dalam perang.

  • Saat memulai permainan, pemain dapat melihat karakter-karakter yang dimainkan berada didalam rumah, apartemen, maupun gedung lainnya yang disebut shelter dengan kondisi sudah hancur yang mana digunakan untuk tempat tinggal dan bertahan hidup selama mungkin. Dalam bangunan tersebut awalnya disediakan beberapa komponen-komponen material yang dapat ditemukan disekitar area bangunan.
  • Material yang sudah diambil dapat digunakan pemain untuk membuat furnitur rumah seperti tempat tidur, kompor untuk memasak, perangkap tikus, tempat penyaringan air hujan, tungku pemanas ruangan maupun alat untuk membuat senjata.
  • Selain itu, karakter yang dimainkan juga memiliki kebutuhan seperti makan, tidur, interaksi sosial dengan karakter lain dan semacamnya. Dalam hal ini, tentu saja para pemain ditekan untuk mencari material-material yang dibutuhkan untuk membuat furnitur dan perangkat lain yang dibutuhkan.
  • Beberapa lokasi seperti Shelled-Cottage atau Garage bisa menjadi lokasi awal yang baik untuk memulai scavenging. Hindari Military Outpost, Sniper Junction atau School jika belum siap karena terlalu berbahaya.
  • Material, makanan, obat-obatan maupun senjata dapat ditemukan diberbagai lokasi yang mana para pemain dapat menjelajahinya dengan salah satu karakter ketika malam hari. Para pemain mesti berhati-hati, karena tidak semua lokasi itu aman.
  • Pemain juga dapat membuat senjata atau memperbaharui senjata yang rusak seperti Crowbar, Knife, Hatchet, Pistol, Shotgun, Assault Rifle, dan Scope Assault Rifle.
  • Di sisi lain, pemain juga harus memberikan penjaga untuk berjaga malam di shelter, ada kemungkinan penyerangan saat malam hari yang berdampak hilangnya barang-barang, makanan maupun senjata. Lebih buruknya lagi, karakter yang berada di shelter pun bisa terluka bahkan lebih buruk.
  • Pemain harus memberikan senjata untuk mereka yang berjaga malam. Selain itu, pemain juga mesti mengetahui karakter mana yang cukup tangguh untuk berjaga malam, karena tidak semua karakter dapat menahan serangan walaupun dimodalkan senjata api.
  • Adanya kehadiran anak kecil pada Story mode tertentu menambah tantangan tersendiri bagi pemain This War of Mine. Fitur ini akan aktif jika pemain menambahkan DLC This War of Mines: The little Ones.

Biasanya, game dengan tema bertahan hidup atau survival selalu mengharuskan pemainnya untuk bertahan dan melawan balik dari segala ancaman apapun. Dalam This War of Mine, tiap aksi dan perbuatan yang dilakukan akan menimbulkan Butterfly Effect.

Butterfly Effect dalam suatu game merupakan suatu konsekuensi yang akan terjadi setelah karakter yang dimainkan melakukan aksi tertentu. Dimana aksi tersebut dapat menyulut kejadian tak terduga kedepannya entah itu baik ataupun buruk.

Mood Karakter Mempengaruhi Permainan

This War of Mine Depressed
This War of Mine Gameplay

Dalam game besutan 11 Bit Studios ini, karakter yang dimainkan dapat menimbulkan konsekuensi tertentu atas aksinya pada dirinya ataupun karakter lain. Aksi yang dilakukan dapat berdampak ke psikis dan mental tiap karakter yang dimainkan.

Ada beberapa status mood karakter seperti :

  • Content, Perasaan puas dan senang ketika melakukan perbuatan baik seperti menyelamatkan atau membantu seseorang, mendapatkan porsi makanan yang pas dan melihat yang lain juga mendapatkan jatah yang sama. Mood ini juga menambah kecepatan pergerakan karakter.
  • Normal, keadaan status awal tiap karakter secara normal.
  • Sad, Perasaan sedih yang dialami karakter jika menolak orang lain yang meminta bantuan, mencuri atau membunuh, salah satu karakter yang dimainkan tewas, dan mengetahui karakter lain kelaparan.
  • Depressed, depresi karena melakukan hal-hal negatif yang terus menerus. Hal ini membuat kecepatan gerak karakter sangat lambat.
  • Broken, keadaan mood suatu karakter yang dimana ketika dalam status “depressed”, karakter tersebut dipaksa untuk melakukan hal-hal negatif yang bertentangan dengan dirinya. Mood ini membuat karakter tidak bisa digerakan selama satu hari bahkan lebih.
  • Karakter yang memiliki mood “broken” memiliki dampak yang serius nantinya. Disamping pemain akan kehilangan kendali, karakter yang memiliki mood ini ada kemungkinan akan mengakhiri hidupnya alias bunuh diri di hari kedua maupun ketiga.

Pemain juga dapat meringankan bahkan menghilangkan status negatif dari tiap karakter dengan melakukan hal-hal positif, seperti menolong orang, menghindari mencuri ataupun membunuh ketika menjelajahi tempat, tidur di ranjang 1-2 hari, minum alkohol ataupun moonshine, dan bersosialisasi dengan karakter lain.

Playable Characters di This War of Mine

This War of Mine Characters
This War of Mine’s Story Campaign

Di game ini, tiap karakter mempunyai background kisah dan kemampuan (traits) tersendiri. Adapun karakter-karakter tersebut, yakni:

  • Anton, seorang ahli Matematika yang dapat menangkap tikus dengan cepat ketika memasang jebakan tikus.
  • Arica, memiliki kemampuan bertarung yang baik dan mampu berlari dan mengais pasokan tanpa menimbulkan bunyi yang keras.
  • Boris, pria berbadan besar yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, memiliki health tertinggi dibanding karakter lain, kemampuan bertarung yang baik namun kecepatan pergerakannya sangat lambat. Lebih cocok dijadikan penjaga saat malam tiba.
  • Bruno, sang koki yang dapat membuat makanan, Moonshine dan alkohol dengan bahan yang lebih sedikit.
  • Emilia, pengacara bertalenta yang tidak dapat mencapai “depressed mood”.
  • Katia, seorang reporter wanita dengan kemampuan tawar-menawar saat melakukan trading.
  • Marin, Tukang yang terampil dan bisa menggunakan bahan yang lebih sedikit untuk membuat sesuatu.
  • Marko, memiliki kapasitas penyimpanan yang besar kedua setelah Boris.
  • Pavle, seorang atlet yang memiliki daya gerak paling cepat dari yang lain.
  • Roman, bekas prajurit yang memiliki kemampuan bertarung yang paling baik, health terbanyak kedua setelah Boris dan menjadi penjaga malam yang baik dibanding yang lain.
  • Zlata, musisi yang dapat menghilangkan mood negatif lebih cepat ketika berada di dalam grup atau party dan dapat bermain gitar sangat bagus.
  • Cveta, ibu-ibu penyayang anak kecil, yang bisa menghibur karakter yang mengalami bad mood lebih efisien, terutama anak kecil. Tidak terlalu berguna di grup jika tidak ada anak kecil.

Kejadian-Kejadian yang Tidak Terduga

Random Event This War of Mine
Random Event in This War of Mine

This War of Mine juga menghadirkan mekanisme kejadian yang tak terduga setiap hari berganti maupun saat pergi scavenging di malam hari, seperti:

  • Orang datang menawarkan obat-obatan, kayu bakar atau makanan secara cuma-cuma.
  • Anak kecil yang meminta bantuan saudaranya yang terluka.
  • Pedagang yang menawarkan berbagai jenis material, komponen, makanan, obat-obatan bahkan senjata.
  • Lelaki tua yang meminta makanan saat scavenging ke tempat tertentu, dan lainnya.

Di periode tertentu, akan ada Special Event seperti :

  • Winter, datangnya musim dingin dengan suhu dibawah 0 derajat yang rentan membuat karakter-karakter yang dimainkan jatuh sakit. Menjaga tungku pemanas ruangan tetap menyala merupakan salah satu kuncinya untuk melewati fase ini.
  • Cold Days have Passed, fase suhu akan kembali normal dalam rentang waktu 1-4 hari.
  • Outbreak of Crime, tingkat kriminalitas menaik drastis. Adanya penyerangan saat malam tiba akan sering terjadi. Membekalkan senjata api untuk penjaga malam adalah kunci utama.
  • Curb on Crime, tak ada penyerangan selama 2 hari dan fase kembali ke situasi yang normal.

This War of Mine dirilis di hampir semua platform baik itu iOS, PC, Android, PS4 dan Nintendo Switch. Untuk kamu yang senang bermain game bertema Survival, This War of Mine akan menghadirkan suasana yang berbeda pastinya. Ingin coba?

Previous articleMengenali Jenis-jenis Bad Manners di Esports
Next articleReview Ghostrunner, Game Super Fun Bertema Cyberpunk
Firdaus M Putra
Hai, aku Sarjana Sastra Inggris yang sangat tertarik di dunia jurnalistik. Hobiku banyak bisa dibilang, selain senang bermain game-game di PS4 ku, aku juga suka menulis sesuatu yang aku apresiasikan kedalam suatu karya yang dinamakan lagu. Ya, aku penulis lagu sekaligus pemain Bass dan frontman di "Nosferal", Modern Rock Band yang karyanya bisa didengar di semua platform musik semacam Itunes, Spotify, Youtube dan lainnya. Di band ini, aku mengkonsep cerita dalam tiap-tiap lagunya berurutan dari awal EP dengan Self-Titled "No One Should Fear Everlasting Rage And Love" hingga akhir album "The Thin Line Between Life and Death" yang jika didengarkan dengan baik ternyata memiliki arti yang dalam dan menjadi kesatuan cerita. Ada juga beberapa karya tulis cerpenku di aplikasi Wattpad, Selain itu mengisi konten akun receh di instagram milikku "bodoh.sekali.dia.yang.mulia" dengan total follower nyaris 40,000 menjadi kesibukan keseharianku.