Tantangan Map Baru di Dragonspine Genshin Impact
Genshin Impact Artwork by Alphacoders

Dewasa ini, para gamer dihadirkan dengan munculnya tantangan dunia baru di Genshin Impact, yaitu Dragonspine. Dragonspine sendiri merupakan hamparan gunung es dengan suhu yang ekstrim dan mekanisme permainan yang lebih kompleks.

Lokasi yang terletak di antara Moondstadt dan Liyue ini akan menguji ketangguhan para pemain Genshin Impact. Untuk dapat mendominasi gunung es ini, berikut adalah 5 tips bermain di map baru Genshin Impact, Dragonspine!

Tips Dragonspine #1: Mekanisme Iklim Mempengaruhi Karakter

Iklim Ekstrim di Genshin Impact
Dunia Salju dan Musuh Baru di Dragonspine

Mihoyo, selaku gim developer dari Genshin Impact benar-benar menyuguhkan detail inovasi mekanisme permainan yang unik. Apabila memasuki map Dragonspine, karakter yang dimainkan akan mendapat sheer cold status, yang terus menerus bertambah.

Jika status berwarna biru di atas health bar tersebut sudah mencapai limitnya, hit point karakter yang dimainkan akan terus berkurang secara drastis dan menjadikan gim Genshin Impact semakin lebih menantang dari sebelumnya.

Akumulasi sheer cold status juga akan bertambah lebih cepat apabila karakter berada dalam badai salju, berenang maupun berlari tergantung dari aksi yang dilakukan. Untuk menghilangkan status ini, para pemain veteran Genshin Impact tak berpikir panjang untuk pergi ke kamp atau berdiri di dekat api, Statue of Seven, Teleport Waypoints, dan Warming Seelie.

Ada beberapa material khusus yang hanya ada di map ini. Scarlet Quartz misalnya, material ini berguna untuk menghancurkan batuan es tertentu. Fungsi lainnya, material ini juga memberikan Elemental DMG api yang besar untuk satu kali serangan ke musuh dan juga menghentikan sheer cold status beberapa saat sampai efeknya hilang.

Tips Dragonspine #2: Ada Quest dan Musuh Baru

Aether and Albedo against Story Quest Boss
All New Cryo Regisvine

Selain itu, para pemain juga akan mendapatkan Story Quest dan World Quest baru di Dragonspine. Bagi para penikmat cerita dan penjelajah open world dari Genshin Impact sendiri, hal ini menjadi hiburan tersendiri bagi mereka, apalagi melihat Paimon dengan MC berinteraksi dengan karakter-karakter favorit mereka secara sinematik.

Kehadiran monster-monster baru seperti gerombolan Hilichurl dengan elemen cryo barunya sampai Ruin Grader, robot besar yang jauh lebih kuat dari Ruin Guard dan dapat menembakan laser dari kepalanya semakin menciptakan ketegangan bermain bagi pemain Genshin Impact.

Bonus tips untuk melawan beberapa monster di Dragonspine Genshin Impact

Lebih direkomendasikan untuk bermain dengan karakter berelemen Pyro, Electro dan Geo. Bagi pemain yang beruntung mendapatkan Diluc sebagai salah satu karakter berelemen Pyro dengan penghasil DPS yang bagus, akan lebih mudah mendominasi semua monster hingga Elite Boss di Dragonspine yang mana keseluruhan monster menggunakan Cryo Shield sebagai pertahanan mereka.

Tidak harus menggunakan karakter sekelas Diluc untuk menaklukkan Dragonspine, penggunaan karakter bintang empat semacam Bennet, Xiao Ling dengan elemen Pyro nya maupun Razor ataupun Fischl dengan elemen Electro-nya juga akan sama mudahnya apabila karakter-karakter tersebut diberikan set artefak yang pas dan senjata yang sesuai.

Meski demikian, penggantian elemen selama penyerangan dengan menggonta-ganti karakter merupakan kunci utama dalam bermain Genshin Impact. Elemental Reaction yang dihasilkan dari gabungan serangan dua elemen akan menimbulkan efek yang berbeda.

Misalnya ketika penyerangan yang diluncurkan menggunakan elemen Hydro dan digabungkan dengan serangan elemen Pyro maka akan timbul Vaporize Reaction, yang mana target yang diserang akan mendapatkan hasil serangan lebih besar dari biasanya.

Walaupun begitu, para pemain mesti berhati-hati melancarkan serangan dengan elemen tertentu. Sebab, hal ini bisa berimbas ke karakter pemain sendiri.

Contohnya, Barbara, jika ia memberikan “Let the Show Begin”, Elemental skill ability nya ke musuh berelemen Cryo semacam Cryo Abyss Mage, maka akan terjadi Frozen Elemental Reaction bagi Barbara karena Elemental Reaction ini akan membekukan karakter atau musuh apapun yang berstatus “Wet” dan skill Barbara yang dikeluarkan otomatis menimbulkan efek status tersebut.

Tips Dragonspine #3: Riddle yang Lebih Rumit dari Biasanya

Snow Tombed-Starsilver
Razor menatap pedang Snow Tombed-Starsilver

Selama menjelajahi Dragonspine, para pemain juga akan dihadapi berbagai riddle untuk dipecahkan. Hadiah yang didapatkan dari puzzle itu sendiri tidak tanggung-tanggung.

Para pemain bisa mendapatkan Precious sampai Luxurious Chest yang jumlahnya lebih dari dua, atau bahkan mendapatkan senjata Claymore bintang empat, Snow-Tombed Starsilver dengan atributnya yang bagus untuk bermain offensive.

Sepanjang perjalanan, pemain juga dapat menemukan material autentik khas Dragonspine, seperti Starsilver. Material ini digunakan untuk menambah level kekuatan senjata yang dituju.

Di samping itu, Starsilver juga merupakan bahan material untuk membuat Dragonspine Spear, tombak bintang empat yang didapatkan setelah menjalankan misi “The Festering Fang” di Dragonspine. Misi ini dapat ditemukan seiring pemain menjelajahi Dragonspine.

Setelah selesai menjalani misi tersebut, pemain akan mendapatkan cetak biru dari senjata tersebut. Selain itu, pemain juga mendapatkan tombak tersebut yang dapat dibuat di pengrajin senjata di kota Moonstadt maupun Liyue.

Selagi menjelajahi Dragonspine, pemain biasanya dapat melihat batu berwarna merah yang bernama Crimson Agate di berbagai tempat tertentu di Dragonspine. Batu ini berfungsi sama seperti Anemoculus maupun Geoculus yang dipersembahkan untuk Statue of Seven.

Lepas dari itu, Crimson Agate sendiri khusus dipersembahkan untuk Frostbearing Tree. Dengan kata lain, hadiah yang diberikan tidak tanggung-tanggung seperti Mora, material crystal sampai Wishing Item untuk roll gacha.

Tips Dragonspine #4: Tantangan Domain dan Artefak Baru

Peak of Vindagnyr
Peak of Vindagnyr, Dragonspine

Di puncak gunung sendiri terdapat domain baru yang bernama Peak of Vindagnyr. Domain yang sangat ditunggu-tunggu untuk para pemain karakter elemen cryo dan hydro. Di sini artifact set Blizzard Strayer untuk Cryo element dan set Heart of Depth untuk Hydro element juga menjadi alasan utama para pemburu artefak untuk datang kesini.

Blizzard Strayer set memiliki keunggulan tersendiri untuk karakter berelemen cryo, seperti Kaeya, Chongyun, bahkan GanyuKarena untuk tiap dua set pemakaian artefak ini, karakter tersebut mendapatkan tambahan 15% Cryo DMG, dan jika menggunakan empat set akan menaikan CRIT Rate sebanyak 20% jika melawan musuh yang terpapar elemen cryo dan bila musuh yang dilawan tersebut beku, akan ada tambahan 20% CRIT rate lagi.

Heart of Depth set juga menjadi antusiasnya para pengguna karakter hydro DPS dealer seperti Childe, Mona, atau Xinqiu untuk datang ke domain ini. Set artefak ini akan menambahkan 15% Hydro DMG bagi penggunanya jika digunakan dua set, dan menambahkan Normal dan Charged Attack sebanyak 30% setelah menggunakan Elemental Skill selama 15 detik jika menggunakannya empat set.

Tips Dragonspine #5: Event Mingguan yang Lebih Sulit

Event Mingguan yang Lebih Sulit
Karakter-Karakter Genshin Impact

Tiap minggu juga selalu ada event-event yang menarik untuk dimainkan. Tak heran ada beberapa misi yang terbilang sulit dikerjakan sendiri dan butuh teman Co-op untuk menyelesaikannya.

Pemain juga disuguhkan dengan kehadiran karakter baru yang bisa didapat dari gacha character, seperti Albedo, Juru Alkemi dari Moondstadt dengan kemampuan elemen Geo nya, Ganyu, Sekretaris Yuehai Pavilion dengan kekuatan elemen Cryo, dan karakter-karakter lain yang akan hadir di update selanjutnya di bulan Februari 2021.


Genshin Impact bisa dimainkan di beberapa platform seperti PS4, PC dan juga smartphone secara gratis. Jadi, apa kamu siap untuk menghadapi tantangan dengan tips cara bermain map baru Genshin Impact di Dragonspine?