Apa Itu Cyberpunk 2077?

0
30
cyberpunk 2077
Cyberpunk 2077, gim utopia bernuansa kelam, telah rilis pada 10 Desember 2020.

Cyberpunk 2077 menjadi gim penutup tahun 2020 yang paling diminati pecinta game. Gim tersebut rilis pada 10 Desember 2020. Pengerjaan sangat lama, terhitung delapan tahun sejak tahun 2012 saat diumumkan pertama kali ke publik.

Gim tersebut dirilis untuk PC dan konsol, seperti PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X, ataupun Series S. Meski begitu, Cyberpunk 2077 tidak bisa dibilang sebagai gim yang tidak lepas dari kontroversi. Mulai dari menjadi gim dengan penjualan tercepat hingga berbagai masalah performa yang dikeluhkan oleh gamers.

Tertarik untuk membeli gim Cyberpunk 2077? Sebelum membelinya, kita ulik lebih jauh tentang gim yang paling ditunggu sejak tahun 2012, yuk!

Cyberpunk 2077 Menjadi Gim Paling Laris dan Bermasalah

game cyberpunk 2077
Game Cyberpunk berlatar masa depan tahun 2077.

Cyberpunk 2077 disebut sebagai gim kategori PC dengan penjualan terbanyak dan tercepat. Sebelum rilis, gim tersebut sudah dipesan sebanyak delapan juta kopi untuk konsol dan PC. Gim keluaran CD Projekt Red berhasil terjual sebesar 4,72 juta jelang rilis.

Rekor tersebut sebelumnya berhasil dipecahkan gim World of Warcraft: Shadowlands sebanyak 3,7 juta kopi. Sayangnya, meski mencetak rekor yang baik, Cyberpunk 2077 memiliki banyak bug yang mengganggu gim tersebut. Alhasil banyak gamer yang meminta  refund dikarenakan bug itu sangat mengganggu jalannya permainan.

Cyberpunk 2077 diklaim memiliki berbagai kendala dengan penurunan kualitas grafis, bug, dan permasalahan hak cipta lagu. Sehingga sejumlah gamers memberikan ulasan tentang gim yang tidak memuaskan dan mengecewakan ketika dimainkan di PS4.

Tidak hanya itu, sejumlah penjahat memanfaatkan animo perilisan Cyberpunk 2077 untuk menipu para gamer yang ingin mendapatkan gim gratisan. Pelaku akan memanfaatkan tampilan gim Cyberpunk agar terlihat seperti terpasang pada PC, padahal hal itu hanya skin atau luaran saja. Sedangkan sistemnya adalah sistem pembajak.

Saat hendak memasang gim itu, pemain yang tergiur dengan gim bajakan akan diminta untuk mengisi giveaway untuk mendapatkan kunci lisensi untuk menginstal gim. Tautan tersebut mengarahkan korban ke website yang menawarkan kunci dengan mengisi giveaway sebelumnya.

Setelah mengisi dan mendapatkan kunci, proses instalasi akan terganggu dengan menyatakan gim tersebut error. Pemain harus mengulang proses instal yang membuang-buang waktu dan membahayakan perangkat. Dari situ pelaku akan mendapatkan informasi pribadi hingga melakukan serangan siber yang menyerang perangkat komputer korban.

Plot Gim Cyberpunk 2077

keanu revees cyberpunk 2077
Keanu Revees menjadi salah satu karakter Cyberpunk 2077.

Terlepas dari berbagai kontroversinya, Cyberpunk 2077 ternyata sangat baik jika dimainkan di PC. Dengan genre role playing game atau RPG, gim tersebut menyajikan sistem simulator imersif dan grafis tinggi. Ditambah dengan alur cerita anti mainstream yang membuat pemain merasa betah untuk memainkannya berjam-jam.

Cyberpunk 2077 mengisahkan masa depan pada tahun 2077. Amerika Serikat telah hancur secara de facto dengan suasana yang mencekam di mana perkotaan utopia telah gagal sehingga kini dikuasai geng dan penguasa dalam korporasi multinasional. Latar dari gim tersebut menggunakan lokasi Night City yakni kota megapolis, California.

Korporasi yang berhasil menguasai Night City adalah Militech, yaitu korporasi dalam bidang senjata dan kendaraan untuk militer, Arasaka dari Jepang, yakni korporasi dengan teknologinya yang sangat canggih.

Untuk yang terakhir, ada Kang Tao dari Tiongkok dengan teknologi Smart-Tech, yaitu teknologi super canggih dan revolusioner yang memungkinkan senjata memiliki peluru untuk mengejar targetnya.

Selain korporasi, Night City juga dikuasai oleh sembilan geng. Kesembilan geng itu adalah Aldecaldos (Spanyol), Maelstrom (Cybernetic), The Mox (Penjaja Seks), Voodoo Boys (Haitian Netrunner), Tyger Claws (Jepang), 6th Street Gang (awalnya bernama “Good guys”), Wraiths (organisasi paramiliter), Valentinos (Italia), dan Animals (Muscle Power). Terakhir ada kelompok Scavengers (pemulung), tetapi mereka bukan pemulung biasa melainkan kelompok yang mengumpulkan implan dari korban sembilan geng tersebut.

Utopia science fiction menjadi tema utama gim Cyberpunk 2077. Warga dapat disingkirkan dengan mudah. Tubuh manusia bisa dimodifikasi dengan logam layaknya cyborg sebagai mesin perang untuk melawan musuh.

Pemain akan memerankan tokoh bernama V, seorang penjahat yang menjadi tentara bayaran yang mengejar implan. Implan tersebut adalah kunci untuk hidup abadi. Karakter di dalam gim dapat kita modifikasi, baik jenis kelamin hingga warna kulit dan mata.

Di dalam gim, player harus memodifikasi perangkat, gerak karakter, dan keahlian untuk menyelesaikan misinya. Pemain juga dapat melakukan implan tubuh untuk memaksimalkan performa. Selain itu, update senjata dan mengasah skill hacking diperlukan untuk menang.

Player hanya perlu membunuh semua musuh. Musuh-musuh tersebut datang dari berbagai area dan kelompok, baik dari korporasi atau perusahaan, penjahat geng, dan para penipu underground.

Gameplay yang Ciamik

gameplay cyberpunk 2077
Gameplay Cyberpunk 2077 lebih unik dibanding gim RPG lainnya.

Cyberpunk 2077 adalah gim RPG shooter. Dalam gim ini, pemain akan memiliki berbagai senjata. Namun, gim ini sedikit berbeda dengan gim yang biasa kita mainkan karena temanya yang science fiction.

Dalam gim tersebut, pemain dapat menyelesaikan quest dengan banyak cara atau jalan. Player dapat memaksimalkan kemampuan atau melewati jalan yang berbeda. Bisa disebut bahwa gim ini tidak terpatok pada satu cara penyelesaian misi.

Cyberpunk 2077 adalah gim dengan quest yang disebut sebagai GIG. GIG adalah side-quest unik yang bisa dimainkan dengan cara apapun. Pemain dapat memanfaatkan karakter yang sudah dibangun, seperti Intelligence (hacking), Technical Ability (crafting), Body (pertempuran), Cool (stealth), hingga Reflex (senjata).

Misalnya, saat pemain berada di sebuah permainan yang membutuhkan Tech level 7, tetapi pemain sudah upgrade skill ke level 10, mereka bisa menggunakan skill itu untuk mengatasi misi. Sehingga gameplay tidak terpatok pada batasan skills yang dimiliki oleh karakter.

Tidak hanya itu, meski misi sudah selesai, gim ini tidak berakhir begitu saja. Terdapat side-quest dan main-quest yang harus diselesaikan dengan hati-hati. Bisa dikatakan bahwa gim ini juga memberikan akhir gim berdasarkan keputusan-keputusan yang dibuat selama permainan berlangsung. Pemain juga akan disuguhkan dengan karakter-karakter yang tampak hidup layaknya di dalam film.

Fitur-fitur dalam Cyberpunk 2077

atribut karakter cyberpunk 2077
Cyberpunk 2077 memberikan keleluasaan kepada pemain untuk memodifikasi karakter.

Cyberpunk 2077 dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap yang menambah pengalaman bermain yang seru. Berikut adalah fitur-fitur gim yang dikembangkan pengembang seri gim The Witcher:

Senjata yang Modern

Senjata api utama dalam gim Cyberpunk 2077 adalah power, tech, dan smart. Tech akan memberikan kemampuan senjata yang dapat diisi ulang sebelum ditembakan. Power memberikan efek peluru yang dapat memantul.

Terakhir, smart memberikan efek peluru yang dapat mengejar target meski memerlukan implan tambahan. Senjata dalam gim tersebut jauh berbeda dengan senjata-senjata utama di dalam gim lain. Efek-efek dalam menggunakan senjata juga terasa sangat nyata layaknya kita berlaga di film action.

Cyberware

Cyberware dapat meningkatkan kemampuan fisik seperti double jump hingga scanning. Cyberware merupakan modifikasi tubuh manusia yang berfungsi layaknya komputer dengan implan. Pemain dapat menambah dan mengganti implan menggunakan NPC yang disebut RipperDoc.

RipperDoc akan ditanamkan dan memberikan banyak skills yang tak terduga. Misalnya, melihat profil musuh hingga melakukan koneksi dengan berbagai musuh lain.

Inventory

Inventory memberikan informasi alat-alat yang dimiliki pemain. Seperti senjata dan armor mulai dari yang biasa sampai langka. Pemain dapat memodifikasi atau menghancurkan senjata dan armor tersebut.

Gim ini juga memberikan keleluasaan pemain dalam membuat senjata, armor, dan obat dengan mengumpulkan berbagai blueprint dan senjata. Player dapat meningkatkan status item yang telah dibuat. Juga dapat meningkatkan senjata melalui fitur inventory.

Skills

Jika level mengingkat, pemain dapat memilih atribut seperti Intelligence (hacking) , Technical Ability (crafting), Body (pertempuran), Cool (stealth), hingga Reflex (senjata). Untuk menaikkan level, terbagi menjadi dua bagian, yaitu Perk Point dan Attribute Point.

Attribute Point dapat meningkat jika karakter juga naik level dengan progres yang bagus. Level atribut dibutuhkan ketika melakukan aksi-aksi yang membutuhkan salah satu atribut seperti mencuri mobil.

Sedangkan Perk Point meningkat seiring dengan skills yang digunakan dalam pertempuran. Perk Point bekerja layaknya skills pada gim RPG.


Cyberpunk Plot

Itu dia informasi singkat tentang gim Cyberpunk 2077. Gim tersebut terlihat sangat unik dan seru dengan berbagai fitur-fitur baru yang tidak pernah digunakan dalam gim-gim lain. Karakter sekaligus plot yang menarik dan menantang juga menjadi kelebihan gim tersebut.

Meski ada beberapa ulasan negatif dari pemain, rasanya sayang jika tidak mencoba gim yang bisa memeriahkan penghujung tahun 2020. Cyberpunk 2077 dapat dibeli via Steam dengan harga 700 ribu rupiah. Tertarik memainkannya untuk merayakan tahun baru?