Cara Mengurangi Rasa Cemas dalam Turnamen untuk Atlet Esports

449
cemas atlet esports
Credit: Didin Bahana via Unsplash

Tidak bisa dipungkiri jika rasa cemas pasti datang ketika saat turnamen berlangsung. Ketika berada di atas panggung besar, terdengar suara riuh sorakan dari para penonton, ditambah dengan kilauan sorot lampu dan kamera yang mengikuti setiap pergerakan para atlet esports tentu memberikan rasa gugup.

Ditambah lagi dengan bertanding membawa nama tim atau mewakili suatu daerah dan negara tentu saja menambah perasaan takut untuk mengecewakan pendukung.

Tidak jarang juga rasa cemas tersebut yang membuat atlet esports melakukan langkah yang tidak tepat dan memberikan dampak besar pada hasil permainan.

Tidak cukup hanya ahli dan paham teknik bermain saja, masih diperlukan satu hal penting yang sering terlupakan supaya sukses dalam menjalankan turnamen yaitu kemampuan mengontrol stres dan rasa cemas yang datang saat pertandingan.

Penyebab Perasaan Cemas Atlet Esports

Penyebab utama rasa gelisah yang dialami oleh atlet esports disebabkan oleh ekspektasi diri sendiri dan orang lain. Gelisah juga dapat terjadi karena terlalu lama bermain dan kurang istirahat sebelum hari pertandingan sehingga kinerja otak dan tubuh menjadi menurun.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri orang sedang dilanda rasa cemas, di antaranya:

  • Menyilangkan kaki.
  • Sering mengedipkan mata dengan intensitas yang cepat.
  • Sering menggerakkan kaki, tangan, dan bagian tubuh tertentu secara terus-menerus.
  • Memindahkan tumpuan badan seperti mengubah posisi duduk terlalu sering.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh atlet esports untuk mengatasi hal ini. Rasa gelisah membuat mereka hanya memperhatikan instruksi yang diberikan tanpa dapat bertindak. Hal ini disebabkan karena perasaan ragu atau respon yang lambat secara motorik akibat perasaan cemas tersebut.

Pada umumnya, perasaan cemas dapat menyebabkan kesulitan untuk fokus dan berkonsentrasi, kesulitan mengorganisir, sering melamun dan terlihat bingung, tidak bisa mengikuti arahan dengan baik, dan sering melakukan kesalahan.

Cara Mengatasi Rasa Cemas ala Atlet Esports

Rasa cemas memang sering menghampiri para atlet esports ketika sedang menjalani turnamen. Berikut ini adalah beberapa metode yang dapat dicoba untuk membantu mengatur dan menangani rasa cemas ketika bertanding di turnamen.

Jauhkan semua pikiran buruk selama pertandingan

Sebelum pertandingan dimulai, pikiran para atlet esports akan dipenuhi dengan berbagai hal-hal yang membuat cemas. Seperti perasaan negatif karena takut melakukan kesalahan sehingga akan membuat rasa percaya diri menurun.

Langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan meditasi pikiran untuk membantu mengatasi hal ini. Latihan untuk mengatur pernapasan selama 10 hingga 15 menit dapat menghalangi pikiran negatif dan mengarahkan otak Anda untuk tetap fokus ke sesuatu hal yang dapat dikontrol yaitu nafas.

Mengatur pernapasan dengan baik

Ketika perasaan cemas dan gugup datang, para atlet esports akan merasakan nafas mereka menjadi lebih cepat dari biasanya. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengatur ritme pernapasan.

Caranya dengan menarik nafas selama 5 hingga 10 detik yang mungkin akan terasa sangat lama ketika cemas melanda. Tetapi cara ini dapat membantu kerja otak dan nafas kembali normal.

Lakukan persiapan yang maksimal

Ketika turnamen sedang berlangsung Anda hanya dapat melakukan yang terbaik, terlepas dari apapun hasilnya kemudian. Melakukan persiapan dengan maksimal sebelum pertandingan dimulai akan membantu Anda menjadi lebih percaya diri dan mengurangi rasa gugup.

Otak Anda juga akan merasa lebih tenang jika sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga Anda akan lebih percaya diri selama pertandingan berlangsung.

Memotivasi diri sendiri

Kritik terbesar biasanya tidak datang dari orang lain melainkan dari diri sendiri. Selain itu, motivasi terbesar juga datang dari diri sendiri. Ketika perasaan cemas datang menyerang tidak ada salahnya untuk berbicara kepada diri sendiri.

Seperti memberikan kata-kata penyemangat supaya membangkitkan percaya diri dan mengurangi pemikiran negatif.

Mencari penyebab dari rasa cemas

Ketika rasa cemas datang, sebaiknya Anda berusaha mencari tahu akar masalah kenapa rasa takut tersebut muncul daripada berusaha menyangkalnya. Hal ini dapat menjadi solusi terbaik ke depannya. Mulai mengatasi akar masalah akan membantu sebelum masalah tersebut menghabiskan semua energi dan otak Anda.

Istirahat dan makan yang cukup

Walaupun terdengar sepele, tetapi ini merupakan hal yang cukup sulit untuk diperbaiki oleh beberapa pemain esports muda. Istirahat yang cukup dapat memberikan waktu untuk otak Anda supaya dapat lebih fokus dan berfungsi dengan maksimal.

Hal ini juga didukung dengan makanan yang sehat supaya memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh dan membantu dalam mengurangi rasa gugup dan cemas.

Terus Menambah pengalaman

Seperti pepatah practice makes perfect, dengan semakin sering berlatih dan terbiasa, maka rasa percaya diri akan meningkat. Kebanyakan orang tidak mengetahui masalah yang disebabkan karena perasaan cemas dapat diatasi dengan latihan yang rutin.

Latihan dapat melalui turnamen LAN, kalah atau menang, hingga mencari tim profesional untuk belajar mengatur rasa stres.

Tips ini selain untuk para atlet esports muda yang baru terjun ke dunia kompetitif juga berguna untuk mereka yang masih amatir untuk latihan dalam mengatur dan mengatasi rasa cemas dan stres yang berlebihan ketika ingin mengikuti kompetisi.

Apalagi jika berhadapan dengan tim lawan yang diketahui lebih kuat dan lebih jago. Semoga tips ini dapat membantu para atlet esports supaya lebih percaya diri dan dapat membawa kemenangan.

Masih belum ampuh untuk mengatasi kecemasan berlebihmu? Kamu bisa mendapatkan perhatian psikiater profesional lokal dari BetterHelp untuk membantumu.