5 Tips Menjaga Kesehatan Atlet Esports

1985
kesehatan atlet esports
Photo by Florian Olivo on Unsplash

Menjaga kebugaran diri agar tetap prima dalam dunia esports adalah hal yang sangat penting bagi para pemain profesional maupun mereka yang bekerja di balik layar. Pada artikel ini kamu akan membahas beberapa tips penting untuk menjaga kesehatan atlet esports dan mereka yang berkecimpung di industri esports.

Lakukan Latihan Pergerakan Tangan dan Pergelangan Tangan Secara Teratur

Mungkin hal ini terdengar aneh, tetapi hal ini ampuh untuk mencegah tangan dan pergelangan tangan kamu dari cedera tangan tegang.

Jika saat bermain game kamu selalu meletakkan tangan dan pergelangan tangan di posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama, hal ini berpotensi membuat tangan kamu menjadi kelelahan. Jadi, pastikan kamu ingat untuk mengambil waktu istirahat sejenak agar kamu bisa efektif dalam berkompetisi di esports.

Waspadalah jika kamu terlalu memaksakan tangan dan pergelangan tangan kamu dalam bermain. Ingat batasannya, atau kamu akan mempertaruhkan nasib karier esports yang kamu bangun menjadi terancam.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk menanggapi hal ini? Kamu bisa mulai dengan berlatih untuk memutar pergelangan tangan kamu baik searah jarum jam maupun berlawanan.

Kamu bisa juga mengikuti latihan-latihan pergerakan tangan yang direkomendasikan oleh Red Bull untuk para gamer.

Jaga Kebutuhan Air (Jangan Lupa Minum)

Rutin meminum air mineral dapat tetap menjaga cairan tubuh dalam kondisi yang baik dan kamu bisa bermain secara optimal. NHS merekomendasikan kamu untuk minum 6-8 gelas sehari , susu rendah kalori, dan juga minuman rendah gula (seperti teh dan kopi yang tidak pakai gula tentunya) untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh agar tetap stabil.

Jumlah gula dan kafein yang terlalu tinggi itu tidak bagus bagi pencernaan dan juga meningkatkan kadar stres dalam tubuh.

Untuk meminum minuman berperisa (soft drink) itu boleh saja dilakukan sesekali, tetapi air putih lebih disarankan untuk tetap menjaga kebutuhan cairan tubuh. Dengan cairan tubuh yang cukup, pikiran dan konsentrasimu akan menjadi baik selama bermain/bertanding.

Jaga Postur Tubuh Saat Bermain

Menjaga posisi tubuh yang pas saat bermain game berjam-jam adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Tidak hanya postur tubuh, tetapi memiliki kursi yang nyaman juga akan sangat mendukung. Jangan membeli kursi hanya karena tampilan desainnya yang menawan, tetapi pertimbangkanlah nilai kenyamanannya.

Jika kamu memiliki kursi yang baik, maka kamu akan lebih mudah mengatur posisi mata (penglihatan) agar posisi komputer dan mata kamu setara.

Berikut adalah postur tubuh yang direkomendasikan saat bermain game seperti:

  • punggung harus tegak,
  • kedua kaki dalam posisi lurus menyentuh dasar/lantai (sehingga berat tubuh terbagi rata 50:50),
  • lengan merasa santai (tidak terbebani/tegang), serta
  • posisi mata yang sejajar dengan layar monitor.

Juga jangan lupa untuk menggerakkan tubuh setiap 15 menit sekali setiap jam, seperti berdiri, berjalan santai sebentar, dan sebagainya agar tubuh rileks.

Ambil Jeda Sebentar

Jika kamu terlalu sering bermain game, maka tubuh kamu akan cepat bosan dan kamu menjadi lemah dalam mengatur strategi permainan. Maka dari itu, ambil jeda sejenak agar tubuh kamu bisa “bernafas” dan menyimpan energi yang lebih banyak untuk bermain ke depannya.

Hal ini juga akan berpengaruh pada kesehatan mental kamu sebab fisik yang sehat akan menghasilkan mental yang sehat juga.

Jangan pernah meremehkan hal ini. Kamu harus bisa mengatur tubuh kamu sendiri agar kamu bisa lebih optimal dalam performa esports ke depannya.

Imbangi dengan Aktivitas Lain

Walaupun bermain game esports adalah hal yang sangat menyenangkan, tetapi hal ini tentunya tidak akan sehat jika dilakukan secara berlebihan. Baik itu atlet profesional atau pemain kasual, bermain untuk jangka waktu yang terlalu lama bisa menyebabkan kelelahan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, tubuh kamu perlu keseimbangan jadi kamu harus bisa melakukan hal lain agar tubuh kamu tidak terpaku pada esports saja.

Sebagai contoh, kamu bisa juga pergi berolahraga di pusat kebugaran (gym). Namun hal ini mungkin tidak cocok untuk semua orang. Jika demikian, maka kamu masih tetap bisa mencari kegiatan lain, seperti yang berhubungan dengan kreativitas.

Sebut saja melukis, fotografi, dan mungkin menjahit. Kegiatan-kegiatan sampingan seperti ini tidak ada ruginya karena tidak ada salahnya mempunyai hobby lain selain gaming.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan atlet esports. Ingatlah untuk terus memikirkan efek jangka panjang kesehatanmu.