Apa itu Dungeon Fighter Online (DFO)?

0
293
dungeon-fighter-online
Dungeon Fighter Online Season 6 act 7.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Dungeon Fighter Online atau DFO merupakan permainan role-playing beat ‘em up atau MMORPG. Gim ini mirip dengan gim Street Right dan Sword Art Online yang bermain menggunakan combo dengan lawan yang menantang. Kelebihan dari DFO, gim ini memiliki nuansa permainan pertarungan dengan skill dan kontrol.

Pertama kali dikembangkan oleh Neople, yaitu anak perusahaan Nexon dari Korea Selatan. Pada tahun 2005, Dungeon Fighter Online dirilis oleh Hangame di Korea Selatan dengan nama Dungeon & Fighter dan di Jepang dengan nama Arad Senki atau War Records of Arad.

Neople sebelumnya hanya pengembang yang mempublikasikan gim online melalui situs mereka. DFO hanya direncanakan sebagai gim skala kecil karena hanya dikembangkan dalam waktu lima bulan.

Akan tetapi, Neople tidak berekspektasi jika respon yang diberikan para pelanggan cukup baik. Sehingga mereka meningkatkan permainan dan anggaran agar gim dikembangkan dengan fitur yang lengkap dan semakin menantang.

Meski bukan gim baru, Dungeon Fighter Online masih dimainkan oleh pemain loyalnya. Tertarik untuk memainkannya? Kenalan dulu dengan gim petarung yang satu ini, yuk!

Sekilas Dungeon Fighter Online

arena-dungeon-fighter-online
Arena pertarungan di DFO.

Dalam permainan Dungeon Fighter Online, pemain harus melawan monster-monster. Dimulai dari kota kemudian ke bawah tanah, karakter yang dimainkan harus menghadapi monster yang kuat seiring dengan bertambahnya level.

Kontrol dari gim DFO sebetulnya sederhana. Karakter dapat menyerang dengan melompat, gerakan menyerang, dan berbagai poin skill, style, dan teknik.

Gim ini dahulu masih menggunakan format grafik 2D. Kemudian mengalami perkembangan dan mengembangkan grafik 3D. DFO terakhir kali dirilis dengan berbagai pembaruan fitur pada 23 April 2020 lalu.

Meski kurang terdengar di Indonesia, Dungeon Fighter Online ternyata menjadi salah satu video gim yang paling banyak dimainkan. Pendapatannya tak tanggung-tanggung, yakni meraup 15 miliar dollar dalam pendapatan seumur hidup dihitung sampai Mei 2020. DFO dimainkan oleh 700 juta pemain di seluruh dunia.

Mulanya gim ini adalah gim PC. Tetapi, Neople merambah gim konsol, dan membuat versi baru untuk Xbox. Untuk Xbox, gim ini memiliki nama Dungeon Fighter Live: Fall of Hendon Myre dengan tampilan grafis HD dan multiplayer.

Tidak hanya itu, antusiasme dari negara-negara Asia Timur, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok, akhirnya DFO diadaptasi menjadi anime. DFO menjadi salah satu produk hiburan yang memiliki pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa.

Dungeon Fighter Online telah diadaptasi menjadi anime berjudul Slap-up Party: Arad Senki. Anime tersebut diproduksi Gonzo dan GK entertainment dengan sutradara Takahiro Ikezoe. Perilisannya ditayangkan di TV Tokyo pada 3 April 2009 yang berjumlah 26 Episode saja.

Tidak hanya itu, DFO juga memiliki adaptasi anime baru berjudul Reversal of Fate S2 yang diproduksi oleh Liden Films. Serial anime ini dijadwalkan tayang pada 2019, tetapi mengalami penundaan dan berhasil dirilis pada 23 April 2019.

Season yang Berbeda Tiap Tahunnya

arena-dungeon-fighter-online
Dungeon Fighter Online memiliki beberapa season yang berbeda dengan karakter yang berbeda.

Dungeon Fighter Online dikenal dengan developing season yang memikat dan cepat. Saat ini DFO sudah mencapai Season 6 The Neo: Awakening. Untuk memainkan gim musim tersebut, pemain harus telah mencapai level di atas 95.

Pada 17 November  2020 lalu, Dungeon Fighter Online sudah merilis Season 6 The Neo: Awakening Act. 7. Dungeon Season 6 yang rilis 2020 tersebut adalah Sirocco, The Oculus, Prey-Isys, Fiend War, Tayberrs, Beast, Luke, dan Anton.

DFO menggunakan musim untuk memperbaharui tiap permainannya sejak 2015 lalu. Saat ini sudah ada beberapa season dengan berbagai act yang bisa kita mainkan. Ada sejumlah aspek di Dungeon Fighter Online yaitu Guild, Arena PvP (Player vs Player), dan Party.

Karakter Dungeon Fighter Online

Karakter Female Priest DFO
Karakter Female Priest di dalam Dungeon Fighter Online.

Dungeon Fighter Online seperti gim pada umumnya yang memiliki sejumlah karakter dan jalan cerita. Karakter-karakter itu dibedakan berdasarkan dengan kemampuan mereka.

Sejauh ini, terdapat lebih dari 40 karakter dalam DFO. Berikut ini adalah karakter-karakter paling utama dalam DFO Season 6 The Neo: Awakening.

Slayer

Slayer terdiri dari female dan male slayer yang masing-masing memiliki kekuatan, kelemahan, dan skills. Slayer merupakan karakter pembasmi “Ghost Demon“.

Male Slayer

Blade Masterslayer yang mengabdikan dirinya untuk menguasai ilmu pedang. Slayer ini merupakan spesialis jarak dekat yang cepat dan terus menerus. Dapat menggunakan semua jenis senjata milik slayer.

Soul Bender – Pembunuh yang menghabiskan waktu mempelajari iblis yang merasuki lengannya. Slayer ini memiliki kemampuan untuk memanipulasi iblis sehingga iblis mendukungnya untuk memenangi pertarungan.

BerserkerBerserker merupakan pembunuh yang pemarah. Ia lebih menekankan pada serangan ganas yang dapat menghancurkan tubuhnya.

Asura Slayer ini memilih buta untuk mendapatkan “power of waves” . Ia menggunakan aura gelombang yang kuat untuk menghancurkan musuhnya. Gaya pertempurannya adalah jarak menengah dengan menembakkan gelombang.

Ghostblade – Ghostblade merupakan slayer yang berada di antara batas manusia dan hantu.

Female Slayer:

Sword Master – Memanfaatkan teknik “Bladed Fencing” dengan kekuatan magis untuk mendominasi musuh. Dengan kekuatan tersebut, Sword Master dapat menebas banyak target dengan satu serangan saja.

Demon Slayer – Pembunuh ini menanamkan pedangnya dengan kekuatan Majin untuk menyerang musuh. Ia dapat mengubah senjatanya menjadi pedang seperti ular. Sekaligus dapat menyerang musuh yang jauh dan luas.

Vagabond – Vagabond lebih menekankan kekuatan energi metastasis saat dia fokus pada pertempurannya. Ia memanfaatkan teknik dual blade gaya psikokinetik. Lebih menyerang musuh dengan psikokinesis dan kekuatan batinnya.

Dark Templar – Ksatria sihir yang satu ini dapat menyerap jiwa musuh melalui kekuatannya. Ia bergerak bebas di bawah bayang-bayang untuk menyerang musuh.

Fighter

Fighter adalah pejuang yang telah terlatih dengan menggunakan senjata. Mereka terkenal dengan seni beladiri dan seni menyerang.

Female and Male Fighter:

Nen Master – Ia adalah pejuang yang menarik kekuatan dari Nen yang tidak terlihat. Fighter ini merupakan karakter multiperan yang dapat memanipulasi kekuatan Nen ke dalam berbagai bentuk selama pertempuran.

StrikerFighter yang melatih diri dengan seni bela diri murni. Ia merupakan pejuang sejati yang memiliki gaya bertarung yang berfokus pada pukulan cepat.

BrawlerFighter yang memiliki trik kotor untuk menang. Ia berfokus pada seni bela diri praktis. Ia dapat menggunakan berbagai objek seperti batu, racun, dan serangga berbahaya.

Grappler – Spesialis satu-satunya yang memiliki kemampuan pertempuran jarak dekat. Ia memiliki keterampilan bergulat. Selain itu, ia adalah suporter khusus yang dapat menahan dan menetralisir musuh.

Gunner

Gunner adalah karakter yang anti sihir. Atas dasar itu, mereka memajukan teknologi dengan logam dan senjata api yang mematikan. Prajurit-prajurit yang mahir menggunakan pistol disebut Gunners.

Male and Female Gunners:

Ranger – Karakter ini memiliki gerakan tendangan dan keterampilan revolver yang luar biasa. Gaya bertarungnya cepat dengan keahlian menembak dan akrobatik.

LauncherGunner ini adalah pembom yang melakukan tembakan besar dengan menggunakan senjata api berat. Ia merupakan penyerang jarak jauh dengan senjata berat seperti gatling, flamethrower, dan laser rifles.

Mechanic – Merupakan teknisi yang membuat robot dan mesin untuk mendukung pertempuran. Ia menyerang dengan berbagai robot sekaligus memberikan daya tembak instan menggunakan robot penghancur diri.

Spitfire – Ahli taktik yang memanfaatkan amunisi, granat, ranjau darat, dan sniping profesional dan mendukung pertempuran dengan penembak jitu. Ia mampu menggunakan berbagai amunisi sesuai dengan situasi.

Mage

Mage adalah penyihir pemilik kekuatan magis yang lahir dari Abyss. Abyss memberikan kekuatan yang seimbang antara penyihir jahat.

Male Mage

Elemental Bomber – Penyihir yang melakukan pemboman magis dengan kekuatan Abyss yang tak terbatas saat bertarung.

Glacial Master – Penyihir yang menggunakan sihir elemen air menjadi es. Es tersebut menjadi senjata mematikan yang digunakan dalam pertempuran jarak dekat. Ia menggunakan pedang, panah, dan senjata lain yang terbuat dari es.

Blood MageMage yang menggunakan darah sebagai sumber kekuatan. Spesialis pertempuran jarak menengah yang menggunakan kekuatan Sanguinem untuk mengubah bentuk menjadi tubuh lethal.

Swift Master – Penyihir yang mengontrol kekuatan angin. Ia merupakan spesialisasi pertempuran yang cepat dan penuh aksi yang menggunakan kekuatan angin.

Dimension Walker – Penyihir yang memanfaatkan kekuatan dimensi dan divergensi untuk mengalahkan musuh.

Female Mage

Elementalist – Penyihir yang menggunakan 4 elemen. Ia dapat menghancurkan musuh dan area dengan kekuatan tersebut.

Summoner – Ia merupakan penyihir yang terikat dengan jiwa-jiwa. Sehingga ia dapat memanggil pasukan halus dan monster ke medan pertempuran.

Battle Mage – Penyihir ini adalah penyerang jarak dekat yang gesit bersama Chaser. Ia menyerang dengan serangan cepat dan memiliki gaya bertarung yang unik.

Witch – Penyihir cerdas yang mengontrol alat misterius yang dibuat oleh sihir. Ia memiliki perangkat seperti penyihir di dalam cerita klasik, tetapi lebih mematikan. Kekuatannya adalah serangan sihir murni.

Enchantress – Penyihir yang dapat berubah-ubah dengan menggunakan kutukan dan boneka.

Dark Knight

Slayer yang melanggar semua batasan yang membatasinya. Ia dapat menggunakan kekuatan luar biasa untuk menghancurkan musuh. Hampir tidak memiliki kelemahan karena ia dapat menggunakan skill dari semua Slayer. Atribut penyerangnya meningkat saat tingkat kombo berubah intens.

Creator

Creator adalah penyihir yang dapat memanggil berbagai bentuk sihir dan benda untuk menyerang musuh. Sekilas, kekuatannya mirip hacker. Ia bekerja bersama dengan Dark Knight. Sebagian besar kekuatanya digunakan untuk melarikan diri dalam Time Gate.

Selain itu, masih ada beberapa karakter seperti Priest, Thief, Knight, Demonic Lancer, dan Agent. Masing-masing karakter memiliki kekuatan dan keahlian masing-masing yang bisa ditingkatkan.

Gim ini tentunya membutuhkan keterampilan pemain. Skills dari karakter bisa ditingkatkan dengan keputusan pemain.

Misalnya, karakter Sword Master dapat ditingkatkan dengan memasukkan skills. Caranya, pemain dapat menekan tombol panah untuk memasukkan urutan skills tertentu. Pemain dapat menyesuaikan penggunaan skills, seperti membatalkan skills atau memakainya secara maksimal.

Itu dia Dungeon Fighter Online mengenai permainan, season game, dan karakter dari gim tersebut. Untuk memainkannya, kita bisa mengunduhnya lewat Steam atau laman dfoneople.com. Siap-siap ketagihan!

Media Partnership