Siap-siap Bernostalgia dengan Digimon Survive

0
230
digimon survive
Digimon Survive dirilis pada 2021 mendatang

Siapa yang tidak kenal dengan Digimon? Berawal dari anime Jepang yang hits pada akhir 90-an, nyatanya tidak membuat popularitasnya menurun. Digimon saat ini sudah banyak versi gimnya. Bisa disebut gim Digimon terus berevolusi dari tahun 1998 sampai tahun 2020. Kabar terbarunya, pada 2021 Digimon Survive akan dirilis secara serentak.

Mulanya Digimon Survive direncanakan akan dirilis pada 2020. Namun, perilisannya diundur pada 2021. Meski diundur, hal itu tidak mengurangi antusiasme dari penggemar gim survival RPG dan penggemar Digimon.

Sudah siap menyambut tahun 2021 dengan gim Digimon Survive? Yuk, kita kenalan dulu dengan gim yang satu ini.

Sejarah Gim Digimon Survive

digimon survive gameplay
Arena Digimon Survive dari trailer gim.

Digimon Survive adalah gim yang dikembangkan oleh Bandai Namco yang menggandeng WITCHCRAFT sebagai pengembangnya. Permainan tersebut sebetulnya sudah mengalami penundaan rilis hingga berkali-kali.

Gim ini pertama kali diumumkan pada Juli 2018 oleh Japanese Magazine V Jump untuk PlayStation 4 dan Nintendo Switch. Sayangnya, pada  tahun 2019 gim Digimon Survive ditunda tanpa alasan yang jelas dan dijanjikan akan rilis tahun 2020.

Sampai pada tahun ini, Digimon Survive resmi dibatalkan oleh Bandai dan diundur hingga tahun 2021 karena adanya COVID-19.

Digimon Survive merupakan gim bergenre survival adventure yang lebih dikenal dengan survival RPG. Dikenal sebagai gim survival RPG terbaik dengan rating yang memuaskan. Dikarenakan hal tersebut, gim ini hingga sekarang terus berkembang.

Berawal dari Anime

Permainan ini mulanya berawal dari anime berjudul Digimon yang ditayangkan pada tahun 1999. Anime ini dikarang oleh Hosoda Mamoru. Digimon adalah singkatan dari (Digital Monster). 

Anime tersebut menceritakan petualang anak-anak bersama Digimon mereka. Mereka merupakan anak-anak terpilih bersama Digimon yang lahir untuk menyelamatkan dunia. Selain itu, mereka dapat berevolusi atau Digivolve untuk berubah menjadi lebih kuat. Perubahan mereka juga disertai perubahan karakternya.

Gim Digimon Survive juga tidak jauh beda dengan alur anime tersebut. Permainan tersebut memperkenalkan karakter bernama Takuma Momozuka, seorang remaja yang tersesat dalam perjalanan karya wisata sekolah.

Alhasil, ia justru masuk ke dunia Digimon dan memulai petualangannya. Pilihan karakter pemain di dalam gim akan menentukan evolusi dari Digimon itu sendiri.

Bandai Namco menjelaskan Digimon Survive memiliki tampilan seperti gim visual novel yang lebih mirip dengan anime. Tapi tenang saja, gim ini juga menyuguhkan battle antar Digimon seperti gim yang terdahulu, Digimon World.

Gim ini nantinya dapat dimainkan di platform PlayStation 4, Xbox, One, PC, dan Nintendo Switch. Sayangnya, belum dapat dimainkan di Android seperti Digimon ReArise, Digital Beast, dan Digi Warfare.

Plot dan Gameplay Digimon Survive

karakter digimon survive
Tokoh-tokoh dalam gim Digimon Survive.

Digimon Survive berlatar di dunia yang sama pada seri gim Digimon sebelumnya. Jadi kita bisa bersiap-siap untuk bernostalgia dengan gim ini.

Permainan bermula dari para remaja, yaitu Takuma Momozuka, Minoru Hyuuga, Aoi Shibuya, Saki Kimijima, Ryou Tominaga, Shuuji Kayama, Kaito Shinonome, Miu Shinonome, dan beberapa tokoh lainnya, melakukan kemah studi sejarah saat liburan musim semi.

Pada hari kedua, Takuma, Minoru, dan Aoi mengunjungi situs lokal untuk menyelidiki legenda dari Kemonogami atau Dewa-dewa Monster. Saat sedang menjelajahi situs tersebut, mereka bertemu Koromon. Di waktu tersebut, mereka mendengar suara jeritan. Akhirnya, mereka kemudian berlari menuju sumber suara tersebut.

Mereka menemukan teman-teman kelas mereka diserang oleh Digimon. Di saat itulah, Koromon berevolusi (digivolves) menjadi Agumon dan menyerang para Digimon jahat yang menyerang teman-teman mereka. Pada titik itulah, Takuma dan lainnya menyadari bahwa mereka berada di dunia Digimon.

Pemain dapat memilih arahan cerita seperti evolusi dari para Digimon. Permainan dapat menciptakan alur dan Digivolves yang berbeda. Tidak hanya itu, gim ini juga memberikan berbagai macam akhir game.

Meski, permainan ini akan membawa pilihan-pilihan jalan cerita dan evolusi Digimon yang berbeda, pemain juga dapat partner digimon yang berbeda nantinya. Artinya pemain bisa memainkan gim ini berulang-ulang.

Pemain dapat memilih pilihan yang salah dan membuat karakternya terbunuh. Digimon Survive dibagi menjadi berbagai macam gameplay seperti “Drama Parts”, “Free Action”, “Search Action”, dan “Free Battle”. Untuk Bagian “Drama Parts”, gim akan berlanjut dengan petualangan yang lebih menonjolkan cerita atau storytelling.

Sedangkan “Free Action”, pemain harus memilih berbagai pilihan untuk menentukan hidup dalam waktu terbatas. Berbeda dengan “Search Action”, pemain akan dibawa ke dalam permainan mencari cara untuk bertahan hidup.

Terakhir, untuk gameplay “Free Battle”, pemain dapat memasuki arena atau area tertentu. Pemain dapat melatih Digimon mereka sekaligus mengumpulkan items.

Pendekatan dari Digimon Survive lebih menarik daripada gim sebelumnya, yaitu dengan gim visual novel. Pemain dapat membaca dialog interaksi antar tokoh yang dapat membawa mereka menuju ending yang berbeda.

Tambahan Karakter

saki kimijima
Saki Kimijima merupakan karakter terbaru.

Bandai Namco menciptakan karakter baru, yaitu Saki Kimijima. Saki Kimijima adalah teman satu kelas dari Takuma. Karakternya menarik, ia adalah seorang gadis yang sering dijahili dan diusili oleh teman-temannya.

Saki Kimijima akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Takuma dan kawan-kawan. Ia bergabung masuk ke dunia lain dan bertahan hidup bersama mereka.

Tidak hanya Saki, pengembang juga memperkenalkan karakter Floramon. Floramon adalah digimon yang berwujud reptil dan tumbuhan. Ia merupakan partner dari Saki.

Kedua tokoh tersebut membuat Digimon Survive semakin menarik. Pasalnya, kedua tokoh tersebut tidak ada di gim atau anime terdahulu. Selebihnya, kedua karakter itu memiliki sisi unik yang dapat dieksplorasi lebih jauh lagi.

Fitur Digimon Survive

fitur gim Digimon Survive
Terdapat banyak fitur di dalam gim Digimon Survive.

Kekuatan Berada di Tangan Aliansi

Kita dapat memilih gameplay yang kita senangi dengan berbagai ending yang berbeda. Keputusan pemain menentukan kehidupan karakter di dalamnya. Di sini pemain harus membuat strategi untuk beraliansi dengan Digimon Digivolutions.

Dengan evolusi Digimon, pemain akan mendapatkan penambahan status dan serangan baru. Tentunya akan berguna untuk melawan lawan. Evolusi didapatkan jika pemain berhasil memenangkan pertandingan.

Strategic Gameplay

Pemain harus membuat strategi dalam pertempuran taktis untuk mengalahkan lawan. Meski Digimon sudah berevolusi, akan percuma jika pemain tidak bisa menyusun strategi melawan lawan.

Ada berbagai opsi untuk menyerang dan menghindari serangan. Pemain dapat menggunakan move, attack, evolve, partner, auto, turn end, dan talk. Sedangkan Digimon memiliki level, energy point (EP), dan health point (HP) untuk mengukur kekuatan mereka.

Anime-style Storytelling

Tidak hanya dapat menikmati permainan, pemain dapat menikmati alur cerita dari Digimon Survive. Permainan ini dibalut dengan drama dan animated cutscene. Selain itu, karakter Digimon Survive didesain oleh Uichi Ukumo.

Original Soundtrack

Digimon Survive memiliki soundtrack asli dengan lebih dari 15 lagu. Soundtrack tersebut diproduksi oleh komposer Tomoki Miyoshi, seorang komposer soundtrack gim ternama.

Nah, itu dia perkenalan singkat dengan Digimon Survive. Bagaimana, tertarik untuk ikut bermain Digimon Survive?

Gim ini hanya dikhususkan untuk PlayStation 4, Xbox, One, PC, dan Nintendo Switch, lho. Jika belum ada perangkatnya, kita masih bisa menikmati gim Digimon lain seperti Digimon ReArise yang dapat dimainkan lewat smartphone. Pantau tanggal rilisnya agar tidak ketinggalan infonya.