8 Cara agar Tidak Panik Saat Bermain Game, Calon Atlet Esports Wajib Tahu!

144
Cara agar Tidak Panik Saat Bermain Game
Sumber: androidauthority.com

Cara agar tidak panik saat bermain game tentu merupakan bekal yang wajib diketahui bagi para gamers. Seringkali, pengendalian panik ini memiliki kaitan yang erat dengan manajemen emosi. 

Tentunya tingkatan emosi antara setiap orang pun berbeda-beda. Oleh sebab itulah, cara agar tidak panik saat bermain game tidak bisa disamaratakan antara gamers yang satu dengan yang lainnya. Jadi, sangat penting bagi setiap pemain untuk mengenal karakter diri mereka agar dapat mengatasinya.

Kemudian, setelah berkenalan dengan karakter diri sudah selesai dilakukan maka pilihlah cara agar tidak panik saat bermain game yang sesuai dengan dirimu. Berikut Esportsnesia rangkuman cara mengatasi panik khusus untuk pada gamers pro

Berbagai Cara agar Tidak Panik Saat Bermain Game bagi Pro Player

Tidak hanya skill, kematangan emosi dan mental merupakan komponen yang wajib diperhatikan bagi pemain game profesional.

Terlebih di dalam pertandingan, aspek mental dapat dijadikan titik lemah oleh lawan. Apalagi pada saat tersebut, tekanan dari lawan ataupun reaksi dari penonton tentu saja dapat memicu rasa cemas selama pertandingan. 

Bahkan, kecenderungan rasa panik ini bisa jadi lebih mudah menyerang saat laga kelompok dibandingkan jika bertanding solo.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap pemain untuk cara agar tidak panik saat bermain game agar tidak menimbulkan tindakan impulsif yang dapat merugikan individu maupun tim saat pertandingan.

Hal ini sejalan dengan ungkapan Hans Sivano, konsultan Sport & Performance bahwa kematangan mental saat kompetisi merupakan bagian utama dalam pertandingan dengan skema yang kompetitif. 

Hal inilah yang menjaga pemain agar tidak mudah merasa panik dan lebih tenang saat pertandingan. Apa saja caranya? Berikut adalah beberapa tips yang layak untuk dicoba!

Selalu Mengasah Skill dengan Latihan secara Disiplin

Cara agar tidak panik saat bermain game yang paling utama saat bermain tentunya adalah konsisten dalam mengasah skill. Sebab, skill yang mumpuni dalam diri para pemain tentu akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi. Pada kondisi inilah, mental bertanding para pemain bisa dipastikan dalam keadaan optimal. 

Terlebih, mental yang on set untuk bertanding, lebih sulit untuk digoyahkan oleh tekanan eksternal. Jadi, rasa panik lebih mudah diatasi karena percaya akan skill yang dimiliki. 

Namun tentunya untuk mendapatkan skill terbaik dalam bermain game tentu diperlukan latihan yang disiplin dan konsisten.

Oleh sebab itu, setiap pemain perlu memiliki waktu latihan khusus yang fokus untuk meningkatkan teknik-teknik yang dirasa masih memiliki kelemahan.

Konsentrasi pada Permainan yang Sedang Berlangsung

cara agar tidak panik saat bermain game
Sumber: jkcp.com

Saat sedang bermain dalam sebuah pertandingan, sangat penting bagi para pro player untuk menjaga fokus dengan baik.

Cara agar tidak panik saat bermain game yang satu ini dinilai sangat efektif untuk menjaga ritme permainan selama pertandingan berlangsung.

Apalagi, setiap pemain maupun tim tentu sudah merancang sebuah strategi dan hal ini hanya dapat dilakukan dengan kehadiran pikiran pemain secara utuh. 

Jangan terdistraksi dengan kesalahan yang telah dilakukan, hal tersebut bisa menjadi evaluasi setelah pertandingan selesai. Jadi, fokuslah pada usaha untuk memperbaiki keadaan, sehingga rasa panik dapat ditekan. 

Apalagi, hilangnya fokus saat bertanding walau hanya sepersekian detik dapat mendatangkan momen yang menguntungkan bagi lawan. Kondisi inilah yang seringkali meningkatkan peluang panik bisa saja terjadi. 

Selain itu fokus pun dapat mengurangi “bising” dari tekanan penonton baik itu pendukung maupun dari lawan sehingga distraksi di dalam pikiran dapat berkurang.

Bermain secara All Out, Kemenangan hanya Bonus Semata

Cara agar tidak panik saat bermain game selanjutnya yang dapat kamu lakukan tentu adalah bermain secara All Out.

Tentu kemenangan memang tujuan bagi semua pemain selama pertandingan, namun pada saat laga berlangsung hal tersebut lebih baik kesampingkan dahulu. 

Jika hanya memikirkan menjadi pemenang, maka toleransi pada kesalahan akan semakin kecil. Akibatnya, panik mudah menyerang ketika melakukan kesalahan. 

Jadi, alih-alih memikirkan hasil akhir lebih baik lakukan yang terbaik dan terapkan strategi yang telah direncanakan sebelum bertanding. 

Kuasai Medan Pertandingan dan Kenali Keadaan Sekitar

Jangan berlarian tanpa arah hanya untuk menghitung lawan yang terbunuh. Ingat peta, kuasai medan dan keadaan area battle membantu saat terdesak. Cara agar tidak panik saat bermain game seperti ini tentu akan sangat efektif untuk meminimalisir rasa panik.

Sebab, dengan menguasai medan ada potensi bagi seorang pemain untuk membalikan keadaan walaupun dalam kondisi yang terdesak. 

Pahami Karakter dan Gaya Bermain Diri Sendiri 

Cara agar tidak panik saat bermain game berikutnya yaitu dengan memahami karakter dan gaya permainan diri sendiri saat berlaga.

Hal ini menjadi sangat penting, sebab dengan mengetahui karakter dan gaya bermain inilah para pro player dapat mengantisipasi hal-hal yang membuat panik dan emosi. 

Apalagi sudah bukan rahasia umum lagi jika tekanan selama permainan berlangsung pastinya akan menjadi sangat tinggi.

Jika kamu dapat memahami karakter diri sendiri akan lebih mudah dalam mereduksi atau mengurangi faktor-faktor penyebab cemas yang berujung pada panik.

Berikan Kepercayaan pada Tim

cara agar tidak panik saat bermain game
Sumber: Helena Kristiansson/ESL

Dalam permainan beregu atau tim, kepercayaan antar anggota sangat penting. Apalagi, kesalahan selama pertandingan sangat mungkin untuk terjadi. Namun setiap pemain harus percaya bahwa rekan se-timnya dapat bekerja sama untuk memperbaiki keadaan. 

Cara agar tidak panik saat bermain game ini tentunya sangat efektif untuk menjaga mental pemain selama berlaga.

Jadi, percayakan tugas yang telah dibagi berdasarkan skill dan karakter masing-masing pemain dan jangan sampai hilang fokus hanya karena tidak percaya pada anggota tim yang lain. 

Ulik Setiap Komponen Pertahanan dan Senjata dalam Game

Setiap senjata dan komponen pertahanan di dalam game tentunya memiliki karakteristik dan fungsi tertentu. Umumnya, permainan yang menggunakan senjata membutuhkan kekuatan damage dan fatality yang berbeda. 

Maka dari itu, cara agar tidak panik saat bermain game yang dapat kamu lakukan adalah memilih senjata yang paling nyaman dan dikuasai untuk digunakan selama permainan. Gunakan senjata sesuai dengan kondisi war yang sedang terjadi agar damagenya sesuai sasaran. 

Penguasaan berbagai macam komponen pertahanan dan senjata ini hanya bisa kamu dapatkan jika rutin mengulik masing-masing item-nya dengan lebih seksama.

Dengan cara inilah, kamu dapat menemukan mana senjata dan dukungan untuk pertahanan yang lainnya untuk digunakan pada kondisi terdesak. 

Selain itu, sesuaikan juga komponen pertahanan pada saat mode defense, jangan sampai pertahanan jebol untuk menghindari panik saat berlaga. 

Bertanding dalam Posisi yang Paling Nyaman

cara agar tidak panik saat bermain game
Sumber: pcma.org (Carlton Beener)

Kenyamanan saat bertanding tentu merupakan hal yang sangat penting. Cara agar tidak panik saat bermain game yang satu ini meski tampak tidak berkaitan dengan teknis bermain namun bisa memberikan dampak yang sangat besar bagi para pro player.

Sebab, pertandingan game menuntut untuk fokus pada layar secara statis untuk waktu yang tidak pendek. Oleh sebab itulah, posisi yang nyaman patut diperhatikan.

Pilihlah posisi duduk serta formasi saat memegang perangkat game hingga dalam posisi yang dirasa paling nyaman.

Posisi nyaman inilah yang akan meminimalisir rasa pegal yang akan menurunkan konsentrasi dan fokus pada permainan. Jangan sampai lawan memanfaatkan momen tersebut ya! 

Itulah 8 cara agar tidak panik saat bermain game yang dinilai sangat efektif khususnya bagi para pro player yang sering mengikuti pertandingan besar. Kira-kira, cara mana yang sudah pernah kamu coba implementasikan?