5 Pro Player Terkaya di Indonesia, Capai Pendapatan Miliaran Rupiah

1141
Pro player terkaya di Indonesia
Sumber: Instagram (@bigetronesports)

Kini, menjadi seorang gamers profesional sudah tidak bisa dipandang sebelah mata karena ada berbagai pro player terkaya di Indonesia yang nyatanya bisa memiliki penghasilan lebih dari miliaran rupiah di usia yang terbilang muda.

Profesi inilah yang dalam beberapa tahun ke belakang ini menjelma menjadi pekerjaan profesional yang sangat diperhitungkan khususnya bagi anak-anak muda. 

Jadi bukan hanya di luar negeri saja, ada banyak pro player Indonesia yang bahkan memiliki kekayaan yang sangat fantastis dari serangkaian juara kompetisi yang diikutinya.

Dilansir dari esportsearnings, ada beberapa pro player terkaya di Indonesia yang sangat berprestasi sehingga mampu untuk menghasilkan pendapatan secara keseluruhan hingga miliaran rupiah bahkan di usia yang sangat muda, di antaranya adalah:

Para Pro Player Indonesia yang Sukses dari Dunia Esports

Pro Player Terkaya di Indonesia #1: Xepher (Dota 2)

Pro player terkaya di Indonesia
Sumber: Instagram (@kennyxepher)

Salah satu pro player terkaya di Indonesia dengan total penghasilan paling tinggi yaitu adalah Kenny Deo atau yang biasa dikenal dengan sebutan Xepher. Dirinya termasuk salah satu senior di dalam dunia game profesional khususnya Dota 2 karena sudah aktif bermain sejak tahun 2014 dan masih eksis hingga hari ini.

Hal ini tentu tidak terlepas dari kemampuannya yang sangat handal dan menjadi salah satu dari dua pemain Indonesia pertama yang lolos ke The International bersama dengan Whitemon. Tidak hanya itu saja, bahkan per tanggal 23 Agustus 2022 ia telah mencapai 10.000 MMR (Matchmaking Ratio).

MMR sendiri merupakan sebuah penilaian untuk mengetahui kehebatan skill pemain saat berlaga, sehingga semakin tinggi poin MMR maka akan semakin sulit pula musuh memberikan perlawanan.

Jadi tidak heran jika total penghasilan sepanjang karir dari Xepher sudah mencapai angka $373,080.38 atau setara dengan Rp. 5.796.618.576. Angka yang fantastis sekali bukan?

Bahkan saat ini, Xepher terdaftar sebagai pemain untuk tim dari Korea Selatan  yaitu T1 dan berhasil membawanya menjadi posisi ketujuh dalam ajang The International 10 dengan total perolehan hadiah sebesar $1 juta atau setara Rp. 14 miliar.

Pro Player Terkaya di Indonesia #2: Whitemon (Dota 2)

Pro player terkaya di Indonesia
Sumber: Instagram (@whitemon22)

Matthew Filemon atau yang biasa dikenal dengan julukan Whitemon juga terdaftar sebagai salah satu pro player terkaya di Indonesia kedua setelah Xepher untuk game Dota 2. Sama halnya dengan Xepher, ia juga bergabung dengan tim asal Korea Selatan yaitu T1 dan telah mencapai 10.000 MMR pada 30 Mei 2021.

Bahkan, ia juga menjadi salah satu dari dua pemain Indonesia pertama yang lolos ke The International bersama dengan Xepher tahun 2021 silam. Jadi, kemampuannya tidak perlu ditanyakan lagi mengingat ia tergabung dalam tim T1 yang terkenal sangat perfeksionis dalam pemilihan roster.

Pada awal karirnya, ia bergabung dengan tim Pandora Esports. Kemudian, tim tersebut  bubar dan ia mula berpindah-pindah tim hingga mencapai puncak karirnya bersama T1. 

Bersama T1, Whitemon juga berhasil mendapatkan gelar juara untuk ESL One Summer 2021 dan yang terbaru, DPC SEA 2021/2022 Tour 1: Regional Final. Jadi tidak heran jika total penghasilannya sudah mencapai atau setara dengan Rp. 4,9 Miliar.

Pro Player Terkaya di Indonesia #3: Luxxy (PUBG Mobile)

Pro player terkaya di Indonesia
Sumber: Instagram (@luxxy_made)

Pro player terkaya di Indonesia yang berada pada peringkat ketiga yaitu adalah Luxxy. Pria dengan nama lengkap Made Bagus Prabaswara ini bahkan sudah memulai karirnya sejak tahun 2018 di usia yang sangat muda. 

Bahkan tahun ini Luxxy baru berumur 19 tahun namun sudah memiliki total penghasilan yang setara dengan $222,822 atau setara dengan Rp. 3,4 Miliar. Angka yang fantastis sekali bukan?

Sepanjang karirnya, ia masih setia bermain untuk Bigetron RA dan berhasil meraih banyak prestasi bergengsi tidak hanya dalam skala nasional namun juga internasional.

Salah satu yang membuat total penghasilannya menjadi sangat besar adalah saat dirinya berhasil mengantarkan Bigetron RA menjadi juara dunia dalam PUBG Mobile. 

Bahkan tidak hanya dalam skala tim saja, Luxxy juga memiliki berbagai pencapaian individu karena keahliannya yang menonjol saat bertanding sehingga meraih gelar Grand Final MVP pada turnamen PMPL – SEA Championship Season 4: Finals.

Pro Player Terkaya di Indonesia #4: Zuxxy (PUBG Mobile)

Pro player terkaya di Indonesia
Sumber: Instagram (@bagas_zuxxy)

Made Bagas Pramudita atau biasa dikenal dengan Zuxxy juga menjadi salah satu pro player terkaya di Indonesia yang memiliki tingkat penghasilan fantastis. 

Bersama dengan kembarannya yaitu Luxxy, Zuxxy menjadi pemain di bawah umur pertama di PUBG Mobile Esports Scene karena debut pada usianya yang sangat muda. Bahkan Zuxxy melakukan debut bersama dengan kembarannya saat Bigetron cabang PUBG Mobile baru pertama kali dibentuk dan menentukan roster perdananya.

Namun, walaupun Zuxxy terbilang sebagai pemain yang masih sangat muda namun prestasinya tidak boleh dipandang sebelah mata begitu saja. Sebab, ia dinobatkan menjadi pemenang pertama Esports Mobile Player of the Year oleh Esports Awards.

Selain itu, Zuxxy bahkan berhasil menjadi MVP dalam turnamen Ultimate Warrior Showdown 2021 karena kehebatan dan kecerdikan yang ia miliki. Tidak heran jika total penghasilannya hingga saat ini tidak berbeda jauh dengan kakaknya yang juga bermain untuk Bigetron RA yaitu sekitar $218,322 atau setara dengan Rp. 3,39 Miliar.

Pro Player Terkaya di Indonesia #5: Ryzen (PUBG Mobile)

Pro player terkaya di Indonesia
Sumber: Instagram (@btr_ryzen)

Masih berjuang untuk satu tim yang sama seperti Zuxxy dan Luxxy, Ryzen (Muhammad Albi) juga berhasil menjadi salah satu pro player terkaya di Indonesia karena total penghasilannya yang fantastis. 

Pria kelahiran 14 Februari 2002 ini sudah bermain untuk Bigetron RA sejak tahun 2020 dan berhasil mencetak banyak prestasi individual seperti League Terminator pada PUBG Mobile Pro League – Indonesia Season 3 ataupun Gunkiller Player pada PUBG Mobile Pro League – Southeast Asia Season 2.

Tidak heran jika Ryzen dikenal sebagai salah satu rusher PUBG Mobile terbaik yang ada di dunia sekaligus dikenal dengan julukan Super Manggis. Sebab, ia mampu untuk menghabisi segala macam musuh yang ada di hadapannya.

Akan tetapi, sejak 21 Februari 2022, ia memutuskan untuk istirahat dari dunia kompetitif sementara sehingga status pemainnya menjadi inactive. Walaupun begitu, total penghasilannya dari setiap turnamen yang pernah diikuti oleh Ryzen hingga saat ini sudah mencapai angka $201,209 atau sekitar Rp. 3,1 Miliar.


Itulah daftar 5 pro player terkaya di Indonesia yang memiliki total penghasilan bahkan hingga miliaran rupiah pada usia yang sangat muda.

Semua pendapatan ini tentu tidak terlepas dari usaha dan perjuangan merea utnuk menjadi yang terbaik. Kira-kira dari daftar pemain diatas, adakah yang kamu idolakan?

banner iklan esportsnesia