KODA Gamers Club Gelar Pokemon TCG Medan Newbie League #2 untuk Lestarikan Komunitas Game Kartu Koleksi Pokemon

1081
koda gamers club medan newbie league

Medan, 24 Oktober 2022 – Berkomunitas merupakan salah satu cara untuk saling peduli ataupun bercanda gurau antar satu individu dengan yang lainnya yang didasari oleh persamaan minat, termasuk di dalamnya hobi bermain game.

Liga Pemula Pokemon TCG kota Medan (Medan Newbie League) yang diselenggarakan oleh KODA Gamers Club ini adalah salah satu kegiatan komunitas yang bertujuan untuk mengasah kemampuan berpikir logis dan strategis para pesertanya melalui medium kartu Pokemon yang unik.

Selain untuk perkembangan individu, kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud untuk memperkenalkan dan melestarikan genre game TCG (trading card game) kepada masyarakat luas, khususnya game Pokemon TCG.

Sebelumnya, Pokemon TCG sendiri adalah sebuah permainan kartu 1v1 yang menggunakan kartu Pokemon untuk saling menyerang demi mencapai tujuan utama, yaitu memenangkan Prize Cards.

Pokemon TCG Medan Newbie League #2

Medan Newbie League #2 sendiri merupakan event ketiga yang diadakan oleh KODA Gamers Club (KGC) yang selama ini mendapat dukungan dari AKG Games, KODA dan Esportsnesia.

Liga amatir kartu Pokemon ini sengaja dirangkai dengan konsep newbie-friendly di mana para pemain baru/junior tidak harus terintimidasi dengan seramnya persiapan yang dimiliki oleh pemain senior.

Konsep newbie-friendly ini pun diaktualisasikan menjadi sebuah prasyarat, terutama bagi pemain yang sudah memiliki deck sendiri untuk melakukan penyesuaian deck, agar bisa berpartisipasi.

Koda Gamers Club. Peserta dan Komunitas Pokemon.
Instagram @kodagamers.club

Sedangkan untuk pemain baru yang belum memiliki deck kartu, mereka bisa meminjam deck yang sudah disediakan oleh pihak panitia.

Muhammad Yoga, selaku Community Leader dari AKG Games turut memberikan pandangannya mengenai kegiatan Pokemon TCG Medan Newbie League ini.

Seperti namanya, liga ini bersifat newbie-friendly. Di mana para peserta yang baru punya starter deck (deck baru yang belum dimodifikasi) sudah bisa langsung ikut. Bahkan bagi yang belum ada deck, mereka bisa meminjam community deck yang kita sediakan.

Registrasi Peserta Pokemon TCG Medan Newbie League #2

Untuk berpartisipasi di liga ini, para peserta tidak dipungut biaya sama sekali, alias gratis.

Para trainer yang ingin berpartisipasi cukup melakukan aktivitas berikut, dan mengonfirmasinya kepada pihak panitia atau narahubung tercantum.

  1. Follow akun Instagram @kopisoda.idn, @kodagamers.club, dan @esportsnesia.id.
  2. Screenshot dan kirimkan kepada narahubung melalui WhatsApp di +62 838-0081-7211.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas peserta nantinya akan diundang oleh panitia ke dalam sebuah grup WhatsApp, di mana dalam grup tersebut, para peserta bisa saling berkomunikasi dan menjadwalkan pertandingannya.

Teknis Pelaksanaan Pokemon TCG Medan Newbie League #2

Berlangsung di setiap minggu mulai dari hari Selasa hingga Sabtu, Medan Newbie League #2 ini berkonsep liga fleksibel di mana setiap pemain akan bertanding melawan pemain lainnya berdasarkan kesepakatan jadwal dalam rentang 1 minggu mengikuti jadwal operasional dari KODA (mulai jam 10 pagi hingga jam 10 malam), sepanjang pertandingan tersebut dilakukan di coffee shop KODA – KOPI SODA yang berada di Kompleks Asia Mega Mas Blok B No 30 Medan.

Hari Selasa hingga Jumat merupakan hari pengumpulan poin, di mana setiap kemenangan atas tiap pertandingan BO3 (Best of 3) antar pemain akan dicatat sebagai 1 poin. Sedangkan pada hari Sabtu, mereka yang memiliki poin tinggi akan melanjutkan pertandingan ke babak Final.

Untuk mendapatkan banyak poin, tentunya setiap peserta harus bisa menang melawan banyak peserta lainnya.

Dalam liga amatir ini juga terdapat fitur rematch, di mana tidak ada batasan berapa banyak jumlah pertandingan yang bisa dimainkan oleh para peserta. Setiap kemenangan yang baru, tetap akan dihitung sebagai 1 poin; dan jika kalah, tidak ada pengurangan poin.

Babak pengumpulan poin Medan Newbie League #2 ini akan berlangsung mulai dari tanggal 25 – 27 Oktober 2022, dan babak Final pada tanggal 28 Oktober (Sabtu).

Untuk lebih menyemarakkan babak Final dari Medan Newbie League #2 ini, KODA Gamers Club pun turut menghadirkan GYM Leader Challenge yang merupakan sebuah turnamen on the spot yang bisa diikuti oleh semua peserta, baik yang lolos ke babak Final atau tidak.

Peraturan komposisi deck yang boleh digunakan di Medan Newbie League dan juga GYM Leader Challenge adalah sebagai berikut:

Custom Deck Requirement untuk Medan Newbie League

Deck Composition

POKEMON

  • Minimal 15 kartu Pokemon
  • Maksimal 2 kartu Pokemon yang memiliki Peraturan; kedua kartu tersebut tidak boleh sama
  • Kartu Pokemon yang masih memiliki evolusinya dalam deck dibatasi maksimal 3 kartu yang sama
  • Kartu Pokemon yang tidak ada evolusinya dalam deck dibatasi maksimal 2 kartu yang sama

ENERGI

  • Minimal 15 kartu Energi
  • Maksimal 3 kartu Energi Spesial
  • Maksimal 2 kartu Energi Spesial yang sama

TRAINER

  • Minimal 15 kartu Trainer
  • Maksimal 2 kartu Trainer yang sama

Custom Deck Requirement untuk GYM Leader Challenge

Deck Composition
  • Dalam satu deck, semua kartu Pokemon hanya boleh memiliki satu jenis tipe / elemen yang sama
  • Tidak boleh ada kartu yang namanya sama dalam satu deck, kecuali Energi Dasar
  • Semua jenis kartu boleh digunakan mulai dari kartu dengan Seri Regulasi A sampai yang terbaru, kecuali kartu Pokemon yang memiliki Peraturan (seperti kartu Pokemon V)
Koda Gamers Club. Pokemon TCG
Sumber: Instagram KODA Gamers Club

Prizepool Pokemon TCG Medan Newbie League #2

Adapun jumlah hadiah yang disediakan dalam kegiatan ini berupa Booster Pack Pokemon TCG dan juga voucher KODA, di mana setiap pemenang akan memiliki kesempatan untuk bisa melakukan lucky draw atas pilihan hadiah yang disediakan.

Mekanisme Pembagian Hadiah Medan Newbie League #2

  • Juara 1: 3x lucky draw
  • Juara 2: 2x lucky draw
  • Juara 3: 1x lucky draw

Mekanisme Pembagian Hadiah GYM Leader Challenge

  • Juara 1: 2x lucky draw
  • Juara 2: 1x lucky draw
  • Juara 3: 1x lucky draw

Kegiatan Medan Newbie League ini juga turut didukung oleh komunitas Pokemon TCG Medan.

banner iklan esportsnesia
Previous article5 Pro Player Terkaya di Indonesia, Capai Pendapatan Miliaran Rupiah
Next articleRRQ Kazu: Juara FFIM 2022 Fall
Seorang laki-laki introvert yang memiliki hobi berkegiatan alam. Memiliki cita-cita mendaki 7 summits di Indonesia. Seorang yang tertarik di bidang jurnalistik dikarenakan dapat bercerita sekaligus memberikan ilmu kepada orang lain secara luas. Banyak menghabiskan waktu untuk bermain game, membaca maupun menulis terutama mengenai perkembangan Esports. Suka mendengarkan lagu jazz maupun indie yang tentunya sangat menggugah hati. Ingin selalu berkembang disetiap harinya karena "fight for future"- Nasrul