Cara Live Streaming PRISM Live Studio

0
11
PRISM Live Studio
Software studio streaming PRISM Live Studio memberikan fitur yang lengkap.

PRISM Live Studio atau yang dikenal sebagai PRISM merupakan aplikasi studio streaming. Aplikasi ini memberikan berbagai fitur yang memudahkan pengguna. Pengaturannya pun jauh lebih lengkap jika dibandingkan aplikasi live streaming lain.

PRISM Live Studio juga hadir untuk live streaming Android dan IOS. Aplikasi untuk smartphone dapat diunduh melalui Play Store untuk pengguna Android. Untuk pengguna IOS, aplikasi dapat didapatkan lewat AppStore.

PRISM memiliki fitur editing, seperti editing video, editing foto, dan berbagai macam lainnya untuk streaming semakin lebih menarik. Aplikasi ini cocok bagi streamer pemula yang menginginkan pengalaman live streaming yang lebih menarik minat penonton.

Berikut ini adalah tutorial dasar pengaturan live streaming PRISM Live Studio untuk PC.

Cara Unduh dan Install PRISM Live Studio

tampilan login prism
Tampilan awal halaman login/sign up aplikasi PRISM Live Studio.

Pengguna dapat mengunjungi situsnya di prismlive.com untuk mengunduh aplikasi. Di halaman awal terdapat tombol download. Setelahnya, pengguna dapat langsung melakukan instalasi.

Untuk mempermudah pengaturan instalasi, pengguna dapat mengganti bahasa menjadi English. Setelah berhasil melakukan instalasi, lakukan login atau sign up bagi yang belum memiliki akun PRISM. Pengguna dapat login menggunakan akun yang tersedia, seperti Facebook, Google, Naver, dan beberapa akun lainnya.

Jika sudah berhasil login, maka pengguna sudah dapat memasuki halaman awal PRISM Live Studio. Langkah selanjutnya adalah kita dapat melakukan pengaturan awal untuk live streaming menggunakan software ini.

Cara Menambahkan Tampilan Game atau Software

tampilan dasar Prism
Ilustrasi fitur-fitur utama untuk mengatur setting live streaming PRISM Live Studio.

Langkah ini merupakan tips dan trik dasar untuk menambahkan tampilan streaming game atau software. Langkah pertama adalah klik “Source” di bagian bawah. Ada tiga buah pilihan yang bisa digunakan, yakni pilihan Game, Monitor, dan Window.

Jika ingin melakukan live streaming game, pengguna dapat memilih Game. Pilih “mode”, lalu pilih Capture Specific Window. Lalu, di bagian “Window” bisa memilih game yang akan disiarkan.

capture spesici windows
PRISM Live Studio menyediakan fitur yang berbeda untuk keperluan live streaming game atau tutorial.

Jika kita memilih “Window” dalam menu “Source” itu pengguna dapat menampilkan tampilan software selain game, seperti Firefox, Adobe Premiere, dan berbagai software lainnya. Klik “Window”, pilih “Window” dan pilih software yang ingin dibagikan.

Sedangkan untuk fitur “Monitor”, pengguna dapat membagikan seluruh tampilan yang ada di monitor. Biasanya gamers menggunakan fitur “Monitor” ini karena lebih mudah digunakan.

Fitur tersebut mempermudah pengguna karena tidak perlu melakukan pengaturan berulang kali. Kekurangan dari menggunakan fitur “Monitor” adalah seluruh tampilan yang ada di monitor dapat dilihat oleh seluruh penonton live streaming.

Cara Menambahkan Facecam/Webcam

menambahkan facecam
Tampilan facecam/webcam dapat diedit seperti crop dan disesuaikan ukurannya sesuai kebutuhan.

Pengaturan dasar lainnya adalah menambahkan webcam atau facecam. Klik tanda plus (+) di menu “Source” lalu pilih Webcam. Jika berhasil, maka tampilan dari kamera akan terlihat di halaman PRISM. Jika ingin menambahkan webcam lain, pengguna dapat menambahkannya lewat fitur Device.

Jika tidak memiliki webcam, pengguna dapat menggunakan smartphine. PRISM Live Studio sudah memiliki fitur terbaru berupa PRISM Live Mobile. Kita bisa menggunakan smartphone kita sebagai webcam.

Caranya, klik tanda plus (+) pada fitur “Sources”, pilih PRISM Live Mobile. Setelah itu, QR code akan muncul. Kemudian, kita perlu menggunakan aplikasi PRISM Live Mobile di smartphone, dan scan QR code tersebut.

Secara otomatis smartphone pengguna akan berubah menjadi webcam. Hanya saja fitur ini merupakan fitur BETA atau dalam tahap pengembangan, sehingga fitur dapat mengalami kendala saat penggunaannya.

Cara Menghapus Background/Latar Belakang

mengganti latar belakang
PRISM juga menyediakan fitur menghapus dan mengganti latar belakang video streaming.

Setelah berhasil memasang webcam pada PRISM, pengguna dapat menghapus latar belakang atau menggantinya dengan background lain. Caranya adalah masuk ke pengaturan webcam yang sudah muncul di bagian “Sources” lalu pilih Virtual Background Setting.

Untuk menghapus background, pengguna dapat menggunakan fitur Remove BG, dengan itu secara otomatis background live akan terhapus. Akan jauh lebih rapi jika pengguna menggunakan green screen. PRISM juga menyediakan beberapa gambar background yang bisa digunakan.

Jika ingin tetap menggunakan background asli, pengguna dapat blur latar belakang agar terlihat lebih rapi. Caranya adalah dengan mengatur blur lewat efek Blur di bagian layar preview.

Cara Mengatur Webcam

mengatur webcam resolution
Webcam resolution dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memaksimalkan tampilan facecam, pengguna dapat mengganti resolusi webcam. Caranya adalah pilih “Custom”, pilih resolusi yang sesuai agar tidak terlalu berat digunakan saat live streaming.

Ukuran 640×480 merupakan resolusi yang cukup ringan digunakan karena webcam hanya digunakan di ujung layar streaming. FPS dapat diatur dengan mengganti FPS yang sesuai. Untuk mengatur layar dengan webcam, pengguna dapat memulai tampilan layar dengan memindahkannya ke bagian bawah agar webcam tidak tenggelam di balik layar.

Cara Mengatur Dual Display

tampilan dual display PRISM
Tampilan dual display PRISM Live Studio.

PRISM Live Studio memiliki tampilan dual display yang memiliki fungsi berbeda. Display di bagian kiri pada layar merupakan tampilan pengaturan live streaming pengguna atau streamer. Sedangkan untuk bagian kanan adalah tampilan yang dilihat oleh penonton streaming.

Agar tampilan pengguna dapat dilihat penonton, caranya adalah dengan mengklik tombol panah yang mengarah ke kanan, yang terletak di atas display layar. Jika sudah diklik, penonton akan dapat melihat display yang ditampilkan.

Kelebihan dari dual display PRISM Live Studio adalah jika tampilan pengguna sedang melakukan proses editing, maka tampilan penonton tidak akan mengalami perubahan dan mereka tidak dapat melihat proses editing kita.

Cara Mengatur Microphone

Audio Mixer
Audio Mixer PRISM Live Studio untuk mengatur audio microphone.

Agar penonton dapat mendengar suara, pengguna dapat mengaturnya melalui klik tanda plus (+) di bagian “Sources”, lalu pilih Mic/Audio Capture Device. Di bagian device, silakan pilih microphone yang digunakan. Jangan lupa apply dengan klik tanda panah seperti pada langkah pengaturan dual display.

Jika sudah berhasil, pada bagian Audio Mixer, tampilan menunjukkan grafis “Mic” berjalan. Pengguna juga dapat mengatur volume mic di bagian Audio Mixer. Jangan sampai volume melebihi tanda kuning atau sampai warna merah.

Disarankan untuk menggunakan headphone dalam mengatur audio mic agar suaranya terdengar jelas dan tidak terganggu. Pengguna dapat mengecek audio untuk disiarkan menggunakan Audio Monitoring. Audio Monitoring hanya diaktifkan untuk mengecek audio saja.

Cara Menghilangkan Noise Microphone

Noise reduction PRISM
PRISM menyediakan fitur untuk menghilangkan noise/sumber foto: YouTube Bang Tutorial.

Noise merupakan faktor penting yang perlu diatur selama live streaming. Cara menghilangkan noise adalah dengan mengatur lewat fitur Noise Reduction dalam Audio Mixer yang terletak di ujung kanan “Mic”. Setelah diaktifkan, noise akan otomatis hilang.

Cara Menambahkan Overlay Tampilan

webcam overlays wdflat.com
wdflat.com memberikan webcam overlays gratis.

Pengguna dapat menambahkan overlay tampilan agar tampilan live streaming tidak terlihat membosankan. Langkah pertama untuk menambahkan overlay pada facecam adalah dengan mengunduh tampilan overlay di wdflat.com. Situs web tersebut menyediakan berbagai macam template overlay untuk keperluan live streaming.

Selain itu, pengguna dapat mengedit overlay yang sesuai dengan selera. Setelah mengedit dan mengunduh frame, cara memasangkan di facecam sangat mudah. Klik tanda plus (+) pada “Sources”, pilih image, klik browse, lalu tinggal pilih frame yang sudah kita buat.

Setelahnya, tinggal diatur dan pasang pada tampilan facecam di display facecam. Jika ingin menambahkan frame pada display, lakukan hal serupa dengan mengunduh frame lewat wdflat.com dan pilih pilihan “overlays”.

Cara Menambahkan Fitur Donasi

atur donasi lewat saweria
Cara mengatur donasi lewat Saweria ke PRISM Live Studio,

Untuk menambahkan fitur donasi yang muncul di layar, langkah pertama kunjungi situs donasi yang dapat digunakan, salah satunya adalah saweria.co. Lakukan login lalu pilih overlay, kemudian pilih menu Alert untuk mengatur pop-up dan notifikasi.

Pengguna dapat mengatur tampilan di live streaming dengan menyalin tautan atau URL yang tersedia. Kemudian tambahkan di PRISM dengan klik tanda (+) di menu “Sources”, pilih “Web”.

Ganti nama dengan nama yang sesuai dengan kebutuhan, kemudian pada menu URL, pengguna dapat menempelkan tautan yang sudah disalin di situs web Saweria. Jika sudah klik Ok. Untuk memunculkan preview, pengguna dapat mengatur “munculkan notifikasi” lewat Saweria.

Cara Mengatur Pop-up Notifikasi Subscriber

layanan streamlabs
Untuk memunculkan notifikasi subscriber, pengguna dapat menggunakan layanan dari streamlabs.

Pengguna dapat mengunjungi situs web streamlabs.com. Lakukan login, jika ingin mengaktifkan subscriber YouTube, login menggunakan akun YouTube. Pilih menu Alert Box, setelah itu pilih menu “Subscriber”.

Pengguna dapat memilih bentuk notifikasi dan mengatur efek-efek yang diperlukan. Seperti mengatur GIF dan audio free. Setelah melakukan editing di streamlabs, untuk menampilkannya di layar streaming, pengguna menyalin URL dan tambahkan “Link” lewat menu “Source”.

Cara Menambahkan Live Chat

menambahkan live chat
PRISM Live Studio menyediakan fitur untuk menambahkan chat box untuk live chat.

Klik tanda plus (+) pada menu “Sources”, pilih PRISM Chat. Fitur ini merupakan fitur khusus dari PRISM Live. Pengguna juga dapat mengatur tema chat box, seperti ukuran font dan tema. Untuk mengecilkan chat box, caranya adalah dengan klik kanan pada chat box, pilih Transform, pilih Edit Transform, lalu atur ukurannya lewat “Crop”.

Cara Menambahkan Live Music dan Logo Sponsor

Aplikasi PRISM Live Studio sudah menyediakan fitur live music yang dapat dimainkan saat live streaming. Klik tanda plus (+) pada menu “Sources”, pilih Music Playlist. Pengguna hanya tinggal menambahkan file musik yang akan dimainkan.

Setelahnya, playlist musik akan otomatis muncul. Pengguna dapat memainkan playlist lewat musik player yang muncul di bagian kanan aplikasi.

Untuk menambahkan sponsor, caranya sangat mudah, yakni dengan klik tanda plus (+) menu “Sources”. Kemudian pilih Image Slide Show, lalu geser ke bawah, di situ terdapat kolom Image Files. Pengguna hanya perlu menambahkan gambar atau logo yang ingin ditampilkan nanti. Gambar atau logo sponsor dapat muncul secara bergantian.

Cara Menambahkan Scene Pergantian Video

cara menambahkan scene PRISM
PRISM Live Studio memberikan fitur penambahan scene.

Untuk para streamer pemula yang menginginkan penambahan scene saat streaming seperti Coming Soon atau pemindahan kamera, bisa dengan cara menambahkan melalui fitur Scene.

Klik tanda plus (+) pada menu “Scenes”. Lalu, jika ingin menambahkan intro dengan “coming soon” bisa membuat template melalui wdflat.com. Di situs web tersebut, pilih Logo-YouTube & Twitch. Untuk mengeditnya hanya bisa melalui aplikasi Adobe Photoshop.

Untuk menambahkan gambar, pilih Scene Intro di PRISM, klik tanda plus (+), pilih Image, lalu gambar akan muncul. Jika ingin menambahkan scene lain, bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti di atas. Tinggal variasi frame dan overlay yang dibuat berbeda.

Untuk memindahkan scene, caranya cukup mudah. Pengguna hanya perlu meng-klik scene yang akan ditampilkan untuk para penonton, kemudian klik tanda panah yang mengarah kanan () di atas display.

Untuk membuat transisi lebih halus, pada menu “Scene”, klik tanda transisi (dekat tanda +). Ada pilihan transisi yang berbeda-beda. Pengguna dapat mengedit sesuai dengan kebutuhan.

Cara Mengatur Platform Streaming

menambahkan akun streaming
PRISM menyediakan fitur multistreaming ke beberapa platform streaming.

Setelah melakukan editing display live streaming, langkah penting berikutnya adalah mengatur platform streaming. Ada beberapa fitur platform yang disediakan oleh PRISM Live Editor, seperti YouTube, Twitch, Facebook, VLIVE, dan lainnya.

Jika ingin melakukan streaming lewat YouTube, pilih “YouTube” pada bagian atas display. Lalu pilih akun YouTube yang akan digunakan untuk streaming. Selain itu, pengguna dapat melakukan multistreaming, yakni melakukan live streaming di berbagai platform secara bersamaan.

Caranya tinggal menambahkan akun platform lain. Klik Add Channel, misal ingin live di akun VLIVE, pengguna tinggal login ke akun VLIVE. Jika sudah berhasil terhubung tinggal atur Setting. Jika sudah berhasil, pengguna hanya perlu klik fitur Go Live, setelah itu live streaming sudah dapat berjalan dengan baik.

Cara Mengatur Video Streaming

mengatur resolusi
Untuk meningkatkan resolusi, PRISM Live Studio menyediakan fitur pengaturan resolusi video streaming.

Agar live streaming tidak berat, pengguna dapat mengaturnya lewat menu Setting yang terletak di pojok kanan bawah. Di bagian “Output”, atur resolusi live streaming. Setelah itu ada pengaturan “Bitrate” untuk video streaming yang lebih jernih.

Cara Merapikan Sources

merapikan sources
Sources dapat dirapikan dengan klasifikasi folder.

Agar tidak terlihat berantakan, fitur yang terkumpul di bagian “Sources” dapat dijadikan satu menjadi satu folder berdasarkan kegunaan. Misal, webcam dengan frame facecam digabungkan. Caranya klik kanan, pilih Group Selected Item, kemudian beri nama sesuai dengan fiturnya.

Itulah beberapa cara untuk melakukan live streaming dengan aplikasi PRISM Live Studio. Setelah melakukan berbagai setting, pengguna sudah dapat melakukan testing secara keseluruhan.

Pastikan untuk mengaturnya layout dengan baik agar penonton nyaman menonton video live streaming kita. Selain itu, kita dapat mengeksplorasi berbagai fitur dari aplikasi PRISM Live Studio ini.