Daftar 10 VTuber Indonesia dengan Popularitas Tinggi yang Buat Kamu Penasaran!

1553
vtuber indonesia
Sumber: YouTube (@Ayunda Risu Ch. hololive-ID)

Istilah VTuber Indonesia mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. VTuber sendiri merupakan kependekan dari virtual Youtuber.

Sama seperti Youtuber lainnya, VTuber juga melakukan berbagai aktivitas seperti berbincang, menyanyi, menggambar, dan lain sebagainya.

Hal yang membuat VTuber berbeda dengan Youtuber pada umumnya, yakni VTuber tidak menampakkan wajah asli mereka, dan cenderung menggunakan animasi seperti karakter bergaya anime atau gambaran tertentu.

Nah penasaran dengan siapa saja talent-talent VTuber Indonesia?

Untuk menjawab rasa penasaran kamu, berikut ini adalah daftar 10 VTuber Indonesia yang memiliki tingkat popularitas tinggi dan banyak penggemar. Apakah kamu salah satu penggemar mereka?

VTuber Indonesia #1: Kobo Kanaeru

Vtuber Indonesia Kobo

Kobo Kanaeru diceritakan sebagai seorang gadis ceria yang tinggal di menara mercusuar. Dia memiliki potensi besar untuk dapat mengendalikan hujan, tapi tak menyukai hal tersebut sebagai sebuah pekerjaan.

Tetap saja, ia perlu membuktikan pada keluarganya bahwa ia masih memiliki potensi tersebut demi mempertahankan gelar “Master Hujan” yang dimilikinya.

Popularitas Kobo dalam kalangan VTuber sudah tak diragukan lagi, terbukti dengan jumlah subscribers yang dimilikinya hingga kini. Per bulan Oktober 2022, Kobo telah memiliki 1,65 juta subscribers setia yang mendukungnya.

VTuber Indonesia #2: Pavolia Reine

Vtuber Indonesia Pavolia

Sering melakukan kolaborasi bersama Kobo Kanaeru dan VTuber asal Hololive Indonesia yang lainnya, Pavolia Reine juga merupakan salah satu VTuber Indonesia sukses yang telah memiliki banyak penggemar.

Diperkenalkan sebagai seorang putri merak yang telah kehilangan kemampuan sihirnya, Pavolia memiliki kepribadian yang dewasa, elegan, dan cenderung kalem. Ia memiliki hubungan pertemanan yang baik dengan VTuber asal Hololive generasi kedua yang lainnya, yaitu Anya dan Ollie.

Karakter Pavolia yang tenang dan dewasa tersebut dapat berubah saat dirinya sedang melakukan streaming, Ia akan cepat merasa panik saat sesuatu tak berjalan sesuai rencana dan kemudian tertawa setelahnya.

Ia juga sering melakukan kolaborasi bermain berbagai game dengan rekan-rekannya yang lain. Mulai dari Among Us, Rust, dan lain sebagainya.

VTuber Indonesia #3: Layla Alstroemeria

Vtuber Indonesia Layla

Layla Alstroemeria merupakan karakter VTuber dengan pengetahuan yang luas. Layla biasanya akan membagi pengetahuannya melalui sesi Alstroepedia yang dibukanya.

Saat berkolaborasi bersama teman untuk bermain game pun Layla cenderung tenang, walau pada beberapa saat dirinya juga bisa terlihat panik.

Layla Alstroemeria merupakan VTuber Indonesia yang berafiliasi dengan NIJISANJI IDID gelombang ketiga bersama Azura Cecillia dan Nara Haramaung. Hingga saat ini, Layla telah memiliki 72 ribu subscribers setia yang mendukung streaming yang dilakukannya.

VTuber Indonesia #4: Ayunda Risu

Vtuber Indonesia ayunda

VTuber yang satu ini merupakan putri tupai yang pernah tersesat di dunia manusia. Namun, Ia beruntung karena diselamatkan oleh seorang perempuan baik hati yang kini tinggal bersamanya dan sudah dianggap sebagai kakaknya sendiri.

Untuk membalas budi kepada kakaknya tersebut, Ayunda Risu pun akhirnya memulai debutnya sebagai seorang VTuber.

Sama seperti Pavolia Reine, Ayunda Risu juga merupakan VTuber yang debut di bawah naungan Hololive Indonesia. Bedanya, Ayunda merupakan VTuber generasi pertama bersama Moona Hoshinova dan Airani Lofifteen.

VTuber Indonesia #5: Kureiji Ollie

Vtuber Indonesia ollie

Tak seperti kebanyakan VTuber yang berlatar belakang sebagai seorang putri, Ollie merupakan seorang siswi yang telah menjadi zombie usai bangkit dari kubur. Usianya berhenti di 17 tahun karena ia meninggal pada usia tersebut sehingga tak akan menambah usianya lagi.

Saat mendapatkan serpihan ingatannya usai bangkit, ia langsung memutuskan untuk pulang ke rumahnya. Namun, sayang sekali kini rumahnya sudah berubah menjadi toko ramen.

Demi menebus kembali rumahnya, Ollie akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Hololive Indonesia menjadi seorang virtual youtuber bersama Pavolia Reine dan Anya.

VTuber Indonesia #6: Andi Adinata

Vtuber Indonesia andi

Andi Adinata adalah seorang Virtual Youtuber laki-laki asal Indonesia yang dinaungi oleh MAHA5 bersama Zen Gunawan, Alia Adelia, Lumi Celestia, dan Nia Redalion.

Andi merupakan karakter yang energik dan dirinya mengaku bahwa ia bukanlah seorang introvert. Memiliki selera humor yang baik, Andi sering menghibur penonton dengan berbagai celetukan lucunya saat sedang membuat konten.

Sejak debutnya di bulan Oktober 2019 hingga saat ini, Andi Adinata sudah memiliki 645 ribu subscribers di kanal Youtube miliknya. Ia menjadi salah satu VTuber Indonesia laki-laki yang paling populer di antara yang lainnya.

VTuber Indonesia #7: Moona Hoshinova

Vtuber Indonesia moona

Moona adalah seorang mahasiswi yang berprofesi sebagai model dan idol sekaligus. Dalam suatu waktu, dirinya juga tertarik untuk menjadi VTuber.

Moona memiliki kepribadian yang ‘malu-malu kucing’. Ia terlihat tenang dan berkepala dingin, namun saat melihat sesuatu yang menyeramkan seperti film horror, Ia tetap tak bisa tenang.

Pada suatu waktu saat sedang melakukan streaming, akan ada saat di mana kepribadian lain dirinya akan muncul. Kepribadian tersebut bernama Hoshinova.

Hoshinova memiliki suara yang lebih dalam dan kesan yang menyeramkan, namun tetap ada di dalam tubuh Moona. Maka dari itu, jika ingin melihat Hoshinova, penonton harus memerhatikan streaming Moona dengan seksama.

VTuber Indonesia #8: Alia Adelia

Vtuber Indonesia alia

Alia Adelia yang berafiliasi dengan MAHA5 (MAHAPANCA) seperti Andi Adinata merupakan seorang gadis yang berkepribadian lembut, imut, dan sedikit manja.

Alia dapat berbicara dengan menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan Jepang. Meski Ia bukanlah orang asli Jepang, namun pelafalannya saat sedang berbicara dengan bahasa Jepang sangatlah mengagumkan.

Ia memiliki saluran YouTube, Instagram, Twitter, hingga Facebook untuk berinteraksi dengan para pengikutnya. Sejak debut di tahun 2020 hingga sekarang, Alia sukses memiliki 430 ribu pengikut setia di kanal YouTube miliknya.

VTuber Indonesia #9: Evelyn

Vtuber Indonesia evelyn

Evelyn merupakan VTuber Indonesia yang dulunya dinaungi oleh Re:Memories, sebuah agensi independen yang didirikan oleh timnya.

Namun, pada bulan April 2022 Evelyn akhirnya mengumumkan bahwa dirinya tidak lagi tergabung di dalam tim tersebut dan resmi menjadi VTuber independen.

Mulai dari ASMR, sesi cerita, cover lagu, hingga sesi konsultasi dengan para pengikutnya, Evelyn dikenal sebagai seseorang yang ramah dan sangat friendly. Ia selalu membalas semua komentar yang ditujukan padanya demi menjalin hubungan yang baik dengan para pengikutnya.

Ia juga selalu menggunakan bahasa yang baik saat berbicara, serta menghindari berbagai isu negatif di dalam kontennya. Tak hanya itu, biasanya Evelyn juga tak mengerti jika ada pengikut yang memberikan candaan yang menjurus ke hal-hal NSFW.

VTuber Indonesia #10: Jaret Ghosty

Vtuber Indonesia jaret

Jaret “Ghosty” atau Jaret Fajrianto merupakan contoh VTuber yang anti-mainstream. Tak seperti mayoritas virtual Youtuber lainnya yang menggunakan anime untuk visualisasi di dalam konten dan streaming, Jaret malah menggunakan karakter hantu dari komik GHOSTY’s COMIC.

Jaret merupakan hantu yang suka mengoleksi banyak barang tanpa memperhatikan pengeluarannya, alias khilaf. Ia merupakan sosok yang humoris dan banyak bercanda sehingga sangat disukai oleh para pengikutnya.


Demikian 10 profil virtual youtuber asal Indonesia yang sangat menarik untuk ditonton dengan segala cerita latar belakang dan kepribadian masing-masing.

Adakah VTuber yang berhasil menarik perhatianmu? Jika ada, kamu bisa langsung mencari nama mereka di YouTube ya!