Manfaat Terapi untuk Meningkatkan Performa Gameplay

0
28
Manfaat Terapi untuk Meningkatkan Performa Gameplay
Credit: Unsplash.com

Bermain gim bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres, tetapi juga bisa menjadi sumber kecemasan baru bagi orang lain. Sungguh bukan pengalaman yang menyenangkan jika awalnya bermain gim untuk bersenang-senang, tetapi justru berakhir dengan kekalahan yang mengesalkan.

Jangan khawatir dulu. Meskipun hal tersebut menimpamu, masih ada cara untuk membatalkan perasaan tidak mengenakkan tersebut.

Pada artikel ini, akan dibagikan beberapa pandangan mengapa para gamer perlu mencoba terapi.

Mengapa Gamer Harus Mencoba Terapi?

Sebenarnya video game juga bisa menjadi sebuah model terapi tersendiri, dan sejauh ini bermain game juga sudah menjadi sumber kegembiraan bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Namun, hal ini juga bisa memiliki beberapa komplikasi, terutama pada para pemainnya mungkin bermain game sebagai cara untuk melepaskan diri dari perasaan dan emosi negatif. Salah satu hal buruk yang bisa terjadi adalah ketagihan.

Untuk hal ini, terapi dapat menjadi cara yang efektif bagi pemain untuk belajar bagaimana mengatasi stres yang mungkin mereka alami dan mereka dapat belajar bagaimana menjadi komunikator yang lebih baik, dan ini tidak hanya dapat memberikan efek positif pada kinerja mereka, tetapi juga keterampilan yang dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Berikut adalah beberapa cara agar terapi bisa menjadi sangat bermanfaat:

Manfaat Terapi #1: Teknik Pernapasan & Manajemen Stres

Stres dan kecemasan dapat memiliki sejumlah efek negatif pada kesehatan, termasuk detak jantung dan pernapasan kita, dan efek ini akan semakin terasa ketika menghadapi momen yang sangat krusial dalam menentukan hasil akhir permainan.

Bahkan, bermain game juga bisa merangsang otak dan menimbulkan reaksi akibat pelepasan adrenalin dan kortisol. Hal ini dapat menyebabkan agresi, dan juga dapat berdampak buruk pada cara Anda bermain game.

Sebaliknya, gamer harus belajar menemukan cara untuk tetap tenang dan menjaga ritme pernapasan. Salah satu cara termudah dan paling efektif untuk melakukannya adalah dengan menarik napas dalam-dalam dan melepaskannya secara bertahap untuk membantu relaksasi pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah.

Manfaat Terapi #2: Komunikasi

Saat kita merasakan tekanan, kita biasanya bereaksi dengan sikap pasif-agresif atau agresif, dan meskipun itu normal, itu belum tentu merupakan cara yang paling produktif untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Dalam permainan, Anda kemungkinan besar pasti pernah menjumpai pemain yang toxic. Dan perjumpaan tersebut seringkali berakhir dengan munculnya keinginan untuk menyerang orang lain, terutama jika Anda merasa terpengaruh secara negatif oleh orang lain.

Alih-alih membalas atau menjadi penyerang, terapi dapat membantu Anda mempelajari cara-cara yang lebih bermanfaat untuk berinteraksi dengan orang lain secara daring atau menemukan cara untuk mengabaikan mereka sehingga Anda dapat fokus pada diri sendiri dan menjadi yang terbaik yang Anda bisa.

Manfaat Terapi #3: Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

Seperti disebutkan sebelumnya, video game dapat digunakan sebagai sarana untuk melarikan diri, dan efektif pada saat itu, tetapi tidak memberikan solusi jangka panjang untuk berbagai masalah kesehatan mental yang mungkin dimiliki orang.

Depresi, kecemasan, dan OCD hanyalah beberapa contoh dari beberapa kondisi kesehatan mental paling umum yang dihadapi orang, dan karena banyak pemain masih muda, mereka terkadang tidak terdiagnosis, dan karenanya, tidak diobati.

Menemukan terapis sangat penting untuk mempelajari cara mengatasi masalah ini, dan Anda dapat menemukan yang profesional dengan mengunjung situs berikut inii: https://www.mytherapist.com/advice/counselors/.

Dengan terhubung ke seorang profesional dan mempelajari cara mengatasinya, Anda dapat berhenti menggunakan game sebagai alat atau penopang, dan menginvestasikan energi Anda untuk bersenang-senang dan meningkatkan pengalaman bermain Anda.

Kesimpulan

Kesehatan mental adalah sesuatu yang harus dianggap serius oleh semua orang, bukan hanya gamer, tetapi dengan menjaga diri sendiri, mungkin ada beberapa perubahan positif yang nyata tidak hanya dalam kinerja Anda tetapi juga pandangan hidup Anda.

Namun, untuk mencapai hal ini, kita mungkin memerlukan bantuan dan panduan seorang profesional untuk menemukan solusi yang tepat.

Media Partnership