Profil ION KinGzz, Mantan Pro Player Bigetron yang Kini Jadi Analis ION Esports

3050
profil ion kingzz
Sumber: Instagram @bigetronesports

Profil ION KinGzz membuat bangga masyarakat Probolinggo karena prestasinya di tingkat nasional beberapa waktu yang lalu. Berkat kemampuannya di dunia esports yang tak diragukan lagi, ia menjadi perwakilan di ajang PlayerUnknown’s Batllegrounds Mobile Star Challenge (PMSC) di Dubai pada tahun 2018.

ION KinGzz menjadi salah satu bukti bahwa di mana pun kampung halaman seseorang tidak akan bisa mengalahkan sebuah mimpi. Walaupun bukan berasal dari kota, tapi KinGzz telah membuat bangga tidak hanya untuk daerah asalnya, tapi juga membanggakan Indonesia khususnya komunitas gamers.

Yuk, berkenalan lebih jauh dengan ION KinGzz lewat profil dan juga karirnya di dunia esports!

Profil ION KinGzz #1: Gamer dengan Aliran FPS

profil BTR k1ngz
Sumber: Instagram @bigetronesports

ION KinGzz merupakan anak emas Bojonegoro yang punya skill bermain game dengan aliran FPS alias First Person Shooter. Kepiawaiannya dalam bermain game FPS terbukti dari banyaknya prestasi yang ia dapatkan di tingkat nasional.

Sejak kecil, KinGzz sangat senang bermain game FPS. Biasanya, game FPS yang dimainkan adalah Rules of Survival (ROS) dan PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG). Karena intensitas memainkan kedua games tersebut sangat tinggi, ia paham betul strategi yang harus ia gunakan saat berlaga.

Rules of Survival sudah lebih dulu ia mainkan pada 2017 silam. Kemudian, banyak yang memainkan game PUBG lalu ia pun ikut beralih memainkannya hingga sekarang.

Menurutnya, game FPS sangat menantang dibandingan genre gim esports lainnya. Karena, game FPS membutuhkan kefokusan tingkat tinggi. Jika lalai sedikit saja, maka akan kalah dalam pertandingan.

Profil ION KinGzz #2: Berlatih 10 Jam Setiap Hari

profil btr k1ngz
Sumber: Youtube Bigetron TV

Kepiawaian KinGzz dalam memainkan game FPS tak lepas dari kerja kerasnya selama ini. KinGzz diketahui rajin berlatih bermain game selama 10 jam setiap harinya.

Baginya, jika ingin ahli dalam bermain game, berlatih semaksimal mungkin adalah sebuah keharusan.

Maka dari itu, ia tidak pernah absen berlatih setiap harinya. Meskipun ia pada saat itu tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Pertamina pada tahun 2015 yang lalu, ia tak mau menyia-nyiakan waktu yang dimilikinya. Baginya, berkuliah dan berlatih game harus sama-sama dijalankan.

Wajar saja, dengan kegigihannya dalam berlatih game selama ini, ia mendapatkan banyak prestasi di tingkat nasional. Karena menurut pemikirannya, berbagai macam strategi bisa dikuasai, kekompakan tim, dan juga mental saat pertandingan dimulai bisa terbentuk jika jam terbang sudah tinggi.

Menaklukkan lawan tentu bukanlah hal yang mudah. Sehingga harus berlatih dengan sangat keras agar bisa menyabet juara.

Profil ION KinGzz #3: Sepak Terjang Karirnya di Dunia Esports

profil btr k1ngz
Sumber: Youtube Bigetron TV

Pada Mei 2018, KinGzz alias Galang Yoga Adhitama bergabung bersama tim esports Bigetron. Banyak prestasi yang sudah dia raih saat bersama timnya. Ia dan timnya berhasil mendapatkan peringkat satu pada ajang mobile esports bergengsi PUBGM Indonesia National Championship. Tak hanya itu saja, pada ROS Indonesia Championship, KinGzz dan anggota Bigetron juga mendapatkan juara.

Tak hanya berakhir di ajang nasional, KinGzz bersama tim Bigetron Esports juga pernah mengikuti ajang internasional. Tepatnya ketika ajang PUBGM Star Challenge Dubai pada tahun 2018.

Kendati saat itu mereka tidak mendapatkan ranking 1, karena hanya ranking 9, namun prestasi itu sudah sangat membanggakan bagi remaja kelahiran 1997 itu.

Namun, kini beredar fakta baru bahwa KinGzz saat ini sudah tak lagi bergabung dengan Bigetron. Hal ini diketahui sejak 5 Januari tahun 2019 yang lalu, dimana KinGzz sudah tidak terlihat bermain bersama tim esports yang sudah menemaninya mendapatkan pengalaman bahkan hingga memenangkan pertandingan.

Saat dikonfirmasi, KinGzz lebih memilih diam dan tidak mau berkomentar perihal kabar tersebut. Pindahnya KinGzz dari Bigetron, tentu menjadi angin segar bagi tim esports lainnya. Mengingat, KinGzz sangat ahli dalam bermain ROS dan juga PUBG Mobile. Wajar jika banyak tim esports lain yang melirik pro player tersebut, termasuk tim yang sempat ia singgahi, yaitu Red Rocket Cosmic.

Namun pada awal Maret 2021, kembali tersiar kabar bahwa KinGzz kembali lagi bergabung bersama Bigetron Red Aliens.

Ia bersama tim Bigetron turut berpartisipasi di PMPL ID Season 4. Dari kabar itu juga terkuak sebuah fakta bahwa KinGzz sudah tidak diposisikan menjadi pemain utama, melainkan ia hanya bermain di belakang layar bersama anggota lainnya, yaitu JangS dan Isfan. KinGzz berperan sebagai analis, JangS sebagai coach, dan Isfan sebagai manajer divisi PUBG Mobile.

Peran baru KinGzz di Bigetron sangat penting dan tentunya akan menjadi pekerjaan yang berat. Sebagai analis, KinGzz harus mempelajari gaya permainan lawan mulai dari strategi, cara, dan gaya yang dilakukan oleh lawan. Baik itu personal maupun tim.

Data dari KinGzz tersebut sangat berarti bagi pemain yang sedang bertanding agar bisa mengalahkan lawan dengan mudah.

Baru-baru ini juga di bulan Februari 2022, divisi Bigetron ION resmi dipinjamkan kepada ION Esports. Pengumuman resmi itu dibuat oleh akun resmi ION Esports bahwa saat ini KinGzz juga ikut membantu ION sebagai analis.

KinGzz dipinjamkan ke ION dalam rangka menyambut pertandingan yang akan datang, yaitu PMPL ID Season 5 nanti. Tak hanya KinGzz, rupanya ada pemain lain yang juga bergabung dengan ION, yaitu Frenzzy.

Tentu saja, bergabungnya KinGzz sebagai analis di ION Esports menjadi ancaman bagi lawan karena performa KinGzz yang tak bisa diremehkan. Bahkan KinGzz menunjukkan performa yang sangat bagus akhir-akhir ini.

Profil ION KinGzz #4: Aktif Bermedia Sosial

profil btr k1ngz
Sumber: Youtube Bigetron TV

Sangat sulit mencari foto dokumentasi dan juga momen bermain KinGzz bersama tim Bigetron di akun lamanya. Karena, KinGzz telah mengganti akun media sosialnya yang sebelumnya bernama @btr_k1ngzz menjadi @ion_kingzz.

Meskipun akun Instagramnya mencantumkan nama ION, namun KinGzz masih menyimpan foto kebersamaannya dengan Bigetron.

KinGzz merubah namanya menjadi ION karena saat ini ia sedang dipinjamkan ke tim tersebut untuk membantu menganalisis permainan. Pekerjaan yang juga ia lakoni di Bigetron.

Profil ION KinGzz #5: Daftar Prestasi Turnamen Esports

profil btr k1ngz
Sumber: Youtube Bigetron TV

Banyak pengalaman dan juga prestasi yang sudah diraih oleh KinGzz di usianya yang masih muda. Berikut daftar prestasinya.

Tahun 2018, ranking 1 PUBG Mobile Indonesia National Championship di bawah tim Bigetron RA/ Mobile. Kemudian ranking 1 pada Fighting League 2018 – Indonesia.

Tahun 2020, ranking 7 pada PUBG Mobile Pro League Indonesia Season 1 di bawah tim Red Rocket Cosmic.

Tahun 2021 lebih banyak lagi prestasi yang diraih. Ranking 1 PUBG Mobile Pro League Indonesia Season 3: League. Peringkat 2 PUBG Mobile Pro League Indonesia Season 3: Finals. Peringkat 6 Peace Elite Asia Invitational 2021. Peringkat 1 Ultimate Warrior Showdown 2021.

Kemudian dilanjutkan dengan peringkat 3 PUBG Mobile Pro League Indonesia Season 4: Finals. Lalu peringkat 2 pada PUBG Mobile Pro League – Southeast Asia Championship Season 4: Finals. Dan yang terakhir ranking 16 di PUBG Mobile Global Championship 2021: League – East.

Itulah profil ION KinGzz yang sangat menakjubkan dan menginspirasi. Khususnya untuk kamu yang ingin menjadi atlet esports Indonesia.