7 Tim Esports Mobile Legends Indonesia yang Paling Terkenal

57
Mobile Legends: Judul Esports Paling Dinamis di Indonesia

Jika ingin mengetahui tentang daftar tim esports Mobile Legends di Indonesia, maka ada baiknya jika terlebih dahulu mengenal tentang apa yang dimaksud dengan esports. Apa sih, yang dimaksud dengan esports?

Esports merupakan ajang kompetitif video game yang menjadi profesi baru bagi para gamer yang menggelutinya. Gamer profesional ini juga disebut sebagai atlet esports. Pada kompetisi game profesional tersebut, para pemain akan saling bertanding untuk memenangkan hadiah yang besar. 

Para atlet esports biasanya akan terdiri dari sebuah tim yang saling mendukung untuk meraih kemenangan. Persaingan antara tim satu dan lainnya pun akhirnya dilakukan demi dapat memenangkan kompetisi yang diadakan secara profesional.

Penasaran dengan tim esports tanah air, terutama dari kelompok tim esports Mobile Legends Indonesia yang paling mengesankan? Simak tulisan ini lebih lanjut, ya!

7 Tim Esports Mobile Legends yang Paling Terkenal di Indonesia

Berbeda dengan gaming yang memiliki maksud untuk refreshing dan rekreasi, esports justru merupakan video game kompetitif yang dijadikan profesi.

Masing-masing tim esports ini biasanya memiliki beberapa anggota yang akan bertanding dan ditonton oleh jutaan penggemar baik secara online maupun offline.

Para anggota tim pun biasanya memiliki seragam (jersey) khas masing-masing. Jelas sangat keren dan mengesankan, bukan?

ONIC Esports

Tim Esport Mobile Legends 1

ONIC Esports merupakan tim esports populer yang berdiri sejak tanggal 26 Juli 2018 dan didirikan oleh Rob Clinton Kardinal. Awalnya, ONIC Esports hanya berdiri sebagai tim esports Mobile Legends saja.

Namun, selaras dengan kepopuleran ONIC Esports yang kian meningkat, tim esports yang satu ini pun akhirnya membuka divisi untuk game lain seperti Free Fire, Valorant, PUBG Mobile, dan lain sebagainya.

Satu tahun setelah didirikannya tim ONIC Esports di Indonesia, akhirnya mereka memutuskan untuk melebarkan sayap dan membuka cabang ONIC Esports di Filipina pada bulan Agustus 2019 untuk divisi game Mobile Legends.

Setelah berhasil memenangkan beberapa kompetisi berkelas seperti MPL ID Season 3 dan Season 8, MSC 2019, dan lain sebagainya, kini nama ONIC Esports pun semakin terkenal dan memiliki banyak penggemar.

RRQ Esports

Tim Esport Mobile Legends 2

Istilah RRQ dalam RRQ Esports merupakan singkatan dari Rex Regum Qeon. Sangat menarik, bukan? Yang lebih menarik, ternyata “Rex Regum” merupakan bahasa Latin yang berarti Raja dari segala Raja. Sementara Qeon merupakan sebutan Presiden Direktur RRQ Esports yang bernama Riki K. Suliawan di dalam dunia game.

RRQ Esports telah didirikan sejak bulan Oktober tahun 2013 dan telah menaungi enam divisi game di dalam timnya, yaitu Mobile Legends, PUBG Mobile, Valorant, Free Fire, League of Legends, dan FIFA.

Sejak pertama berdiri hingga saat ini tim RRQ Esports telah mengantongi lebih dari 200 gelar juara baik dari turnamen esports Nasional ataupun Internasional.

Turnamen bergengsi seperti MPL Indonesia Season 2, MPL Indonesia Season 5, dan MPL Indonesia Season 6 pun berhasil dijuarai oleh tim esports Mobile Legends RRQ yang bernama RRQ Hoshi sehingga membuat tim mereka semakin disegani oleh para tim lawan dari berbagai daerah.

EVOS Esports

Tim Esport Mobile Legends 3

Didirikan sejak Agustus 2016 oleh Ivan Yeo, EVOS Esports menjadi tim yang memiliki popularitas tertinggi di antara tim esports yang lainnya usai tim esports Mobile Legends bernama EVOS Legend mengantongi M1 World Championship mengalahkan RRQ Hoshi dalam pertandingan yang sengit.

Kemenangan tersebut menjadi prestasi terbesar bagi EVOS Esports dan namanya pun semakin dikenal oleh banyak orang.

Kepopuleran EVOS Esports telah dibuktikan pada kompetisi MPL ID Season 7. Selain telah memenangkan kompetisi bergengsi tersebut, EVOS Esports menjadi tim paling populer di antara tim yang lainnya lantaran mendapatkan jumlah penonton paling banyak yaitu 590.927 orang.

Alter Ego Esports

Tim Esport Mobile Legends 4

Mengantongi berbagai prestasi di bidang esports terutama pada divisi Mobile Legends, tim yang didirikan oleh Delwyn Sukamto ini eksis sejak awal tahun 2018. Selain aktif sebagai CEO Alter Ego Esports, Delwyn Sukamto juga selalu memberikan kontribusi untuk berkomunikasi dengan para penggemar Alter Ego Esports.

Memulai dari bawah dan terus bertumbuh, Alter Ego Esports sempat tidak lolos pada ajang kompetisi MPL ID Season 2. Melakukan perbaikan, pada Season yang selanjutnya pun Alter Ego Esports dapat memperbaiki posisinya ke posisi ke-5. Terus berkembang di setiap tahunnya, posisi Alter Ego Esports pun semakin meningkat secara konstan.

Dengan segala usaha dan kerja keras, tim esports Mobile Legends yang satu ini pun berhasil menduduki posisi ke-4 pada M2 World Championship yang merupakan ajang terbesar untuk kompetisi esports divisi Mobile Legends.

Bigetron Esports

Tim Esports Mobile Legends Bigetron

Didirikan sejak tahun 2017 silam, Bigetron Esports telah mengantongi lebih dari 150 gelar dalam kompetisi nasional dan 2 kompetisi Internasional. Hingga saat ini, Bigetron Esports telah memiliki 4 divisi tim, yaitu PUBG Mobile, Mobile Legends, Valorant, dan Free Fire.

Tim esports Mobile Legends yang dimiliki oleh Bigetron Esports dibagi menjadi tiga tim yang berbeda. Untuk tim laki-laki dibagi menjadi dua tim, yaitu Bigetron Alpha dan Bigetron Beta. Sementara satu tim lainnya yang merupakan tim perempuan dinamakan Bigetron Era.

Menjadi idola bagi para remaja, Bigetron Esports terus berkembang demi meraih kemenangan dengan mengikuti berbagai kompetisi bergengsi baik di ranah Nasional maupun Internasional.

Geek Fam ID

Tim Esports Mobile Legends geekfam

Didirikan sejak tahun 2016 oleh Keat dan Joseph, Geek Fam ID merupakan akuisisi tim esports Mobile Legends asal Indonesia bernama SFI Critical oleh Geek Fam dari Malaysia. Geek Fam ID menjadi salah satu peserta dalam MPL ID yang mana mereka masuk saat MPL ID Season 4 berlangsung.

Para atlet yang bermain untuk Geek Fam ID pun tidak banyak mengalami perubahan formasi. Hanya saja pada saat MPL Season 5 berlangsung, Geek Fam ID mendapatkan pemain baru. Pemain baru tersebut yaitu Ayamjago yang sebelumnya bermain untuk RRQ Esports.

Aura Esports

Tim Esports Mobile Legends aura

Tim Aura Esports yang khusus bermain dalam divisi Mobile Legends disebut dengan Aura Fire. Aura Fire juga merupakan salah satu peserta MPL ID yang berasal dari Indonesia.

Aura Fire masuk dan mengikuti MPL ID pada Season ketiga. Kemudian, pada saat MPL Season 4 tim ini pun menghadirkan sosok yang sebelumnya berkecimpung dalam divisi League of Legends dan Arena of Valor bernama Phoenix.

Walau sempat menjadi salah satu kuda hitam dalam ajang tersebut, namun Aura Fire masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan.

Meski belum memperoleh hasil yang sesuai, Aura Fire terus berkembang dan berlatih demi mencapai kemenangan pada ajang kompetisi yang akan datang.


Nah, dari ketujuh tim esports Mobile Legends tanah air yang telah disebutkan pada ulasan di atas, yang manakah yang menjadi favoritmu? Apakah ada salah satu tim yang menarik perhatianmu untuk menjadi penggemarnya?

Dukung terus tim esports Mobile Legends asal Indonesia untuk meningkatkan motivasi berlatih demi mendapatkan hasil yang lebih baik dalam setiap kompetisi yang akan dilakukan, demi mengharumkan nama baik Indonesia dalam bidang esports, ya!

Semoga anak bangsa dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam mengharumkan nama negeri ini di bidang esports baik di dalam negeri maupun ke ranah yang lebih luas.