Turnamen Esports di Luar Kota? Siapa Takut Kalau Tinggal di Apartemen

0
103
ESL One New York 2019
ESL One New York 2019 (@Carlton Beener)

Tahukah kamu kalau menjadi seorang atlet esports itu memiliki beberapa kesenangan tersendiri? Mulai dari main game favorit, jalan-jalan untuk bertanding, belum lagi fans yang setia mendukung; rasanya dunia ini cukup mengenakkan, bukan?

Nah, bicara soal mengikuti turnamen yang ada di luar kota (atau bahkan di luar negeri), kamu harus terlebih dahulu memprioritaskan kebutuhan akomodasi kamu agar tetap fit. Pastinya, kamu harus bisa beristirahat dengan nyaman dan aman supaya bisa fokus ketika bertanding nanti.

Tidak lupa, lokasi tempat tinggal kamu juga harus strategis dan dekat lokasi loh! Bayangkan saja kalau kamu sudah duluan lelah di jalan sebelum bertanding. Jadi enggak optimal donk!

Kamu juga harus terlebih dahulu melakukan survei opsi apa saja yang tersedia (apakah hotel, apartemen, atau kontrakan) dan juga pahami medannya! Misalnya di Jakarta yang sangat rentan terhadap kemacetan; kamu tentu tidak mau datang telat untuk bertanding.

Nah, bila kamu bertanding di kota pusat turnamen esports, mungkin kamu akan bingung untuk nginep mana lagi di Jakarta supaya tim kamu bisa mempersiapkan diri sebelum pertandingan.

Oleh sebab itu, tanpa basa-basi lagi, kali ini kita akan membagikan sedikit wawasan yang menjadi bahan pertimbangan memilih akomodasi bila tim esports kamu akan bertanding di luar.

4

Jarak ke lokasi turnamen esports

Jarak sudah wajib menjadi pertimbangan utama sebab ia berhubungan langsung dengan waktu. Kamu harus tiba tepat waktu dalam kondisi prima. Harus dipastikan bahwa kamu tidak kelelahan dalam perjalanan.

Selain itu, kamu juga harus mencari lokasi yang ramah dengan aneka ragam transportasi. Pilihlah yang sestrategis mungkin dengan lokasi MRT, busway, hingga yang mudah ditemukan oleh ojek online.

3

Efisiensi biaya

Bila kamu berpergian dalam tim, tentu kamu harus memperhitungan faktor harga, semisalnya membandingkan harga kamar hotel dengan menyewa kamar apartemen. Apartemen akan menjadi pilihan yang lebih baik bila kamu akan tinggal untuk jangka waktu yang lebih lama, mengingat kamu akan serasa berada di rumah dan memiliki beberapa kamar terpisah sekaligus.

Belum lagi, apartemen juga sudah menyediakan berbagai perabotan yang membuat kamu enggak homesick. Untuk mempersiapkan diri, kamu mungkin akan memperhitungkan untuk tiba lebih awal sembari melakukan pemanasan dengan membangun kembali “meja perang” (baca: gaming house) kamu.

Kamu tentu membutuhkan ruang serba guna untuk melakukan hal ini. Kabar baiknya, kamu bisa melakukan ini dengan mudah di apartemen mengingat ruang yang dimilikinya juga lebih luas!

2

Fasilitas tempat tinggal

Tidak hanya harga, masih ada banyak faktor yang membedakan antara hotel dengan apartemen dari segi fasilitas, terutama pada dapur beserta segenap perlengkapannya (kulkas, panci, dan lainnya).

Seringkali ada banyak orang yang tidak mudah beradaptasi dengan menu barunya sehingga mereka lebih memilih untuk memasak sendiri (sembari hemat biaya). Nah, ini faktor yang penting, sebab kamu pasti butuh makan!

Selain itu, kamu juga bisa melakukan laundry sendiri dengan fasilitas mesin cuci yang tersedia. Berbeda dengan hotel, fasilitas ini sudah terlebih dahulu dikomersialisasi.

1

Keamanan

Ketika pergi bertanding, kamu tentunya akan membawa senjata kamu. Tidak main-main, gaming gear yang kamu pakai tentulah yang berkualitas tinggi!

Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa hunian kamu ini tidak berada di lokasi yang rawan, dan paling tidak memiliki tim security yang bertanggung jawab atas keselamatan kamu dan barang bawaan kamu.

Jangan semata-mata mencari yang murah hingga kamu mengesampingkan keselamatan kamu. Ingat loh! Safety can be fun!


Nah itu dia hal-hal yang perlu kamu perhatikan di atas. Untuk kebutuhan jalan-jalan ala atlet esports, apartemen rasanya akan lebih nyaman untuk tim kamu bila dibandingkan dengan tinggal di hotel.

Dengan segudang fasilitas dan kemudahan yang ada di apartemen, kamu tidak perlu lagi dipusingkan dengan masalah akomodasi.

Jadi, sudah tahu kan nginep mana lagi di kota pertandingan kamu? Menemukan hunian senyaman rumah sendiri tentu bisa jadi cerita yang turut mewarnai hari kemenangan kamu.

Sebagai penutup, ketika berpergian, pastikan kamu sudah mengemas barang-barang kamu dengan baik, termasuk di dalamnya obat-obatan kamu. Juga, sebelum menentukan nginep dimana, kamu juga harus berembuk terlebih dahulu loh dengan tim kamu!

(Disunting oleh Satya Kevino)