Gamer Wajib Tahu! Apa Itu Bandwidth?

0
126
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Bandwidth adalah suatu istilah untuk seberapa banyak data per unit waktu yang dapat ditangani oleh suatu koneksi jaringan. Bisa diartikan juga dengan volume pertukaran data antara server dengan klien yang dihitung dalam satuan bit per detik (bps).

Kenyamanan dalam mengakses internet (termasuk bermain game online) sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor bandwidth.

Kualitas bandwidth akan berpengaruh terhadap kecepatan dan kestabilan jaringan internet yang kalian gunakan. Koneksi internet dengan bandwidth yang lebih besar dapat memindahkan sejumlah data jauh lebih cepat daripada koneksi internet yang memiliki bandwidth rendah.

Bandwidth biasanya dinyatakan dalam bit per detik, seperti 60 Mbps atau 60 Mb/s, untuk menjelaskan kecepatan transfer data 60 juta bit (megabit) setiap detik. Saat kalian mendapatkan bandwidth yang besar, koneksi internet yang akan didapatkan akan lebih stabil.

Ini menjadi hal positif saat kalian bermain game online, yang membutuhkan internet tidak hanya cepat namun juga stabil.

Apa Itu Bandwidth?

Apa Itu Bandwidth

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bandwidth adalah istilah untuk seberapa banyak data per unit waktu yang dapat ditangani oleh koneksi jaringan. 

Gambarannya seperti ini, ibaratkan bandwidth seperti jalan raya. Maka, semakin lebar jalanan tersebut akan membuat lalu lintas tetap lancar meskipun sedang dipadati banyak pengguna jalan.

Namun jika lebar jalannya kurang, lalu lintas dipastikan akan tersendat. Dengan gambaran ini menjelaskan bahwa semakin besar bandwidth, maka koneksi internet tetap akan lancar meskipun jumlah penggunanya banyak.

Perbedaan Mbps dan MBps

Bandwidth

Saat kalian membeli layanan internet khususnya broadband, akan diketahui bandwidth yang akan didapatkan. Pihak penyedia biasanya akan menawarkan paket-paketnya, mulai dari 10 Mbps, 20 Mbps atau yang lebih besar. Lalu apa saja perbedaan Mbps dan MBps yang umum ditemukan pada deskripsi paket internet?

Perlu untuk diketahui bahwa bandwidth dapat diukur dalam unit apapun (byte, kilobyte, megabyte, gigabyte, atau yang lainnya). Penyedia internet yang Anda pakai mungkin menggunakan satu istilah yang ada.

Anda harus memahami bagaimana istilah ini dan bagaimana mengkonversinya agar mendapatkan bandwidth sesuai dengan kebutuhan. Anda harus tahu berapa kebutuhan bandwidth internet yang digunakan sehari-hari, agar biayanya tidak membengkak.

Sebagai contoh, 20 MB tidak bisa disamakan dengan 20 Mbs (perhatikan huruf kecil b). Untuk yang pertama dibaca dengan 20 megabytes sedangkan yang kedua adalah 20 megabit.

Jika kalian membeli paket internet 20 Mbps, itu sama saja dengan internet dengan bandwidth 2,5 MBps. Tak heran jika kecepatan internet yang ditampilkan pada browser saat men-download, berbeda dengan paket internet yang kalian beli.

Dengan penjelasan ini, harusnya kalian sudah tidak salah pilih dalam memilih paket internet. Umumnya, provider menggunakan ukuran Mbps sehingga angkanya jauh lebih besar dibandingkan menggunakan MBps. Kalian bisa mengkonversinya sebelum membeli agar sesuai dengan kebutuhan.

Berapa Bandwidth yang Dibutuhkan?

Bandwidth

Setiap orang pasti membutuhkan bandwidth yang berbeda-beda, tergantung dengan penggunaannya. Banyaknya bandwidth yang dibutuhkan tergantung tujuan dari koneksi internet Anda. Semakin besar, pastinya akan membuat kualitas internet akan semakin bagus.

Jika kalian berencana untuk tidak melakukan apa pun selain Facebook dan sesekali menonton video, paket internet dengan bandwidth sedang sudah sangat cukup. Namun jika internet Anda bertujuan untuk menikmati streaming film, sebaiknya menggunakan bandwidth yang besar.

Banyaknya perangkat yang mengakses juga harus diperhatikan, karena akan berpengaruh terhadap bandwidth yang akan didapatkan masing-masing perangkat. Semuanya akan mendapatkan bandwidth secara merata, namun jika penggunaannya berlebihan akan membuat internet menjadi lambat.

Menonton video YouTube, menikmati film di Netflix merupakan aktivitas yang menyedot bandwidth yang besar. Hal ini biasanya akan berpengaruh ke pengguna yang sedang bermain game. Mereka pasti akan mengeluh karena internetnya terganggu akibat penggunaan bandwidth yang besar saat ada pengguna lain yang menonton video.

Penggunaan bandwidth juga diterapkan pada server game online. Pada saat server game tersebut digunakan oleh banyak pemain game secara bersamaan, bisa membuat server tersebut down.

Alhasil, game tidak bisa diakses sama sekali sampai dilakukan maintenance. Hal ini biasanya juga terjadi saat diadakan event pada sebuah game, yang membuat para pemainnya membuka game di waktu yang bersamaan.

Punya Bandwidth Besar, Kenapa Internet Lambat?

Bandwidth

Salah satu penyebab internet lambat yakni karena penggunaan yang berlebihan. Jika koneksi internet yang kalian pakai hanya cukup untuk 5 perangkat, pasti akan mengalami gangguan saat digunakan lebih dari itu.

Selain itu, jenis penggunaannya juga akan berpengaruh. Karena penggunaan internet untuk menonton video jauh lebih besar dibandingkan dengan penggunaan sosial media. Anda akan merasakan gangguan saat banyak pengguna yang menonton video atau mengunduh file-file besar.

Selain itu, media transmisinya juga mempengaruhi kualitasnya. Umumnya, media transmisi yang dipakai yakni kabel dan wireless. Meski akan sedikit merepotkan, koneksi internet melalui kabel jauh lebih baik untuk menghindari koneksi putus nyambung.

Akan tetapi, penggunaan media kabel hanya cocok untuk perangkat komputer maupun laptop, tidak untuk gadget kekinian. 

Untuk pengguna smartphone, lebih baik menggunakan jaringan seluler agar koneksi internetnya tetap stabil. Jika menggunakan WiFi, pastikan kalian berada di dekat router agar sinyal yang didapatkan besar. 

Tips Agar Tidak Lag Saat Bermain Game

Bandwidth

Salah satu masalah saat bermain game adalah ketika terjadinya lag. Hal ini akan membuat game tidak bisa dijalankan, ataupun pergerakannya patah-patah. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidak mengalami lag saat bermain game.

Tips Anti Lag #1: Gunakan Paket Internet Khusus Game

Saat ini, banyak provider internet yang menawarkan paket khusus game. Paket ini sudah diatur khusus untuk bermain game, sehingga jauh lebih lancar dibandingkan paket biasa. Bandwidth yang akan didapatkan cukup besar, karena memang ditujukan untuk para gamer.

Setelah membeli paket ini, pastikan kalian tidak menggunakannya untuk banyak hal seperti menonton video ataupun men-download game. Karena pada akhirnya, aktivitas itu akan membuat koneksi internet untuk bermain game menjadi terganggu. Untuk itu, hindari menggunakan internet untuk hal-hal yang lain selain bermain game.

Tips Anti Lag #2: Perhatikan Latency

Latency merupakan waktu yang dibutuhkan oleh perangkat dalam mengirim maupun menerima perintah ke server game. Jadi, semakin kecil latency dari koneksi internetnya akan membuat kalian tidak mengalami lag. Latency yang tinggi akan membuat game berat ketika diakses, dan kalian sulit untuk mengontrol game dengan baik.

Tips Anti Lag #3: Bermain di Server Lokal

Game-game online saat ini banyak menyediakan server yang bisa dimainkan. Bahkan jika pemain dari suatu negara tergolong banyak, akan ada server di negara tersebut yang disediakan.

Untuk kalian yang ingin lancar saat bermain game, lebih baik menggunakan server lokal. Karena server ini hanya dipakai oleh pemain-pemain dari satu negara saja. Berbeda dengan server global, dimana pemainnya akan lebih banyak dan bisa membuat game lag.


Nah itulah penjelasan mengenai apa itu bandwidth. Bagi kalian yang suka bermain game, istilah ini sebaiknya diketahui. Sehingga ketika ingin membeli paket internet bisa mengetahui kebutuhannya. Sesuaikan dengan kebutuhan agar penggunaan internet lebih maksimal.

Media Partnership