Apa Itu Content Creator?

0
98

Sejak beberapa tahun terakhir ini, industri pemasaran terus mengalami perkembangan. Pemasaran saat ini dituntut untuk bisa kreatif sehingga dapat menarik perhatian target pasar. Salah satunya adalah dengan berkolaborasi bersama content creator yang memiliki jiwa kreatif untuk melakukan pemasaran dengan cara baru. Lalu, apa itu content creator? Bagaimana cara mereka bekerja?

Content creator menjadi pilihan perusahaan yang menargetkan audience kaum milenial. Konten yang dihasilkan dari kolaborasi itu akan digunakan untuk berinteraksi dengan banyak audience.

Biasanya, pemilihan content creator ini disesuaikan dengan tipe produk atau layanan yang ingin dipasarkan. Kalian mungkin akan bertanya, apakah content creator akan bekerja untuk perusahaan saja? Tentu tidak, jawabannya ada di bawah ini.

Apa Itu Content Creator?

Apa itu Content Creator

Kita akan mulai membahasnya mengenai pengertian terlebih dahulu. Content creator merupakan seseorang atau kelompok yang membuat sebuah konten berupa teks, audio, video maupun desain grafis. Tujuannya untuk mempermudah interaksi dengan target, mendidik atau memberikan hiburan.

Saat content creator membuat sebuah konten untuk perusahaan, mereka memiliki tujuan lain yakni untuk memajukan bisnis perusahaan tersebut. Setiap konten yang dibuat memiliki tujuan yang berbeda-beda, dan kualitas hasilnya nanti sangat dipengaruhi oleh orang-orang kreatif itu.

Konten yang berhasil diproduksi nantinya akan dipublikasikan melalui media cetak maupun digital. Namun saat ini, pemasaran melalui media digital atau internet jauh lebih banyak diminati.

Ada alasan tersendiri mengapa content creator lebih banyak dipilih. Pertama, mereka mampu membuat audience gembira yang akhirnya memudahkan untuk merealisasikan tujuan dari pembuatan konten itu. Kedua, content creator pada umumnya memiliki basis penggemar tersendiri. Dengan begitu, akan lebih banyak audience yang melihatnya.

Jenis-Jenis Content Creator

Apa itu Content Creator

Jenis-jenis content creator ini dibedakan besarkan apa yang mereka kerjakan. Setiap creator memiliki passion dan skill yang berbeda, dan sebagian besar dari mereka fokus di satu pilihan. Nah berikut ini beberapa jenis content creator.

Video Content Creator

Tidak bisa dibantahkan lagi jika saat ini, konten video lebih diminati sebagian besar orang. Terlebih didukung oleh beberapa platform berbagi video seperti Youtube, Instagram hingga TikTok.

Dalam berbagai hal seperti memasak, belajar ataupun mencari informasi apapun, konten video lebih diminati. Mereka membuat berbagai video untuk tujuan yang berbeda, mulai dari promosi dengan brand, kolaborasi sesama content creator atau hanya untuk pribadi saja.

Audio Content Creator

Merupakan turunan dari konten video, konten berjenis audio ini juga merupakan pilihan yang tepat untuk lebih menghemat kuota dan juga untuk mereka yang sedang berada di perjalanan dan tidak bisa memberi perhatian ke layar.

Jenis konten podcast ini bisa dijumpai di banyak aplikasi, seperti Spotify, Google Podcasts, Anchor.FM, dan juga SoundCloud. Pada umumnya podcast ini akan berupa percakapan antar 2 individu atau lebih mengenai suatu topik.

Namun, podcast juga bisa dilakukan sendiri. Jenis konten ini tidak menuntut terlalu banyak budget dalam perencanaannya. Hal yang perlu dimatangkan adalah pemilihan niche dan cara penyampaian informasinya.

Visual Content Creator

Bingung dengan istilah visual content creator? Gampangnya, mereka adalah orang-orang kreatif yang menuangkan idenya melalui sebuah gambar. Creator bisa membuat berbagai konten seperti infografis, ilustrasi, poster dan sebagainya. Selain bekerja sama dengan brand, mereka juga bisa menjual karyanya sendiri di berbagai marketplace digital.

Digital Text Content Creator

Blogger menjadi salah satu contoh dari digital text content creator. Ya, mereka memproduksi konten berupa teks digital yang biasanya dipublikasikan melalui blog. Kekuatan dari mereka untuk menaikan brand tidak bisa dianggap remeh.

Dengan bantuan creator, suatu brand bisa mendapatkan audience dengan jumlah besar melalui berbagai sumber. Seperti search engine dan media sosial.

Bagaimana Para Kreator Melakukan Monetisasi Konten?

Apa itu Content Creator

Content creator dikenal sebagai orang-orang yang kreatif dengan ide-ide menariknya. Tak heran jika mereka tidak akan kesulitan untuk menghasilkan uang, beberapa cara ini biasanya banyak dilakukan.

Bekerja Sama dengan Brand

Sebuah brand membutuhkan content creator untuk membuat konten khusus promosi mengenai produknya. Ada alasan tersendiri mengapa mereka tidak menggunakan tim kreatif internal.

Content creator dianggap lebih efektif karena memiliki basis penggemar sendiri. Sehingga secara tidak langsung akan memperluas jangkauan promosi melalui konten yang dibuat.

Untuk cara ini, content creator berbasis video lebih disukai karena banyak orang lebih tertarik dengan video dibandingkan dengan foto. Tak jarang mereka juga bisa dijadikan brand ambassador oleh brand tersebut.

Memonetisasi Konten

Beberapa platform mendukung content creator untuk menghasilkan uang, seperti YouTube, Facebook, TikTok dan masih banyak lagi. Melalui platform tersebut, konten yang dihasilkan dapat diunggah dan kemudian dilakukan monetisasi.

Content creator akan mendapatkan uang ketika konten mereka banyak ditonton oleh pengguna. Hal ini tentu sangat menarik, mereka bisa menghasilkan uang melalui hobi yang disukai. 

Menjual Konten

Content creator dalam bidang photography, video ataupun desain, bisa menjual karyanya melalui berbagai situs. Mereka bisa menjual setiap karya yang dihasilkan tidak hanya di Indonesia, melainkan sampai ke luar negeri.

Bayarannya terbilang besar, akan tetapi bergantung dengan kualitas dari konten yang dijual. Semakin bagus kontennya, maka harganya akan semakin mahal.

Membuat Online Course

Pada dasarnya, content creator memang memiliki skill yang bagus untuk bidang tertentu. Tak heran jika konten yang mereka hasilkan selalu mendapatkan pujian banyak orang.

Dengan kemampuan yang dimiliki, mereka sebenarnya bisa menghasilkan uang dengan membuat online course. Apalagi dalam kondisi seperti ini, banyak orang ingin mengasah skill melalui tutorial di Internet.

Tips Menjadi Content Creator

Apa itu Content Creator

Ingin menjadi seorang content creator? Yuk simak informasi yang penting untuk kalian ketahui ini. 

Tentukan Niche 

Sebelum memulai sebagai content creator, kalian harus menentukan niche atau tema konten terlebih dahulu. Pastikan hal itu disesuaikan dengan keahlian yang dimiliki. Kalian harus konsisten dengan niche tersebut, misalnya video komedi, desain ilustrasi atau yang lainnya.

Dengan cara ini, nama kalian akan mudah diingat sebagai content creator. Kalian harus senang dengan apa yang sudah menjadi pilihan dan hindari untuk mencoba berpindah niche.

Pilih Platform yang Tepat

Setelah pemilihan niche, kalian harus menentukan platform dimana konten akan diunggah nantinya. Pemilihan platform disesuaikan dengan jenis konten yang kalian pilih. Jika kalian memilih photography, Instagram menjadi platform yang tepat.

Akan tetapi jika memilih video, sangat disarankan untuk mencoba YouTube atau TikTok. Sebagai content creator, kalian tidak harus terpaku dengan satu platform saja. Semakin banyak platform yang digunakan, jumlah audience nantinya akan meningkat.

Mulai Membuat Konten

Untuk menjadi content creator yang baik, kalian harus rutin memproduksi konten yang menghibur. Ini menjadi salah satu tantangan bagi para pemula, dimana mereka kerap pesimis dengan persaingan.

Padahal di dunia internet ini sangat luas, dan konsisten dalam memproduksi konten akan sangat membantu untuk menaikan popularitas. Jangan lupa untuk melakukan riset mengenai konten yang akan dibuat terlebih dahulu.

Lakukan Kolaborasi

Saat nama kalian belum dikenal sebagai content creator, kolaborasi penting untuk dilakukan. Lakukan kolaborasi dengan creator yang sudah terkenal, itu akan cepat menaikan popularitas kalian.

Beruntung jika kalian tergabung dalam komunitas, kalian bisa berkolaborasi dengan anggota yang ada di sana. Akan sulit jika kalian langsung menginginkan untuk berkolaborasi dengan content creator terkenal. 


Content creator saat ini menjadi salah satu profesi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Para kreator bisa bekerja untuk diri sendiri atau bekerja sama dengan brand untuk menghasilkan uang.

Singkat cerita, konten bisa diartikan sebagai apapun yang bisa dikonsumsi oleh para netizen atau warganet. Industri esports sendiri juga sangat menitikberatkan penciptaan konten. Mulai dari konten Instagram, TikTok, hingga livestreaming YouTube.

Dengan artikel ini, semoga dapat memberikan wawasan mengenai apa itu content creator.