Apa Itu Elgato HD60s?

0
50
apa itu elgato hd60s
Elgato HD60s
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Kalau kamu memutuskan untuk menjadi streamer gaming, kamu perlu tahu apa itu Elgato HD60s. Elgato HD60s adalah sebuah capture card yang banyak digunakan oleh para streamer baik di YouTube maupun Twitch. Tapi sebelum membahas mengenai Elgato HD60s, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu capture card.

Apa Itu Capture Card?

Capture card adalah sebuah hardware yang berfungsi untuk menerima sinyal HDMI (dari kamera, monitor, konsol, dll) dan mentransfernya menjadi input device ke PC atau laptop. Secara umum, capture card memiliki dua fungsi utama yaitu:

Fungsi Capture Card

Record

Capture card berfungsi untuk merekam output dari HDMI menjadi file yang bisa dibaca oleh komputer melalui bantuan software.

Stream

Capture card berfungsi untuk melakukan live streaming di berbagai platform dengan cara menerjemahkan langsung sinyal dari kamera maupun konsol.

Dengan kedua fungsi utama tersebut, capture card banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan industri profesional seperti program acara live di TV, sampai streaming di platform-platform seperti YouTube dan Twitch yang sering dilakukan para gamers.

Melihat tingkat kebutuhan yang berbeda-beda, capture card juga tersedia dalam berbagai range harga yang berbeda. Kamu bisa membeli capture card untuk kebutuhan streamingmu mulai harga ratusan ribu, sementara stasiun TV mungkin menggunakan capture card berharga sampai puluhan juta karena membutuhkan kualitas gambar dengan ketajaman tingkat tinggi.

Apa Itu Elgato HD60s?

Sekarang, setelah kita mengetahui gambaran umum mengenai capture card dan fungsinya, kita bisa langsung ke topik utama kita yaitu apa itu Elgato HD60s.

Bisa dibilang, Elgato HD60s adalah salah satu capture card terlaris saat ini yang sering digunakan untuk kebutuhan streaming game. Selain kualitas gambar yang dihasilkan bagus, Elgato HD60s menjadi capture card yang banyak dipilih karena memiliki antar muka software yang mudah dinavigasi dan sudah didesain unuk live streaming game online.

Fitur Elgato HD60s

Elgato HD60s memiliki banyak fitur yang membuatnya menjadi capture card favorit para gamer. Berikut ini fitur-fitur yang dimiliki ELgato HD60s:

  1. Hardware

Dari sisi hardware, Elgato HD60s memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

a. Desain

apa itu elgato hd60s
Desain Elgato HD60s

Dari sisi hardware, Elgato HD60s memiliki desain yang sangat simpel dan ringkas. Ukurannya tidak terlalu besar, kurang lebih hanya seukuran telapak tangan orang dewasa. Hal ini menjadi salah satu keunggulan dari Elgato HD60s karena bentuk yang kecil dan sederhana membuatnya jadi tidak makan tempat. Selain itu, ukurannya yang kecil juga membuat bobotnya menjadi ringan.

b. Indikator LED

apa itu elgato hd60s
Indikator LED

Elgato HD60s dilengkapi dengan indikator LED yang akan menyala untuk menunjukkan status. Lampu LED akan menyala biru saat perangkat sudah berhasil terhubung, dan akan menyala merah saat perangkat tidak berhasil terhubung.

c. Port untuk Menghubungkan Perangkat

apa itu elgato hd60s
Port

Pada sisi kiri perangkat, terdapat port HDMI, USB port type-C, dan audio jack. Di sisi sebelah kanan terdapat port HDMI (pass through) yang diklaim bisa mendukung kualitas video hingga 1080 pixel dengan frame rate 60fps.

Port HDMI berfungsi untuk menghubungkan perangkat untuk bermain game, sementara port USB berfungsi untuk merekam video dan menjalankan software Elgato Game Capture.

d. Kompatibilitas

Elgato HD60s bisa digunakan untuk bermain di PS5, PS4, Xbox series X/S, Xbox One, dan Nintendo Switch.

  1. Software

Untuk menggunakan Elgato HD60s, kamu perlu menggunakan software pasangannya yaitu Elgato Game Capture yang memiliki berbagai keunggulan sebagai berikut:

a. Antar Muka Sederhana

apa itu elgato hd60s
Antar muka Elgato Game Capture

Software Elgato Game Capture memiliki antar muka yang sederhana dan ramah pemula. Meskipun kamu belum memiliki pengalaman streaming sama sekali, software ini akan memudahkanmu untuk melakukannya. Tersedia template layer yang bisa kamu pilih dan kustomisasi untuk tampilan kamu saat streaming.

b. Tautan Media Sosial

Penonton live stream kamu bisa langsung mengikuti kamu di berbagai media sosial dengan cara mengklik langsung di tautan media sosial yang tersedia dalam template.

c. Fitur Live Chat & Live Comment

apa itu elgato hd60s
Live Commentary

Penontonmu bisa langsung memberikan tanggapan dan apresiasi melalui kolom live chat ini yang bisa langsung kamu baca secara real-time. Kamu juga bisa berinteraksi secara langsung melalui live comment dengan cara menghubungkan perangkat audio ke Elgato HD60s.

d. Flashback Recording

Kalau kamu lupa mengklik tombol record sebelum memulai streaming, kamu tidak perlu khawatir. Kamu cukup menggeser ke awal video dan merekam semua frame.

e. Fitur Editing

apa itu elgato hd60s
Fitur Editing

Elgato Game Capture menyediakan fitur editing sederhana. Fitur ini bisa kamu gunakan kalau kamu mau mengunggah video rekaman live streaming kamu ke platform seperti YouTube.

Di dalam Elgato Game Capture, kamu sudah bisa melakukan trimming, mengubah posisi, dan memasukkan audio tambahan baik berupa sulih suara maupun musik. Kalau kamu membutuhkan editing yang lebih advanced, kamu mungkin perlu melakukannya di software editing lain.

Spesifikasi Perangkat untuk Menggunakan Elgato HD60s

Setelah mengetahui fitur-fitur dalam Elgato HD60s, kamu juga perlu mengetahui spesifikasi perangkat apa saja yang kamu butuhkan untuk menggunakannya sehingga kamu bisa melakukan live streaming secara lancar tanpa kendala.

Berikut ini spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk menggunakan Elgato HD60s:

  1. Sistem operasi Windows 10 (64-bit)
  2. Kartu grafis Intel HD atau NVIDIA GeForce GTX minimal seri GTX 600
  3. RAM minimal 4 GB
  4. Prosesor Intel minimal Core i5 generasi ke-4
  5. Built-in USB port 3.0
  6. Kapasitas penyimpanan besar untuk menyimpan rekaman video

Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menggunakan Elgato HD60s

Itulah spesifikasi minimal dari perangkat yang kamu gunakan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Perangkat Mumpuni

Proses perekaman akan cukup berat sehingga perangkat yang kamu gunakan harus cukup mumpuni untuk memastikan proses live streaming berjalan lancar tanpa kendala seperti lag. Selain itu, kamu juga membutuhkan dua layar monitor.

Satu monitor untuk bermain game dan satu monitor untuk memantau software Elgato Game Capture yang sedang berjalan.

  1. Koneksi Internet

Salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan adalah, kamu harus memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. Kalau koneksi internet kamu lemot, bisa jadi live streaming kamu akan terganggu dengan adanya loading dan kamu akan kehilangan beberapa frame dari game play kamu.

  1. Versi Software yang Sesuai

Download software Elgato Game Capture dengan versi yang sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan. Kalau tidak, maka softwarenya tidak akan bekerja.

Demikian pembahasan mengenai apa itu Elgato HD60s. Bisa dibilang, inilah capture card yang cocok dipilih jika kamu adalah pemula di bidang streaming. Antar mukanya yang sederhana dan pengoperasian yang tidak ribet bisa membuatmu belajar menjadi streamer yang baik tanpa harus mempelajari teknik-teknik rumit.

Kamu bisa mendapatkan Elgato HD60s dengan mudah karena capture card ini dijual dan tersedia di berbagai marketplace. Untuk harga sendiri, Elgato HD60s dijual dengan kisaran harga mulai 2 juta sampai 3 juta rupiah.

Bisa dibilang harga tersebut cukup mahal jika dibandingkan dengan capture card lain yang dijual dengan harga lebih murah. Akan tetapi, harga tersebut sangat worth it mengingat kualitas yang dihasilkan capture card ini memang bagus untuk memenuhi kebutuhan streaming dan konten gaming kamu.

Media Partnership