Apa Itu Genre Game Platformer?

0
86
apa itu genre platformer
Platform Game
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Meski genre permainan ini cukup terkenal, mungkin masih banyak yang belum tahu mengenai apa itu genre game platformer. Platform games atau sering juga disebut dengan jump and run games, adalah sebuah subgenre dari action game di mana pemain harus menggerakkan karakter dari satu titik ke titik lain di suatu arena.

Pernah main Mario Bros.? Mario Bros. adalah salah satu contoh game bergenre platformer yang paling populer. Platform games sendiri manuai ketenaran pada tahun 90an. Akan tetapi, sampai sekarang pun masih banyak orang yang menggemari genre game platformer ini.

Genre game platformer dicirikan dengan desain berupa medan yang tidak rata dan platform-platform dengan level ketinggian berbeda. Game ini bergantung pada kemampuan karakter untuk melompat atau memanjat untuk mencapai titik tertentu dan meraih goals.

Manuver-manuver akrobatik lain juga menjadi faktor penting dalam permainan. Memanjat, berayun menggunakan tali, melompat dari tembok satu ke tembok lain, melompat tinggi di udara, meluncur, sampai memantul merupakan kemampuan-kemampuan karakter yang bisa ditemui di game genre platformer.

Sering kali, karakter bisa mendapatkan kemampuan tambahan setelah menyelesaikan misi tertentu atau dengan cara meraih token power-ups yang tersebar di sepanjang perjalanan.

Misalnya, pada awalnya karakter hanya memiliki kemampuan dasar seperti melompat dan memanjat. Setelah mengambil token power-up tertentu, karakter bisa mendapatkan tambahan kekuatan untuk melompat lebih tinggi dan lebih jauh, atau menghancurkan objek di depannya.

Meski sering diasosiasikan dengan game konsol, game genre platformer juga banyak tersedia dalam bentuk lain seperti arcade dan komputer. Pada puncak popularitasnya, game genre platformer berjumlah sekitar 75% dari total game konsol.

Popularitas game genre platformer kemudian menurun tergantikan oleh genre first-person shooter. Meski demikian, game genre platformer masih tetap eksis dan memiliki penggemarnya sendiri.

Konsep Permainan Genre Game Platformer

apa itu genre platformer
Konsep Permainan

Konsep game genre platformer terbilang cukup sederhana. Pemain perlu menggerakkan karakter dari satu platform ke platform lain untuk mencapai goal. Sepanjang perjalanan, karakter mungkin bertemu dengan musuh dan harus menghindari rintangan dan jebakan. Kalau pemain gagal menghindari rintangan-rintangan ini, karakter akan mati dan setelah kehabisan nyawa, maka pemain harus mengulang dari awal.

Game platformer biasanya memiliki tampilan visual 2D dari samping. Akan tetapi banyak juga game genre platformer dengan tampilan 3D dengan sudut pandang kamera dari belakang karakter atau ditempatkan pada persepktif isometrik.

Game genre platformer biasanya sangat dinamis dan menuntut kecepatan dan ketepatan pemain dalam menggunakan kontrol. Pergerakan yang paling umum terdapat dalam game genre platformer adalah berjalan, berlari, melompat, menyerang, dan memanjat.

Melompat merupakan elemen penting dalam game genre platformer. Di beberapa game genre platformer, jatuh dari ketinggian bsia menyebabkan cidera atau bahkan kematian. Dalam game genre platformer, sering kali terdapat zona-zona berbahaya seperti kubangan lava atau jurang tanpa dasar yang harus dihindari. Kalau karakter sampai terjatuh ke zona-zona berbahaya ini, maka karakter bisa mati seketika.

Kebanyakan game genre platformer terdiri dari beberapa level dengan tingkat kesulitan yang terus meningkat. Biasanya tingkat kesulitan game sudah ditentukan (linier), tapi di beberapa game, pemain bisa menavigasi dunia game sendiri atau memilih jalur tententu dari beberapa jalur yang tersedia (open world).

Varian game genre platformer yang lebih populer biasanya memiliki visual 3D dengan karakter yang terus bergerak cepat. Pemain harus mengarahkan karakter secara tepat untuk menghindari kecelakaan seperti tertabrak atau terkena jebakan, dan berusaha untuk mencapai tujuan secara tepat waktu.

Karena kesederhanaan konsepnya, game ini cocok untuk versi mobile. Hal itu membuat game genre platformer versi mobile mengalami peningkatan kepopuleran beberapa tahun terakhir.

5 Game Bergenre Platformer Populer

Terdapat banyak game bergenre platformer yang populer. Berikut ini beberapa game genre platformer yang populer:

Super Mario Bros.

apa itu genre platformer
Super Mario Bros.

Super Mario Bros. mungkin merupakan game genre platformer paling terkenal. Saking terkenalnya sampai sering salah dikira sebagai game genre platformer pertama. Padahal sebelum kemunculan Super Mario, sudah banyak game bergenre platformer yang diluncurkan.

Meski demikian, Super Mario memang memiliki pengaruh besar dalam dunia hiburan dan mejadi salah satu game dengan penjualan paling laris mencapai 40 juta copy sampai saat ini.

Super Mario Bros. diterbitkan oleh Nintendo pada tahun 1985. Setelah itu, beberapa seri game Super Mario menyusul dirilis dan selalu mendapatkan sambutan antusias dari para fans.

Donkey Kong

apa itu genre platformer
Donkey Kong

Super Mario sebenarnya merupakan spin-off dari game Donkey Kong. Game ini pertama kali dirilis pada tahun 1981 dalam bentuk mesin arcade dengan Kong sebagai villain utama melawan Mario di sebuah setting konstruksi-industrial.

Alur utama game ini menceritakan Mario sebagai jumpman yang harus melewati berbagai rintangan seperti barel dan bola api yang dilemparkan Kong untuk menyelamatkan kekasihnya Pauline.

Donkey Kong berhasil menjadi salah satu game arcade terlaris pada tahun 80an. Setelah itu, berbagai seri Donkey Kong dirilis termasuk Donke Kong Jr., Donkey Kong Jungle Beat, sampai Donkey Kong Cuntry: Tropical Freeze yang dirilis pada tahun 2018.

Sonic The Hedgehog

apa itu genre platformer
Sonic The Hedgehog

Sonic The Hedgehog merupakan game platform yang dirilis pertama kali pada tahun 1991 oleh Sega. Game ini memiliki karakter utama yang bisa berlari dengan kecepatan supersonic. Dalam game ini, Sonic berupaya untuk melawan rivalnya Dr. Robotnic. Game ini cukup sederhana. Melompat dan menyerang bisa dikontrol dengan satu tombol saja.

Sonic The Hedgehog mendapatkan respon positif dari kritikus baik dari segi visual, audio, dan gameplay. Game ini juga menuai keberhasilan secara komersial dan menjadi salah satu game terlaris sepanjang masa.

Prince of Persia

apa itu genre platformer
Prince of Persia

Prince of Persia merupakan platform game bergenre action-adventure. Sejak awal sampai sekarang, game ini telah dikembangkan dan dipublikasikan oleh beberapa perusahaan berbeda.

Prince of Persia dan Prince of Persia 2: The Shadow and The Flame dipublikasikan oleh Broderbund sedangkan Prince of Persia 3D yang merupakan versi 3D pertama dipublikasikan oleh Red Orb Entertaintment. Sejak saat itu game ini terus mengalami pengembangan dan remake termasuk versi mobile yang dirilis oleh Ubisoft.

Prince of Persia memenangkan award antara lain sebagai First Motion-Capture Animation in a Video Game dan Highest Rated Platformer on PS2 and Xbox. Berkat kepopulerannya, game ini juga sudah diadaptasi menjadi novel grafis dan film.

Tomb Raider

apa itu genre platformer
Tomb Raider

Tomb Raider merupakan salah satu contoh platform game 3D dengan sudut pandang kamera di belakang karakter. Sudut pandang kamera bisa berubah mengikuti aksi-aksi yang dilakukan Lara Croft, akan tetapi, secara umum selalu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang mengikuti karakter utama.

Dalam petualangannya, Lara Croft harus melompat, memanjat, atau bahkan berenang untuk berpindah dari satu platform ke platform lain. Dalam setiap platform dia akan menemui tantangan baik berupa musuh maupun jebakan mematikan.

Dalam perkembangannya, game ini mengalami perubahan dari linier menjadi open world di mana karakter bisa mengeksplor area secara lebih bebas.

Game ini sangat terkenal dan sudah mengalami berbagai tahap pengembangan dan reboot. Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1996, Tomb Raider sudah sukses terjual sampai lebih dari 81 juta copy.


Itu tadi beberapa game bergenre platformer. Dengan mengetahui judul-judul game plaformer, tentunya akan lebih mudah bagi kamu untuk memahami apa itu genre game platformer. Kamu bahkan mungkin sudah sering memainkan game genre ini. Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan game-game di atas bukan?

Media Partnership