Apa Itu PUBG?

3
5
Apa itu pubg
Ad

Hari gini apakah kalian sudah tahu apa itu PUBG versi PC? Atau kamu masih bingung membedakan PUBG dengan PUBGM? Pada umumnya sih di pasar Asia, pemain gim saat ini lebih familiar dengan PUBGM alias PUBG Mobile yang bisa dimainkan di smartphone mereka dibandingkan dengan platform PC.

Padahal, sesungguhnya PUBG versi PC yang dirilis terlebih dahulu dibandingkan versi mobile-nya. Tidak hanya itu, PUBG versi PC juga pastinya lebih seru! Minimal kamu tidak harus bermain sambil merasakan hawa panas yang ada di tangan kamu seperti sewaktu bermain HP.

PUBG PC tentunya lebih cocok dimainkan oleh gamers yang sebelumnya sudah terbiasa dengan perangkat keyboard dan mouse. Bermain melalui PC akan terasa lebih puas karena layar yang digunakan lebih besar.

Nah, tanpa basa-basi lagi, langsung saja kita simak gim keren satu ini.

Apa Itu PUBG?

Apa Itu PUBG

PlayerUnknown’s Battlegrounds atau sering disebut dengan PUBG merupakan gim yang bergenre battle royale. Gim PUBG ini terdapat dua versi yakni PC dan mobile. Gim ini pertama kali dirilis pada 21 Desember 2017 melalui Steam. Kehadirannya membuat dominasi gim-gim lain seperti Point Blank menurun.

Dalam gameplay-nya, akan ada 100 pemain yang akan bertempur satu sama lain dalam perjuangan untuk bertahan hidup. Ketika terjun dari pesawat, pemain bisa mencari perlengkapan bertempur seperti senjata, peluru hingga rompi.

Pemain terakhir bisa bertahan hidup di medan pertempuran akan mendapatkan gelar juara yang biasa dikenal dengan Chicken Dinner. Umumnya, pemain akan bermain dalam mode squad bersama teman agar permainan lebih seru dan tidak terlalu gampang kalah.

Bermain PUBG PC terkesan lebih ekslusif mengingat perangkat yang digunakan menuntut spesifikasi yang lebih tinggi daripada versi mobile. Tidak hanya itu, PUBG versi PC juga tidak tersedia secara gratis.

Dilansir dari situs Steam, kalian perlu membayar Rp. 219.999 terlebih dahulu untuk bisa memainkan gim ini.

Cara Bermain PUBG Versi PC

Apa Itu PUBG

Untuk mulai bermain PUBG PC, langkah pertama tentu kamu harus memiliki platform Steam terlebih dahulu. Kemudian, pastikan juga bahwa PC yang digunakan memenuhi kebutuhan sistem yang direkomendasikan seperti di bawah ini.

  • OS: 64-bit Windows 7, Windows 8.1, Windows 10
  • Processor: Intel Core i5-6600K / AMD Ryzen 5 1600
  • Memory: 16 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA GeForce GTX 1060 3GB / AMD Radeon RX 580 4GB
  • DirectX: Version 11
  • Network: Broadband Internet connection
  • Storage: 30 GB ruang kosong

Sebenarnya ada minimum spesifikasi PC yang bisa digunakan. Namun untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik memakai spesifikasi yang direkomendasikan saja. Langkah berikutnya, tentu saja membeli gim PUBG di Steam.

Selanjutnya setelah proses pembelian selesai, lakukan penginstalan gim. Jika sudah selesai, bisa langsung dicoba untuk dimainkan. Sebelum bermain, pemain bisa mengatur grafik, kontrol, suara dan gameplay agar lebih nyaman. Dan PUBG PC pun sudah bisa dimainkan seperti biasa.

Alur Permaianan PUBG PC

Perbedaan Dengan PUBG Mobile

PUBG PC memiliki grafik yang lebih realistis dibandingkan versi mobilenya. Di awal permainannya, para pemain akan terbang menggunakan pesawat tempur. Pemain bebas menentukan lokasi yang digunakan untuk melakukan pendaratan.

Setelah berhasil mendarat, pemain bisa melakukan looting untuk mendapatkan senjata, rompi dan lain sebagainya. Peralatan tempur dapat ditemukan di bangunan-bangunan sekitar.

Ambil sebanyak mungkin peralatan tempur yang ditemukan. Pemain perlu bergerak berpindah tempat untuk menemukan lawannya. Di awal permainan map masih sangat luas, akan tetapi pemain tidak boleh berlama-lama di satu tempat. Akan ada Play Zone yang akan mengecil setiap tenggat waktu tertentu.

Pemain yang berada di Play Zone, dipastikan aman untuk terhindar dari damage. Pada saat di luar Play Zone, pemain akan terus terkena damage yang menyebabkan HP terus berkurang.

Gameplay PUBG PC

Selama permainan, pemain tidak perlu khawatir kehabisan amunisi. Pemain bisa looting peralatan yang dimiliki pemain lain yang sudah mati. Akan tetapi harus waspada ketika melakukan looting. Dalam momen ini, akan muncul tampilan yang menampilkan peralatan yang bisa diambil. Begitupun pada saat melakukan recovery. Maka dari itu, pastikan tidak ada lawan yang berada di sekitar agar tidak tiba-tiba diserang.

Semakin lama Play Zone akan terus menyempit untuk memperkecil ruang gerak pemain. Biasanya, pada momen ini sudah tidak banyak pemain yang bertahan. Zona yang sempit ini akan menyulitkan pemain untuk berpindah posisi.

Kehebatan seorang pemain dapat dilihat pada momen ini. Pemain atau tim yang bisa bertahan terakhir kali, akan mendapatkan predikat Chicken Dinner alias pemenang.

Mode Permainan PUBG

Gim PUBG hadir dengan berbagai varian mode yang menarik. Sederhananya, kamu bisa memilih untuk bermain sendiri di mode Solo, atau bermain berdua bersama teman di mode Duo, atau berempat di mode Squad.

Sedangkan untuk peta pertarungannya, kamu bisa memilih 1 dari 4 peta yang saat ini sudah tersedia, yaitu: ERANGEL, MIRAMAR, SANHOK, dan VIKENDI.

Senjata-Senjata dalam Dunia PUBG PC

Senjata Stream PUBG

Ketika sudah masuk dalam zona pertempuran, informasi mengenai senjata PUBG penting untuk diketahui ketika ingin lebih kompetitif dalam memainkan game. Ada banyak senjata yang semuanya dapat ditemukan diberbagai tempat terutama bangunan-bangunan.

Kalau kamu beruntung, mungkin saja nantinya kamu bisa menemukan senjata langka yang kuat.

Dalam PUBG PC, senjata-senjata yang ada dikelompokan menjadi beberapa jenis. Mulai dari Assault Rifles, Sniper Rifles, DMR, LMG, SMG, Shotguns, Pistol dan Melee.

Berikut ini adalah beberapa senjata terbaik sesuai dengan jenis-jenisnya.

G36C (Assault Rifle)

Sering dibandingkan dengan SCAR-L, G36C tetap memiliki damage yang lebih tinggi. Ini membuat kemampuannya dalam penembak jarak pendek hingga menengah sangat bagus.  Dengan senjata ini akan membuat lawan lebih mudah untuk mati.

AWM (Sniper Rifle)

AWL sering disebut sebagai senjata penembak jitu terbaik. Kecepatan tempakan serta keakuratannya membuat lawan sulit menghindar dari tembakan. Beruntung jika bisa menemukan senjata ini saat bermain. Dengan 2-3 tembakan saja akan membuat lawan mati.

SLR (DMR)

Secara penampilan, senjata ini tidak berbeda jauh dengan yang lainnya. Namun untuk kualitas tembakannya, senjata SLR meiliki kekuatan yang besar. Senjata yang satu ini dapat ditemukan di seluruh map yang ada.

M249 (LMG)

M249 memiliki kemampuan hebat yang bisa menembakan 100 peluru hanya dalam waktu 10 detik. Ini yang membuat seorang pemain lebih percaya diri ketika berhadapan dengan lawan. Untuk mahir dalam menggunakan senjata ini memang perlu penyesuaian. Perlu dicatat bahwa efek recoil senjata ini sering menyulitkan.

MP5K (SMG)

MP5K selalu menjadi favorit ketika bertempur di map Vikendi. Senjata ini memiliki tembakan yang konsisten dan mudah untuk dikendalikan. Damage yang akan terjadi juga besar, sehingga memudahkan untuk melumpuhkan lawan.

S686 (Shotgun)

Untuk jarak dekat, S686 bisa menjadi andalahan yang kuat. Senjata ini tetap efektif untuk jarak jauh, asalkan sudah dilengkapi dengan Shotgun choke. Ketika menggunakan senjata ini, perlu memuat ulang setiap beberapa tembakan.

Skorpion (Pistol)

Pistol sangat baik untuk pertempuran jarak dekat. Mode penembakan otomatisnya akan memudahkan ketika harus 1v1 dengan lawan. Tapi perlu diperhatikan, Skorpion memiliki waktu reload yang lama. Untuk itu, atur posisi dan ketepatan waktu yang baik untuk mengalahkan lawan.

Pan (Melee)

Ketika tidak menemukan senjata tembakan sama sekali, panci bisa menjadi solusi. Senjata ini hanya bisa digunakan untuk jarak dekat saja. Hanya dengan memukulkan ke arah lawan secara bertubi-tubi akan membuat lawan mati terngiang-ngiang.

Item Pendukung

Item Pendukung PUBG
Credit: The Y Guide

Selain senjata, ketika kamu looting dari rumah ke rumah, kamu juga akan menemukan berbagai jenis item berdasarkan manfaatnya. Secara umum, jenis-jenis item terdiri dari: Healing, Boost, Boost Heal Over Time, Ammunition, dan juga Attachments.

Untuk item dalam kategori healing, sesuai namanya, item-item ini berfungsi untuk memulihkan HP yang sudah hilang selama pertempuran. Kamu akan sering menjumpai item seperti Bandage, First Aid Kit, dan juga Med Kit.

Ammunition adalah peluru yang diperlukan agar kamu bisa menggunakan senjata yang telah kamu ambil. Sedangkan Attachments adalah item power-up yang bisa memperkuat senjatamu. Contoh dari attachments ini berupa scopes, magazines, muzzles, grips, dan stocks.


Survivor Pass PUBG

Selain hal dasar di atas, kamu masih bisa menemukan berbagai kejutan dalam gim PUBG, seperti kostum, skin senjata, dan juga Survivor Pass!

Nah itu dia sedikit pengenalan mengenai apa itu PUBG yang mungkin belum sempat kalian mainkan. Menurut kalian, lebih seru main di PC atau smartphone nih?

3 COMMENTS

Comments are closed.