Apa Itu Woman Star League? Rekap Juara Season 1 Hingga 5 Ada di Sini!

1884
apa itu woman star league
Instagram: Woman Star League

Bagi kalian yang telah lama mengikuti perkembangan turnamen esports Mobile Legends: Bang Bang tentunya sudah mengetahui apa itu Woman Star League (WSL). Turnamen yang sudah berlangsung selama lima season ini awalnya pertama kali diadakan di tahun 2020 yang oleh Indonesia Gaming League (IGL).

Bagi kalian yang belum tahu apa itu Woman Star League, maka kalian wajib untuk membaca artikel ini yang nantinya akan memberikan kilas baik Woman Star League mulai dari WSL Ignition, WSL Challenger, hingga WSL season 1 sampai dengan season 5 serta daftar para pemenang Woman Star League yang wajib kalian ketahui.

Woman Star League (WSL) Ignition (2020)

Woman Star League Ignition
Instagram: Woman Star League

Bagi kalian pecinta Mobile Legends, pasti sudah tahu apa itu Woman Star League (WSL) Ignition. WSL Ignition merupakan sebuah mini turnamen sekaligus menjadi soft launching bagi Woman Star League yang dilanjutkan dengan WSL Challenger dan Invitational.

WSL Ignition sekaligus menjadi turnamen online Mobile Legends: Bang Bang yang pertama kali diadakan khusus untuk para pro player MLBB wanita di mana hampir seluruh tim terbaik wanita dari Mobile Legends: Bang Bang di Indonesia mengikuti turnamen tersebut.

Turnamen yang diadakan pada tahun 2020 tersebut berhasil menyedot perhatian para penggemar Mobile Legends, hal ini terbukti dari peak viewer di playoff hari pertama WSL Ignition mencapai 1,3 juta viewer.

Pada babak semi-final dan final WSL Ignition terdapat empat tim yang berhasil lolos dari qualifier yang terdiri dari Belletron Battle Angels, Alter Ego Nyx, EVOS Lynx, dan Siren Moon. Hasil akhir menentukan Belletron Battle Angels sebagai juara pertama setelah sebelumnya berhasil mengalahkan Alter Ego Nyx yang harus puas menduduki posisi runner-up diikuti oleh EVOS Lynx di posisi ketiga. 

Total Prize Pool yang didistribusikan kepada keempat tim di atas adalah sebesar US$ 330 atau pada saat itu sekitar Rp. 5.000.000.

Woman Star League Challenger (2020)

Woman Star League Challenger
Instagram: Woman Star League

Sebagai kelanjutan dari WSL Ignition, kalian tentunya harus terlebih dahulu mengetahui apa itu Woman Star League (WSL) Challenger. Turnamen Mobile Legends yang satu ini juga diadakan pada tahun 2020 lalu dan ditujukkan bagi para pro player MLBB wanita.

Pada WSL Challenger, terdapat empat tim yang berhasil masuk ke dalam qualified tim yang nantinya akan bertanding pada Woman Star League Season 1 yang juga disebut dengan WSL Invitational.

Luna Nera Esports, Vermilion Rose, Louvre Angels, dan 7 Heaven Red Beryl menjadi empat tim dari grup A yang berhasil maju ke babak semi-final. Sementara itu, empat tim yang berhasil menjadi qualified tim terdiri dari NGID AikoLuna Nera EsportsVermilion Rose, dan 7 Heaven Emerald. Keempat tim inilah yang bertarung dalam WSL Season 1 atau WSL Invitational.

Apa Itu Woman Star League? #1 Woman Star League Season 1 (2020)

WSL Season 1
Facebook: Woman Star League

Jika kalian rutin mengikuti perkembangan WSL, pastinya kalian sudah tahu apa itu Woman Star League (WSL) Season 1 yang populer dikenal dengan nama WSL Invitational.

Diselenggarakan di tahun 2020 oleh Indonesia Gaming League, dalam WSL Season 1 ini terdapat delapan tim yang terbagi menjadi empat tim invited dan empat tim qualified dari turnamen sebelumnya, yakni WSL Challenger.

Tim invited terdiri dari Belletron Era, Alter Ego Nyx, EVOS Lynx, dan Siren Moon sedangkan tim qualified terdiri dari Luna Nera Esports, NGID Aiko, Vermilion Rose, dan 7 Heaven Emerald.

Juara pertama dari WSL Season 1 ini diraih oleh Evos Lynx yang berhasil mengalahkan  Siren Moon yang menempati posisi runner up dengan skor akhir 3-0 serta Belletron Era yang harus puas berada di posisi ketiga.

Anggota tim Evos Ladies yang mengikuti turnamen WSL Season 1 terdiri dari Violetta “Caramel” Aurelia, Jessica “Pica” Jeffrey, Fanny “Funi” Cynthia, Fajria “Violet” Noviana, dan Livia “Jenniee” Lemmuela.

Prize Pool yang didistribusikan kepada para peserta memiliki nilai sebesar US$ 2.800 atau sekitar Rp. 40.000.000 pada saat itu.

Apa Itu Woman Star League? #2 Woman Star League Season 2 (2021)

WSL Season 2
Facebook: Woman Star League

Jika kamu sudah mengikuti WSL mulai dari Ignition hingga Season 1, pastinya sudah tahu apa itu Woman Star League (WSL) Season yang diselenggarakan pada tahun 2021 lalu.

Turnamen yang diadakan oleh 1011 Event dan Indonesia Gaming League ini dibagi ke dalam fase kualifikasi, regular season, dan playoff. Total ada 32 tim yang mengikuti fase kualifikasi, delapan tim yang bertanding pada regular season, dan enam tim terbaik yang mengikuti playoff.

Keenam tim yang berhasil bertanding di babak playoff antara lain Evos LynxBelletron Era, Siren Moon, Alter Ego NYX, 7 Heaven Alexandrite, dan 7 Heaven Aquamarine.

Pada WSL Season 2, Evos Lynx berhasil mempertahankan gelar juaranya setelah berhasil menaklukan Alter Ego NYX dengan skor 3-0. Pada WSL Season 2, tim yang berhasil mengantarkan EVOS Lynx sebagai juara bertahan diisi oleh Violetta “Caramel” Aurelia, Jessica “Pica” Jeffrey, Fanny “Funi” Cynthia, Fajria “Violet” Noviana, Livia “Jennie” Lemmuela, dan Winda “Earl” Lunardi.

Total Prize Pool yang dibagikan pada WSL Season 2 ini berjumlah total US$ 4.168 atau sekitar Rp. 50.000.000.

Apa Itu Woman Star League? #3 Woman Star League Season 3 (2021)

WSL Season 3
YouTube: Woman Star League

Setelah bertanding selama kurang lebih enam pekan, akhirnya ada enam tim yang berhasil maju ke babak playoff. Keenam tim tersebut terdiri dari Belletron EraEVOS LynxRRQ MikaAlter Ego NyxMBR Delphine, dan Morph Akasha.

Bagi kamu yang sudah mengetahui apa itu Woman Star League, pasti sudah tahu jika Belletron Era berhasil keluar menjadi juara pada WSL Season 3 diikuti oleh RRQ Mika di posisi kedua dan Evos Lynx di posisi ketiga.

Belletron Era resmi menjadi pemenang WSL Season 3 setelah sebelumnya berhasil mengalahkan RRQ Mika di Grand Final dengan skor 4-1.

Tim Belletron Era yang berhasil memberikan kemenangan bagi timnya di WSL Season 3 ini terdiri dari Cindy “Cinny” Laurent Siswanto, Vivi “Vivian” Indrawati, Viorelle “Vival” Valencia, Isna “Valanyr” Machdita, Michelle “Chell” Siswanto, Melinda “Meyden” Rohita.

Belletron Era sebagai juara pertama berhasil membawa pulang hadiah senilai US$ 2.084 atau Rp. 30.000.000. dari total Prize Pool senilai US$ 4.168 atau sekitar Rp. 60.000.000 yang didistribusikan kepada para pemenang lainnya.

Selain itu, Final MVP dari WSL Season 3 ini berhasil diraih oleh Isna “Valanyr” Machdita yang mendapatkan hadiah senilai U$ 2.789.

Apa Itu Woman Star League? #4 Woman Star League Season(2022)

 

WSL Season 4
Facebook: Woman Star League

Setelah sukses dengan pada tiga season sebelumnya, kalian pasti sudah tahu apa itu Woman Star League (WSL) season 4 yang diselenggarakan oleh 1011 Event. WSL Season 4 diikuti oleh delapan tim invited dan satu tim qualified.

Delapan tim invited terdiri dari Belletron Era, RRQ Mika, EVOS Lynx, Alter Ego Nyx, Morph Minerva, MBR Delphyne, GPX Basreng, ONIC Zenith dan satu tim qualified yakni Saints Spartan Vitery.

WSL Season 4 kembali dimenangkan oleh juara bertahan yaitu Bigetron Era yang sebelumnya bernama Belletron Era. Tim ini diisi oleh beberapa pemain yang turut bertanding di season sebelumnya, yakni Cindy “Cinny” Laurent Siswanto, Vivi “Vivian” Indrawati, Viorelle “Vival” Valencia, Isna “Valanyr” Machdita, dan Michelle “Chell” Siswanto.

Sedangkan, posisi runner-up di WSL Season 4 diduduki oleh GPX Basreng dan diikuti oleh Evos Lynx yang harus puas berada di posisi ketiga.

Nominal Prize Pool yang didistribusikan kepada peserta pada WSL Season 4 ini terbilang cukup fantastis yakni senilai US$ 8.700 atau sekitar Rp. 125.000.000 di mana Bigetron Era sebagai pemenang pertama berhasil membawa pulang hadiah senilai US $4.173 atau Rp 60.000.000.

Vivi “Vivian” Indrawati dari Bigetron Era juga berhasil menjadi Final MVP dan membawa pulang hadiah senilai U$ 1.394.

Apa Itu Woman Star League? #5 Woman Star League Season 5 (2022)

WSL Season 5
Instagram: Woman Star League

Bagi kalian yang sudah mengikuti WSL sejak awal, pasti sudah tahu apa itu Woman Star League (WSL) Season 5 yang diadakan baru-baru ini. Dalam WSL Season 5, terdapat regular season yang diadakan pada 1 Juli hingga 24 Juli 2022 dengan format turnamen Single Round Robin dengan sistem Bo3 di mana enam tim berhasil maju ke babak playoff.

Enam tim yang berhasil lolos ke babak playoff WSL Season 5 adalah RRQ Mika, Bigetron Era, GPX Basreng, EVOS Lynx, Alter Ego NYX, dan MBR Delphyne.

Total Prize Pool yang diperebutkan untuk WSL Season 5 kali ini senilai US$ 10.000 atau Rp. 150.000.000. Hasil akhir menentukan Bigetron Era resmi kembali menjadi juara pada WSL Season 5 dan berhasil menyandang gelar Ratu Woman Star League setelah berhasil mengalahkan RRQ Mika sebagai runner-up dengan skor akhir 4-0 dari sistem Bo7 atau Best of 7.

Sedangkan, posisi ketiga berhasil ditempati oleh MBR Esports Delphyne sebagai kuda hitam yang mampu membuktikan skill dan keahlian mereka pada babak grand final WSL Season 5.

Venny “Fumieko” Chain, Vivi “Vivian” Indrawati, Viorelle “Vival” Valencia, Michelle “Chell” Siswanto, Cindy “Cinny” Laurent Siswanto merupakan tim yang berhasil membawa Bigetron Era menjadi back to back champion di WSL Season 5.

Dua pro ladies dari Bigetron Era, yakni Viorelle “Vival” Valencia dan Cindy “Cinny” Laurent Siswanto juga mendapatkan penghargaan sebagai Regular Season MVP dan Final MVP.


Nah, itulah kilas balik dari turnamen Woman Star League mulai dari WSL Ignition dan Challenger serta WSL Season 1 sampai dengan Season 5. Semoga semakin banyak pro player MLBB wanita yang bisa mengikuti jejak kemenangan para juara turnamen Woman Star League ini, ya!