Apa Itu Woman Star League (WSL)?

2
147
woman star league
Woman Star League atau WSL merupakan pro scene esports khusus tim ladies.

Saat ini pro scene Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dimeriahkan dengan keberadaan tim ladies. Meski memiliki pro scene, ranah scene Mobile Legends untuk tim ladies masih terbatas karena tidak adanya liga khusus untuk perempuan yang diadakan secara resmi oleh Moonton.

Di Indonesia sendiri terdapat Woman Star League, salah satu turnamen untuk tim ladies Mobile Legends: Bang Bang di Indonesia. Turnamen ini menjadi turnamen perempuan dengan sistem liga satu-satunya yang hadir di Indonesia. Tim ladies dari berbagai tim esports besar pun mengikuti turnamen tersebut.

Woman Star League atau yang lebih dikenal sebagai WSL ini sukses besar dan memberikan banyak prestise untuk tim-tim yang bertanding dalam liga tersebut. Turnamen ini diadakan oleh Indonesia Gaming League (IGL), yang merupakan lembaga esports yang dibentuk tahun 2019.

WSL sendiri memiliki impian untuk dapat membawa tim ladies untuk tampil di ajang internasional. Kresna Sensei, salah satu pimpinan dan penanggung jawab WSL menjelaskan akan membuat turnamen WSL berskala internasional dan membuat sistem seperti MPL.

Bahkan sebelum adanya pandemi COVID-19 ini, WSL tidak hanya diperuntukkan Mobile Legends saja. WSL berencana membuat skema kompetisi untuk berbagai game esports lain seperti Free Fire, PUBG Mobile, sampai CS:GO.

WSL menjadi ajang bergengsi yang membuat tim ladies mampu menunjukkan kekuatan mereka sebagai pro player hebat. Selain itu, turnamen untuk perempuan membuat regenerasi pemain perempuan Mobile Legends semakin terlihat.

Women Star League (WSL) Ignition 2020

WSL Ignition 2020
Women Star League Ignition 2020 dimenangkan oleh Belletron Battle Angels.

WSL pertama kali mengadakan kompetisi online Mobile Legends: Bang Bang bertajuk WSL Ignition. WSL Ignition dadakan untuk memperkenalkan WSL kepada tim, media, pemain dan juga penggemar esports terkait keberadaan pro scene untuk perempuan.

Terdapat 24 tim yang mengikuti turnamen ini. Belletron Battle Angels berhasil mendapatkan gelar juara setelah mengalahkan Alter Ego Aphrodite, sebagai runner-up. Untuk peringkat ke-3 diisi oleh EVOS Ladies.

Skuad yang mengisi Belletron Battle Angels adalah Delvia “ASH” Ivana, Vanessa “PiXie Boba” Nicola, Jeanne “Venom” Sylvi, Kellie “GUMMY” Wen, Vivi “VIVIAN” Indrawaty, dan Susi “CHINOEII” Susanti. Juara pertama berhak mendapatkan hadiah 2,5 juta rupiah dan e-certificate.

Woman Star League (WSL) Challenger 2020

WSL MLBB
Women Star League Challenger diikuti oleh 16 tim esports ladies, dengan empat tim yang berhasil lolos untuk ke MSL Invitational.

Woman Star League (WSL) Challenger 2020 merupakan turnamen yang diperuntukkan untuk pemain ladies esports Mobile Legends: Bang Bang. Turnamen ini membawa empat tim yang lolos menjadi qualified team untuk bertanding dalam WSL Season 1 atau lebih dikenal dengan WSL Invitational.

Dengan total 16 tim yang mendaftar dan dibagi menjadi dua grup. Empat tim grup A berhasil lolos menuju semifinal, yakni Luna Nera Athena, Vermilion Rose, Louvre Angels, dan 7 Heaven Red Beryl. Sedangkan tim yang berhasil masuk dalam qualified teams yang akan berlaga dalam WSL Season 1 adalah NGID Aiko, Luna Nera Vixens, Vermilion Rose, dan 7 Heaven Emerald.

Woman Star League (WSL) Season 1 2020

WSL Season 1
Women Star League Invitational atau WSL Season 1 dimenangkan oleh EVOS Ladies.

Woman Star League (WSL) Season 1 diadakan pada 2020 lalu dan telah berlangsung tujuh minggu di babak regular. Turnamen ini menampilkan delapan tim ladies yang terdiri dari empat tim qualified dan tim invited.

Tim qualified diambil dari turnamen WSL Challenger yang berhasil masuk setelah berjuang penuh selama musim reguler. Tim yang berhasil masuk dalam klasemen adalah Alter Ego Aphrodite, EVOS Ladies, Belletron Battle Angels, dan Siren Moon sebagai invited team.

Untuk qualified teams ada NGID Aiko, Luna Nera Vixens, Vermilion Rose, dan 7 Heaven Emerald. Turnamen WSL Invitational ini menarik banyak penonton dan dalam pertandingan ini jumlah penonton live streaming mencapai satu juta penonton lebih.

Grup yang berhasil lolos dan masuk ke babak playoff adalah Belletron Battle Angels, EVOS Ladies, Siren Moon, dan tim esports dari babak reguler, Luna Nera Vixens. Babak playoff dimulai tanggal 7 November dan dilanjutkan pada 8 November sebagai babak final.

WSL Season 1 ini dimenangkan oleh EVOS Ladies dengan Siren Moon yang menduduki posisis runner-up. Pertandingan berjalan sangat seru karena babak sebelumnya Siren Moon sempat mengalahkan EVOS dengan skor 2-1.

Namun EVOS berhasil mengalahkan Siren Moon dengan skor 3-0. Sedangkan Belletron Angels sebagai juara 1 Female Esports League Mobile Legends 2020 hanya mampu menempati posisi 3 setelah dikalahkan EVOS pada lower bracket perebutan posisi final.

Tim EVO Ladies yang berlaga dalam turnamen tersebut adalah Jessica “Pica” Jeffrey, Violetta “Caramel” Aurelia, dan Fanny “Funi” Cynthia, Fajria “Violet” Noviana, dan Livia “Jenniee” Lemmuela. Winda “Earl” Lunardi absen dari laga tersebut karena ada permasalahan.

Woman Star League (WSL) Season 2 2021

WSL Season 2
Women Star League Season 2 kembali dimenangkan oleh EVOS Lynx dari EVOS Esports.

Selepas sukses menggelar Woman Star League Season 1, WSL kembali mengadakan WSL Season 2 pada 2021 bersama 1011 Event dan Indonesia Gaming League. Turnamen ini kembali diadakan karena berharap menarik atensi yang jauh lebih besar untuk pro player ladies di seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, turnamen ini bisa menjadi ajang potensial untuk mencari dan melahirkan bakat-bakat baru para gamer cewek di skema Mobile Legends: Bang Bang. Mengingat turnamen kemarin berhasil ditonton lebih dari 7 juta penonton dari total platform streaming, Indonesia Gaming League berharap skema ini bisa menjadi tumbuhnya ekosistem untuk gamer perempuan.

Penyelenggaraan ini dibagi menjadi beberapa fase, yakni fase kualifikasi, regular season, dan playoff. Fase kualifikasi diikuti oleh 32 tim yang diadakan pada 22-24 Januari 2021. Lalu, regular season diadakan pada 29 Januari 2021-14 Februari 2021, mempertandingkan 8 tim. Dilanjutkan babak playoff yang akan mempertandingkan 6 tim ladies terbaik selama 19-21 Februari 2021.

EVOS Lynx, Siren Moon, dan Belletron Era masuk secara otomatis pada babak reguler karena pada musim pertama berhasil meraih tiga besar. Tim yang berhasil masuk dalam babak playoff adalah EVOS Lynx, Belletron Era, Alter Ego NYX, Siren Moon, 7Heaven Aquamarine, dan 7Heaven Alexandrite.

Hasil pertandingan WSL Season 2, EVOS kembali mendapatkan gelar juara dengan skor 3-0 tanpa balas mengantarkan EVOS Lynx menjadi Back to Back Champion setelah mengalahkan Alter Ego NYX.

EVOS Lynx berhasil melaju ke grand final setelah mengalahkan Siren Moon pada upper bracket. EVOS Lynx diisi dalam turnamen ini diisi oleh Jessica “Pica” Jeffrey, Violetta “Caramel” Aurelia, Fanny “Funi” Cynthia, Livia “Jennie” Lemmuela, Fajria “Violet” Noviana, dan Winda “Earl” Lunardi.

Woman Star League (WSL) menjadi turnamen penting untuk tim ladies di Indonesia. WSL sendiri memberikan prestise tersendiri bagi para pro player perempuan yang berhasil mengikuti pertandingan tersebut. Turnamen esports juga menjadi kabar baik bagi gamers perempuan karena mendukung ekosistem esports yang lebih adil.

Saat ini, belum ada pro scene resmi tim ladies Mobile Legends: Bang Bang. Harapan ke depan, tidak hanya WSL saja yang menjadi satu-satunya turnamen besar. Melainkan ada turnamen resmi MLBB untuk perempuan agar mereka dapat ikut bersaing dalam skema kompetisi game Mobile Legends.

Media Partnership