Mengenal Apa Itu EDPI Calculator

0
209
Credit: 3D Aim Trainer
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Para gamers pasti paham kalau sensitivitas mouse sangat berpengaruh terhadap kenyamanan bermain game, terutama yang bergenrer FPS, seperti Valorant dan CS:GO. Oleh sebab itu, banyak gamers yang berusaha mencari tahu untuk mengoptimalkan performa bermain mereka dengan tool seperti EDPI Calculator.

Kalau mouse kamu memiliki tingkat sensitivitas yang tidak sesuai dengan game yang kamu mainkan, bisa jadi kamu akan kesal dan gagal menang gara-gara mouse yang lemot atau bahkan terlalu cepat sehingga sulit dikontrol.

Mengatur sensitivitas mouse adalah salah satu hal wajib yang dilakukan sebelum nge-game agar kamu bisa bermain dengan nyaman dan maksimal. Kamu bisa mengatur sensitivitas mouse dari game yang kamu mainkan maupun melalui pengaturan Windows.

Namun, terkadang hanya mengatur sensitivitas mouse saja masih tidak cukup. Meski kamu menggunakan pengaturan sensitivitas yang sama, mouse kamu akan bergerak dengan kecepatan berbeda tergantung pada ukuran layar monitor.

Oleh karena itu, selain sensitivitas mouse, kamu juga perlu mengetahui angka DPI untuk kamu gunakan di mouse kamu.

Apa itu DPI?

Valorant
Credit: Play Valorant

DPI merupakan singkatan dari dots per inch. Angka DPI menunjukkan berapa banyak dot (atau seperti pixel) yang dilalui setiap kali kamu menggerakkan mouse sejauh 1 inci (2,5 cm).

Atau bisa juga diartikan sebagai seberapa jauh kursor akan bergeser ketika kamu menggerakkan mouse sepanjang 1 inci. Misalnya, 1600 DPI berarti mouse kamu mampu bergerak sejauh 1600 dot setiap kamu menggerakkannya sejauh 1 inci.

Semakin rendah DPI, semakin rendah sensitivitas mouse. Sebaliknya, semakin tinggi DPI semakin tinggi pula sensitivitas mouse.

Rata-rata mouse masa kini memiliki DPI sampai 1600. Sementara mouse gaming bisa memiliki DPI yang lebih tinggi yaitu sampai 4000 atau lebih.

Mengubah setting DPI akan berpengaruh pada kinerja mouse pada game, browser, maupun desktop. Angka DPI yang paling tepat untuk digunakan juga bisa berbeda-beda tergantung pada banyak hal seperti game apa yang dimainkan dan lebar monitor.

DPI Vs. Sensitivitas

apa itu edpi

Sering kali orang tidak paham mengenai peran dan fungsi DPI yang sesungguhnya. Mereka berpikir kalau mengatur sensitivitas saja sudah cukup. Padahal meski terdengar mirip, sebenarnya DPI dan setting sensitivitas sangatlah berbeda.

DPI mengacu pada pengaturan hardware dan berkaitan erat dengan kemampuan fisik mouse. Sementara sensitivitas mengacu pada pengaturan software atau in-game setting.

Mouse berkualitas rendah dengan range DPI yang rendah tidak akan mampu mengakomodasi pengaturan sensitivitas tinggi. Pergerakan yang dihasilkan akan kasar, tidak akurat, dan sulit dikontrol.

Sementara mouse berkualitas tinggi dengan range DPI yang tinggi akan menghasilkan pergerakan yang smooth ketika dipasangkan dengan setting sensitivitas yang rendah.

Mouse dengan range DPI tinggi akan sangat cocok digunakan dengan monitor beresolusi tinggi. Sementara layar dengan resolusi rendah tidah membutuhkan mouse dengan DPI yang tinggi.

Berapakah angka DPI yang tepat?

apa itu edpi

Meski DPI tinggi memiliki banyak keuntungan, bukan berarti kamu harus mengatur DPI mouse kamu ke settingan tertinggi. Mengatur DPI ke settingan tertinggi bisa membuat mouse menjadi terlalu sensitif dan  sulit dikendalikan.

Akan tetapi, kalau pertanyaannya adalah apakah investasi mouse dengan range DPI tinggi penting? Maka jawabannya adalah iya. Dengan range DPI yang tinggi, kamu bisa mengatur DPI yang paling sesuai untuk game yang kamu mainkan.

Misalnya, untuk game bertipe first person shooter seperti Valorant dan CS:GO, kamu perlu sering melakukan zoom dan membidik target secara akurat dengan pergerakan yang kecil. Diperlukan pengaturan DPI yang tepat untuk game seperti ini.

Sementara kalau kamu memainkan game yang tidak membutuhkan tingkat akurasi tinggi, maka DPI tinggi bisa membuat mouse menjadi terlalu sensitif. Dengan memiliki mouse gaming, kamu bisa mengatur setting DPI dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Kamu juga tidak perlu termakan iklan mouse yang menawarkan angka DPI tinggi. Sering kali, angka DPI di atas 1600 tidak dibutuhkan. Biasanya gamer profesional mengatur angka DPI mouse mereka antara 400-1200. Setelah mengatur DPI, baru mereka mengatur sensitivitas mouse di game yang mereka mainkan.

Kesimpulannya, sebenarnya tidak ada angka DPI yang bisa dibilang sempurna atau paling efektif. DPI yang tepat sangat bergantung pada game yang kamu mainkan, resolusi layar, dan gaya bermain kamu. Pilihlah pengaturan yang paling nyaman untukmu.

Apa itu EDPI?

EDPI adalah kependekan dari effective dots per inch. EDPI digunakan untuk mengukur true sensitivities atau angka sensitivitas yang sebenarnya. Hal ini biasanya dilakukan oleh para gamer untuk membandingkan tingkat sensitivitas mouse mereka meskipun mereka memainkan game yang berbeda di perangkat yang berbeda.

EDPI dihitung dengan cara mengalikan angka DPI dengan pengaturan sensitivitas in-game. Selain dihitung manual, kamu juga bisa menghitung EDPI dengan menggunakan EDPI calculator.

Apa itu EDPI Calculator?

EDPI Calculator adalah tool yang bisa kamu gunakan untuk menghitung angka EDPI. Dengan menggunakan tool seperti EDPI Calculator, kamu akan mendapatkan angka EDPI yang akurat dengan mudah.

Tools ini bisa digunakan untuk berbagai game seperti CS:GO, Fortnite, Valorant, dan lain sebagainya.

Cara menggunakan EDPI Calculator untuk CS:GO

Untuk mendapatkan angka EDPI di game CS:GO, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka EDPI Calculator di tautan berikut: https://purecalculators.com/edpi-calculator
  2. Masukkan DPI mouse kamu di kolom DPI
  3. Masukkan angka sensitivitas di pengaturan in-game di kolom sensitivity. Kamu bisa menemukan angka sensitivity dan mengubahnya di setting CS:GO. Kamu juga bisa mengaturnya dengan mengetik “sensitivity” ke developer konsol CS:GO
  4. Kamu perlu menentukan CS:GO raw input. Ada dua pilihan yaitu 0 dan 1. 0 berarti off dan 1 berarti on. Kamu bisa mengubah pengaturan ini di CS:GO dengan mengetik “m_rawinput” 0 atau 1.
  5. Masukkan angka sensitivitas Windows. Kolom ini hanya bisa kamu isi kalau pengaturan m_rawinput mati atau 0. Sensitivitas Windows bisa kamu temukan dengan menekan tombol Windows + R dan ketikkan “main.cpl” Jalankan dan pilih angka sensitivitas dari tab pilihan.

EDPI Calculator

Setelah itu, kamu akan melihat angka EDPI yang tampil di bawahnya. Dengan mengetahui angka ini, kamu bisa mengukur dan menyesuaikan kembali pengaturan sampai kamu mendapatkan EDPI ideal untuk CS:GO.

Kita memahami kalau tidak ada standar ukuran DPI yang terbaik dan EDPI hanya berfungsi sebagai sarana perbandingan dengan gamer lain. Meski demikian, terdapat range EDPI yang dianggap ideal dan menjadi angka EDPI yang disarankan untuk kamu gunakan.

Sebagian besar gamer pro menggunakan setting low antara 300-1000. Untuk CS:GO, setting pro biasanya sekitar 400 DPI. Setting DPI tinggi antara 1000-3000 tidak disarankan untuk game tembak-menembak karena kamu akan kesulitan mengontrol akurasi.

Selain mengatur setting sensitivitas dan DPI, kamu juga perlu berinvestasi dengan membeli mouse gaming berkualitas dan memiliki desain ergonomis yang baik supaya kamu nyaman. Hal ini karena mouse berperan sebagai senjata yang kamu andalkan untuk memenangkan pertandingan.

Selanjutnya, kamu perlu mencoba-coba setting DPI yang paling tepat dan nyaman kamu gunakan untuk tiap game. Kamu juga perlu membiasakan diri dengan mouse dan kebutuhan game supaya kamu terbiasa dan bisa mengubah pengaturan DPI yang paling tepat kapanpun kamu butuhkan.

Media Partnership