Belletron Icy, Bigetron Esports Bentuk Tim Ladies untuk Wild Rift

0
512
Belletron Icy
Belletron Icy siap meramaikan kancah esports League of Legends: Wild Rift Indonesia.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Bigetron Esports kembali membentuk divisi ladies untuk game Wild Rift bernama Belletron Icy. Saat ini industri esports mengalami perkembangan. Industri gaming dan esports dikenal masih didominasi oleh pria. Dilansir dari Interpret, jumlah pro player perempuan di esports PC dan konsol hanya mencapai 35%.

Namun, saat ini jumlah penonton perempuan saat ini menunjukkan kenaikan. Faktor yang memungkinkan adalah populernya esports mobile dan perempuan lebih aktif dalam bermain game online (casual gaming).

Di Indonesia sendiri, sudah banyak organisasi esports yang membentuk divisi khusus perempuan seperti EVOS, RRQ, Bigetron, dan masih banyak lainnya.

Bigetron Esports sendiri membentuk Belletron yang menaungi divisi esports untuk perempuan. Perbedaan dari Belletron dan Bigetron sendiri berdasarkan porsi latihan yang diberikan. Belletron tidak memiliki waktu latihan tim seketat Bigetron.

Jadwalnya lebih fleksibel karena pemain-pemain di dalamnya masih sekolah atau kuliah. Meski memiliki porsi latihan lebih ringan, Belletron tetap berhasil meraih prestasi di berbagai cabang turnamen esports, seperti PUBGM dan Mobile Legends.

Profil Belletron Icy #1: Divisi Bigetron untuk Wild Rift

Belletron Icy
Belletron Icy

Divisi Wild Rift untuk ladies dari Bigetron Esports, yakni Belletron Icy resmi dibentuk pada tahun 7 Juni 2021 ini. Belletron Icy menjadi bagian dari Belletron setelah divisi PUBG Mobile dan Mobile Legends: Bang Bang. Tim ini akan diisi lima pro player ladies dengan berbagai role yang berbeda.

Kelima roster tersebut diperkenalkan lewat Instagram resmi @belletronesports. Kelima pemain tersebut memiliki role sebagai Jungler, Dragon Lane, Support, dan Baron Lane.

Keberadaan tim baru ini disambut hangat oleh penggemar dan pecinta game League of Legends: Wild Rift. Berikut ini adalah roster para atlet esports Belletron Icy:

Roster Belletron Icy: BTR Jesslyn (Mid)

BTR Jesslyn
BTR Jesslyn

BTR Jesslyn yang bernama lengkap Jesslyn Wulandari ini sudah dikenal sebagai pro player. Jika akrab dengan Arena of Valor (AOV), BTR Jesslyn adalah salah satu mantan pemain Arena of Valor. Sebelumnya ia memiliki pengalaman sebagai pro player Bigetron Esports di tahun 2018-2019.

Pada tahun 2019, ia pindah ke EVOS Esports. Nama Jesslyn juga sudah dikenal sebagai streamer di Nimo TV. Sejak tahun 2020 ia bekerja dengan Bigetron Esports sebagai Team Manager. Saat ini, selain menjadi pro player di Belletron Icy, ia memegang sebagai Talent Manager Bigetron Esports.

BTR Jesslyn memiliki prestasi di game Arena of Valor. Salah satunya berhasil menjuarai Princess Cup Arena of Valor 2018 saat bersama Belletron, setelah mengalahkan NXA Ladies di turnamen tersebut.

Saat bersama EVOS Esports, Jesslyn bergabung dengan EVOS Ladies divisi AOV dan berhasil mencatatkan prestasi bersama tim. EVOS Ladies berhasil menjuarai Female Esport League (FSL) Circuit AOV.

Sempat membela Hertz Emot yang merupakan divisi Arena of Valor dari Hertz Ladies, salah satu divisi yang dibentuk Hertz Esports. Bersama tim, ia berhasil meraih juara IGC Ladies 2020 dan Princess Cup Arena of Valor 3 2020.

Selain itu, BTR Jesslyn juga memiliki akun YouTube yang baru aktif dibuka pada 2020 dengan nama kanal Lynnoire. Di kanal tersebut ia aktif melakukan streaming game Wild Rift dan sesekali melakukan mabar dengan pemain lain.

Roster Belletron Icy: BTR Prynncess (Jungler)

BTR Prynncess
BTR Prynncess

Pemain bernama lengkap Fathika Bitamia ini merupakan mahasiswa kedokteran gigi di Universitas Gadjah Mada angkatan 2018. Saat ini aktif menjadi pro player di Bigetron Esports. BTR Prynncess pernah bergabung dengan Team Elvo Ladies divisi League of Legends: Wild Rift.

Roster Belletron Icy: BTR liv (Dragon lane)

BTR Liv
BTR Liv

Bernama lengkap Olivia Benita Wijaya, BTR liv merupakan youtuber gaming dan streamer yang beberapa game seperti Valorant dan League of Legends. Saat ini, ia sudah memiliki 2,14 ribu subscriber di kanal YouTubenya, Olivia Benita Wijaya. Sebelumnya ia merupakan roster yang tergabung dengan Team Elvo divisi LoL: Wild Rift.

Roster Belletron Icy: BTR cillaxx (Support)

BTR Cillaxx
BTR Cillaxx

Sama seperti BTR Jesslyn, BTR cillaxx yang bernama lengkap Jenifer Priscilla S. ini dulunya adalah pemain Arena of Valor. Dahulu sempat bergabung dengan tim GGWP dengan nama GGWP•Cillax dengan role Observer.

BTR cillaxx saat masih bermain AOV dikenal dengan kelihaiannya menggunakan hero TeeMee. TeeMee dikenal sebagai salah satu hero Observer yang sulit digunakan karena skill ultimate yang digunakan harus memanfaatkan timing yang pas.

Sebelumnya ia bergabung dengan tim Monochrome Aracelli, divisi LoL: Wild Rift untuk perempuan dari Monochrome Esports. Bersama tim ia berhasil meraih third runner-up dalam turnamen FSL Wild Rift Open 2021.

Roster Belletron Icy: BTR Vyra (Baron Lane)

BTR Vyra
BTR Vyra

Pemain bernama lengkap Silvia Aleeza ini memegang role sebagai Baron Lane. BTR Vyra sendiri terbilang merupakan pemain baru di kancah esports Indonesia. Ia sempat bermain bersama Luna Nera Esports, salah satu organisasi esports khusus perempuan.

Profil Belletron Icy #2: Mempersiapkan Diri Menyambut Turnamen Wild Rift

League of Legends: Wild Rift
League of Legends: Wild Rift cukup banyak dimainkan oleh pemain perempuan.

Wild Rift merupakan game dari Riot Games yang diciptakan untuk memenuhi janjinya kepada komunitas League of Legends. Game ini dirilis pada 2020 dan dirilis versi mobile bernama Wild Rift sebagai permainan bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Saat ini, banyak pemain LoL dari kalangan perempuan.

Riot Games melihat adanya potensi besar dari game League of Legends: Wild Rift. Dikabarkan Riot Games akan memberikan komitmen besar dan mengadakan turnamen esports global. Tentunya dengan keberadaan turnamen ini akan membantu para pemain LoL memperluas peluangnya, salah satunya untuk para pemain perempuan.

John Needham, Global Head of Esports dari Riot Games menjelaskan bahwa mereka berencana mengadakan event esports global pada kuartal keempat tahun 2021. Komitmen ini tentunya membuat komunitas LoL akan semakin besar.

Gebrakan ini patut diapresiasi mengingat game ini terhitung baru dan baru dirilis untuk wilayah Amerika Utara pada Maret 2021 lalu. Riot Games ingin membuat gebrakan pasar esports mobile. Wild Rift sudah melakukan penjajakan di Asia Tenggara sebagai salah satu pasar utama esports mobile.

Salah satunya adalah menjadikan Wild Rift sebagai salah satu cabang esports di SEA Games tahun mendatang. Pasar Asia Tenggara merupakan wilayah perkembangan Wild Rift paling masif. Namun Riot Games akan tetap mengembangkan game ini secara merata di seluruh dunia.

Belletron Icy
Belletron Icy melakukan pemotretan foto profil tim/sumber foto: Instagram @lambe_wildrift.

Fakta lainnya League of Legends: Wild Rift memiliki tingkat pemain perempuan yang cukup tinggi ketimbang game serupa untuk game PC. Hal ini dibuktikan lewat banyaknya organisasi esports di Asia Tenggara yang mendaftarkan skuad ladies untuk Wild Rift meski terhitung muda.

Untuk itulah, Belletron Icy dibentuk untuk menyambut berkembangnya ekosistem esports untuk perempuan. Salah satunya di cabang esports League of Legends: Wild Rift. Hal ini menunjukkan keseriusan Belletron untuk menjangkau pemain serta minat baru di game yang cukup berkembang di Indonesia ini.

Saat ini, belum ada prestasi yang berhasil diraih oleh Belletron Icy karena belum ada turnamen resmi dari Riot Games atau dari berbagai komunitas untuk game Wild Rift. Meski begitu, prestasi dari Belletron Icy akan selalu ditunggu penggemar game Wild Rift dan Bigetron Esports.

Media Partnership