BTR Lea, Sang Kapten Cerdas dari Belletron Ace

0
255
BTR Lea
BTR Lea menjadi pemain termuda saat pertama bergabung dengan Belletron Ace dan dipilih menjadi kapten tim.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Adanya turnamen PUBGM ladies di Indonesia telah melahirkan beberapa pemain perempuan yang eksis lewat prestasi dan kemampuannya. Salah satu pro player ladies yang memiliki kemampuan hebat dan diakui dalam esports profesional adalah BTR Lea.

Bagi penggemar PUBGM, Bigetron Esports merupakan salah satu tim esports yang memiliki tim divisi PUBGM yang kuat di Indonesia. Belletron Ace dan Bigetron RA menjadi dua nama tim yang berbeda tetapi mereka memiliki kelebihan masing-masing. Belletron Ace adalah divisi PUBGM untuk ladies dengan BTR Lea sebagai kapten tim

BTR Lea dianggap sebagai pemain PUBGM ladies yang hebat baik dari segi skill dan manajemen tim. Ia mampu mengatur dan mengarahkan timnya selama pertandingan. Sikapnya tegas dan pendirian untuk membuat keputusan itulah yang membuatnya layak diangkat sebagai kapten tim.

Meski usianya masih sangat muda, tidak membuatnya dipandang sebelah mata di dalam tim oleh para pemain lainnya. Dengan lead dan kepemimpinan Lea yang baik berhasil membuat Belletron Ace menjuarai berbagai turnamen PUBGM ladies. Pemain bernama lengkap Liona Lee Putri ini juga memiliki kemampuan bermain yang tidak kalah dari para pemain pria.

Lea menjadi pemain Belletron Ace pada 2019 setelah dibentuk pada bulan Januari 2019. Meski sempat berganti-ganti roster, Belletron tetap mempertahankannya sebagai pemain dan menjadikannya sebagai kapten. Bersama Belletron Ace, BTR Lea bersama rekan-rekan setimnya mencatat prestasi baik perempuan dalam kancah esports Indonesia.

Profil BTR Lea #1: Tidak Kalah dari Turnamen Pria

BTR Lea
BTR Lea percaya diri mampu menjadi kapten PUBGM ladies terbaik.

Di bawah kepemimpinan BTR Lea sebagai kapten, Belletron Ace berhasil mendapatkan juara pada kejuaraan PUBG Mobile National Championship (PINC 2019) Ladies Tournament yang diselenggarakan pada Juli 2019.

Pada tahun 2020, mereka berhasil memenangkan trofi juara turnamen Dunia Games League 2020 Ladies Tournament. Sayangnya pada PMPL Indonesia Ladies Tournament, Belletron Ace hanya berhasil menjadi runner-up setelah kalah dari Aerowolf Ladies.

Dilansir dari Esports ID, BTR Lea berpendapat bahwa persaingan PUBGM ladies di Indonesia cukup ketat dan tidak bisa dianggap remeh jika dibandingkan dengan PUBGM pria.

Lea menjelaskan bahwa mereka juga berjuang untuk menjadi yang terbaik di ranah PUBGM Ladies. Meski pada PUBGM Mobile Pro League Indonesia 2020, sudah terdapat nama pemain perempuan yang masuk di dalamnya.

Mereka adalah ShaSha dari The Pillars Slayer, Fepar dari Nara Esports, dan BTR Alice dari Bigetron RA. BTR Lea sendiri mengaku tidak memiliki ambisi untuk pindah ke PMPL seandainya ia diajak bergabung ke tim pria.

“Aku nggak mau ada di antara mereka (berada di PMPL), alasannya simpel, karena tujuanku untuk menjadi kapten ladies terbaik di Indonesia,” ungkap Lea, dikutip dari Esports ID.

Hal tersebut menjadi motivasi bagi BTR Lea untuk terus maju dalam PUBGM ladies.

Profil BTR Lea #2: Perjalanan Karier BTR Lea

BTR Lea
BTR Lea bergabung dengan komunitas sebelum masuk ke Bigetron.

BTR Lea sudah tertarik dengan dunia game sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Ia menggemari game Super Mario Bros saat masih SD. Ia mengaku sering bermain Mobile Legends bersama teman-temannya saat duduk di bangku SMA. Namun ia berhenti sejenak bermain game saat kelas 12 SMA karena ingin fokus menghadapi UN.

Selepas dari SMA, Lea memutuskan untuk lanjut bermain game yang saat itu sedang hype, yakni PUBGM. Ia tertarik dengan game tersebut karena game tersebut baru rilis dan populer. Setelah mengetahui cara bermain dan gameplay dari PUBGM, ia mulai bergabung dengan komunitas PUBGM.

Ia bergabung dengan komunitas yang cukup baik karena sempat bermain di dalam turnamen dan menjuarai empat PINC di Indonesia. Selain itu, dengan bergabung bersama komunitas, ia mendapatkan banyak dukungan untuk mengikuti kompetisi seleksi Bigetron Esports yang membutuhkan pemain perempuan untuk divisi PUBGM khusus ladies.

Banyaknya dukungan yang didapatkannya, lantas ia mendaftarkan diri dan tidak mau mengecewakan orang-orang yang telah mendukungnya. Ia mengikuti seleksi yang dibagi menjadi dua, yakni solo dan duo. Lea benar-benar membuktikan dirinya bahwa ia layak diperhitungkan untuk menjadi salah satu calon pemain Belletron.

Belletron Ace
Belletron Ace menjadi salah satu tim PUBGM ladies terbaik di Indonesia.

Meski ia tidak yakin dirinya akan lolos seleksi karena seleksi itu diikuti ratusan orang, ia tetap mendapatkan banyak kill dan chicken. Setelah seleksi, pihak Bigetron Esports sudah mendapatkan nama pemain. Sayangnya tidak ada nama Lea di daftar pemain yang terpilih.

Lea sempat putus asa dan ragu akan diterima dengan sisa satu slot untuk recruitment dari Bigetron Esports. Namun, Koh Pin, salah satu orang penting di Bigetron mengajaknya untuk bermain bersama. Kesempatan emas tersebut tidak dilewatkannya, ia langsung menunjukkan kemampuannya dengan mendapatkan chicken berkali-kali.

Melihat skill Lea yang di atas rata-rata saat bermain bersama, Koh Pin menawarkan slot terakir Belletron kepada Lea. Tentu Lea kaget mendengar kesempatan tesebut. Ia sempat tidak percaya ia menjadi pemain terakhir yang dipilih mengisi daftar pemain Belletron.

Akhirnya ia menjadi kapten tim yang mampu membawa tim menjuarai beberapa turnamen PUBGM ladies yang bergengsi di Indonesia.

Profil BTR Lea #3: Pensiun dari Scene Kompetitif PUBGM

Bigetron Lea
BTR Lea memutuskan untuk pensiun dari kancah kompetitif PUBGM.

Di tengah kesibukannya sebagai pro player PUBGM, BTR Lea tidak pernah lepas fokus untuk tetap mengenyam pendidikan. Saat ini ia merupakan mahasiswa di Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Akuntansi. Di kampusnya, ia juga mengikuti PUBGM Campus Championship mewakili IPB.

Ternyata tidak hanya menjalani kehidupan sekolah, ia juga aktif menjadi konten kreator YouTube atau Youtuber. Di kanal YouTube miliknya, BTR Lea aktif membahas tentang game PUBGM dan memainkan game seru lainnya seperti Fall Guy dan Among Us. Kanal YouTubenya, Lea Lee, saat ini sudah memiliki 268 subscriber.

Di tengah kariernya yang menanjak, pemain kelahiran 24 Desember 2001 sempat menyatakan keinginannya untuk pensiun dari skena PUBGM. Ia menyatakan perpisahan dengan Belletron Ace lewat akun instagramnya. Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada tim dan manajemennya.

BTR Lea memberikan semangat kepada BTR Kyra yang akan menjadi kapten baru Belletron Ace. Pada wawancara eksklusif dari Planet Esports, BTR Lea sebetulnya telah mengungkapkan keinginannya untuk pensiun. Namun, ia tidak bisa menjelaskan lebih jauh alasannya untuk memutuskan pensiun dari Belletron Ace.

Penggemar masih mengira bahwa BTR Lea bisa saja berubah pikiran setelah pensiun untuk kembali berkompetisi. Mengingat banyak pemain yang sudah pensiun, tetapi akhirnya kembali lagi untuk bermain dan berpindah tim. Namun, hingga saat ini, BTR Lea sudah tidak masuk dalam line-up Belletron Ace untuk turnamen PUBG Mobile National Championship (PMNC) 2021.

Meski begitu, para penggemar masih mendukungnya mengingat ia merupakan pemain angkatan pertama Belletron Ace yang memiliki peran krusial dalam perkembangan Belletron Ace. Ia sudah mencetak banyak prestasi untuk Bigetron Esports dan Belletron Ace. Dengan usianya yang muda, ia sudah menjadi kapten.

Media Partnership