Profil Caster Pak Pulung: Tekuni Hobi Shoutcasting Esports sejak 2018

533
profil caster pak pulung

Para gamers mungkin sudah tidak asing lagi mendengar nama ini. Iya inilah profil caster Pak Pulung yang sekarang ini lagi nge-hits abis karena aksinya di ajang esports Mobile Legends.

Seorang caster diharapkan mampu membawa irama tersendiri di setiap ajang kompetisi yang dia bawakan. Peran seorang komentator sangat berpengaruh terhadap aura pertandingan di mana setiap tim akan berhadapan dengan tim lainnya. Begitu pun yang dirasakan para penonton, yang ikut hanyut terbawa suasana seru dan panas yang mampu dibangkitkan oleh seorang caster ternama.

Pada awalnya Pak Pulung tidak menyadari kepiawaiannya berceloteh mengomentari adu esports yang ia bawakan. Hingga lambat laun baik para penonton esports pun merasa nyaman dengan kehadiran caster satu ini yang mampu menghidupkan suasana dan membuat semangat kompetitif pertandingan semakin seru.

Profil Caster Pak Pulung #1 Biodata

profil pak pulung
Sumber: Instagram @pakpulung

Pak Pulung yang memiliki nama asli Ferry Ferdiansyah tadinya adalah seorang mahasiswa yang tidak terlalu cemerlang dalam urusan akademik. Namun ada satu keistimewaan dari seorang pemuda asal Riau ini, yaitu keseriusannya dalam menjalankan suatu aktivitas apabila dia sudah memulainya.

Hal ini dapat dilihat dari karya-karyanya dalam dunia esports. Hampir di setiap platform media sosialnya, Pak Pulung ini selalu konsisten menginformasikan berita tentang esports dan berbagai event penyertanya.

Yuk kita langsung aja cek biodata profil caster Pak Pulung.

Biodata Pak Pulung

  • Nama lengkap: Ferry Ferdiansyah
  • Nama panggung: Pak Pulung
  • Asal : Tembilahan, Provinsi Riau
  • Tanggal lahir: 5 Desember 1989
  • Agama : Islam
  • Instagram: @pakpulung

Profil Caster Pak Pulung #2 Anak Manja Yang Hijrah Ke Jakarta

profil pak pulung
Sumber: Instagram @pakpulung

Berasal dari Tembilahan, Provinsi Riau tidaklah menjadikan seorang Ferry nyaman menempuh pendidikan tingginya di sana. Dia sempat mengabaikan kewajibannya sebagai seorang mahasiswa dan mendapat hasil buruk di bangku kuliah.

Namun karena rasa tanggung jawab yang besar pada orang tuanya yang telah memberikan berbagai fasilitas, Ferry pun tak enak hati jika harus berpangku tangan dan “hanya” bermain di warnet saja.

Dengan tekad yang cukup kuat, Ferry meninggalkan tanah kelahirannya menuju Ibu Kota Jakarta mencari penghidupan yang lebih baik. Bukan hal yang mudah ternyata mengadu nasib di kota metropolitan ini. Ada banyak halangan dan rintangan yang dihadapinya apalagi sewaktu awal-awal beradaptasi dengan lingkungan kota.

Berbagai jenis pekerjaan pernah dia lakoni untuk sekedar mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan hidup. Ferry pernah menjalani profesi sebagai penjaga distro, waitres di sebuah kafe, penjaga toko, penjaga wahana permainan anak seperti Kidzania, dan juga sebagai housekeeping pernah dia rasakan.

Tak berhenti di situ, Ferry juga pernah mendalami dunia komedi dengan bergabung di sebuah komunitas komedian untuk menjajal kemampuannya mengeksplor prestasi.

Profil Caster Pak Pulung #3 Awal Mula Menjadi Caster

profil caster pak pulung
Sumber: Instagram @pakpulung

Tadinya Ferry atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Pak Pulung memulai karirnya di bidang nge-host pada suatu kesempatan saat masih di GameHub Expo 2018 yang lalu.

Dengan modal iseng, Pak Pulung mencoba peruntungan mengawal jalannya pertandingan tersebut. Profil Caster Pak Pulung ini selain menggawangi Mobile Legends seperti saat sekarang, pun pernah menjadi caster dalam permainan PUBG Mobile.

Hingga kini profil Caster Pak Pulung sudah begitu rama dibicarakan orang sebagai seorang shoutcaster ternama yang masuk dalam jajaran para caster pro lainnya.

Ia hadir untuk membumbui salah satu permainan mobile esports yang super kompetitif sekelas MSC 2021, kemudian menjadi leader handal pada ajang kompetisi EVOS Legends ID versus EXE Filipina di tahun yang sama.

Momentum yang paling tinggi Pak Pulung raih adalah saat beraksi dalam kancah Mobile Legends: Bang Bang di mana dia dinobatkan sebagai shoutcaster utama dalam MPL ID Season 5.

Profil Caster Pak Pulung #4 Pernah Mendapat Dislike 28k di PCMO

profil caster pak pulung
Sumber: Instagram @pakpulung

Walaupun Pak Pulung sering membawakan berbagai pertandingan esports, namun tetap saja dia pernah merasakan hal yang tidak menyenangkan dalam meniti karirnya sebagai seorang caster.

Hal ini dialaminya saat suatu ketika mendapat panggilan dari pihak PCMO untuk menggantikan posisi Bro Pasta yang menjelang final tidak dapat menjalani laga. Oleh sebab itu, Pak Pulung diminta untuk menjadi shoutcaster atau semacam sopir tembak menggantikan peran utama.

Ceritanya, pada saat sering mengisi acara esports PUBG, ada panggilan dari PMCO SEA untuk acara esok harinya menggantikan Bro Pasta. Kaget, karena ajang tersebut telah berlangsung sekitar sebulan lebih dan esok harinya adalah laga final.

Pak Pulung akhirnya menyetujui untuk mengisi acara tersebut. Namun tak disangka begitu dia membawakan acara, spontan ribuan dislike memenuhi chatroom box.

Bukan karena Pak Pulung yang tidak bisa membawakan acaranya. Namun karena selama sebulan lebih permainan berjalan selalu dipandu oleh Bro Pasta. Dan tiba-tiba saat acara puncak, malah digantikan oleh orang lain yaitu Pak Pulung ini.

Ekspektasi para penonton yang mengharapkan kehadiran Bro Pasta pun pecah, hingga sebaik apapun Pak Pulung mencoba membawakan host final tetap mendapat komen buruk. Namun hal itu tidak menjadikannya patah semangat.

Justru hal tersebut dijadikan pelajaran untuk bisa semakin baik dan lancar lagi mengisi setiap acara di berbagai kesempatan yang berbeda.

Profil Caster Pak Pulung #5 Hobi Yang Menghasilan Cuan

profil caster pak pulung
Sumber: Instagram @pakpulung

Selain sebagai caster profesional yang kini Pak Pulung jalani, dia juga memilik hobi lain yang cukup produktif. Hobi lain yang juga berpeluang menambah pundi-pundi dollarnya, antara lain channel YouTube yang selalu aktif meluncurkan aktivitas-aktivitas game online.

Ada juga platform Spotify yang ia pakai untuk mengudarakan acara Podcast yang bertajuk Pulangcast, sebuah singkatan dari Pulung Lanchip Gaming Podcast.

Selain itu, Pak Pulung juga ternyata gemar main Tik Tok. Di waktu senggangnya, caster muda ini kerapkali membagikan aktivitas dan videonya bermain ala-ala.

Melihat profil caster Pak Pulung yang beragam kesibukan dan prestasi, ada satu hal yang bisa kita ambil pelajaran. Kegigihan, keuletan, dan semangat tidak pantang menyerah bisa membuat orang mencapai mimpinya.

Seperti halnya Pak Pulung yang hampir tidak percaya bahwa di tengah kegagalannya dalam menempuh studi di perguruan tinggi. Namun siapa sangka akhirnya berlabuh di dunia entertainment sebagai shoutcaster ternama hingga namanya viral berkat jargon-jargonya yang attractive dan up to date.

Meskipun pada awalnya dia tidak percaya diri karena merasa apa yang diucapkannya terasa garing dan tidak relate dengan kondisi. Namun celotehannya yang sesekali cukup membawa angin segar di dunia esports yang penuh dengan persaingan yang ketat.

Kepiawaiannya membawakan acara dengan penuh joke memang menjadi ciri khasnya yang bisa jadi tidak dimiliki oleh para caster lain. Boleh jadi apa yang kamu miliki tidak dimiliki oleh orang lain.

Jadi tidak perlu kecil hati jika saat ini kamu belum mendapat apa yang menjadi mimpimu. Teruslah asah potensi dirimu karena mungkin saja bakat terpendam yang ada dalam dirimu belum keluar secara maksimal. Profil caster Pak Pulung patut dijadikan pembelajaran bukan?