Apa Itu Caster (Shoutcaster) Esports?

1
2

Seorang shoutcaster, atau yang disingkat caster, memiliki peranan penting dalam suatu pertandingan esports. Kehadirannya akan membuat jalannya pertandingan lebih seru dan bisa mencairkan suasana yang tegang.

Industri esports yang semakin berkembang membuat profesi sebagai caster mulai diperhitungkan. Tak sedikit orang yang tertarik untuk menjalani profesi ini. Sebut saja beberapa nama caster populer tanah air, seperti Clara Mongstar, Velajave, dan masih ada banyak lagi.

Dalam menjalani pekerjaannya, shoutcaster esports harus memiliki kelancaran dan kejelasan dalam berbicara. Karena apapun kata yang diucapkan, harus bisa terdengar baik oleh para penonton.

Seorang shoutcaster juga sebaiknya memahami hingga mendetil mengenai mekanisme gim yang sedang dipertandingkan. Tidak lupa juga untuk turut membiasakan diri dengan nama-nama pemain profesional sehingga bisa menjelaskan jalannya pertandingan dengan baik.

Apa Itu Caster?

Apa Itu Shoutcaster

Shoutcaster merupakan seseorang yang berperan sebagai komentator dalam sebuah pertandingan esports. Seperti layaknya pertandingan olahraga lain, sosok shoutcaster ini akan menganalisa, mengomentari sehingga pertandingan menjadi lebih menarik untuk ditonton.

Banyak alasan mengapa kehadiran shoutcaster ini selalu dibutuhkan dalam setiap pertandingan. Seperti yang kita ketahui, para pemain esports tidak akan berbicara banyak selama bertanding.

Sehingga jika tidak ada sosok shoutcaster, suasananya benar-benar akan sepi. Meski terkadang, ada yang menganggap berisik karena terkadang suaranya memang terlalu keras.

Tidak semua orang bisa menjalankan peran ini dengan baik. Seorang shoutcaster yang baik pasti memiliki kemmapuan berbicara yang lugas, pemahaman mengenai gim yang baik hingga konsisten memandu pertandingan.

Shoutcaster juga harus tanggap saat adanya momen-momen seru dalam pertandingan. Ini menjadi salah satu cara agar para pemain dan juga penonton terbawa ke dalam suasana pertandingan.

Selain itu juga mereka juga harus mengenali para pemain, tim esports yang bertanding, hingga track record semua baik pemain maupun tim.

Peran shoutcaster tidak hanya sebatas komentator saja, melainkan juga bisa menghibur para penonton. Tak jarang, akan ada candaan-candaan yang akan membuat suasana pertandingan lebih seru lagi. Selain harus cerdas dalam memahami sebuah pertandingan esports, juga perlu memiliki jiwa entertainment.

Modal Utama Menjadi Shoutcaster

Modal Menjadi Caster

Jika ingin menjadi seorang shoutcaster, setidaknya ada 4 modal yang harus dikuasai. Dengan modal ini akan membuat shoutcaster lebih menikmati pekerjaan dan juga menjalankan perannya dengan baik.

Percaya Diri

Sangat tidak mudah untuk berbicara di depan banyak orang bagi yang belum terbiasa. Maka dari itu, dengan kepercayaan diri ini akan membantu untuk yakin mengambil resiko untuk malu, dicemooh, ataupun salah.

Tidak ada shoutcaster yang langsung jago dalam menjalankan peran ini pada awal karirnya. Seorang shoutcaster dituntut untuk bisa percaya diri saat berbicara di depan banyak orang ataupun kamera.

Kemampuan Berbicara dengan Lugas

Kemampuan berbicara yang lugas ini berkaitan juga dengan rasa percaya diri. Shoutcaster yang sudah memiliki kepercayaan diri yang tinggi, akan lebih mudah saat berbicara di depan banyak orang. Kemampuan ini bisa dimiliki dari pengalaman, orang yang sering tampil di depan publik akan jauh lebih mudah menjalani profesi ini.

Paham dengan Gim, Pemain dan Juga Tim Esports

Sebelum menjadi shoutcaster, akan lebih baik untuk memahami dulu informasi mengenai gim, pemain ataupun tim esports. Ini akan sangat membantu nantinya pada saat membawakan sebuah pertantingan. Sehingga nantinya bisa menjelaskan siapa dan apa yang terjadi dalam pertandingan.

Memiliki Jiwa Entertaiment

Selain memiliki peran sebagai komentator atau analis pertandingan esports. Shoutcaster juga harus bisa menghibur para penonton yang menonton pertandingan. Untuk itu, jiwa entertaiment ini menjadi salah satu modal yang perlu dimiliki jika ingin menjadi caster.

Memulai Karir Sebagai Caster

Memulai Menjadi Caster

Shoutcaster termasuk ke dalam jenis pekerja hiburan, sehingga siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk menjalani profesi ini. Beberapa caster terkenal di Indonesia awalnya tidak memiliki basic dalam industri ini.

Hal ini bukan berarti mudah untuk memulai karir sebagai caster. Untuk memulainya, bisa dengan berbagai cara, seperti awalnya hanya coba-coba, atau ditawari oleh teman. Ataupun langsung menawarkan diri untuk menjadi caster di berbagai acara atau turnamen esports yang umumnya berskala kecil.

Cara lain adalah dengan memanfaatkan teknologi seperti YouTube. Dengan bermodal video sebuah pertandingan, kemudian dikomentari lalu diunggah ke platform berbagi video ini. Video yang diunggah bisa disaksikan banyak orang.

Sangat beruntung jika penontonnya merupakan seseorang yang sering terlibat dalam penyelengaraan turnamen. Bukan tidak mungkin, berkat video ini akan menjadi jalan untuk menjadi seorang caster.

Menjalani karir sebagai pekerja hiburan, erat kaitannya dengan penonton. Jika bisa membuat penonton suka, karir seorang caster bisa langsung melejit dalam kurun waktu yang singkat.

Sebaliknya, jika pembawaannya justru memancing kekesalan dari penonton, karir seorang shoutcaster bukan tidak mungkin akan hancur karena tidak dipakai lagi. Untuk itu, attitude dan personallity harus dijaga dengan baik bagi seorang shoutcaster.

Peluang Serta Gaji yang Dapat Diperoleh

Penghasilan Shoutcaster

Peluang berkarir sebagai shoutcaster masih terbuka sangat lebar. Apalagi di Indonesia, industri esports masih dalam tahap berkembang. Ke depannya, esports diyakini akan menjadi industri besar yang melibatkan banyak orang, termasuk caster.

Secara perlahan, esports sudah merambah sampai ke daerah-daerah. Sudah banyak turnamen yang diselenggarakan meskipun masih bertaraf daerah. Namun ini menjadi angin segar bagi siapapun yang ingin menjadi shoutcaster. Turnamen-turnamen esports daerah ini bisa menjadi batu loncatan untuk berkarir di tingkat yang lebih tinggi.

Mengenai gaji shoutcaster, tentu harus berbicara pahit manis profesi ini. Anggapan gaji yang diterima shoutcaster sangat besar itu tidak selamanya benar. Beberapa caster terkenal di Indonesia pernah mengalami pahitnya menjalani profesi ini.

Seperti Wawa Mania yang merupakan caster senior Indonesia yang awalnya hanya menerima gaji Rp 100 ribu untuk event selama dua hari. Kemudian ada mas Gerry Eka yang hanya dibayar Rp 150 ribu untuk memandu acara selama lima jam. Dan masih banyak caster lain yang pernah mendapatkan bayaran rendah, tapi sekarang mereka menikmati manisnya setelah menjadi caster terkenal.

Saat ini, caster-caster yang memandu turnamen-turnamen besar bisa mendapatkan bayaran hingga Rp 1,5 juta per hari. Besaran gaji ini tentu tidak bisa disamaratakan. Bisa saja ada caster yang mendapatkan bayaran lebih tinggi ataupun rendah.

Bayaran berbeda akan didapatka oleh caster yang tergabung dalam talent management. Biasanya mereka akan mendapatkan bayaran bulanan, sehingga lebih terjamin.

Cerita Singkat Perjalanan Caster Terkenal

Shoutcaster Paling Terkenal

Indonesia memiliki banyak caster-caster esports yang punya kemampuan luar biasa. Mereka bisa membuat sebuah pertandingan menjadi lebih seru dengan ciri khas pembawaannya masing-masing. Mochammad Ryan atau yang biasa disapa KB ini, menjadi salah satu caster terkenal di Indonesia.

Mochammad “KB” Ryan, sosok caster ini tidak asing lagi bagi para penggemar esports di Indonesia. Ia menjadi salah satu caster yang memiliki latar belakang gamer. Ketertarikannya dalam bidang shoutcasting bermula ketika ia menonton live streaming pertandingan esports, dan dalam setiap pertandingan, ia tidak menjumpai sosok caster yang memandu pertandingan.

Sampai akhirnya ia bergabung dengan berbagai komunitas, ia akhirnya bertemu dengan caster-caster lain yang sudah terlebih dahulu terjun ke profesi ini. Banyak orang yang melihat ada bakat shoutcasting pada diri KB, hingga ia ditawari untuk mencoba nge-cast. Sampai akhirnya, ia menjadi seperti sekarang yang dikenal dengan banyak orang.

Selain KB, ada caster lain yang juga tidak kalah terkenal seperi Ranger Emas. Profesi caster saat ini masih cukup menjanjikan untuk dijadikan pilihan karir di esports. Siapapun masih punya kesempatan untuk meraih impian menjadi seorang shoutcaster. Posisi ini akan menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati beberapa tahun ke depan.

1 COMMENT

Comments are closed.