Ranger Emas: Mantan Supir yang Sukses Menjadi Caster Esports

0
117
Fauzi Ranger Emas

Di setiap turnamen esports, rasanya bakal ada yang kurang jika tidak ada kehadiran seorang caster. Peran caster ini begitu penting untuk membuat suasana turnamen lebih meriah dan juga emosional. Ekosistem esports Indonesia sendiri sudah melahirkan cukup banyak talent caster ini. Salah satunya adalah Ranger Emas!

Ranger Emas tentu sudah punya pamor yang lebih dari cukup di dunia esports tanah air. Ia sudah sering tampil dalam beberapa turnamen esports dan pantas diakui telah sukses menjadi caster.

Caster esports sendiri merupakan seorang komentator dalam turnamen esports. Tugasnya adalah mengomentari apapun yang terjadi selama permainan. Ranger Emas punya banyak kelebihan dalam perannya menjadi caster. Ia bisa membuat setiap permainan menjadi lebih seru dan para player dan penonton pun akan terbawa suasana permainan.

Mengenal Sosok Ranger Emas

Ranger Emas

Fauzi Anskar atau yang biasa dikenal dengan Ranger Emas merupakan seorang caster Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Dalam dua tahun terakhir, dimana perkembangan esports kian meningkat, ia resmi berkarir di esports sebagai seorang caster.

Ketika sedang menjalankan pekerjaannya ini, ia dikenal sebagai sosok yang ceria. Kemampuannnya membuat penonton terbawa suasana pertandingan esports tidak perlu diragukan lagi.

Perjalanan menjadi seorang caster yang sukses seperti sekarang tentu tidak mudah. Ranger Emas yang juga sering disapa Oji ini sempat kurang pede ketika menjalani pekerjaan ini.

Sejak awal ia memang tidak memiliki basic di dunia gim atau bahkan esports itu sendiri sehingga perjalanannya tidak semulus caster-caster lain yang memang berasal dari kalangan gamers.

Gagal Masuk Akademi Militer dan Polisi Serta Pernah Menjadi Supir

Fauzi Anskar

Banyak kisah yang mewarnai perjalanan karir Ranger Emas. Ia bukan berasal dari keluarga terpandang, melainkan dari keluarga sederhana yang sempat kesulitan finansial. Karena alasan tersebut, ia pernah bercita-cita untuk masuk ke akademi militer atau kepolisian.

Ia menganggap bahwa cara ini akan bisa membantu keluarga untuk menjalani kehidupan gratis. Tapi sayangnya, untuk masuk akademi ini bukanlah hal yang mudah.

Keinginannya untuk hidup dibiayai negara ternyata tidak sesuai harapan. Bagaimanapun juga, untuk bisa masuk akademi militer atau kepolisian butuh biaya yang tidak sedikit. Hal itu membuatnya gagal sampai beberapa tahun.

Ia menghabiskan waktu sampai dengan 2,5 tahun untuk berjuang masuk dengan mengikuti berbagai tes. Banyaknya tes yang pernah ia jalani tidak membuatnya mudah untuk masuk akademi yang menjadi impiannya itu.

Sebelum kisah perjuangannya masuk ke akademi militer, Ranger Emas masih punya cerita inspiratif. Dirinya pernah menjadi supir ketika lulus dari SMA. Ini menjadi sekelumit kisah dari Ranger Emas sebelum sukses menjadi caster.

Awal Mula Oji Menjadi Caster Esports

sukses jadi caster

Perjalananya terjun ke dunia caster ternyata terjadi dengan tidak direncanakan. Pada waktu itu, ia sedang mengantar sate ke RevivalTV. Kemudian ia melihat di sana sedang ada semacam acara kualifikasi MPL (Mobile Legends Professional League) ID untuk Season 1.

Babak kualifikasi cukup lumrah ditemukan dalam dunia esports ataupun mobile esports. Akan ada babak kualifikasi dahulu sebelum masuk ke babak selanjutnya. Pada waktu itu, ada beberapa caster yang sedang bertugas mulai dari KB, Chainsmo dan yang lainnya.

Pada momen inilah, ia diberi kesempatan untuk mencoba menjadi seorang caster. Bukan hal yang mudah untuk menjadi caster pada waktu itu. Apalagi sebelumnya memang sudah banyak caster-caster yang dikenal publik.

Hujatan demi hujatan dari banyak orang terus ia dapatkan. Meskipun pada waktu itu, ia hanya punya kesempatan menjadi caster di Dunia Games. Ia sempat minder dengan caster lain, karena mereka punya gaya bicara yang lebih bagus dibanding dirinya.

Menjadi caster pemula, ia mengakui bahwa cara berbicaranya masih belum bagus. Bahkan sampai disuruh untuk meniru caster lain yang sudah lebih berpengalaman. Sempat mencoba saran itu, ia tidak berhasil.

Penilaian jelek terus ia dapatkan berulang kali. Penampilannya sebagai seorang caster yang tidak memuaskan membuat banyak hujatan ia dapatkan. Hujatan-hujatan ini datang dari mereka yang sering menonton performanya di turnamen esports yang ia pandu.

Sebelum sepopuler sekarang ini, Fauzi Anskar bahkan pernah menjadi bahan cacian netizen. Awal karir yang sangat tidak mengenakkan baginya. Ia mengaku pernah ada hujatan yang datang dari 70 ribu orang ketika ia melakukan live streaming.

Namun berkat mentalnya yang kokoh, ia bisa melewati berbagai cacian itu. Ini mungkin karena dirinya pernah mengikuti beberapa kali tes masuk ke akademi yang membuat mentalnya lebih kuat.

Ranger Emas: Caster Favorit MPL Indonesia Season 5

sukses jadi caster

Setelah namanya mulai dikenal banyak orang, ia mendapatkan kesempatan untuk menjadi caster di turnamen Mobile Legends:Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia Season 5.

Turnamen ini merupakan sebuah ajang pembuktian bagi tim esports Mobile Legends untuk menjadi yang terbaik di Indonesia. Oleh sebab itu, semua pihak yang terlibat di dalamnya, mulai dari tim hingga caster, berasal dari kelas papan atas.

Setiap kali menjadi caster, gaya bicaranya tidak berubah. Ia tetap menggunakan ciri khasnya dan tidak meniru caster-caster lain. Bukan celaan yang ia dapat, justru banyak pujian yang didapatnya ketika bisa menjadi komentator terbaik dalam turnamen itu. Prestasi ini begitu berharga bagi dirinya.

Pada turnamen itu juga ada beberapa caster lain yang sudah teruji kemampuannya. Mulai dari Kornet, KB, Velajave, Clara Mongstar, Wawamania, sampai Pak Pulung. Akan tetapi, dari sederetan caster papan atas tersebut, namanya justru keluar menjadi caster favorit selama turnamen berlangsung.

Dengan prestasinya ini, ia memantapkan diri untuk sepenuhnya terjun menjadi seorang caster di setiap turnamen esports.

Predikatnya sebagai komentator favorit ini menajdi prestasi yang akan ditunjukkan kepada sang ibunda. Ia akan menggunakannya sebagai bahan untuk meyakinkan sang ibu, bahwa dirinya serius menjalani karir di dunia esports ini.

Salah satu ciri khas yang membuatnya difavoritkan adalah karakter lucunya. Ia tidak membawakan setiap pertandingan dengan pembawaan serius. Inilah yang membuat banyak orang kini suka dengan dirinya.


Kiat Sukses Menjadi Caster Esports Ala Ranger Emas

Perkembangan esports yang terus meningkat membuka lapangan kerja baru sebagai seorang caster. Siapapun masih punya kesematan untuk menjadi seorang caster. Jika tertarik beberapa tips berikut dari Ranger Emas ini bisa dicoba.

Kuasai semua hal mengenai gim

Pemahaman mengenai gim begitu penting untuk seorang caster. Beberapa hal berkaitan seperti taktik, istilah-stilah, mekanik baik besar maupun kecil harus dipahami. Dengan begitu nantinya akan lebih teratur cara berbicaranya.

Ini akan membuat penonton lebih memahami apa yang dikatakan caster. Setiap gim punya karaktristik yang berbeda-beda, dan itu harus dipahami juga.

Percaya Diri

Seorang caster harus punya kepercayaan diri yang tinggi. Apapun yang dibicarakan akan didengar oleh banyak orang. Jika rasa percaya diri ini tidak ada, perkataan yang akan diucapkan bisa saja lupa. Ini sama sekali tidak bisa ditolerir dalam dunia esports. Karena nantinya bisa membuat suasana turnamen menjadi tidak seru lagi.

Perbanyak Kosa Kata

Bekerja sebagai seorang caster harus bisa berbicara dengan lancar. Banyaknya kosa kata atau variasi kata ini akan membuat apapun yang dibicarakan menjadi lebih menarik. Apalagi ini urusannya dengan penonton, jika penonton sampai bosan, seorang caster bisa saja mendapat banyak cacian. Penggunaan kata-kata yang berulang akan membuat penonton cepat bosan.


Itulah kisah sukses salah seorang talent esports tanah air, Ranger Emas. Pria yang biasa disapa dengan Oji ini sudah menjadi salah satu caster yang terkenal saat ini. Kemampuannya dalam membawakan setiap pertandingan patut diacungi jempol.

(Disunting oleh Satya Kevino)