6 Turnamen Esports di Indonesia Berhadiah Besar 2020

0
268
Gopay Arena Championship 2020

Perkembangan esports di Indonesia terus mengalami kenaikan yang signifikan. Bisa ditandai dengan banyaknya tim-tim esports yang bermunculan dan juga diadakannnya berbagai turnamen esports berhadiah besar di Indonesia.

Sebagai penggemar gim online, perkembangan ini tentunya harus disambut baik khususnya untuk kalian yang memiliki tim esports sendiri yang ingin maju.

Dengan banyaknya turnamen yang diadakan, tentu ini memberi semakin banyak tim esports yang punya kesempatan untuk bisa menunjukan kemampuannya. Seperti yang kita tahu, di kancah nasional, turnamen masih didominasi tim yang memang sudah langganan tampil.

Semakin kesini, hadiah untuk pemenang di setiap turnamennya semakin besar. Maka tidak heran banyak orang yang tertarik untuk membangun tim esports sendiri.

Turnamen Esports Di Indonesia Berhadiah Besar Tahun 2020

1Piala Presiden Esports 2020

Turnamen Piala Presiden Esports kembali diadakan di tahun ini . Hadiah yang cukup besar sudah dipersiapkan oleh para penyelenggara. Total hadiah yang diperebutkan berbagai tim esports mencapai Rp 1,5 Miliar.

Tidak hanya peserta dari Indonesia saja yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini. Gim-gim yang turut dipertandingkan di antaranya: Free Fire, eFootball PES 2020, Mobile Premier League (MPL), dan Ultra Space Battle Brawl (USBB).

Dalam turnamen ini, tim asal Vietnam, tim Flash, berhasil menjadi juara untuk kategori Free Fire dan mendapatkan hadiah sebesar Rp 300 juta. Sementara pada kategori eFootball PES 2020, pemenang lagi-lagi bukan berasal dari Indonesia, melainkan peserta dari Vietnam yang bernama Nguyen Tuan Anh. Berkat penampilan kerennya itu, ia berhasil mendapatkan hadiah Rp 100 juta.

Sementara itu, peserta asal Indonesia berhasil menjadi juara di kategori Mobile Premier League (MPL) Fruit Dart. Aby Ramadhan berhasil mendapatkan hadiah sebesar Rp 125 juta. Di kategori Ultra Space Battle Brawl (USBB), pertandingan ini dimenangkan oleh Dio Albasah yang memperoleh hadiah sebesar 25 juta rupiah.

2Baparekraf Game Prime 2020

Turnamen ini sedang ditunggu-tunggu oleh para penggemar gim PUBG Mobile. Pasalnya pada bulan Agustus 2020, akan diadakan turnamen dalam sebuah ajang ekshibisi bernama Baparekraf Prime 2020.

Dalam meramaikan kegiatan akbar tersebut, turnamen ‘selingan’ ini akan mempertemukan berbagai tim esports PUBG Mobile untuk memperebutkan hadiah besar. Total hadiah yang dipersiapkan juga mencapai Rp 1 miliar. Sudah tidak diragukan lagi akan ada banyak tim yang tertarik untuk berpartisipasi langsung.

Tapi sayangnya, turnamen ini tidak diadakan secara offline mengingat adanya alasan keamanan seputar wabah virus pandemi yang masih belum juga usai. Yang jelas turnamen ini akan tetap menarik dan tidak boleh dilewatkan apalagi ketika ada partisipasi dari tim-tim esports PUBG Mobile papan atas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar PUBG Mobile di Indonesia.

Turnamen ini diadakan setelah ada kerja sama dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan GGWP. Selama ini dari pihak kementrian memang sangat mendukung industri kreatif untuk berkembang.

Turnamen-turnamen esports seperti ini akan membangkitkan industri kreatif di Indonesia. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menonton turnamen ini secara online dari rumah.

3GoPay Arena Championship 2020

Turnamen ini sedang diadakan dan masih berlangsung di bulan Juli. Banyak tim esports dari berbagai divisi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), PUBG Mobile dan Free Fire yang berpartisipasi dalam turnamen ini.

Pada turnamen ini, tim Open Qualifier bisa merasakan atmosfer bertanding dengan tim pro player yang mungkin menjadi idola mereka.

GoPay Arena Championship 2020 menawarkan total hadiah yang mencapai Rp 1 miliar. Turnamen ini akan disiarkan secara live streaming melalui Nimo TV, Vidio dan juga Gogames.

Dengan demikian para penggemar gim ini bisa menonton dari rumah bagaimana jalannya setiap pertandingan. Turnamen yang diselenggarakan oleh GoPay ini menjadi salah satu yang paling ditunggu oleh para penggemar mobile esports

Advertisement
.

Dalam turnamen ini, ada beberapa tim esports profesional yang ikut bertanding. Mulai dari Kings Esports, Morph Team, Red Bull Rebellion, OPI Esports, Pabz Esports, Power Danger Esports, The Pillars Doa dan Louvre Esports.

Babak Grand Final nantinya akan diadakan pada 29 Juli 2020 sampai dengan selesai. Turnamen ini sepenuhnya online, lagi-lagi karena pandemi virus corona yang masih ada.

4ONE Esports Dota 2 Invitational Jakarta

Setelah sebelumnya diadakan di Singapura, kini ONE Esports Dota 2 Invitational hadir di Jakarta, Indonesia. Hadiah yang ditawarkan pada turnamen ini begitu besar yakni mencapai USD 500,000. Untuk juara pertama akan mendapatkan hadiah USD 200,000; juara 2 USD 100,000; juara 3 USD 60,000; dan juara 4 sebesar USD 50,000.

Turnamen ini akan mempertemukan 12 tim terbaik yang terdiri dari 10 tim direct invite, 1 tim dari Jakarta qualifier dan 1 tim lagi dari Kuala Lumpur qualifier. Adanya tim dari luar negeri membuat turnamen ini menjadi semakin kompetitif. Khususnya untuk tim asal Indonesia yang tentunya tidak mau dipermalukan di kandang sendiri.

Untuk tim dari jalur Jakarta Qualifier, diwakili oleh BOOM Esports. Sementara dari Malaysia qualifier diwakili Reality Rift yang anggotanya berasal dari beberapa negara. Rencananya, ONE Esports Dota 2 Invitational Jakarta akan diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition, BSD City. Dimulai dari tanggal 23 sampai dengan 29 November 2020, dengan tipe turnamen offline yang memungkinkan penonton untuk bisa hadir ke venue.

5Free Fire Indonesia Master 2020

Garena memang rutin mengadakan turnamen Free Fire di Indonesia. Pada Free Fire Indonesia Master 2020, tim esports ONIC Olympus keluar menjadi juara meskipun di awal turnamen ia sempat berada di posisi yang kurang menguntungkan.

Berkat predikat juaranya ini, ONIC Olympus berhak untuk menjadi wakil Indonesia di turnamen Free Fire internasional.

Berlangsung dari tanggal 23 Februari hingga 15 Maret 2020, dari mulai babak kualifikasi hingga Grand Finals, turnamen ini diadakan di Tennis Indoor Senayan untuk babak offline-nya.

Beberapa tim esports profesional seperti RRQ Hades dan EVOS Esports juga ikut berpartisipasi. Sang juara berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 350 juta. Dalam turnamen ini, player dengan nickname RSG Apollo mendapatkan predikat sebagai Predator FFIM 2020 Spring.

6Mobile Legends World Championship 2020

 

Di tahun 2020 ini, Indonesia berkesempatan mengadakan turnamen bertaraf Internasional. Salah satunya adalah Mobile Legends World Championship 2020. Kabar ini direspon positif oleh penggemar Mobile Legends Di Indonesia. Kemungkinan besar, turnamen ini akan diadakan di Jakarta, tapi info lebih detilnya belum diketahui.

Berbagai tim esports dari beberapa negara akan berpartisipasi dalam turnamen ini. Tim-tim yang akan tampil dipilih dari pemenang di Mobile Legends Professional League (MPL) di masing-masing negara. Jadi bisa dipastikan tim yang ikut dalam turnamen ini memiliki kualitas terbaik dan bisa menyuguhkan pertandingan yang menarik.

Total hadiah sebesar USD 250.000 telah disiapkan untuk diperebutkan. Juara pertama dikabarkan akan mendapatkan hadiah sebesar USD 80.000, sementara juara kedua USD 40.000, dan juara ketiga USD 20.000.

Masing-masing tim tetap akan mendapatkan hadiah dengan nominal yang berbeda-beda. Karena sejak babak kualifikasi memang sudah disediakan hadiah mencapai USD 42.000. Tim dari Indonesia akan diwakili oleh EVOS Legends dan RRQ Hoshi.


Itulah beberapa turnamen esports di Indonesia yang memiliki hadiah besar. Turnamen-turnamen ini diadakan pada tahun 2020 dengan waktu yang berbeda-beda. Kalian bisa mencoba untuk mengikuti turnamen ini jika tersedia slot untuk Open Qualifier.

Total hadiah yang besar membuat tim manapun akan tertarik untuk mengikuti turnamen-turnamen ini. Persaingan yang begitu ketat jelas akan tersaji, mengingat tim yang berpartisipasi sudah melalui babak kualifikasi sebelumnya.