Diva Aura, Miss Planet Indonesia yang Terjun ke Dunia Game

0
67
PUBGM Diva Aura
Diva Aura bergabung bersama Aura Esports.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Esports Indonesia semakin berkembang terlihat dari banyaknya organisasi esports. Organisasi-organisasi esports tersebut mengembangkan banyak divisi game hingga berbagai profesi yang berkaitan dengan esports. Harapannya, esports tidak hanya berhenti di satu profesi saja.

Seperti talent esports yang memiliki peran penting di dalam promosi organisasi esports hingga esports itu sendiri. Talent atau yang dikenal juga sebagai streamer menjadi profesi alternatif di dunia esports. Hampir sama seperti content creator, talent bertugas untuk membuat video game yang mereka mainkan.

Diva Aura Amelia merupakan talent Aura Esports. Ia aktif dalam sosial media dan setiap hari melakukan live streaming game lewat kanal NIMO TV miliknya, AURA Divy. Game yang ia mainkan adalah PUBG Mobile.

Banyak orang yang memulai profesi menjadi streamer apalagi streaming bukan menjadi kegiatan yang asing lagi. Penggemar rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyaksikan streamer mereka bermain game.

Profil Diva Aura #1: Gabung dengan Tim Ladies PUBGM Aura Esports

AURA Divy
Diva Aura dengan nickname AURA Divy bergabung dengan tim ladies PUBGM Aura Esports.

Tidak hanya aktif menjadi talent, Diva Aura juga bergabung dengan roster ladies PUBGM dari Aura Esports. Aura Esports akhirnya membentuk divisi ladies PUBGM pada 11 Maret 2021. Terbentuknya tim baru tersebut diumumkan kepada publik melalui media sosial Instagram Aura Esports.

Terdapat empat player yang dikenalkan dalam line-up tersebut, yakni Aura Selfie, Aura Becca, Aura Myzll, sedangkan Diva Aura dikenalkan dengan nama Aura Divy. Kemampuan mereka juga tidak kalah dibandingkan dengan tim lain dan pro player lainnya.

PUBGM merupakan salah satu game yang paling banyak diminati di Indonesia. Beberapa organisasi esports di Indonesia juga membentuk divisi PUBGM, bahkan ada juga tim divisi untuk ladies. Tujuannya agar mereka bisa bersaing di berbagai turnamen, baik skala nasional maupun internasional.

Diva Aura
Diva Aura dipilih menjadi talent Aura Esports.

Keberadaan divisi ladies PUBGM dari Aura Esports menunjukkan berkembangnya esports Indonesia untuk perempuan. Sudah banyak turnamen PUBGM yang ditujukan untuk para perempuan. Bahkan bisa dibilang komunitas PUBGM untuk perempuan sangat berkembang dibandingkan dengan game lain.

Diva Aura sering memperlihatkan kemampuan bermainnya lewat streaming di Nimo TV. Ia baru memulai streaming lewat akun tersebut per tanggal 22 April 2021. Meski terbilang baru, saat ini ia sudah diikuti 4,3 ribu pengikut.

Aura Esports merupakan salah satu tim profesional terbaik di Indonesia. Mereka sudah berhasil mendapatkan banyak prestasi yang membanggakan lewat berbagai divisi game. Bergabungnya Diva Aura dengan Aura Esports diharapkan dapat memajukan dan mempertahankan prestasi baik Aura Esports.

Profil Diva Aura #2: Mengikuti Kontes Kecantikan

Miss Planet Indonesia 2020
Mengikuti ajang kontes kecantikan Miss Polo Indonesia 2020.

Meski menjadi pro player, Diva ternyata pernah mengikuti ajang kecantikan. Perempuan kelahiran 6 Oktober 2001 ini mewakili Provinsi Banten dalam ajang Miss Polo Indonesia 2020. Sebelum mengikuti ajang tersebut, sebelumnya ia pernah mengikuti Putri Pendidikan 2019.

Tidak hanya itu, ia juga mengikuti pemilihan Abang dan Mpok Bekasi 2020 dan mendapatkan gelar Mpok Bekasi Favorit 2020. Ia memutuskan untuk mengikuti Miss Polo Indonesia karena ajang tersebut fokus pada dunia pendidikan dan amal.

Goals dalam hidup aku adalah improve edukasi secara nasional dan global, jadi aku rasa Miss Polo adalah platform yang tepat untuk meraih goal itu,” jelas mahasiswi S1 Ilmu Politik Universitas Padjadjaran tersebut, dikutip dari Sash Indonesia.

Miss Polo Indonesia 2020
Diva Aura mendapatkan runner-up dalam kontes Miss Polo Indonesia dan menjadi Miss Planet Indonesia 2020.

Berhasil mendapatkan Runner-Up 1, Diva Aura dipilih untuk mewakili Indonesia di Miss Planet Internasional 2020 pada 28 November 2020, di, Phnom Phen Kamboja. Ia bersaing dengan beberapa perwakilan di beberapa negara di dunia.

Lewat acara tersebut, ia turut memperkenalkan Indonesia dimata dunia tentang keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia. Diva sendiri mengatakan bahwa ia bangga dan tertantang ketika mengikuti ajang Miss Planet Internasional 2020.

Berbeda dengan Miss Polo, Miss Planet ini merupakan kontes kecantikan yang berfokus untuk menyuarakan perdamaian dan pelestarian lingkungan Bumi. Diva bersaing bersama Mariani Christina Djagakota sebagai juara pertama, Raden Salsa Pramundita sebagai runner-up kedua, dan Hervina Adhanita sebagai runner-up ketiga.

Profil Diva Aura #3: Aktif di Berbagai Acara Amal

Miss Planet Indonesia 2020
Diva aktif dalam kegiatan charity, salah satunya adalah kegiatan tanam pohon.

Menjadi perwakilan dalam ajang Miss Planet Internasional membuatnya untuk selalu turut serta dalam kegiatan amal. Salah satunya pada Agustus 2020 lalu ia ambil bagian dalam gerakan menanam pohon di Cilincing, Jakarta Utara. Gerakan ini berfokus untuk mencegah banjir di kawasan tersebut.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Ayu Jasmine, Miss Tourism World Indonesia 2019. Kegiatan yang diadakan oleh Yayasan Insan Mandiri Pertiwi itu diikuti oleh warga dan anak-anak disekitar. Miss Planet Indonesia memang bertugas sebagai duta lingkungan yang ikut serta dalam aksi menjaga kelestarian alam.

Meski saat ini aktif di dunia esports, tidak membuat Diva Aura lupa tentang kegiatan amal. Ia masih aktif ikut serta dalam kegiatan amal, salah satunya pada acara Kartini Day Ladies Showdown yang diadakan oleh UnPin dan Riot Games SEA yang bekerjasama dengan Lentera Sintas Indonesia (LSI).

Diva bersama 20 influencer game perempuan, baik sebagai pro player, brand ambassador, maupun talent, ikut serta dalam acara tersebut. Diva Aura bersama Yapfero, Copuco, Inayma, Fiachuu, Septivia Utami, Lily, Kameaam, Steffanny Tanner, Diana Sutrisno, Alexander Bella, Debora Chan, dan Ella meramaikan acara yang diadakan untuk memperingati hari Kartini.

Acara itu berfokus pada kampanye anti pelecehan seksual agar salah satunya untuk menunjang ekosistem esports yang aman bagi perempuan. Para gamers tersebut dibagi ke dalam dua kelompok game, yakni Valorant dan League of Legends: Wild Rift. Dalam acara tersebut, Diva masuk ke tim Valorant.

AURA Divy
Diva Aura juga aktif ikut kegiatan amal meski baru di dunia esports.

Pertandingan antar grup tersebut dilaksanakan untuk mengumpulkan donasi. Donasi dapat dilakukan lewat Saweria. Selain itu, penyaluran donasi akan melalui Lentera Sintas Indonesia yang banyak memberikan dukungan untuk para penyintas kekerasan seksual di Indonesia.

UniPin dan Riot Games SEA juga menyiapkan prize pool sebesar 60 juta. Nominal itu sepenuhnya didonasikan atas nama pemenang. Lewat acara tersebut, game kedua yang dimainkan, yakni Valorant.

Diva Aura bergabung dengan tim She Got It yang berisikan Fiachuu, Septivia Utami, Audrey FF, dan Stefanny Tanner. Sedangkan untuk tim lainnya adalah She Own It. Game hanya dimainkan sekali di map split. Permainan berlangsung sangat seru karena Valorant adalah game FPS (First-Person Shooter).

Pemenang adalah tim She Got It, tim Diva Aura bersama kawan-kawan, sebagai attacker. Tim tersebut berhak mendapatkan hadiah kemenangan sejumlah 60 juta rupiah yang didonasikan beserta uang donasi melalui Saweria dari para penonton.

Diva Aura menjadi sosok gamer perempuan baru yang bisa menginspirasi. Miss Planet Indonesia 2020 sekaligus menjadi pro player.

Bahkan ia tidak lupa untuk ikut serta di berbagai acara amal. Bagi perempuan yang ingin menjadi pro player, tidak ada salahnya untuk memulainya dari hal yang kecil.

Media Partnership