ONIC Mute, dari Beauty Influencer Jadi Pro Player PUBGM

0
230
ONIC Mute
ONIC Mute, beauty influener yang berkarier sebagai pro player PUBGM ladies.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Penggemar PUBG Mobile (PUBGM) pasti sudah tidak asing dengan pemain yang bergabung dengan ONIC Esports ini. Pro player perempuan yang akrab disapa Meutia ini memiliki IGN ONIC Mute memang sudah dikenal sebagai pemain PUBGM. Ia bergabung dengan divisi PUBGM khusus ladies yang dibentuk oleh tim landak kuning, ONIC Glory.

Masuknya ONIC Mute ke dalam dunia esports tidak lepas dari peran saudara kembarnya, BTR BabyLa yang saat ini bergabung bersama Bigetron Esports. BabyLa saat itu mengajak Meutia bermain PUBGM. Tertarik dengan game tersebut, ia pun akhirnya mengunggah gameplay di kanal YouTube-nya.

Ketertarikannya pada PUBGM tidak berhenti, ia semakin ketagihan untuk bermain dengan Babyla yang mengajarinya. Bahkan ia tidak segan untuk menonton video gameplay youtuber PUBGM seperti Benymoza dan Bang Alex. Ia bahkan menjadi penggemar berat dari Benymoza karena menurutnya permainannya sangat bagus.

Setelah mencoba memainkan game PUBG tersebut, ia menyadari bahwa bermain PUBG membutuhkan skill yang baik. Akhirnya ia termotivasi untuk berlatih. Ia pun sering bermain dengan BabyLa mulai saat Season 4. Sebelumnya, Meutia tidak memiliki rencana untuk bergabung dengan esports, tetapi akhirnya ia mencoba untuk bermain hingga akhirnya terbiasa.

Keisengan Meutia ternyata menarik Justin, pelatih PUBGM ONIC. ONIC kemudian menawarkan kontrak kerjasama untuk bergabung bersama tim sebagai pemain ONIC Glory, yang kemudian disetujui olehnya. ONIC Mute pun resmi bergabung bersama ONIC Glory pada 5 September 2019.

Profil ONIC Mute #1: Berprestasi Bersama ONIC Glory

ONIC Glory
ONIC Glory berhasil menyabet pretasi dalam kompetisi profesional PUBGM ladies.

Meski mengawali kariernya sebagai pemain PUBGM lewat hobi yang maish baru, ONIC Mute dikenal sebagai pemain yang handal dalam permainan PUBGM. Saat ini ONIC Esports aktif menjadi pemain ONIC Glory bersama pemain lainnya, yakni  ONIC Kyle (Sniper), ONIC Vind (Support), dan ONIC (JTea). Sedangkan Mute memainkan role sebagai Scout di dalam tim.

Bersama rekan-rekan setimnya, ia sudah mampu mendapatkan prestasi sebagai juara di berbagai turnamen profesional di Indonesia. Berikut merupakan prestasi yang berhasil diraih oleh ONIC Mute bersama tim berdasarkan ONIC Esports:

  • Juara 3 PINC Ladies 2019
  • Juara 2 Bubu Tournament
  • Juara 1 Female Gaming League Minor Series Season 1
  • Juara 1 Ladies by Ikan Tournament
  • Juara 2 Angels Exhibition
  • Juara 2 DGWIB Ladies Season 3
  • Juara 3 Indian Girls League Season 2
  • Juara 1 Loveyou Angles Tournament
  • Juara 1 LPMT Season 2
  • Juara 3 BTC Woman PUBG Mobile
  • Juara 2 LGLC 2020
  • Juara 2 Diverso Women Championship
  • Posisi 4 PINC Ladies 2020
  • Juara 2 Indonesian Girls League
  • Juara 2 NPMC Ladies
  • Posisi 6 PMPL Ladies Season 2
  • Juara 1 Nara Esports Community Ladies
ONIC Mute
ONIC Mute menjadi Campuss Brand Ambassador PUBGM.

Pemain bernama lengkap Meutia Rahmarianti Maharani ini menempuh pendidikan jurusan Administrasi Keuangan Publik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran.

Meski berkuliah di salah satu universitas ternama di Indonesia, ia tidak melupakan tanggung jawabnya sebagai seorang mahasiswi. Ia tetap mampu membagi waktu untuk esports dan perkuliahannya.

Tidak hanya piawai bermain, ONIC Mute juga terpilih sebagai Brand Ambassador dalam Campuss Brand Ambassador PUBGM mewakili Universitas Padjajaran, Bandung. Lewat ajang tersebut, ia membuktikan diri bahwa ia mampu menjawab pertanyaan terkait PUBGM dengan tepat dan cepat. Lewat ketangkasannya, ia pun akhirnya terpilih menjadi Brand Ambassador.

Meski saat ini sudah berhasil menjadi salah satu pemain yang diperhitungkan di dunia esports, pemain kelahiran 21 Maret 2000 itu sempat diragukan oleh orang tuanya saat berkeinginan untuk berkarier sebagai pemain esports.

Namun, ia membuktikan bahwa dirinya mampu mengatur waktu belajar dan berlatihnya selama menjadi pemain. Selama ia berhasil membuktikan diri bahwa ia dapat memanajemen waktunya, ia akhirnya didukung penuh oleh kedua orangtuanya.

Profil ONIC Mute #2: Aktif Menjadi Streamer

ONIC Mute
Tetap aktif sebagai konten kreator gaming dan beauty influencer.

Selain berkegiatan sebagai pro player, ONIC Mute juga aktif sebagai konten kreator. Ia membuat konten streaming di Nimo.tv maupun di kanal YouTube-nya. Ia sering menunjukkan kemampuannya dalam bermain PUBGM.

Kemampuannya di atas rata-ratanya membuat banyak orang terkesan dan kagum, terlebih dengan pencapaiannya sebagai pro player ladies. Lalu untuk kanal YouTubenya, MEUTIA MAHARANI, tersebut ternyata sudah ia bangun sejak 2017 sudah memiliki 125 ribu subscriber. Tidak hanya gameplay, Meutia juga sering membagikan vlog liburan.

ONIC Mute masih aktif menjadi gaming dan beauty influencer. Saat ini ia sudah memiliki 1,1 juta pengikut di Instagram dan sering mengunggah konten tentang lifestyle, game, fashion, tak jarang ia juga mendapatkan endorse produk-produk. Ia juga membangun bisnis game, yakni top-up UC akun.

Meutia menyebutkan ada banyak hal positif yang didapatkan selama berkarier sebagai pro player esports. Ia menjelaskan bahwa ia memiliki banyak teman dari berbagai daerah lewat esports. Hal tersebut menjadi salah satu hal positif yang ia syukuri.

Profil ONIC Mute #3: Mengalami Pelecehan dan Tips Menjadi Pro player

BTR ONIC
ONIC Mute berkisah pengalamannya mendapatkan pelecehan seksual verbal.

Menjadi pemain profesional perempuan dalam sebuah tim memang menjadi hal yang menyenangkan bagi ONIC Mute. Sayangnya, ia pernah mendapatkan pelecehan seksual verbal yang dilakukan oleh netizen. Bersama BTR BabyLa, ia membahas tersebut dalam program Planet Esports yang diadakan RevivalTV.

“Pernah tapi di mic all sih kaya Meutia pepew, terus gua bilang mak lo tuh,” ucap ONIC Mute, dikutip dari Daily Spin. Hal serupa pernah juga dirasakan oleh BabyLa. Ia menimpali sering sekali ia mendapatkan pelecehan seksual saat live streaming.

Tidak hanya itu, BabyLa pernah mendapatkan pertanyaan yang menyerang privasi. Pelecehan tersebut tentunya membuat Mute dan BabyLa merasa tidak nyaman. Pelecehan seksual di dalam esports masih sering terjadi dan dialami oleh pemain maupun streamer. Kebanyakan pelecehan tersebut berbentuk verbal yang disampaikan melalui sosial media.

Hal tersebut menjadi concern tersendiri untuk ekosistem esports Indonesia yang lebih sehat dan aman bagi perempuan. Tidak melakukan pelecehan seksual verbal dan fisik menjadi salah satu faktor yang penting jika esports Indonesia ingin maju.

ONIC Mute
Tips menjadi pro player dari ONIC Mute.

ONIC Mute memberikan tips bagi untuk para gamers perempuan yang ingin menjadi pro player handal seperti dirinya dilansir dari KINCIR. Pertama, pemain profesional harus memiliki skill yang mumpuni. Untuk itu, harus terus berlatih dan tidak mudah mengeluh agar skill berkembang dan semakin kuat dengan latihan yang keras.

Kedua, pemain harus percaya dengan tim karena ini akan membuat permainan lebih fokus jika sudah mengetahui kekuatan tim. Ketiga, perlihatkan skill dengan mengikuti kompetisi. Tidak perlu langsung terjun ke kompetisi yang besar, turnamen-turnamen kecil pun akan mampu mengasah skill.

Keempat, menjadi pemain profesional harus mawas diri dan menahan ego jika kalah. Hal ini akan membuat pemain lebih kritis untuk mencari solusi. Kelima, memiliki attitude yang baik.


Itulah profil singkat mengenai ONIC Mute sebagai pro player ladies PUBGM yang berbakat. Selama berada di industri esports sebagai pemain, ia akan terus akan memperlihatkan skill terbaiknya sebagai leader-in-game dan pro player PUBGM.

Media Partnership