Momochan: Caster Wanita Kelahiran ’90 yang Pantang Menyerah

497
profil caster momochan
Sumber: Instagram @heyitsmomochan

Siapa yang tak kenal dengan profil caster Momochan, si cantik yang jago nge-game? Di tengah maraknya dunia esports yang saat ini masih didominasi oleh para caster pria, kini muncul seorang caster wanita yang tak kalah dahsyatnya.

Bukan Monika “Momochan” Mariska namanya jika tidak kerap tampil memukau. Dengan bahasanya yang lugas, Momochan mampu menambahkan keseruan dalam atmosfer kompetitif dari suatu acara pertandingan esports, baik itu yang digelar online maupun offline.

Biodata dan Profil Caster Momochan

profil caster momochan
Sumber: Instagram @heyitsmomochan

Sebelum mengupas tuntas apa dan siapa sosok manis di belakang layar pertandingan mobile esports yang telah melanglang buana ke berbagai negara ini, akan lebih akrab kalau kamu mengenali profil caster Momochan terlebih dahulu.

Momochan, begitu sapaannya, mulai menyukai dunia gaming sejak usia belia. Dari masa belajar di Sekolah Dasar, seorang Momochan sudah mahir menguasai game Play Station, seperti Harvest Moon.

  • Nama Lengkap: Monica Mariska
  • Nama Panggung: Momochan
  • Tempat Lahir: Jakarta
  • Tanggal Lahir: 6 Juni 1990
  • Agama: Kristen
  • Profesi: Caster, YouTuber, Live Streamer, Cosplayer, Brand Ambassador
  • Tempat Tinggal: Jakarta
  • Akun YouTube: Momo Chan
  • Instagram: @heyitsmomochan

Perjalanan Karir Momochan

profil caster momochan
Sumber: Instagram @heyitsmomochan

Pernah dengar pepatah “cintailah sesuatu yang kamu kerjakan dan kerjakanlah sesuatu yang kamu cintai?

Sepertinya pepatah ini sangat cocok untuk Momochan, si cantik asal tanah Betawi ini. Terbukti dengan mengikuti kata hatinya untuk terus berkarya di dunia per-gaming-an, Momochan kini dapat membuktikan bahwa video game tidak melulu berdampak negatif seperti banyak anggapan orang awam.

Sejak kecil Momochan memang difasilitasi dengan berbagai keperluannya, termasuk kebutuhan refreshing-nya yaitu bermain game. Peralatan yang dia miliki mencakup Play Station yang pada masa itu masih menjadi barang langka di zamannya.

Dari permainan Play Station bernama Harvest Moon inilah kecintaan Momochan terhadap game online dimulai. Selain menyukai permainan game online, Momochan kecil juga tertarik pada dunia design.

Awalnya dia mencoba menggambar tokoh-tokoh kartunis dan berniat mengembangkan bakat menjadi seorang komikus.

Namun, seiring berjalannya waktu, Momochan menyadari bahwa ketertarikannya pada dunia gaming jauh melebihi kesukaannya pada gambar. Selain juga dia merasa skill menggambarnya tidak begitu menonjol di antara para designer lainnya.

Karena hobi bermain game online, Momochan pun mulai banyak mengenal dan mendalami hal-hal yang ada dalam industri gaming. Monika pun mulai paham adanya kompetisi esports, ada tim yang terus berlatih, ada manajemen tim yang bertindak selaku promotor, dan sisi lain dunia gaming yang baru dia pahami di sini.

Dalam perjalanannya mengeksplorasi industri gaming, Momochan sempat memberanikan diri bekerja sebagai Community Manager di perusahaan games publisher yang ada di Indonesia.

Momochan juga menjajal kemampuan diri untuk meningkatkan kemampuannya menjadi Manajer Tim, lalu melakukan live streaming, dan hingga akhirnya menduduki posisi sebagai caster.

Bahkan, ketika dia menjadi Manajer Tim, Momochan pernah mengepalai tim esports ternama yaitu Military Esports. Di luar itu, Momochan juga sering diundang di berbagai acara maupun kompetisi bergengsi, baik dalam maupun luar negeri.

Profile Caster Momochan: Kuasai Berbagai Laga Esports

profil caster momochan
Sumber: Instagram @heyitsmomochan

Momochan memang layak dipanggil Gamers Mania. Bukan tanpa alasan, begitu banyak games online yang dikuasainya. Mulai dari games yang berkiblat ke genre FPS (first person shooter), hingga turut merambah ke game dengan genre horror.

Seringkali juga Momochan memainkan permainan online seperti CS:GO, PUBGM, Rules of Survival (ROS) dan juga Overwatch. Tidak berhenti disitu, dia juga piawai mengadu tangkas di Outlast, Resident Evil, dan permainan lainnya.

Tak heran, kalau caster Momochan juga cekatan dalam mengadu serangan dan bertahan dalam game esports populer seperti Mobile Legends: Bang Bang yang menjadi permainan sejuta umat, Among Us dan tidak terkecuali Dota 2.

Pengalamannya yang luar biasa inilah yang pada akhirnya melahirkan caster wanita yang jago di dunia esports.

Momochan Miliki Prestasi Bergengsi

profil caster momochan
Sumber: Instagram @heyitsmomochan

Jago bermain games online tidak semata-mata memuluskan langkah seorang Momochan untuk tampil berani di hadapan keluarga. Ada banyak jalan terjal yang harus dilaluinya sebelum memproklamasikan diri berkarir di industri gaming.

Hal itu dirasakan saat Momochan memenangkan laga di berbagai kejuaraan games bergenre FPS hingga akhirnya tawaran datang dari club ternama NXA Ladies. Awalnya sang ibu tidak memberikan restu untuk bergelut di bidang itu.

Namun dia berhasil memenangkan hati sang bunda manakala berhasil memberikan hasil jerih payahnya. Sehingga bisa membuktikan bahwa dengan gaming bisa dijadikan pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Selain sebagai caster yang hingga kini digelutinya, Momochan kerap kali menggondol prestasi yang bikin melongo. Bagaimana tidak, dalam usianya yang masih muda, Momochan berhasil menggaet produsen ASUS untuk melamarnya sebagai Brand Ambassador guna meroketkan produk ASUS ROG (Republic of Gamers).

Guna mempromosikan produk tersebut, dia memanfatkan media sosialnya antara lain YouTube dan Instagram untuk memperkenalkan produk ASUS kepada masyarakat luas.

Mulai dari video unboxing produk sampai melakukan review ASUS untuk menunjukkan kelebihan dan spek yang menonjol. Terutama saat digunakan untuk permainan games online.

Pada tahun 2018 silam, profil caster Momochan didaulat menjadi caster dalam ajang Internasional di Dubai untuk menjadi caster Indonesia dalam event PUBG Mobile Star Challenge yang tidak lain adalah sebuah ajang esports bergengsi untuk gim PUBG Mobile.

Sebagai YouTuber aktif, dia sendiri sering menelurkan video saat bermain games online secara live. Tak heran hingga saat ini jumlah followers-nya semakin bertambah di angka 50 ribuan.

Tidak hanya sebatas itu, dalam live-nya Momochan juga tidak jarang mengadakan acara interaktif berupa QnA dengan para penggemarnya. Ada juga event-event lain yang sering dia bagikan sebagai fans-reward.

Dalam media sosial Instagram, caster cantik ini sering membagikan momen-momen serunya bersama rekan kerja lainnya. Dalam lamannya sering muncul wajah-wajah caster lain yang tengah asyik seru-seruan bercengkerama di belakang panggung saat break pertandingan.

Momochan tidak hanya melulu disibukkan dengan dunia games, namun juga sering terlihat berbagi kebersamaan bersama rekan dan kekasihnya. Ada juga berbagai pose Momochan saat melakukan fitting dress hasil besutan designer terkenal. Tak heran banyak kaum pebisnis yang juga ingin meningkatkan pamor produknya lewat endorse ke caster satu ini.

Uniknya, dia juga pernah menjadi seorang cosplayer busana-busana bernuansa anime dari Jepang. Profesi ini telah dilakoninya sejak tahun 2014 yang lalu.

Namun, kabarnya caster Momochan sudah tidak lagi menerima tawaran sebagai seorang cosplayer. Alasannya sih karena kesibukan dan usia yang sudah tidak muda lagi. Padahal profil caster Momochan masih terbilang sangat cakap sebagai cosplayer masa kini.

Hingga kini profil caster Momochan menjadi salah satu ikon esports Indonesia yang telah merajai industri gaming nasional. Sosok manis namun garang di arena ini telah membuktikan bahwa gaming masa kini tak lagi menjadi tembok yang tak bisa dilalui para gamers wanita.