Mengenal Tadpole Dota 2, Mid Laner Tanpa Tim yang Dahulu Bersama 496 Gaming

915
Tadpole Dota 2
Sumber: Instagram @aegis.gg

Tadpole DOTA 2 merupakan salah satu pro player asal Indonesia yang kini gaungnya belum terdengar lagi. Dimana kabar terakhir dari Tadpole mencatatkan bahwa ia sempat berkarir di bawah naungan sebagai Mid Laner dari 496 Gaming yang berbasis di Vietnam.

Sayangnya, kebersamaan Tadpole DOTA 2 bersama 496 Gaming tidak berlangsung lama yaitu hanya bertahan hitungan bulan saja.

Sebab tak lama setelah Tadpole bergabung, 496 Gaming membubarkan timnya karena performanya kurang memuaskan.

Uniknya selama berkarir di 496 Gaming, Tadpole tercatat sebagai satu-satunya player asal Indonesia yang bermain dalam tim tersebut sehingga kehadirannya di publik tentu sempat menarik perhatian banyak orang. Tidak terkecuali para penggemarnya.

Buat kamu yang penasaran dengan sosok Tadpole DOTA 2, berikut kami rangkumkan ulasan profil dan biodata pro player asal Indonesia ini secara lengkap!

Biodata dan Profil Tadpole DOTA 2 Lengkap

Bagi yang belum mengenal sosok Tadpole, lelaki ini memiliki nama asli Benyamin Surya Soesilo.

Pria ini besar di Malang, Jawa Timur dan berkat kecintaannya pada dunia gaming khususnya DOTA 2 inilah yang membuatnya memutuskan untuk bergabung dengan komunitas gamers di Surabaya. 

Pada awal karirnya, ia bergabung dengan komunitas Rubix Esport yang berbasis di Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

Di komunitas itulah ia mulai serius bermain dan memutuskan untuk menjadi pemain andalan sebagai Mid Laner. Sayangnya Rubix Esport  harus bubar di awal tahun 2021.

Pembubaran komunitasnya inilah yang mendorong Ben “Tadpole” Soesilo untuk mengejar karir sebagai pro player esports-nya dengan lebih serius.

Pada tahap inilah ia pun akhirnya berganti seragam di bawah naungan The Prime. Barulah pada tahun 2022, ia akhirnya bergabung dengan 496 Gaming yang berbasis di Vietnam dan akhirnya membubarkan diri di bulan Juni 2022.

Hebatnya salam kurun waktu tersebut, Tadpole DOTA 2 sudah menjalankan 15 laga. Ia menjalankan laga dengan The prime sebanyak 1 kali. Sedangkan 14 laga lainnya yang diikuti, ia jalani saat bersama 496 Gaming.

Apabila Anda tertarik untuk mengikuti Tadpole, maka berikut ini adalah biodata dan profil lengkapnya mulai dari nama lengkap, role hingga media sosial miliknya, yaitu:

  • Nama Lengkap: Benyamin Surya Soesilo
  • Nickname: Tadpole (Sebelumnya Csq)
  • Tanggal Lahir: 9 Oktober
  • Asal Kota: Malang
  • Role: Mid Laner
  • Instagram: @ben_tadpole
  • Facebook: Benyamin Surya Soesilo
  • Youtube: TadPoleGaming
  • Riwayat Pendidikan: Universitas Ciputra

Sepak Terjang Tadpole DOTA 2, Dari Komunitas hingga Pro Player

Tadpole Dota 2
Sumber: Instagram @alfiansudarmaji

Berawal dari bergabung dengan komunitas gamers yang berbasis di Surabaya yaitu Rubix Esport, Tadpole atau Ben mulai menjejak dunia game secara profesional. Apabila dirangkumkan, berikut adalah perjalanan Benyamin Surya Soesilo sebagai DOTA 2 Pro player hingga saat ini:

Bergabung dengan Rubix Esport

Tahun 2017 menjadi awal kebersamaan Ben dengan Rubix Esport. Komunitas gamer yang berbasis di Jawa Timur ini mewadahi tim DOTA 2, LOL, AOV dan lainnya.

Saat itu Ben tergabung dalam DOTA 2 Tim dan memiliki nickname Csq atau dikenal sebagai Ben “Csq” Soesilo.

Selama kebersamaannya dengan komunitas Rubix inilah, Ben mulai banyak mengikuti beragam kompetisi yang cukup besar. Ia pun berhasil finish sebagai juara pertama untuk beberapa laga seperti pada kompetisi V-Gen Tsunami Esports League untuk kategori I-Cafe Qualifiers.

Akhirnya, laga tersebutlah yang mengantarkan Rubix Team melaju pada main event yang diselenggarakan di Jakarta. Sayangnya Rubix harus menetap di bottom bracket pada kompetisi tersebut saat itu.

Tak sampai disitu, tahun 2019 adalah awal petualangan baru bagi Ben. Ia menyecap pengalaman sebagai coach dengan menjadi bagian dari AEGIS,  salah satu pelopor edukasi esports Indonesia yang bekerjasama dengan Rubix Esport.  

Sayangnya, tahun 2021 menjadi akhir dari perjalanan Rubix Esport. Melalui laman resmi instagram milik Rubix Esport, jajaran management-nya mengumumkan bahwa komunitas terbesar di Jawa Timur ini resmi ditutup. Peristiwa tersebut mengantarkan Ben pada tim Dota 2 asal Indonesia The Prime.

Ganti Nama menjadi Tadpole Dota 2 di The Prime

Tahun 2021, Ben memperkuat The Prime pada kompetisi Dota 2 tournament AiYing Cup. Ben yang saat itu memiliki nickname baru Tadpole memiliki jadwal tanding dengan Mystery.

Berposisi sebagai Mid Laner, Ben dan The Prime berjuang untuk masuk ke babak perempat final.

Sayangnya Tadpole harus mengakui keunggulan tim asal Malaysia, yaitu Mystery. Langkah Tadpole pada kompetisi di bulan Oktober tersebut harus terhenti setelah kekalahannya melawan Mystery.

Setelah kompetisi tersebut, tidak ada catatan laga Tadpole di bawah bendera The Prime.

Namun The Prime sendiri secara resmi telah mengumumkan pembubaran timnya sejak awal tahun 2022.

Hal ini memperkuat jika Tadpole sudah tidak lagi bermain untuk tim tersebut sejak hari tersebut.

Kebersamaan Singkat Bersama 496 Gaming

Tadpole Dota 2
Sumber: Instagram @rubixesports

April 2022 adalah awal kebersamaan Tadpole dengan tim DOTA asal Vietnam, 496 Gaming. Berdasarkan Liqupedia, tercatat 4 April 2022 merupakan tanggal resmi bergabungnya Tadpole dengan 496 Gaming.

Tadpole sendiri tercatat telah mengikuti 3 kompetisi dengan total 14 laga. Sayangnya 496 Gaming harus rela menempati bottom bracket untuk dua kompetisi yang dijalani yakni DOTA 2 tournament Khaz Modan dan DOTA 2 tournament GamersDecka.

Meski menduduki lower bracket, Tadpole berhasil menyumbangkan $500 sebagai timbal balik dalam kompetisi tournament Khaz Modan.

Selepas kompetisi DOTA 2 tournament Khaz Modan Season 1 nama Tadpole tidak tercatat di 496 Gaming.

Bahkan berdasarkan catatan Liquipedia, 496 gaming membubarkan diri pada tanggal 14 Juni 2022. Seiring dengan dibubarkannya 496 Gaming, Tadpole pun resmi keluar dari tim DOTA 2 asal Vietnam ini.

Sejak 14 Juni 2022 Tadpole pun menjadi DOTA 2 player tanpa tim. Selepas itu, belum ada catatan laga DOTA 2 yang melibatkan Ben. Padahal berdasarkan catatan Gosu Gamers, Tadpole saat ini menempati peringkat 53 untuk DOTA 2 tingkat Asia Tenggara.

Demikian profil singkat dan perjalanan Ben Tadpole Dota 2. Semoga informasi di atas dapat menebus rasa penasaran akan pemain DOTA 2 asal Malang ini!