Mengintip Kekuatan Nitro 16, Laptop Gaming Terbaru 2023 dari ACER

67
Yang Keren dari ACER Nitro 16

Halo Sobat Esportsnesia! Kali ini Esportsnesia berkesempatan untuk mencicipi salah satu laptop gaming terbaru dari ACER di tahun 2023 ini. Perkenalkan, ini adalah ACER Nitro 16!


Di CES 2023 awal Januari lalu, ACER tidak hanya memamerkan seri Helios terbarunya saja, tetapi juga jajaran laptop gaming kasual dan terjangkau yakni seri Nitro. Dua model pun turut diperkenalkan, yakni ACER Nitro 16 dan Nitro 17.

Kabar gembira bagi para gamers “mid-range” yang sudah menantikannya, laptop terbaru dari ACER ini akan diluncurkan di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan.

Sejatinya hanya akan ada satu model yang dirilis di Indonesia, yakni ACER Nitro 16. Karena faktanya, varian dengan layar lebih besar masih dipertimbangkan apakah akan dibawa ke Indonesia atau tidak.

Apalagi seri ACER Nitro ini dikenal sebagai laptop gaming dengan harga terjangkau.

Dengan menyertakan set layar yang lebih lebar, hal ini tentunya akan mempengaruhi harga untuk konsumen nantinya.

Mengenai harga, beberapa media dan sumber tidak menyebutkan harga pastinya.

Namun feeling penulis mengatakan bahwa ACER Nitro 16 ini akan dijual dengan harga terjangkau, tepatnya di bawah Rp 20 jutaan dan akan tersedia dalam berbagai konfigurasi CPU dan GPU.

Penasaran seperti apa wujud visual dan aspek fitur dari ACER Nitro 16 ini? Yuk simak artikelnya sampai habis ya!

Spesifikasi ACER Nitro 16

Sebelum kita membahas aspek visual dan fitur unggulan dari ACER Nitro 16 ini, kamu bisa baca dulu spesifikasi lengkapnya di bawah ini ya.

Tujuannya yaitu untuk mengetahui detail lengkap beragam ukuran dan fitur produk secara lengkap. Check this out!

Model
  • 13th Gen Intel® Core™ i7 processor
  • AMD Ryzen 7000 Series
Model Name
  • AN16-51
  • AN16-41
Graphics
  • NVIDIA® GeForce® RTX 4060 8GB of GDDR6
  • NVIDIA® GeForce® RTX 4050 6GB of GDDR6
OS Windows 11 Home & Office Home & Student 2021
Memory RAM DDR5-4800 MHz hingga 32 GB
Storage  Dual M.2  PCIe Gen 4 NVMe SSD
Audio
  • DTS® X:Ultra Audio
  • Supported in Windows Spatial Sound for PC Gaming with DTS license integrated
  • Immersive audio rendering over headphones and internal speakers
  • Acer Purified Voice technology with dual built-in microphones.
  • Compatible with Cortana with Voice
  • Acer TrueHarmony technology
Weight 2.6 kg
Wireless 802.11 a/b/g/n/ac/ax wireless LAN / Killer™ Ethernet E2600
Dimension 360.1 (W) x 279.9 (D) x 25.9 – 28.5 (H) mm)
Keyboard 4-zone Backlit Keyboard
Price TBA

Yang Keren dari ACER Nitro 16

Highlight Fitur Unggulan ACER Nitro 16

  1. Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-13 terbaru atau AMD Ryzen 7000 Series dan GPU Laptop Seri NVIDIA® GeForce RTX™ 40.
  2. Laptop Nitro terbaru tersedia dalam ukuran layar 16 inci WUXGA/WQXGA, dengan penyimpanan hingga 2TB dan memori DDR5 4800 hingga 32 GB.
  3. Dilengkapi kipas ganda dengan 4 outlet kipas yang terletak di sisi samping dan belakang, saluran udara bagian atas, dan didukung oleh termal logam cair.
  4. Memiliki refresh rate hingga 165 Hz, layar WUXGA/WQXGA rasio 16:10 berukuran 16 inci disertai Advanced Optimus.
  5. Menghadirkan Killer WLAN Intel Wi-Fi 6 AX1650i  dan Killer Ethernet E2600.

Seperti namanya, ACER Nitro 16 ini hadir dengan layar berukuran 16 inci dengan resolusi WUXGA atau WQXGA. Dengan refresh rate rata kanan-nya dengan kecepatan maksimum 165 Hz.

review acer nitro 16

Sudah hadir dengan Windows 11 Pro dan Home, ACER Nitro 16 ini juga sudah mendukung Nvidia Advanced Optimus yang memungkinkan laptop untuk secara otomatis beralih ke GPU terintegrasi (dalam hal ini, GPU Intel) atau grafis diskrit (Nvidia GeForce RTX 40 Series) tanpa melakukan booting ulang.

Namanya juga laptop gaming, pastinya keyboard-nya harus dilengkapi dengan RGB backlighting sebagai ciri khas utamanya.

Namun yang istimewa disini adalah RGB lightning ini terbagi menjadi 4 area, sehingga pengguna dapat menyesuaikan warna untuk setiap area.

Bicara soal dapur pacu, ACER Nitro 16 ini sudah ditenagai dengan prosesor Intel Core generasi ke-13 yang dipasangkan dengan GPU Nvidia GeForce RTX 40-series.

Kartu grafis membantu mesin merasakan permainan dengan mode ray tracing agar terlihat lebih realistis dan berkualitas tinggi.

Untuk persoalan konektivitas, ACER Nitro 16 ini sudah ditanamkan slot Killer™ Ethernet E2600 dan Intel® Killer™ Wi-Fi 6 AX1650i yang mampu menghadirkan bandwidth lebih besar. Sehingga tidak ada lagi kata error, blue screen, lag atau hang yang akan kamu alami selama menggunakan laptop ini.

Nah untuk persoalan suara dan speaker, ACER Nitro 16 ini juga sudah dilengkapi dengan kamera Full HD, dua mikrofon, serta 2 speaker dengan fitur Audio DTS:X® Ultra, sehingga para pengguna bisa merasakan kualitas audio terbaik.

Speaker ganda 2 W dengan DTS:X® Ultra menciptakan suara yang makin ciamik dan pengalaman yang kian imersif layaknya speaker di bioskop.

ACER Nitro 16 ini juga sudah hadir dengan beragam port yang penting untuk dibutuhkan seperti mulai dari port HDMI 2.1, pembaca kartu microSD, dua port Thunderbolt™ 4 yang mendukung Power Delivery, dan tiga port USB 3.2 Gen 2, dengan satu port yang memungkinkan pengisian offline. Wah bisa dibayangkan akan secepat apa data yang kamu transfer setiap menggunakan laptop ini.

Untuk persoalan sistem pendingin pada mesin CPU laptop ini, ACER Nitro 16 juga hadir dengan beberapa fitur baru: kipas pendingin ganda, dua saluran masuk udara, empat saluran pembuangan panas, dan efek dingin dari logam cair di CPU.

Teknologi perangkat lunak Nitro Sense bawaan ACER juga sudah disematkan pada setiap unit laptop, sehingga memungkinkan pengguna mengatur suhu pada sistem saat digunakan, sekaligus menyesuaikan kecepatan kipas maupun kinerja agar perangkat laptop tetap dingin dalam pengoperasian yang tinggi.

Kesimpulan

Nah bagi kalian para gamer sejati atau seorang pelajar dan pekerja yang membutuhkan laptop berkecepatan luar biasa serta layar jernih, kamu bisa memasukan ACER Nitro 16 ini di wishlist kamu di tahun 2023 ini.

Penulis sendiri juga sangat tertarik untuk mencoba langsung laptop Nitro 16 ini.

Karena selain fitur unggulan yang sudah dijabarkan di atas, laptop ACER Nitro 16 juga sudah memiliki 3 tahun garansi.

Masing-masing mendapatkan 3 tahun service, 2 tahun sparepart dan 1 Tahun Acer Priority Care (Accidental Damage Protection + Layanan Prioritas).

Kira-kira kapan ya ACER Nitro 16 ini resmi meluncur di Indonesia? Mari kita tunggu tanggal rilisnya ya.