Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga, Si Fleksibel Yang Mumpuni dan Powerful

1101
Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga
Sumber: Lenovo

Apakah kamu sedang mencari laptop bisnis yang biasanya dijual dengan harga premium? Nah, ini adalah laptop bisnis yang didesain dengan matang dan harganya cenderung lebih terjangkau. Perkenalkan, ini adalah artikel review Lenovo ThinkBook 14s Yoga.

ThinkBook sendiri merupakan lini laptop bisnis kelas menengah Lenovo yang terjangkau. Dan dengan penambahan kata “Yoga” pada namanya, inilah laptop ThinkBook dengan gaya laptop 2-in-1 konvertibel.

ThinkBook 14s Yoga cocok untuk pekerja yang membutuhkan perangkat komputasi multifungsi yang dapat dengan mudah beradaptasi dengan berbagai kebutuhan bisnis.

Namun tidak hanya untuk pekerja kantoran, laptop ini juga cocok untuk pengguna umum yang sangat membutuhkan laptop seperti Lenovo ThinkBook 14s Yoga.

Spesifikasi Lenovo ThinkBook 14s Yoga

Sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai apa saja fitur canggih yang ada pada laptop ini, kamu bisa simak terlebih dahulu beberapa spesifikasi lengkap di bawah ini sebagai bahan pertimbanganmu untuk membeli dan memilih ya.

OS Windows 10 Pro
Display
  • 14-inch WVA FHD (1920×1080)
  • Corning Gorilla Glass
  • 300nits
  • Dolby Vision, 100% sRGB
Processor Up to 11th Gen Intel Core i7
Graphics Intel UHD Graphics
Memory Up to 40GB DDR4
Storage
  • Supports dual SSD storage
  • Each slot up to 1TB PCIe
Security
  • Fingerprint
  • Kensington lock slot
Ports
  • 1x Thunderbolt 4
  • 1x USB Type-C 3.1 Gen2 (w/DP+PD)
  • 1x HDMI 1.4b
  • 1x Audio (headphone/mic)
  • 1x MicroSD card slot
Wireless
  • Up to Wi-Fi 6
  • Bluetooth 5.0
Audio
  • 2x2W HARMAN-branded speakers
  • Dolby Audio
Battery
  • Up to 8.6hrs
  • 60Wh
  • Slim Type-C 65W
Weight Starts at 1.5kg/3.3lbs
Dimensions
  • 320 x 216 x 16.9mm
  • 12.59 x 8.5 x 0.67 inches
Materials
  • Anodized aluminum with dual tone color exterior
  • Corning Gorilla Glass touch display
Colors
  • Mineral grey
  • Abyss Blue (limited-edition)

Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga

Lenovo ThinkBook 14s Yoga
sumber: lenovo.com

Lenovo ThinkBook 14s Yoga tentunya memiliki desain convertible atau 2-in-1. Perangkat ini memiliki engsel 360° yang memungkinkan Lenovo ThinkBook 14s Yoga memiliki 4 mode kerja yaitu Laptop Mode, Stand Mode, Tent Mode dan Tablet Mode.

Material yang digunakanpun sudah aluminium yang membuat bodinya kokoh namun tetap ringan. Perangkat ini juga telah lolos uji ketahanan standar militer untuk memastikan keawetan perangkat dari benturan ekstrem.

Dari segi warna, model Yoga Lenovo ThinkBook 14s yang kami ulas hadir dalam warna Abyss Blue, yang juga merupakan warna Edisi Terbatas. Ada juga warna lain, mineral grey, yang merupakan warna khas laptop Lenovo ThinkBook.

Secara keseluruhan, Lenovo ThinkBook 14s Yoga memiliki tampilan tipikal laptop bisnis, terlihat “clean” tidak mencolok namun tetap glossy.

Tampilan luarnya masih mirip dengan lini ThinkBook lainnya, hanya engselnya saja yang berbeda, karena perangkat ini merupakan laptop convertible. Bagian belakang layar menggunakan Abyss Blue dengan dua tone dan terdapat tulisan ThinkBook di area kanan bawah.

Tepatnya, laptop ini berukuran panjang 32 cm, lebar 21,6 cm, dan tebal 1,69 cm. Itu cukup tipis untuk laptop konvertibel. Dari segi bobot, laptop ini berbobot 1,5 kg, dengan charger adapter seberat 183 gram.

Jadi total berat yang dibawa pengguna adalah 1,69 kg. Adaptor pengisi daya ini memiliki daya output 65 watt, dengan konektor USB Type-C. Bentuknya yang compact seperti charger smartphone sehingga mudah dibawa.

Mengenai layar, perangkat ini pasti memiliki layar sentuh 14 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel pada 60 Hz, panel IPS dengan gamut warna 100% sRGB dan kecerahan 300 Nits. Monitor ini juga mendukung teknologi Dolby Vision untuk kualitas tampilan yang lebih baik. Layar glossy biasanya digunakan untuk layar sentuh.

Pengguna juga akan lebih terlindungi ketika permukaan layar dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass yang tahan terhadap goresan saat digunakan dengan jari atau stylus.

Meskipun memantulkan beberapa bayangan, permukaannya yang mengkilap membuat warna yang ditampilkan di layar jadi lebih hidup.

Tentu saja border layarnya dibuat setipis mungkin dengan tepi kiri dan kanan yang paling tipis. Desain bezel yang tipis memungkinkan rasio screen-to-body sebesar 86%.

Pada batas tengah atas terdapat notch yang akan membantu pengguna membuka layar dengan lebih mudah dan merupakan tempat kamera 720P 30 FPS berada.

Menariknya, terdapat fungsi Flip to Start yang memungkinkan laptop menyala langsung dari keadaan mati, hanya dengan membuka layar. Kamu tidak perlu lagi menekan tombol power untuk menyalakannya.

Untuk memudahkan aktivitas menggambar dan menulis, notebook ini dilengkapi ThinkBook Yoga Integrated Smart Pen dengan tempat penyimpanan khusus di badannya.

Pena atau stylus pintar ini memiliki slot penyimpanan di sisi kanan badan laptop. Ini membuatnya mudah hilang atau ketinggalan.

Smart pen yang disertakan memiliki 4096 tingkat sensitivitas tekanan. Baterai diisi ulang secara otomatis saat Smart Pen dimasukkan ke dalam penyimpanan. Jadi pengguna tidak perlu khawatir untuk mengisi daya pena.

Pengisian daya pena selama 15 detik akan mengisi 85% kapasitas, yang dapat digunakan selama 36 menit. Dalam pengisian daya 5 menit untuk mengisi 100, dengan otonomi penggunaan 42 menit.

Perangkat Lunak Pengaturan Pena Lenovo disediakan untuk mengatur fungsi tombol dan memeriksa kapasitas baterai.

Sedangkan dari segi suara, perangkat ini menggunakan dua buah speaker Harman. Arahkan lubang suara ke arah meja saat menjadi laptop. Pengaturan profil suara dapat dilakukan di Dolby Audio Software. Kualitas suaranya cukup keras dan berkualitas tinggi.

Uji Performa

Mari kita membahas mengenai performa pada Lenovo ThinkBook 14s Yoga ini. Pada laptop ini, disediakan menu Power Smart Settings di Lenovo Vantage untuk mengatur mode performa laptop dengan opsi Smart Cooling, Extreme Performance dan Battery Saver. Pemilihan mode performa juga dapat diubah dengan cepat dengan menekan tombol Fn + Q

  • Cinebench R15 20X Loop (dengan adaptor daya)

Skor tertinggi Core i7 1165G7 pada laptop ini sepertinya mampu mencapai 867 poin pada mode Smart Cooling dan bisa naik hingga 938 poin pada mode Extreme Performance.

Sedangkan untuk Sustainable Performance, skornya bisa dipertahankan antara 730-740 poin pada mode Smart Cooling dan bisa ditingkatkan sedikit menjadi 760-770 poin pada mode Extreme Performance. Sekali lagi, Sustain Performance pas untuk laptop jenis ini.

  • Cinebench R15 20X Loop (dengan baterai)

Saat menggunakan baterai, kami menemukan bahwa performa CPU masih secepat saat menggunakan charger. Jadi pakai baterai laptop dan performa tetap kencang.

  • Rendering dengan RTX 2080 Super eGPU – 47 detik

Berkat konektor Thunderbolt, laptop ini dapat digunakan untuk melakukan skenario rendering 3D menggunakan daya tambahan dari GPU eksternal. Kamu juga bisa memasangkannya langsung dengan GPU eksternal dengan Quadro (data dilansir dari: https://www.youtube.com/watch?v=itLnQabGqvU)

Kesimpulan

Lenovo ThinkBook 14s Yoga ini sangat cocok untuk kalangan pekerja yang membutuhkan laptop bisnis multifungsi dengan performa tinggi dan fungsionalitas lengkap untuk mendukung pekerjaan harian mereka yang semakin beragam.

Tentunya juga cocok untuk pengguna biasa yang sangat peduli dan membutuhkan kemampuan yang ditawarkan oleh Lenovo ThinkBook 14s Yoga.

Berada di segmen ThinkBook, harga laptop bisnis ini relatif terjangkau dan mudah dibeli dan didapatkan secara bebas di toko elektronik offline maupun online di daerah sekitar kamu ya.

banner iklan esportsnesia