Review Logitech C270: Webcam Berkualitas dengan Harga Terjangkau!

1263
review logitech c270
Sumber: Youtube Podcastage

Apabila kamu sedang mencari informasi mengenai webcam untuk beraktivitas di depan layar maka review Logitech C270 adalah hal yang wajib untuk dicari tahu. 

Mengingat adanya pandemi membuat banyak kegiatan banyak dilakukan di depan layar PC yang memiliki kamera agar dapat menampilkan wajah terlebih saat melakukan live streaming ataupun menghadiri rapat daring.

Namun sayangnya, tidak semua PC dilengkapi dengan kamera yang berkualitas tinggi sehingga gambar yang dihasilkan seringkali masih buram dan tidak memuaskan. 

Hal inilah yang membuat banyak orang menambah gear lagi agar tampilan wajah menjadi lebih jelas, yaitu dengan menggunakan webcam.

Ada beberapa jenis webcam berkualitas namun dengan harga yang terjangkau di kelasnya yaitu Logitech C270. Penasaran dengan review Logitech C270?

Simak ulasannya pada artikel ini!

Review Logitech C270 Berdasarkan dengan Spesifikasinya

review logitech c270
Sumber: Logitech.com

Apabila kamu sering melakukan rapat, mengisi acara penting dan menghadiri secara daring maupun live streaming untuk berbagai konten mulai dari game hingga cover lagu maka peningkatan resolusi gambar dengan webcam tentu jadi hal yang sangat penting.

Namun, jika kamu tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk menambah gear PC yang dimiliki, maka review Logitech C270 merupakan pilihan yang perlu disimak.

Sebagai gambaran, berikut adalah spesifikasi dari webcam Logitech C270 yang layak untuk dimiliki, di antaranya adalah:

Dimensi 2.87 x 1.26 x 2.62 inches
Panjang Kabel  1,5 m
Berat 75 g termasuk fixed mounting clip)
Resolusi  720p/30fps
Kamera mega pixel 0.9
Jenis fokus fixed focus
Jenis lensa plastik
Mikrofon internal Mono
Jangkauan mikrofon Maksimal 1 m
Bidang pandang diagonal (dFoV) 55°
Autofocus No
Inbuilt microphone` Yes
Privacy cover No
Connection USB A

Penting untuk diingat jika webcam Logitech C270 ini hanya mendukung dan kompatibel dengan sistem Windows 7, Windows 8, Windows 10 serta mac OS 10.10 atau yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu saja, dengan spesifikasi ini, tentu kamu akan semakin mudah untuk mendapatkan kualitas gambar yang memuaskan untuk berbagai platform panggilan yang digunakan mulai dari Zoom, Skype hingga Google Meet.

Hal ini tentu tidak bisa dipisahkan dari review Logitech C270 yang memiliki spesifikasi resolusi 720p dan video 30 fps sehingga mampu untuk menampilkan kualitas video call maupun streaming yang lebih jernih, detail, kontras dan nyaman untuk dilihat.

Review Logitech C270 lainnya yang juga membuatnya dapat kokoh dan stabil pada posisinya yaitu adanya klip universal. Jadi, kamu dapat menggunakannya pada layar PC maupun meletakkannya pada rak tanpa khawatir bergeser.

Review Logitech C270 Berdasarkan Performanya

Review Logitech C270 lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan tentu dari performa yang ditawarkan. Dengan spesifikasi yang ada, webcam ini menawarkan beberapa hal yang dinilai memuaskan ketika digunakan, di antaranya adalah:

Aman Digunakan dalam Keadaan Low Light

Seringkali, webcam yang dirilis dipasaran hanya akan menampilkan gambar secara jelas saat kondisi pencahayaannya mendukung. 

Namun hal ini berbeda dengan  Logitech C270 yang tetap mampu untuk menyajikan video call walaupun dalam keadaan pencahayaan kurang (low light) sehingga dapat digunakan untuk keadaan apapun. 

Sebab, beberapa review Logitech C270 seringkali menyebutkan adanya sistem RightLight 2 dapat membantu menyeimbangkan eksposur dengan baik. Jadi secara otomatis, tentu webcam ini juga akan menghasilkan gambar yang lebih kontras dan cerah.

Walaupun bukan HDR tetapi Logitech C270 dinilai banyak orang berhasil dengan baik dalam situasi pencahayaan yang rumit.

Ini bahkan menjadi fitur yang sulit untuk ditemukan pada kamera bawaan laptop yang seringkali kesulitan untuk menyesuaikan cahaya dengan objek yang ada di depannya sehingga akan bermasalah jika terlalu terang maupun terlalu gelap.

Fitur Audio yang Lebih Jelas

review logitech c270
Sumber: Logitech.com

Review Logitech C270 selanjutnya yaitu adalah fitur audio yang jelas. Sebab, Logitech C270 juga dilengkapi dengan mikrofon internal yang sudah memiliki sistem noise reducing.

Hal ini tentu akan membantu untuk memastikan suara pengguna dapat terdengar lebih jelas meskipun berada di tempat yang agak ramai seperti kafe.

Mikrofon internal ini disebutkan mampu untuk mengurangi kebisingan di sekitar pengguna pada jarak maksimal 1,5 meter atau setara dengan 5 kaki dari tempat  webcam digunakan.

Oleh sebab itulah, Logitech C270 memiliki kualitas audio yang dapat diterima dengan baik, meskipun mikrofon hanya berfungsi dalam mono. Namun hal tersebut tentu menandakan jika tidak ada pemisahan pada stereo.

Namun, ini seharusnya tidak menjadi masalah bagi sebagian besar konsumen, yang hanya ingin suaranya terdengar jelas di panggilan video.

Desain yang Fleksibel

Desain yang dimiliki oleh Logitech C270 juga dikenal sangat fleksibel mengingat bentuknya yang kecil dan minimalis. Bahkan, kesan retro yang dihadirkan pada desainnya juga tidak mengurangi kualitas resolusi yang ada di dalamnya.

Selain itu, bobotnya yang hanya berkisar 2,65 ons tentu membuat webcam ini menjadi sangat ringan sehingga mudah untuk dibawa dan diletakkan dimanapun.

Bodi yang Kokoh dan Stabil

review logitech c270
Sumber: Logitech.com

Tidak lupa, webcam Logitech C270 juga menggunakan klip universal yang cukup kuat sehingga kompatibel untuk dipasang pada berbagai jenis laptop dan monitor dengan berbagai ukuran. 

Secara teknis, bodi yang dimiliki juga sangat stabil dan tidak miring, namun apabila dibutuhkan kamu cukup untuk sedikit memiringkan kamera ke atas dan ke bawah.

Selain itu, adanya sisipan karet juga dapat memastikan klip tidak akan menggores apa pun yang terpasang pada webcam.

Namun sayangnya, model bentuk Logitech C270 adalah vertikal sehingga penggunanya tentu tidak dapat memutar dan menggunakan webcam secara horizontal.

Review Logitech C270 Berdasarkan Harga yang Ditawarkan

Secara umum, Logitech C270 menawarkan webcam dengan desain yang sederhana namun compact, minimalis dan ringan sehingga mudah dibawa dan digunakan dimanapun secara fleksibel.

Bahkan, resolusinya yang cukup besar yaitu 720p beserta dengan adanya sistem RightLight 2 yang membantunya tetap memiliki eksposur yang baik walaupun pencahayaan kurang membuatnya mengira webcam ini memiliki harga yang mahal.

Namun nyatanya, kamu sudah bisa mendapatkan webcam Logitech C270 berkualitas untuk kebutuhan sehari-hari sekaligus mendukung produktivitas ini dengan harga mulai dari Rp. 224 Ribuan saja!

Ini merupakan harga yang sangat terjangkau mengingat kualitas dan beragamnya fitur penunjang yang ditawarkannya. Tidak hanya itu saja, webcam ini juga stabil dan mudah dioperasikan sehingga para penggunanya dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah.

Oleh sebab itu, webcam Logitech C270 HD dapat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk siapapun yang sedang membutuhkan webcam untuk konferensi video maupun siswa yang sedang sekolah daring namun dengan harga yang terjangkau.

Itulah review Logitech C270 lengkap mulai dari spesifikasi, performa keseluruhan hingga kisaran harga yang ditawarkan.

Jadi, apabila kamu sedang mencari webcam yang powerful dan berkualitas untuk kebutuhan video conference yang lebih jenih maka Logitech C270 tentu adalah jawaban yang tepat!