Review Elgato Facecam: Webcam Pilihan 2022 untuk Para Content Creator

157
review elgato facecam

Pernahkah kamu melihat benda kecil seperti sebuah lensa kamera di layar komputer atau laptopmu? Jika kamu pernah melihatnya, maka benda unik itu dikenal dengan sebutan webcam. Pada artikel ulasan kali ini. kita akan mengupas review Elgato Facecam yang merupakan webcam jernih dengan kualitas Full HD.

Namun sebelumnya, tahukah kamu bahwa webcam pertama kali dibuat dan dipasarkan di tahun 1991? Ya, pencetusnya adalah Quentin Stafford-Fraser dan Paul Jardetzky, yang kemudian webcam tersebut dinamai Xcoffee.

Webcam ini kemudian baru bisa dihubungkan ke internet pada tahun 1993 dengan bantuan Daniel Gordon dan Martyn Johnson. Selama masa uji coba, kamera tersebut digunakan untuk memantau sebuah kafe di luar Trojan Hall di Universitas Cambridge. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak harus pergi ke kedai kopi saat kehabisan stok kopi di cafe.

Jenis-jenis webcam

Ada beberapa jenis webcam yang umum digunakan orang saat ini, seperti:

USB kamera

Webcam ini cocok untuk pengguna baru karena kamu cukup mencolokkannya ke port USB tanpa harus melakukan pengaturan lain. Namun sistem operasi komputer atau laptop yang digunakan juga harus bisa mendukung penggunaan webcam.

Firewire dan Card-Based Webcam

Firewire adalah teknologi perangkat perekam video untuk kamera yang mendukungnya. Biasanya jika ada webcam dengan teknologi ini harganya relatif mahal. Bagaimana hal itu terjadi?

Alasan utamanya adalah kemampuannya yang bisa menghasilkan frame rate yang tinggi, dari 24 hingga 30 fps.

Jaringan dan kamera nirkabel

Kamera jaringan dan nirkabel adalah kamera yang tidak perlu dihubungkan ke komputer. Memang kamera ini sudah terhubung dengan modem sehingga transmisi gambar dan suara bisa langsung muncul di layar lawan bicara.


Nah pada artikel kali ini penulis akan mengulas sebuah webcam unik yang mampu menghasilkan kualitas gambar yang jernih yaitu Elgato Facecam.

Spesifikasi Elgato Facecam

Sebelum kita lanjut membahas mengenai fitur unggulan dari si Elgato Facecam ini, kamu bisa simak beberapa spesifikasi berikut sebagai bahan pertimbanganmu dalam memilih dan membeli ya.

  • Supported Resolutions (uncompressed) 1080p, 720p, 540p 60 and 30 fps
  • Optics: Elgato Prime Lens (all-glass)
  • Focus Range: 30 – 120 cm (11.8 – 47.2 in)
  • Aperture: f/2.4
  • Focal Length: 24 mm (*full-frame equivalent)
  • Field of View: 82° (diagonal)
  • Sensor: Sony® STARVIS™CMOS
  • Connection: USB 3.0 (or better), Type C
  • Dimensions: W 79 x H 48 x D 58 mm | 3.1 x 1.9 x 2.3 in (without mount)
  • Weight: 96 g |0.21 lb (without privacy cap and mount)
  • System Requirements:Windows 10 (64-bit), Intel or AMD CPU, macOS 11.0, Intel or Apple CPU USB 3.0 or higher8

Review Elgato Facecam

Elgato baru -baru ini mengumumkan kehadiran webcam bernama Facecam. Webcam baru ini akan memudahkan pembuat konten dan gamer untuk melakukan siaran langsung atau membuat konten dengan kualitas gambar yang lebih baik.

FYI, Elgato Facecam ini juga langsung menyabet penghargaan CES Innovation Awards 2022 Honoree lho!

Di balik desainnya yang sangat kompak, webcam ini memiliki sensor Sony Starvis CMOS. Ukuran sensornya dikatakan dua kali ukuran sensor webcam biasa.

Tepat di depan sensor gambar terdapat lensa Elgato Prime Lens dengan panjang fokus 24mm dan aperture F/2.4.

Dengan demikian, gambar yang dihasilkan tentunya akan lebih tajam dan detail. Sensor tersebut mampu menangkap gambar dengan resolusi hingga Full HD 1080p 60 fps.

Apalagi, gambar yang dihasilkan akan selalu tajam dan bebas blur berkat desain fixed focal length yang dibawanya.

Kemudahan lain yang diberikan oleh Facecam adalah sistem plug-and-play. Artinya, webcam ini bisa langsung digunakan saat terhubung ke PC melalui koneksi USB 3.0 dan Type-C.

Elgato juga mendukung aplikasi Camera Hub. Aplikasi ini menyediakan banyak pengaturan kamera manual. Mirip dengan pengaturan pada kamera DSLR atau mirrorless.

Opsi penyesuaian yang tersedia adalah white balance, kecepatan rana kamera, ISO, dan lainnya.

Dengan begitu, bisa disesuaikan dengan kondisi pencahayaan di dalam ruangan. Elgato juga menyediakan memori internal yang berguna untuk menyimpan semua pengaturan tersebut.

Elgato Facecam ini juga sudah mendukung keluasan gambar hingga 82 Degree serta Optimized Fixed Focus. Wah paket lengkap ya, jadi gambar yang dihasilkan sudah tajam dan luas juga.

Nah, dimana ada kelebihan disitu ada kelemahan. Yang mengecewakan adalah Facecam ini tidak memiliki mikrofon sama sekali. Ada kemungkinan Elgato berpikir konsumennya akan lebih nyaman dengan mikrofon eksternal atau headset built-in, terutama karena Elgato sendiri menjual mikrofon USB beserta berbagai aksesorisnya secara terpisah.

Harga Webcam Elgato Facecam

Untuk range harga pasaran dari Elgato Facecam ini dibanderol mulai dari Rp 2.5 jutaan saja. Dengan harga tersebut kamu sudah mendapatkan 1 unit Elgato Facecam, USB-C to USB-A cable dan tutup lensa kamera serta manual book-nya.