Review Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U: Laptop Ringan dengan Segala Kelebihan yang Harus Kamu Ketahui

1272
Review Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen
Sumber: lenovo.com

Work From Home (WFH) dan Work From Anywhere (WFA) sudah menjadi kebiasaan rutin masyarakat diseluruh dunia bahkan Indonesia sejak pandemi berlangsung selama 2 tahun ini.

Barang elektronik dan koneksi internet yang mumpuni sudah merupakan makanan sehari-hari kita setelah nasi. Zaman semakin canggih dan maju di setiap harinya.

Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U
Sumber: lenovo.com

Berbicara soal barang elektronik yang selalu kita pakai sehari-hari yaitu gawai dan laptop. Kedua perangkat inilah yang siap menjadi partner kita ketika bekerja, sekolah maupun aktifitas lainnya secara online.

Namun untuk penggunaan yang agak berat, laptop masih menjadi primadona semua orang untuk bekerja.

Pemilihan laptop-pun tidak boleh asal sembarangan pilih, selain dari brand dari laptop itu sendiri, build quality, harga, dan fitur-fitur yang tersematkan juga sudah harus berkualitas agar tetap awet dipakai hingga bertahun-tahun.

Nah review laptop kali ini kita akan membahas satu laptop yang menurut penulis sudah sangat bagus dengan harga yang masih tergolong terjangkau.

Pada artikel kali ini kita akan melakukan review Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U. Laptop dari Lenovo ini merupakan salah satu laptop Lenovo yang hadir dengan harga terjangkau namun diperkaya dengan segudang fitur terbarukan di dalamnya.

Penasaran apakah laptop ini cocok buat menunjang segala aktifitas atau fitur apa saja yang ada pada laptop ini? Simak review berikut ini ya.

Spesifikasi Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U

Blue body Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U
Sumber: lenovo.com

Sebelum kita membahas keseluruhan fitur lengkap dari si Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U ini, simak dulu spesifikasi lengkap di bawah ini sebagai bahan pertimbangan kamu untuk membeli ya.

  • Processor: AMD Ryzen™ 5 5500U Processor (6 Cores / 12 Threads, 2.10 GHz, up to 4.00 GHz with Max Boost, 3 MB Cache L2 / 8 MB Cache L3)
  • Operating System: Windows 11 Home 64
  • Display Type: 39.62cms (15.6) FHD (1920 x 1080), TN, Anti-Glare, Non-Touch, 250 Nits
  • Memory: 4 GB Soldered DDR4 3200MHz + 4 GB SO-DIMM DDR4 3200MHz
  • Hard Drive: 512 GB M.2 2280 SSD
  • Optical Drive: None
  • Warranty: 2 Years Onsite
  • Speaker: Stereo, Dolby® Audio™
  • AC Adapter: 65W Round Tip
  • Software Preload: Office Home and Student 2021
  • Touch Screen: No
  • Graphics: Integrated AMD Radeon™ Graphics
  • Ports: 1xUSB 2.0, 1xUSB 3.2 Gen 1, 1xUSB-C 3.2 Gen 1, HDMI 1.4b, 1xCard reader, Headphone / microphone combo jack (3.5mm)
  • Weight: 1.4 Kgs
  • Battery: 3 cell, 45Wh, Upto 9 hours
  • Camera: 720p HD with PrivacyShutter
  • Fingerprint Reader: No
  • Keyboard: Backlit, English
  • Pointing Device: ClickPad
  • Wireless: 11AC (2×2) & Bluetooth® 5.0

Review Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U

Laptop zaman sekarang mayoritas harus memiliki image cepat, ringkas, simple dan tahan lama. Penulis rasa semua ungkapan-ungkapan tersebut sudah ada dalam laptop ini.

Lenovo dengan sebuah brand elektronik ternama seperti ini sudah dikenal dengan perilisan laptop-laptop yang bagus-bagus dan tidak pernah mengecewakan.

Aspek Visual Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U

Dimulai dari aspek visual dari laptop ini secara keseluruhan body-nya terbuat dari plastik polikarbonat, namun masih cukup kokoh dan tidak flexing.

Dan terlihat juga di sisi sebelah kiri ada 1 port USB type-A 2.0, 1 port HDMI 2.0, 1 port USB Type C 3.0 Gen 2 dan colokan earphone. Di sisi sebelah kanan ada 1 port SD Card full size dan 1 port USB 3.2 gen 2.

Untuk aspek visual pada layarnya sudah Full HD (1920×1080) dengan rasio 16:9. Panel yang digunakan yaitu IPS LCD dengan kontras warna 45% sRGB. Kamu juga bisa mengatur kecerahan layarnya hingga 300 nits.

Dikarenakan layar pada laptop ini berbahan matte, penulis merasakan ada sedikit kekurangan yaitu gambar dan cahaya yang ditampilkan sedikit buram jika diletakkan dibawah sinar lampu atau sinar matahari secara langsung.

Untuk segi visual keyboard-nya sudah menggunakan backlight keyboard sehingga memudahkan kamu untuk mengetik dalam gelap atau kurang cahaya.

Laptop ini juga sudah dibekali dengan Webcam bawaan dengan kualitas 720p dan sudah termasuk software kamera bawaan dari Lenovo. Untuk kualitas kamera dan microphone-nya, penulis merasa sudah cukup jernih digunakan untuk meeting secara online.

Ohya, untuk persoalan warna, laptop Lenovo Ideal Slim 3 ini memiliki 4 varian warna yakni black, blue, grey dan cream.

Aspek Performa Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U

Performa gaming

cream body Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U
Sumber: lenovo.com

Penulis juga sudah penasaran dengan kualitas performa dari laptop Lenovo ini, apakah sanggup diajak kerja berat? Mengingat laptop ini juga sudah memakai RAM sebesar 8 GB. Penulis langsung mengecek menggunakan hasil skor Cinebench R23 (Benchmark CPU).

Angka yang didapatkan yaitu 6573 (menggunakan daya baterai) dan 6590 (menggunakan daya listrik).

Dan untuk skor 3DMark Night Raid  (Benchmark GPU) ada di angka 12312. Dari angka tersebut secara performa benchmark sudah cukup cepat dan responsif untuk menggunakan beragam software secara bersamaan.

Setelah pengujian skor benchmark CPU dan GPU, penulis juga penasaran dengan performa untuk bermain game. (Dilansir dari https://www.youtube.com/watch?v=xo9jKLf0rBw)

Penulis juga sudah mencoba menggunakan 2 jenis game di bawah ini sebagai bahan pengujian dan hasilnya cukup memuaskan dan mulus.

  • CS GO (Full HD low) 90-130 FPS
  • Apex Legends (720p low) 60-90 FPS (sesekali drop menjadi 40 FPS saat transisi scope-in)

Performa produktifitas

body Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U
Sumber: lenovo.com

Setelah penulis mencoba untuk bermain game, kali ini percobaan yang sedikit lebih ringan yaitu soal software produktifitas seperti Office, Autocad, MATLAB, Python, Sketchup, dan Video Editing dengan Resolve.

Ketika menjalankan test performa, penulis tidak merasakan kendala sama sekali semuanya mulus dan lancar digunakan. Untuk test rendering penulis menggunakan Davinci Resolve dengan kualitas Full HD 2 layer dan mendapatkan angka durasi 09:10. Angka durasi tersebut masih tidak terlalu lama dan masih dalam batas wajar.

Performa baterai

Apalah artinya kekuatan performa gaming dan software produktifitas jika tidak ada sumber daya didalamnya. Ya, aspek performa baterai juga sangat penting untuk di test secara langsung. Setelah semua performa sudah dijalankan, penulis menghitung sudah kurang lebih 5 jam laptop ini menyala. Ketika penulis melakukan pengukuran suhu saat posisi laptop kerja berat, angka suhu yang didapat berkisar 43,3 – 34,1 derajat celcius.

Aspek UpgradababilityLenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U

Mari kita melihat bagian dalam dari laptop Lenovo Idealpad ini. Untuk persoalan Upgradabability, kamu bisa mengganti RAM atau SSD dengan kapasitas dan kekuatan yang lebih tinggi lagi.

Untuk RAM 8 GB yang sudah tertanam didalam laptop ini ada 4 GB sudah disolder dan 4 GB yang bisa diganti jadi kalau kamu ingin ganti, kamu bisa ganti yang 8 GB atau 12 GB.

Namun penulis beranggapan bahwa yang 8 GB saja sudah sangat cukup untuk digunakan.

Untuk sistem cooling fan dan heat pad-nya masing-masing ada 1 cooling fan dan 1 heat pad di dalamnya.

Kesimpulan

Black body Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U
Sumber: lenovo.com

Penulis beropini bahwa Lenovo Idealpad Slim 3 Ryzen 5500U ini secara keseluruhan sudah sangat mantap untuk diajak kerja berat maupun kerja ringan.

Kipas yang dihasilkan juga tidak berisik. Bobot yang tidak terlalu berat (hanya 1,4 kg) dan minimnya lag dan lambat ketika digunakan.

Namun ada beberapa kelemahan yang dirasakan oleh penulis sendiri yaitu penulis masih berharap kualitas pada webcamnya perlu ditingkatkan kembali hingga Full HD 1080p.

Penulis juga menyarankan jika pekerjaan kamu membutuhkan software artistektur atau desainer grafis yang jauh lebih berat, laptop ini dirasa kurang cocok ya.

Penulis juga mengharapkan untuk panel IPS LCD-nya agar bisa lebih terang dan tidak memantulkan banyak bayangan ketika digunakan. Oh ya, untuk harga pada laptop ini ada di rentang harga 7-9 jutaan saja.