SMK Karya Guna 1, SMK Bonavita Melaju ke Grand Final MLBB Sparctix 26

0
275
Grand Final MLBB Sparctix 26
Selatan Arvi “Avidi” dan Rayya “Upeng”, komentator babak semifinal 1 eSport Sparctix High School League Challenge.

SMK Karya Guna 1 Bekasi dan SMK Bonavita Tangerang adalah 2 tim yang sudah dipastikan akan melesat ke babak Grand Final MLBB Sparctix 26 High School League Challenge, setelah bertempur di babak semifinal kompetisi mobile esports pertama antar SMA/SMK di tingkat nasional kemarin.

Pada babak pertandingan pertama, SMK Karya Guna 1 Bekasi, Jawa Barat, mengalahkan SMAN 12 Tangerang Selatan, Banten, 2-0 dalam pertandingan dengan sistem best-of-three yang berlangsung di pagi hari.

Perolehan nilai sempurna 2-0 juga dicatatkan SMK Bonavita Tangerang, Banten, yang mengalahkan SMK Citra Negara Depok, Jawa Barat, di sesi kedua yang dilaksanakan pada siang hari.

Kedua tim esports ini akan berlaga pada babak Grand Final yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2020. Pemenang pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 7.000.000,- dan pemenang kedua sebesar Rp 4.500.000,-.

Pemenang ketiga akan mendapatkan hadiah Rp 2.500.000,- sementara supporter terbaik akan mendapat hadiah Rp 1.000.000,-.

“Kami tidak terlalu banyak menyiapkan persiapan untuk final, mungkin sama seperti sebelumnya. Kami tidak terlalu banyak latihan,” ujar kapten tim SMK Karya Guna 1 Bekasi Farid Azhar.

“Yang penting saling percaya satu sama lain. Tips kemenangan kami memiliki satu tujuan, mempunyai mental untuk membentuk chemistry.”

Sementara itu, kapten tim SMK Bonavita Yoofi Hosea mengatakan timnya hanya bermodal sabar, tidak boleh “mukil”, atau terlalu bernafsu untuk melakukan kill. “Yang penting paham rotasi dan harus saling percaya antar anggota tim.”

SMAN 12 Tangerang Selatan dan SMK Citra Negara akan memperebutkan tempat ketiga.

Selain gim MLBB, kompetisi ini juga mempertandingkan gim populer lainnya yaitu PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile dengan prizepool yang sama dengan cabang MLBB.

Untuk cabang PUBG Mobile sendiri, telah tersaring 16 tim yang akan bertanding di babak Grand Final. Pemenang akan ditentukan oleh klasemen poin tertinggi dari lima match.

Komposisi hadiah untuk para pemenang sama dengan gim MLBB.

Kedua gim tersebut dipertandingkan karena dapat meningkatkan skill kerja sama tim, kekompakan, strategi, sportivitas, disiplin, dan juga decision making.

Sparctix High School League Challenge adalah kompetisi esports antar SMA/SMK pertama di tingkat nasional dengan total hadiah Rp 30.000.000,-. Kompetisi ini diadakan oleh SMAN 26 Tebet Barat, Jakarta Selatan, bekerja sama dengan Yamisok yang merupakan publisher gim terdepan di Indonesia.

Kompetisi ini diikuti oleh 128 tim MLBB dan 80 tim PUBG Mobile yang mewakili sekolahnya masing-masing dari seluruh Indonesia, mulai dari Aceh Tenggara, Pekanbaru, Batam, Cilegon, Bandung, Palangkaraya, Makassar, Sorowako, serta masih banyak lagi.

Semua kegiatan eSports Sparctix ini dapat dikuti di kanal YouTube Yamisok Live dan Sparctix 26.

Ibu Kepala Sekolah SMAN 26 Jakarta sangat menyambut baik kompetisi pelajar skala nasional ini. Apalagi disaat kondisi pandemi yang tengah melanda Tanah Air.

“Menurut saya, acara ini menjadi sebuah ajang yang positif bagi anak-anak,” ungkap Dra. Hj. Sri Sariwarni, M.Pd, selaku kepala sekolah

“Di saat kondisi pandemi yang menghentikan beberapa aktivitas seperti sekarang ini, bersyukur para siswa/siswi dari SMAN 26 Jakarta mampu memperoleh solusi di tengah ketidakmungkinan dan memanfaatkannya mejadi peluang baru yang positif.”