Mengenal Talent AoV (Arena of Valor)

0
121
Talent Arena of Valor | Esportsnesia.com

Talent adalah atribut tambahan yang berguna untuk meningkatkan kemampuan hero dalam permainan. Dalam Arena of Valor (AoV), terdapat 10 jenis talent yang memiliki efek dan cooldown yang berbeda. Talent dapat diperoleh dengan meningkatkan level akun.

Sebelum memasuki arena pertarungan, player dapat memilih 1 dari 10 talent untuk dipakai. Setiap talent memiliki kegunaannya masing-masing. Pada tulisan ini, Esportsnesia akan membahas kegunaan setiap talent yang ada di Antaris.

Dalam mekanisme permainannya, Arena of Valor (AOV) menyediakan skill talent yang akan membantu pemain untuk memiliki spell tambahan selain 4 ability yang dimiliki setiap hero. Talent ini memiliki fungsi yang bervariasi untuk mendapatkan status tambahan, debuff, escape tools, dan masih banyak lagi.

Saat ini terdapat 9 talent yang bisa dipakai, yaitu Sprint, Execute, Punish, Roar, Heal, DisruptDazePurify, dan juga Flicker.

Tiap talent tersebut akan dapat digunakan seiring peningkatan level dari akun yang digunakan. Kita dapat melihat talent di menu dengan mengakses Armory dan kemudian memilih Talents.

Cooldown dari masing-masing talent tidak memberikan efek kepada kecepatan cooldown dari item maupun skill bawaan hero kita.

Penasaran dengan mekanisme talent? Ayo simak tulisan di bawah ini untuk mengenal lebih jelas apa saja kegunaan dan rekomendasi hero untuk tiap-tiap talent yang ada.

1

Sprint

- Cooldown 100 detik
- Menambah 30% movement speed selama 10 detik
- Tersedia sejak awal

Sprint sebaiknya digunakan untuk mengejar musuh atau melarikan diri ketika melihat atau merasakan bahaya akan dikepung oleh tim musuh. Sprint cocok digunakan untuk hero yang pergerakannya lambat, seperti Grakk dan Mina.

2

Execute

- Cooldown 90 detik
- Secara instan menyerang hero musuh dengan damage maksimum 16% dari jumlah HP 
  musuh yang sudah hilang, dalam bentuk true damage
- Tersedia ketika akun pemain mencapai level 3

Execute sebaiknya digunakan untuk target musuh yang sudah sekarat, apalagi musuh yang bisa lolos melarikan diri. True damage yang berdasarkan HP musuh ini sangat cocok dipakai untuk melawan hero tank dan warrior yang memiliki HP dan armor yang tinggi.

Baca juga:  Apa Itu The International?

Execute cocok digunakan oleh hero damage-dealer yang memiliki jarang serang melee, seperti Butterfly dan Zanis.

3

Punish

- Cooldown 30 detik
- Memberikan 740 + (60*level) true damage ke minion musuh atau monster, kemudian
  memberi efek stun selama 1 detik
- Tersedia ketika akun pemain mencapai level 5

Punish biasanya dipakai oleh hero yang memiliki role jungler pada saat early game. Damage dari talent ini sangat membantu dalam proses jungling. Talent ini menjadi sangat berguna ketika ingin mendapatkan last hit dari monster penting, seperti Abyssal Dragon atau Dark Slayer.

Damage dari punish akan terus bertambah mengikuti item lain yang dibeli untuk jungling.
Punish akan berubah menjadi Frostbite setelah membeli jungling item tier 2.

Talent ini cocok digunakan oleh role jungler, seperti Batman dan Kriknak

4

Rage

- Cooldown 60 detik
- Menambah 60% attack speed dan 10% attack damage selama 5 detik
- Tersedia ketika akun pemain mencapai level 7

Rage berguna untuk memberikan burst damage di awal team fight atau saat melihat damage tim yang seimbang dengan hero musuh. Dapat juga dipakai untuk hero yang menggunakan item atau ability yang hanya aktif setelah beberapa kali menyerang musuh.

Rage cocok digunakan oleh hero dengan ability yang hanya aktif setelah beberapa kali menyerang musuh, atau hero dengan damage buff yang aktif sementara. Contoh hero yang cocok untuk menggunakan talent ini: Valhein, Yorn, Lu Bu, dan Zanis.

5

Heal

- Cooldown 120 detik
- Secara instan akan memulihkan HP hero dan tim sebanyak 15% dan menambah 15% 
  movement speed selama 2 detik
- Tersedia ketika akun pemain mencapai level 9

Heal akan memulihkan HP yang hilang dalam sekejap dan memberi movement speed tambahan. Talent ini sangat berguna dalam team fight, apalagi untuk hero yang tugasnya memancing musuh. Dengan HP yang sudah terisi kembali dia bisa segera kembali membantu dalam team fight.

Heal sangat cocok digunakan oleh hero dengan role tank dan support, seperti Chaugnar, Toro, Alice, dan Peura.

6

Disrupt

- Cooldown 60 detik
- Mendiamkan tower selama 5 detik
- Tersedia ketika akun pemain mencapai level 11

Disrupt berkemampuan untuk menonaktifkan tower musuh. Talent ini bisa dipakai untuk mengincar musuh yang mengira dirinya aman berada di dekat tower; serta dipakai untuk menyerang tower musuh setelah semua minion kita gugur.

Baca juga:  Dari Sabang Hingga Merauke, Komunitas AOV Pekanbaru Hadir untuk Indonesia

Disrupt umumnya dipakai oleh role assassin, atau siege hero, seperti Batman, Zephys, Violet, dan Yorn.

7

Daze

- Cooldown 90 detik
- Memberikan efek stun ke musuh di dekat kita selama 0.5 detik, kemudian 
  mengurangi movement speed mereka selama 1 detik.
- Tersedia ketika akun pemain mencapai level 13

Daze bisa digunakan sebagai alat bantu untuk melarikan diri ketika musuh sudah terlalu dekat dengan hero kita, atau dipakai untuk membantu kawan kita dalam team fight.

Walaupun efek stun dari Daze berdurasi sangat pendek, talent ini cukup untuk menghentikan musuh yang sedang channeling atau menggagalkan opening musuh dalam team fight.

Daze cocok digunakan oleh role mage dan initiator, seperti Krixi, Ilumia, Lumburr, dan Toro.

8

Purify

- Cooldown 120 detik
- Menghapus semua debuff dan control effect yang ada di hero dan memberikan 
  kekebalan dari efek debuff lainnya selama 1.5 detik
- Tersedia ketika akun pemain mencapai level 15

Purify sangat berguna untuk menghancurkan strategi dan skill combo dari tim musuh dalam team fight, karena bisa menghilangkan debuff seperti stun, slow dan debuff lainnya.

Purify berguna untuk hero tank dan yang bergantung pada mobilitas, seperti Taara, Arthur, Kriknak, dan Thane.

9

Flicker

- Cooldown 120 detik
- Memberi efek teleport jarak dekat untuk hero
- Tersedia ketika akun pemain mencapai level 17

Flicker memberi kemampuan untuk memindahkan posisi hero dalam sekejap dan mengabaikan semua rintangan. Flicker bisa digunakan untuk melarikan diri atau memulai team fight, serta membantu hero yang biasanya lambat bergerak untuk menempatkan dirinya ke posisi yang lebih strategis.

Flicker berguna untuk hero yang tidak mempunyai escape ability atau untuk hero initiator, seperti Grakk, Ilumia, Toro, Lumburr, dan Thane.


Setelah mempelajari semua talent di atas, jangan lupa untuk tetap menghargai teman satu tim, karena kita tidak bisa memenangkan permainan jika ke-5 hero di tim, tidak mau saling membantu satu sama lain.

Orang yang menjengkelkan pasti tidak akan dibantu oleh temannya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu bersikap baik kepada orang lain ya, sob.

Baca juga:  Apa Itu Super Smash Bros.?

(Disunting oleh Satya Kevino)