Dijamin Efektif, Ini Cara Mengubah DPI FF HP Samsung agar Main Makin Lancar!

1348
cara mengubah dpi ff hp samsung
Sumber: Youtube Lam Alif

Mengetahui cara mengubah DPI FF HP Samsung tentu merupakan hal yang penting agar permainan menjadi jauh lebih lancar dan tidak lag.

Seperti yang sudah kita ketahui jika Free Fire merupakan game Battle Royale dengan genre Frames Per Second (FPS) sehingga kondisi grafis menjadi hal yang krusial jika ingin permainan berlangsung dengan lancar.

Pada mode permainan yang biasa saja, pemula di game Free Fire ini akan sulit mengalahkan lawan yang pro sehingga dibutuhkan trik tembakan untuk membuat lawan langsung jatuh pingsan. Salah satu cara paling efektif yang bisa dilakukan adalah dengan headshot.

Istilah headshot ini diperuntukkan sebagai teknik menembak lawan dalam permainan Free Fire tepat di kepala target sehingga cepat kalah.

Namun sayangnya teknik ini hanya bisa dilakukan dengan mengatur DPI yang benar. Oleh sebab itu, yuk simak cara mengubah DPI FF HP Samsung dengan mudah pada artikel di bawah ini!

Cara Mengubah DPI FF HP Samsung yang Efektif

Jika kamu merupakan pengguna HP Samsung dan ingin bermain Free Fire dengan lebih nyaman maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah pengaturan DPI-nya.

Umumnya, semakin tinggi pengaturan dari angka DPI yang dilakukan maka tentu akan semakin bagus pula grafis yang dihadirkan ke layar pengguna baik itu dari segi ketajaman, layout maupun karakter di dalam game tersebut.

Keunggulan inilah yang dikorelasikan dengan semakin meningkatnya DPI maka visual game akan jadi semakin jelas sehingga pemain dapat melihat bagian kepala musuh dengan tepat dan mampu melakukan headshot secara akurat.

Jika kamu tertarik untuk meningkatkan kemampuan tersebut, maka berikut adalah cara mengubah DPI FF HP Samsung yang perlu kamu lakukan, diantaranya adalah:

1. Mengaktifkan Opsi Pengembang

cara mengubah dpi ff hp samsung
Sumber: Youtube Lam Alif

Cara mengubah DPI FF HP Samsung paling utama yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mengaktifkan opsi pengembang terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah cepat untuk mengaktifkannya, yaitu:

  • Masuk ke dalam menu pengaturan atau setelan.
  • Kemudian scroll hingga bertemu pilihan “Tentang Telepon” dan klik bagian tersebut.
  • Pilih opsi informasi perangkat lunak.
  • Selanjutnya, temukan pilihan “Nomor Versi” dan tekan hingga 7 kali ketukan.
  • Lalu sistem akan meminta pengguna untuk memasukkan sandi atau pola keamanan telepon yang sudah pernah di setting sebelumnya.
  • Barulah setelah itu akan muncul notifikasi bahwa mode pengebang telah diaktifkan.

2. Pengaturan dan Cara Mengubah DPI FF HP Samsung

cara mengubah dpi ff hp samsung
Sumber: Youtube Lam Alif

Setelah opsi pengembang sudah diaktifkan, maka cara mengubah DPI FF HP Samsung yang selanjutnya adalah degan langsung mengatur angka yang tepat untuk smartphone tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti, yaitu:

  • Buka kembali menu pengaturan atau setelan pada HP Samsung milikmu.
  • Scroll ke bawah dan klik “Pilihan Pengembang”.
  • Scroll kembali HP-mu dan pilih opsi “Lebar Minimum”.
  • Setelah itu, kamu dapat merubah angka default DPI yang telah tertulis sebelumnya dengan menambahkan angka 100. Misalnya default DPI 411 menjadi 511.
  • Lalu tekan OK untuk menyimpan pengaturan yang telah disesuaikan.

Setelah itu, kamu dapat melihat tampilan pada smartphone tersebut yang semakin berjarak. Hal tersebut menandakan jika DPI pada HP Samsung sudah berhasil diubah dan permainan Free Fire tentu akan semakin bagus grafisnya.

Lalu, jika dirasa pengaturan angka DPI yang sudah dilakukan masih kurang sesuai, maka kamu dapat mengulang cara tersebut kembali dan menyesuaikannya dengan angka yang lebih tepat.

Keuntungan Mengetahui Cara Mengubah DPI FF HP Samsung

Pengaturan DPI ini tentu akan berbeda setiap jenis HP, tipe maupun luas layar mengingat hal tersebut merupakan komponen yang personal. Namun secara umum, dengan mengetahui cara mengubah DPI FF HP Samsung maupun yang lainnya maka aiming pada game Free Fire yang dimainkan akan menjadi jauh lebih cepat dan sensitif.

Oleh sebab itu, dengan mengatur DPI FF maka angkanya dapat semakin ditingkatkan menjadi lebih besar sehingga sensitivitas dan kepadatan di tiap pixel yang muncul pada layar juga akan mengalami peningkatan. Hal ini tentu akan mendukung pengalaman bermain yang lebih memuaskan.

Salah satu yang paling terasa saat DPI sudah ditingkatkan yaitu scroll dan swipe layar menjadi jauh lebih halus dan tajam sehingga bidikan senjata pada target khususnya headshot juga akan jadi lebih cepat dan akurat.

Rekomendasi DPI FF Terbaik untuk HP Samsung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika DPI bersifat personal sehingga umumnya akan berbeda-beda pengaturannya untuk setiap jenis HP, termasuk juga Samsung. 

Ada beberapa rekomendasi DPI FF terbaik untuk HP Samsung yang dapat kamu pilih dan disesuaikan dengan kondisi perangkatmu, diantaranya adalah:

  • DPI 420-500: Cocok untuk HP Samsung dengan sensitivitas tinggi sehingga dapat melakukan drag shoot dengan lebih mulus dan akurat.
  • DPI 500-600: Cocok untuk tipe HP Samsung dengan sensitivitas layar yang rendah sehingga lebih mudah untuk melakukan headshot.
  • DPI 600-622: Cocok bagi siapapun yang merasa DPI 500 masih terasa kurang agar drag shot dalam jarak jauh dapat jadi lebih optimal.

Penambahan DPI dibandingkan dengan angka default-nya tentu secara otomatis akan meningkatkan sensitivitas HP dengan signifikan. Jadi, kamu dapat mencoba DPI tertentu sehingga mendapatkan yang cocok dengan kondisi HP milikmu terutama ketika bermain Free Fire.

Namun sangat disarankan agar mengatur DPI dengan angka yang tidak terlalu jauh dari defaultnya dengan maksimal selisih 100 angka saja.

Sebab bila DPI yang dipasang terlalu tinggi maka seringkali dapat mengakibatkan HP bootloop dan tidak bisa hidup karena beban yang dimiliki semakin besar.

Jadi pastikan untuk mengingat angka default sebelum DPI diubah dan mengembalikannya lagi ke posisi semula setelah selesai digunakan. Sebab semakin tinggi DPI yang diatur maka akan semakin sensitif pula HP yang dimiliki dan jika berlebihan akan mengakibatkan terjadinya beberapa gangguan.

Risiko Mengubah DPI FF pada HP

Memang benar jika mengetahui langkah-langkah dan cara mengubah DPI FF HP Samsung akan mempermudah pemain untuk melakukan headshot karena adanya peningkatan resolusi dan grafis yang dimiliki. 

Namun sayangnya, salah satu risiko paling utama saat seseorang mengubah DPI pada smartphone tentu akan terjadi modifikasi yang dipaksakan sehingga dapat mengurangi usia perangkat tersebut.

Jadi, lebih mudah bagi HP untuk mengalami gangguan dan kerusakan yang tidak diinginkan.

Hal ini tentu disebabkan oleh sistem pada smartphone yang harus bekerja lebih keras dibandingkan dengan default yang sudah ditentukan dari pabriknya.

Bahkan, efeknya juga akan terasa pada mudahnya mesin mengalami overheating sehingga baterai jadi lebih mudah habis dan aus perlahan-lahan.

Jadi tidak menutup kemungkinan jika HP milikmu bisa mati sendiri karena tidak sanggup menahan tekanan diluar batas yang telah ditentukan.

Itulah cara mengubah DPI FF HP Samsung beserta keuntungan dan risiko yang harus dipertimbangkan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?