Apa Itu Chess Rush?

0
202
Apa Itu Chess Rush?

Setelah sekian waktu jagad mobile esports diramaikan oleh genre-genre MOBA dan battle royale, kini alam mobile gaming digemparkan dengan kehadiran genre auto battler. Tak tanggung-tanggung genre pendatang baru ini sudah memiliki turnamen esports-nya sendiri.

Salah satu faktor penyebab melejitnya kepopuleran judul game ini adalah kemudahannya untuk dimainkan dan dikuasai. Genre ini tidak menuntut performa fisik secara intens.

Berawal dari booming-nya custom game Dota 2, yaitu Auto Chess, hari ini telah banyak developer game yang ‘terundang’ untuk turut mengembangkan game bergenre ini.

Salah satu developer game dari Tiongkok, yaitu Tencent, tak mau ketinggalan tren ini, sehingga Chess Rush pun turut meramaikan persaingan genre auto battler.

Chess Rush screenshot

Chess Rush dirilis secara resmi pada 4 Juli 2019 pada perangkat berbasis Android dan iOS. Chess Rush juga hadir dengan mengadopsi grafis 3D. Hingga hari ini sejak awal perilisannya, Chess Rush sudah diunduh sebanyak lebih dari 5 juta unduhan.

Nah, tanpa menunda lagi, mari kita kupas permainan Chess Rush ini bersama-sama.

Gameplay Chess Rush

Layaknya judul auto battler lain sudah yang rilis terlebih dahulu, Chess Rush juga memiliki impresi yang sama dimana para pemain akan beradu strategi di atas papan catur 8×8.

Fokus dari permainan ini didasarkan pada kemampuan bertahan tiap player dalam menghadapi serangan musuh (baik itu monster ataupun pemain lain) hingga permainan hanya menyisakan seorang pemain atau tim.

Dalam menghadapi serangan musuh, kamu akan dituntut untuk menyusun berbagai strategi combo baik itu berdasarkan race maupun class. Untuk membentuk combo tersebut pun ada tantangan tersendirinya terutama dalam bertaruh pada peluang statistik rarity hero yang bisa didapat.

Hero bisa diperkuat dengan berbagai cara, mulai dari menaikkan levelnya, memberi efek sinergi, hingga memberikan item. Level hero bisa ditingkatkan dengan mengumpulkan 3 hero yang sama. Level maksimum hero adalah 3.

Mode Permainan

Chess Rush menawarkan 4 gaya permainan, yaitu Classic Mode, Turbo Mode, Co-op Mode dan Squad Clash.

Classic Mode menawarkan gaya permainan yang kasual dimana pemain akan melawan monster di babak tertentu dan selebihnya berkompetisi untuk bertahan dan mengalahkan susunan deck musuh.

Baca juga:  Apa Itu Fortnite: Battle Royale?

Mode Chess Rush

Salah satu mode yang cukup unik adalah Turbo, dimana pemain dapat menyelesaikan game lebih cepat daripada mode lainnya. Seperti game auto battler lainnya, Chess Rush juga memiliki Mode Dasar (Basic) bagi player yang masih awam untuk mengenali mekansime game ini.

Sedangkan, Co-op Mode adalah mode dimana pemain akan membentuk 1 tim dengan pemain lainnya, dan bersama-sama akan berjuang untuk bertahan melawan 3 tim lainnya dalam satu match.

Tidak hanya itu, dalam Co-op Mode kamu juga bisa meminjamkan 2 hero kamu kepada teman setim untuk bisa membentuk combo tambahan yang biasanya tidak bisa dilakukan di Classic Mode.

Squad Clash adalah mode baru Chess Rush untuk mode pertarungan 4v4. Bila Co-Op membagi arena menjadi 4 tim, maka Squad Clash membaginya menjadi 2, yaitu tim biru dan tim merah.

Chess rush heroes

Squad Clash juga memiliki fitur unik Hero Reinforcement, dimana 2 surviving heroes dari tiap base akan dikirimkan untuk membantu teman setim.

Meski terbilang baru dan memiliki kemiripan dengan pendahulunya, Chess Rush tetap terbukti menarik bagi kalangan penikmat auto battler khususnya pada aspek grafis yang memanjakan mata.

Hero Synergy

Unsur strategi dalam permainan ini terletak pada manajemen hero yang dipakai, mengingat tiap pemain hanya bisa menggunakan 10 hero. Dengan adanya batasan ini, kamu ditantang untuk bisa menciptakan sinergi paling optimal dengan 10 slot ini.

Combo bisa diperoleh dari kesamaan race maupun class.

Chess Rush deck

Terdapat 12 jenis ras dalam Chess Rush, yaitu: Furry, Dragon, Jelly, Cyborg, Goblin, Beast, Elf, Human, Undead, Oceanborn, Void, dan Demon. Tiap ras disertai efek sinergi yang berbeda-beda.

Sedangkan untuk class, Chess Rush memiliki 9 varian class, yaitu: Warrior, Assassin, Sorcerer, Rider, Hunter, Warlock, Engineer, Druid, dan Punisher.

Sama seperti race, tiap combo class juga memiliki efek sinergi yang unik. Tiap combo memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk mengaktifkannya. Combo tersebut umumnya diaktifkan ketika sudah memiliki hero-hero yang tergolong ke dalam race atau class yang sama.

Jadi pastikan kamu mempelajari setiap efek yang dihasilkan dari formasi hero kamu.

Baca juga:  Apa Itu DreamHack?

Keunikan Chess Rush

Chess Rush gameplay

2 Hero di Round 1

Berbeda dengan judul auto battler lainnya, Chess Rush menghadirkan fitur dimana pemain dapat meletakan langsung 2 hero di awal permainan sehingga pemain dapat lebih cepat mengembangkan formasinya.

Unequip Items

Bila Auto Chess harus menjual hero untuk mengambil kembali item yang sudah diberikan, maka di Chess Rush hal tersebut tidak berlaku. Kamu bisa unequip item dari hero tanpa perlu menjualnya!

Squad Clash

Kehadiran mode 4v4 ini tentunya membuka kesempatan bagi tiap organisasi esports untuk membentuk tim Chess Rush. Di samping itu kehadiran fitur reinforcement jelas membuat game ini memiliki nilai inovasi yang lebih daripada judul pesaingnya.

Turbo Mode

Mode ini sangatlah unik dan cocok bagi karakter mobile gamers mengingat waktu yang diperlukan untuk bermain hanyalah singkat sekitar 10 menit.

Esports & Chess Rush

Total Rush Summer Challenge

Pada bulan Juli lalu saat game ini belum mencapai umur sebulan, Tencent telah mengumumkan turnamen online Summer Challenge. Tencent juga sudah menggandeng NimoTV sambil menyediakan total hadiah hingga 60 juta rupiah.

Tidak hanya dari pihak pengembang, beberapa pihak ketiga juga telah turut mengadakan turnamen Chess Rush mereka sendiri, seperti RevivalTV.

Selain itu, Tencent juga sudah menyiapkan turnamen global yang diberi nama Global Star Challenge. Turnamen ini mempertandingkan sosok-sosok streamer (YouTuber) dari 8 negara, demi titel bergengsi ‘King of the World‘!


Nah, bagaimana menurut kamu? Chess Rush sangat menarik bukan? Meskipun tidak bisa dibilang sempurna, Chess Rush hadir dengan grafis yang bagus serta variasi mode yang sangat menantang.

Chess Rush Global Star Challenge

Perkembangannya di esports juga harus diperhitungkan. Dengan mengusung konsep free to play, Chess Rush secara tidak langsung juga memiliki tingkat atmosfer kompetitif yang tinggi.

(Disunting oleh Satya Kevino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here