Apa itu Auto Chess?

0
171
Apa itu auto chess

Setelah dunia esports khususnya mobile esports diramaikan dengan game bergenre battle royale, kini lanskap esports kembali dikejutkan dengan kehadiran genre auto battler.

Genre satu ini tidak begitu menuntut performa fisik yang intens sehingga lebih rileks dimainkan. Melihat antusias publik terhadap genre ini, para game developer pun turut memeriahkan tren ini.

Berbagai judul game telah dirilis di berbagai platform mulai dari PC hingga gawai smartphone. Salah satu judul andalan genre ini adalah Auto Chess, besutan Dragonest dan Imba.

Penasaran tidak dengan game auto battler ini? Yuk, kita kenalan dulu.

Titik permulaan Auto Chess

Dota 2 custom mode: Auto Chess
Dota 2 custom mode: Auto Chess

Auto Chess pada awalnya merupakan sebuah custom game dalam permainan Dota 2, dan juga seri terdahulunya di Warcraft 3. Namun siapa sangka, ide mini game tersebut justru menangkap perhatian Drodo Studio dan juga berhasil meyakinkan Dragonest dan Imba untuk berinvestasi mengembangkan game ini.

Game bergenre auto-battler yang baru di rilis 31 Mei 2019 hingga saat ini telah berhasil menarik lebih dari 5 juta pengguna. Auto Chess menghadirkan gameplay yang inovatif dan ‘segar’ dengan tampilan interface yang menyenangkan.

Itu dia sekilas mengenai Auto Chess, sesi berikutnya akan mengupas permainan ini lebih dalam.

Gameplay Auto Chess

Gameplay Auto Chess

Meskipun memiliki unsur nama chess, game ini sama sekali tidak seperti permainan catur. Hanya papan permainannya saja yang terdiri dari kotak-kotak berukuran 8×8. Dalam permainan, pemain hanya dapat menggunakan sebanyak 4×8 dari kotak-kotak yang tersedia.

Permainan ini memiliki unsur race (ras) untuk semakin memperkaya variasi strategi yang bisa dirancang. Ketigabelas race tersebut adalah: Human, Feathered, Demon, Goblin, Beast, Cave, Marine, Egersis, Glacier, Divinity, Dwarf, Spirits, Kira, dan Dragon.

Selain race, klasifikasi hero juga dibagi berdasarkan class dan rarity-nya. Untuk meningkatkan kemampuan hero, permainan ini menyediakan fitur leveling, synergy, dan juga item.

Leveling

Hero levelling Auto Chess

Setiap hero bisa menaikkan levelnya (re: bintang) hingga maksimal 3 bintang. Tiap hero yang dibeli akan memiliki bintang 1. Untuk menaikkan bintangnya, pemain harus mengumpulkan 3 hero yang sama. Hal ini terus dilakukan hingga hero berada di level maksimal yaitu bintang 3.

Baca juga:  Apa Itu The International?

Namun, kamu juga harus cermat dalam permainan sebab stok kamu untuk menampung jumlah hero juga terbatas. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memprioritaskan hero pilihan kamu.

Selain itu, untuk memudahkan pemain, game ini akan memberi efek cahaya ketika kamu ingin membeli hero, terutama pada hero yang sudah kamu miliki untuk mempermudah susunan leveling dan hero yang bisa memunculkan class synergy.

Synergy

Auto Chess Synergy

Dalam permainan, setiap hero dilengkapi dengan skill utama, dan synergy yang hanya bisa digunakan ketika kondisi tertentu sudah tercapai. Synergy tersebut terbagi menjadi 2, yaitu race synergy dan class synergy.

Race synergy akan aktif ketika pemain memiliki beberapa hero berbeda yang tergolong ke dalam race yang sama. Sedangkan efek class synergy akan aktif ketika pemain memiliki beberapa hero berbeda dengan class yang sama.

Setiap ras maupun kelas memiliki keunikan efek masing-masing. Jadi, pastikan kamu membaca dulu tiap efeknya sebelum membangun combo.

Item

Auto Chess Item

Berbeda dengan game lain yang biasanya menggunakan item dari shop, dalam Auto Chess kamu tidak bisa membeli item, melainkan hanya bisa mendapatkannya melalui item drop dari ronde tertentu.

Item yang didapat juga bisa diperkuat dengan mengombinasikannya dengan item lain yang nantinya akan membentu sebuah item baru yang lebih kuat.

Jangan khawatir, sistem permainan juga akan tetap membantu kamu untuk menunjukkan item apa yang bisa digabungkan.

Layaknya game lain, setiap item memberi penambahan stats atau memberi kemampuan tertentu.

Ronde permainan

Di setiap permainan, pemain akan dipertemukan dengan 8 pemain dalam satu map. Permainan akan terus berjalan hingga menyisakan pemain yang bisa bertahan hidup hingga akhir.

Selain melawan sesama pemain, pada beberapa ronde akan diselipkan ronde khusus untuk melawan monster. Pada setiap ronde, setiap pemain bisa membeli hero yang muncul disajikan secara acak.

Kunci dari permainan adalah dengan membentuk formasi permainan yang sesuai dengan kehendak pemain berdasarkan hero-hero yang didapat acak. Sederhananya, kemampuan beradaptasi untuk bisa bertahan hingga akhir.

Setiap babak juga, pemain akan mendapatkan koin. Koin akan didapat lebih banyak bila pemain berhasil menang melawan lawan.

Baca juga:  Apa Itu Esports?

Hero Positioning

Gameplay Auto Chess

Salah satu hal penting yang sering dilewatkan oleh para pemain adalah pada strategi peletakan hero dalam papan permainan. Setiap hero memiliki jangkauan serangan serta pola serangan yang berbeda.

Peletakan yang tidak tepat akan menyebabkan pergerakan dari hero tidak pas sehingga serangan awal menjadi tidak maksimal atau malah menjadi bulan-bulanan dari hero lawan.

Oleh sebab itu, pemain harus turut memperhatikan attack range dari hero yang dipakai.

Auto Chess & Esports

Auto Chess Invitational

Berkaca pada tren berkembangnya Auto Chess, Drodo Studio berencana untuk menciptakan ekosistem esports-nya.

Hal ini diungkapkan dalam cuitan Twitter resminya paada bulan juni lalu. Akun tersebut mengungkapkan bahwa mereka telah merencanakan dan menjadwalkan turnamen perdana mereka dengan total hadiah sebesar 1 juta dolar yang diagendakan untuk dilaksanakan pada bulan Oktober 2019.

Turnamen yang akan diselenggarakan ini bertajuk Auto Chess Invitational. Kejuaraan Auto Chess resmi pertama ini didukung langsung oleh Dragonest Network dan ImbaTV, dua perusahaan besar yang menjadi pendukung utama Drodo dalam mengembangkan game bergenre auto battler ini.

(Sumber: Zizouqi; Disunting oleh Satya Kevino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here