Kontestan Rastakhan’s Rumble: Entry 2# Rogue

1
286
Kontestan Rastakhan’s Rumble: Entry 2# Rogue Hearthstone
Credit: playhearthstone.com

Selamat datang untuk para kontestan dalam Rastakhan’s Rumble. Ajang kekuatan yang dibuat oleh Raja Rastakhan, dari kerajaan Zandalari ini akan menguji kekuatan, kecerdikan, dan kepiawaian para kontestannya dalam gauntlet.

Para kontestan akan memilih class beserta dewa pelindung dan champion yang merepresentasikan class dan archetype tersebut. Pada kesempatan ini, tergabung bersama kita, seorang deck analyst Dwiky Armand “Ŝpatný Duch” Sucahyo.

Kita akan melihat keahlian apa yang akan dibawa oleh kontestan kita dan bagaimana kontestan kita akan menggunakan keahlian mereka ke dalam gauntlet ini.

Terima kasih atas sambutannya, dan selamat datang untuk para reader dan selamat datang di ekspansi Hearthstone, Rastakhan’s Rumble, dimana tema dari ekspansi ini adalah kontes kekuatan dengan model dari gauntlet kuno seperti di masa Yunani Kuno ataupun Roma.

Di sini kita akan melihat berbagai kartu dari ekspansi ini dan kita akan mendiskusikan kartu-kartu bukan dengan tujuan me-rating-kan kartu-kartu ini, tetapi untuk mencari tahu value kartu-kartu tersebut dalam deck yang akan datang ataupun yang sudah ada.

Jika di tulisan sebelumnya kita sudah membahas seputar kontestan Druid, pada tulisan ini kita akan mendiskusikan Rogue dengan archetype yang familiar di hati para pemain Hearthstone pada ekspansi pendahulu-nya dengan style yang berbeda.

Beberapa utility card untuk Rogue pada ekspansi ini adalah kartu-kartu Hearthstone yang menarik untuk dieksperimenkan.

Rogue

Hearthstone Rogue

Dengan kelicikan dan utility yang dimiliki oleh seorang Rogue, ia datang ke dalam arena dengan membawa tema Pirate. Pada ekspansi sebelumnya, Pirate deck bisa dikategorikan sebagai deck yang tidak terlalu “terhormat” (sebagai referensi YouTube, search dengan keyword “Hearthstone Pirate Warrior”) dan tidak menyenangkan untuk dilawan.

Akan tetapi, pada ekspansi ini kita mulai melihat beberapa perubahan signifikan pada penggunaan tema Pirate. Salah satunya adalah mayoritas dari sinergi Pirate dapat ditemukan dalam Rogue.

Jika kita lihat dari sudut pandang archetype karakter Pirate, archetype Rogue dan Pirate tidaklah jauh berbeda. Di ekspansi ini juga kita melihat pergantian archetype Pirate dalam Hearthstone, bermula dari stats-oriented menjadi utility-oriented yang berkesinambungan dengan mekanik baru Overkill, menjadikan minion Pirate sebagai value generator dengan risiko tinggi.

Baca juga:  Kontestan Rastakhan’s Rumble: Entry 1# Druid

Captain Hooktusk & Cannon Barrage

Captain Hooktusk

Captain Hooktusk | Hearthstone

Captain Hooktusk, sebagai champion dalam Rogue class ini, memiliki 2 keuntungan besar, yaitu memberikan control board secara langsung dan juga mengurangi jumlah deck pada saat permainan.

Southsea Captain | Hearthstone

Sinerginya dengan Southsea Captain dan beberapa minion Pirate dari ekspansi ini memungkinkan kontrol terhadap minion dengan HP yang besar sekalipun. Beberapa minion Pirate ini akan kita diskusikan pada artikel berikut nya.

Cannon Barrage

Cannon Barrage | Hearthstone

Cannon Barrage adalah salah satu win condition untuk deck Pirate Rogue. Cannon Barrage akan menembakkan sebuah meriam kepada hero atau minion lawan sebesar 3 damage.

Akan tetapi, efek ini bisa diulang sebanyak jumlah minion Pirate yang ada pada board player. Hal ini juga yang menjadi kelemahan dari kartu ini. Dikarenakan mayoritas dari HP minion Pirate sangatlah rendah, akan menjadi tantangan tersendiri untuk bisa meminimalisir resiko yang diambil.

Gral, the Shark & Spirit of the Shark

Gral, the Shark

Gral, the Shark | Hearthstone

Gral, the Shark adalah dewa pelindung untuk Rogue class. Bak ikan hiu yang memakan mangsanya dalam laut, efek kartu ini adalah memakan 1 kartu minion dalam deck dan mendapatkan nutrisinya, in this case, stats-nya.

Jika kartu ini dihancurkan, kartu yang dimakannya akan kembali ke tangan player. Permasalahan dari kartu ini adalah ketika kartu ini mendapat efek silence dari player lawan dengan kartu seperti Ironbeak Owl atau Spellbreaker.

Ironbeak Owl | HearthstoneSpellbreaker | Hearthstone

Kelemahan lainnya adalah interaksi Battlecry dengan minion yang memiliki efek Deathrattle, dimana efek Deathrattle dari minion yang dimakan oleh Gral, the Shark tidak aktif karena efek Deathrattle tidak akan aktif jika hancur dari dalam deck.

Spirit of the Shark

Spirit of the Shark | Hearthstone

Spirit of the Shark memiliki efek pasif yang hampir sama dengan Brann Bronzebeard, yaitu menggandakan aktivasi setiap efek Battlecry, dengan tambahan menggandakan efek Combo dari minion juga.

Brann Bronzebeard | Hearthstone

Kartu ini memiliki utility untuk mengkontrol kartu seperti SI:7 Agent agar dapat memberikan 4 damage secara langsung. Kartu lain yang dapat menggunakan efek dari Spirit of the Shark adalah Pogo Hopper, dimana Spirit of the Shark dapat menggandakan progresi terakhir dari efek Pogo Hopper. Kelemahan dari kartu ini adalah mana cost yang cukup mahal untuk bisa dimainkan secara efektif.

Baca juga:  Apa Itu Hearthstone?

Pogo Hopper | HearthstoneSI:7 Agent | Hearthstone

Bloodsail Howler, Raiding Party, & Walk the Plank

Bloodsail Howler

Bloodsail Howler | Hearthstone

Bloodsail Howler membutuhkan sinergi dengan minion Pirate dalam board kita untuk bisa mengontrol board lawan secara efektif. Kartu ini dapat bekerja dengan baik karena murahnya mana cost minion Pirate dalam Classic set, seperti Southsea Deckhand dan Bloodsail Corsair.

Dihadirkannya Sharkfin Fan dalam ekspansi Rastakhan’s Rumble juga membantu meningkatkan value dari Bloodsail Howler.

Sharkfin Fan | Hearthstone

Akan tetapi, kartu ini bisa jadi berkontradiksi dengan Captain Hooktusk karena efek dari Bloodsail Howler menjadi tidak aktif.

Raiding Party

Raiding Party | Hearthstone

Raiding Party merupakan kartu pendukung untuk deck dengan archetype Pirate. Raiding Party mengambil 2 kartu Pirate dari dalam deck, sekaligus menjadi sebuah kartu weapon jika kita mengaktifkan efek Combo.

Ticket Scalper | HearthstoneSerrated Tooth | Hearthstone

Kartu ini terbilang lambat karena minimnya kartu Pirate dengan efek aktif. Tetapi kartu ini bisa menjadi salah satu cara untuk menipiskan deck dengan memasukkan kartu Pirate dan weapon, seperti Ticket Scalper dan Serrated Tooth.

Walk the Plank

Walk the Plank | Hearthstone

Walk the Plank akan menjadi kartu spell pengganti Vilespine Slayer sebagai kartu penghancur minion dengan keuntungan kartu ini tidak membutuhkan efek Combo.

Vilespine Slayer | Hearthstone

Akan tetapi, ada beberapa kelemahan dari predecessor-nya. Karena Walk the Plank adalah kartu spell, kartu ini tidak memiliki stats apapun seperti Vilespine Slayer dan efek kartu ini tidak dapat bekerja terhadap minion yang memiliki spell immunity.

Gurubashi Hypemon, Serrated Tooth, & Stolen Steel

Gurubashi Hypemon

Gurubashi Hypemon | Hearthstone

Gurubashi Hypemon bisa menjadi value generator untuk mencari kartu dengan efek Battlecry dan memberikan sebuah copy dari kartu tersebut ke tangan kita dengan mana cost 1.

The Black Knight | HearthstoneHarrison Jones | HearthstoneCaptain Greenskin | Hearthstone

Akan tetapi, kartu ini mencari kartu Rogue maupun Neutral dari Classic dan ekspansi yang ada dalam Standard ataupun Wild (mengikuti game mode tersebut). Control Rogue bisa menjadikan kartu ini sebagai cara untuk mencari kartu minion dengan value Battlecry tinggi yang tidak ada dalam deck, seperti The Black Knight, Harrison Jones, ataupun Captain Greenskin.

Serrated Tooth

Serrated Tooth | Hearthstone

Serrated Tooth merupakan kartu yang berhak mendapat tempat dalam deck yang membutuhkan minion-nya untuk bisa berkontribusi langsung dalam board control. Fleksibilitas dari efek Deathrattle kartu ini dapat diberikan kepada minion yang dimainkan oleh Tess Greymane untuk menyerang minion musuh jika efek dari kartu ini aktif.

Baca juga:  Main Hearthstone Harus Pakai Duit? Enggak, Kok!

Tess Greymane | HearthstoneAcidic Swamp Ooze | Hearthstone

Akan tetapi, dari setiap kartu dengan value tinggi akan ada kelemahannya, yaitu kartu penghancur senjata, seperti Acidic Swamp Ooze, dan tentunya membutuhkan waktu untuk disiapkan karena efek Deathrattle-nya.

Stolen Steel

Stolen Steel | Hearthstone

Stolen Steel memungkinkan Rogue untuk mencari senjata dari class lain dari dalam Standard Format. Senjata seperti Truesilver Champion dapat membantu Rogue untuk memberikan heal di saat hero kita menyerang dengan senjata tersebut.

Truesilver Champion | HearthstoneSupercollider | Hearthstone

Supercollider adalah salah satu senjata pilihan dengan value paling tinggi untuk mengontrol board. Akan tetapi, minimnya senjata dengan value tinggi dan RNG yang ada dalam kartu ini, bisa menjadikan kelemahan kartu ini untuk dimasukkan ke dalam Rogue Tesspionage Deck, dimana deck ini bermain dengan class card lawan.

(Disunting oleh Satya Kevino; Sumber gambar: Hearthpwn)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here